5 Tips Upload Produk di Tokopedia Guna Meningkatkan Penjualan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6406" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

5 Tips Upload Produk di Tokopedia Guna Meningkatkan Penjualan

Tips upload produk di Tokopedia – Akhir-akhir ini, dunia jual beli sudah mulai bergeser dari offline menjadi online. Perkembangan teknologi internet yang semakin pesat telah berhasil mempengaruhi banyak orang untuk meninggalkan bisnis offline dan mulai beralih menjalankan bisnis online.

Benar saja, dari pada berjualan offline dengan sistem toko konvensional yang butuh budget besar untuk operasionalnya. Sebaliknya, bisnis online menjadi pilihan yang tepat bagi banyak masyarakat, sebab dinilai minim modal serta cocok bagi para pemula yang baru saja mempelajari dunia bisnis.

Konsep yang paling menonjol dari sebuah bisnis online adalah dapat membuat penjual dan pembeli tidak perlu bertemu secara langsung untuk bertransaksi. Kedua belah pihak tersebut cukup menjalin kerjasama dan kesepakatan jual beli melalui alat komunikasi yang telah tersedia, katakan saja smarthone ataupun komputer.

Sebagai seorang penjual, anda bisa menawarkan produk dengan menggunakan media online. Media online mulai hari ini sudah bukan menjadi hal yang wau di masyarakat. Anda dengan mudahnya dapat mengakses berbagai media online baik dari smartphone maupun komputer ataupun laptop.

Media online untuk jual beli dikenal dengan istilah marketplace atau biasa diartikan sebagai lapak untuk jual beli online. Di Indonesia sendiri terdapat beberapa marketplace yang terkenal dan banyak digunakan oleh masyarakat.

Shopee dengan gratis ongkirnya, tokopedia dengan flash sale nya dan bukalapak dengan serbu sebagai program terbarunya.  Selain itu juga masih banyak lagi marketplace lainya seperti OLX, Lazada, blibli.com dll. Semua itu dapat anda gunakan sebagai media untuk bisnis online.

Tokopedia

tokopedia.com

Tokopedia merupakan marketplace terpercaya yang ada di Indonesia. Marketplace ini berdiri sejak tahun 2009. Tokopedia menjadi marketplace besar yang terdiri dari berbagai toko dengan berbagai barang yang dijual di dalamnya.

Kelebihan Tokopedia

Kelebihan tokopedia dibanding yang lain adalah

  1. Penampilan website sangat elegan dan menarik
  2. Gratisss
  3. loading website juga sangat ringan, apalagi dibagian awal toko
  4. penampilan produk yang sangat minimalis dan informatif
  5. Transfer saldo ke rekening sangat cepat, rata-rata 2-3 jam dn maksimal 4 jam
  6. waktu proses pemesanan mencapai 5-7 hari semenjak invoice masuk. Sangat menguntungkan bagi anda yang membutuhkan waktu agak lama untuk produksi
  7. Keamanan akun sangat bagus

Kekurangan Tokopedia

Kekurangan Tokopedia dibanding yang lain adalah

  1. Website maupun aplikasinya sering eror, seperti notifikasi nyangkut, telat hingga lemot
  2. Tidak disediakan pilihan untuk mem-blacklist pembeli
  3. Terjadi perang harga besar-besaran. Sehingga produk yang lebih mahal sedikit peluangnya untuk dapat terbeli
  4. Tidak adanya fitur terbatas waktu
  5. Fitur pengelolaan stok barang kurang baik. Apabila ada pembeli yang menunggu pembayaran, maka stok  tidak otomatis langsung berkurang.

Tips Upload Produk di Tokopedia

seller.tokopedia.com

Apakah anda seorang pelaku bisnis pemula? Jika iya, apakah anda juga memiliki kesulitan untuk memulai bisnisnya? apabila jawabanya “iya”, itu sangatlah wajar.

Kenapa? karna kebanyakan orang yang baru mencoba suatu bisnis, apalagi itu bisnis online, tentunya akan dihadapkan dengan kesulitan dalam memulai.

Entah itu kesulitan dalam menentukan marketplace untuk berjualan, ataupun kesulitan dalam penggunaan marketplace itu sendiri.

Pada dasarnya semua marketplace memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama sebagai tempat untuk jual beli online. Percaya tidak percaya, yang pasti semua marketplace memiliki kelebihan dan kekuranganya masing-masing. Anda tinggal menganalisis mana yang sekiranya cocok dengan karakter dan kebutuhan anda.

Jika kesulitan anda terletak pada tahap cara penggunaan marketplace, pada kesepatan kali ini saya akan memberikan sedikit tips upload produk di tokopedia, mudah-mudahan dapat sedikit membantu kesulitan anda.

1. Foto yang Baik

Penampilan foto yang baik merupakan salah satu tips upload foto di Tokopedia.

Jualan online merupakan sistem jual beli yang tidak mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung.

Dalam bisnis online pembeli tidak selalu bisa melihat produk yang ditawarkan secara langsung. Apalagi jika lokasi penjual dan lokasi pembeli berjauhan, yang mana mau tidak mau pembeli hanya bisa melihat penampakan produknya dari sebuah foto.

Kondisi itulah yang mengantarkan tips upload produk di tokopedia yang pertama ini harus anda lakukan. Perlu anda ketahui bahwa penjual di tokopedia bukan hanya anda, dan yang memiliki toko di tokopedia