Ukuran Foto Instagram yang Paling Pas Agar Tidak Pecah<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6354"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> 5/5</span> <span class="count"> (1) </span> </span>

Ukuran Foto Instagram yang Paling Pas Agar Tidak Pecah

Ukuran Foto Instagram – Siapa sih yang tidak tau apa itu Instagram? Anak millenial pasti tidak asing lagi dengan aplikasi yang satu ini.

Memang bisa dikatakan bahwa 90% generasi milenial sekarang ini lebih banyak disibukan dengan media sosial, salah satunya yaitu Instagram.

Instagram menjadi satu-satunya media sosial yang sangat identik dengan postingan berupa foto dan vidio.

Berbeda dengan media sosial lainya, Instagram lebih menspesialisasi dan mengerucutkan layanan hiburan dalam bentuk foto dan vidio. Hal itu bisa kita saksikan sendiri dengan sangat sedikitnya tulisan atau teks yang menghiasi postingan di Instagram.

Postingan-postingan di Instagram lebih didominasi oleh foto. Walaupun mungkin ada satu dua postingan yang berupa tulisan, itupun juga formatnya berupa gambar atau jpg.

Tulisan atau teks hanya dijadikan sebagai keterangan pendukung dari postingan utamanya. Yang mana, postingan utama tersebut tidak lain dan tidak bukan adalah berupa foto dan vidio.

Perlu kita ketahui bersama bahwa, dulunya, Instagram juga seperti media sosial lain yang postingan-postinganya didominasi oleh tulisan atau teks.

Tetapi karena kuatnya persingan antar media sosial dalam menjerat konsumen, membuat Instagram susah untuk berkembang. Instagram kalah tenar dengan aplikasi sejenis seperti Facebook, Line dan twiter.

Melihat kondisi yang sama sekali tidak berpihak dengan Instagram, akhirnya aplikasi ini memutuskan untuk bertransformasi. Instagram menspesialisasikan dirinya dari yang tadinya berbasis konten dan gambar berubah menjadi aplikasi yang postinganya hanya berbasis foto dan vidio.

Perubahan tersebut sangat berdampak besar dalam perkembangan dan pertumbuhan aplikasi Instagram itu sendiri. Perubahan itu menimbulkan efek yang amat sangat terasa sampai saat ini.

Instagram menjadi aplikasi favorit dengan jumlah pengguna di Indonesia mencapai lebih dari 56 juta jiwa. Angka tersebut berhasil membawa Indonesia menduduki peringkat ke 4 pengguna Instagram terbesar di dunia.

Dikarenakan postingan Instagram didominasi dengan foto dan vidio, maka kita perlu mengetahui ketentuan ukuran foto yang seharusnya kita posting di Instagram.

BACA JUGA !!!
Cara Membuat Akun Instagram

Bentuk Foto di Instagram

bisniswisata.co.id

Instagram memiliki kebijakan tersendiri dalam menentukan aturan-aturan yang ada di dalam aplikasi tersebut. Salah satunya adalah kebijakan mengenai bentuk dan ukuran foto di Instagram.

Bagi yang belum terlalu mengenal Instagram, tentunya belum terlalu faham akan bentuk foto yang diperbolehkan diupload ke Instagram.

Sedikit pengetahuan bahwa Instagram memberikan kebijakan bahwa foto yang ada di Instagram berbentuk persegi bukan persegi panjang apaagi lingkaran.

Lalu, bagaimana jika foto yang kita upload bentuknya persegi panjang?

Iya mau tidak mau foto tersebut akan terpotong sampai bentuknya menjadi persegi yang setiap sisinya memiliki ukuran yang sama. Misalkan tadinya foto yang akan kita upload berukuran 1000px x 750px maka secara otomatis foto tersebut akan berubah menjadi 640px x 640px.

UPDATE !!!

Instagram mewajibkan penggunanya mengunggah foto dalam bentuk persegi, yang mana, kebijakan tersebut bagi sebagian orang mungkin menjadi sebuah masalah.

Tetapi, Instagram juga sigap dalam memberikan solusi akan masalah tersebut. Dimana, Instagram memberikan opsi tambahan yang bisa digunakan untuk mengubah foto sesuai dengan ketentuan Instagram.

Jadi, walaupun tadinya foto yang akan kita upload terpotong karena tidak sesuai dengan ketentuan, sekarang kita tidak perlu mengkhawatirkan tentang hal tersebut.

Ukuran Foto Instagram

berakal.com

Instagram merupakan aplikasi yang diperuntukan untuk smartphone. Meskipun begitu, Instagram tetap bisa di akses menggunakan laptop ataupun komputer.

Dengan dikhususkanya Instagram sebagai aplikasi di smartphone, menjadikan fitur-fiturnya akan lebih maksimal apabila digunakan di smartphone dari pada di laptop.

Salah satu perbedaan yang mencolok adalah dengan tidak bisanya mengunggah foto ke Instagram menggunakan laptop, atau bisa dikatakan bahwa mengunggah foto ke Instagram hanya bisa dilakukan menggunakan smartphone.

Apakah dengan mengunggah foto menggunakan smartphone, foto tersebut akan tampil bagus?

Saya rasa tidak demikian, Kenapa? karena dalam mengunggah foto ke Instagram kita perlu mengetahui terlebih dahulu ukuran yang pas supaya hasil postinganya maksimal.

Apalagi jika kita menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis. Yang mana banyak foto-foto produk yang akan kita tampilkan di Instagram.

Tentunya kita membutuhkan tampilan foto produk yang menarik dan berkualitas bagus agar nantinya konsumen akan lebih tertarik dengan produk yang kita promosikan. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengetahui ukuran foto yang pas untuk di posting ke Instagram supaya kualitas fotonya tidak menurun.

Ukuran Foto di Postingan Instagram

id.androidxyz.com

Standar satuan yang sering digunakan sebagai ukuran foto adalah pixel (px). Semakin besar ukuran pixel foto maka akan semakin bagus kualitasnya apabila diupload di aplikasi Instagram.

Meskipun kita tau mengenai rumus tersebut, kita tetap harus mengetahui ketentuan ukuran foto di postingan Instagram untuk mengantisipasi kita supaya tidak mengunggah foto di bawah ukuran yang sudah ditentukan.

Karena, jika kita mengunggah foto di bawah ukuran yang sudah ditentukan Instagram, hasil dari postingan foto kita akan terlihat sangat jelek.

Berikut beberapa ukuran standar dari setiap jenis postingan yang ada di Instagram sebagai patokan buat kita dalam mengunggah foto ke Instagram.

Foto Profil Instagram

Sama halnya dengan media sosial lainya, foto profil juga menjadi salah satu fitur yang ada di Instagram. Dimana, foto profil berisi foto pribadi maupun gambar yang bisa menjadi tanda pengenal dari akun tersebut.

Dimensi untuk foto profil Instagram berkisar dari 110px x 110px (persegi). Dengan ukuran tersebut bisa dikatakan foto profil Instagram relatif kecil, kita bisa menggunakan foto selfi maupun foto biasa.

Foto Postingan di Instagram

Selain foto profil, ada juga foto postingan Instagram. Foto postingan Instagram bisa kita lihat di profil kita masing-masing atau biasa disebut dengan feed Instagram. Feed Instagram berisi kumpulan foto yang pernah kita posting selama kita menggunakan Instagram.

Kita bisa mengunggah foto berbentuk persegi maupun landscape. Untuk ukuran foto dengan bentuk persegi, ukuranya tidak boleh lebih dari 1080px x 1080px dengan rasio 1:1. Sedangkan untuk ukuran foto berbentuk landscape, sekitar 1080px x 600px dengan rasio 16:9.

Instagram Story

Instagram story hampir mirip dengan postingan Instagram. Perbedaanya hanya terletak pada tempat dan waktu tampilanya. Unggahan foto pada Instagram story hanya akan tampil di story Instagram dan brlangsung selama 24 jam. Jadi seteah lebih dari 24 jam, postingan tersebut akan otomatis terhapus.

Standar ukuran foto di Instagram story paling ideal sekitar 1080px x1920px dengan rasio 16:9. Ukuran tersebut juga berlaku pada unggahan vidio di Instagram story.

Demikianlah pembahasan kita mengenai ukuran foto Instagram. Ukuran-ukuran yang sudah disebutkan di atas bisa menjadi pedoman  dalam mengunggah foto di Instagram.

Diharapkan, setelah mempelajari ketentuan ukuran foto Instagram tersebut dapat membuat postingan kita di Instagram lebih berkualitas.

BACA JUGA !!!

Cara Menyimpan vidio dari Instagram

Cara Download Instagram Story

Cara Melihat Foto Profil Instagram

 

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *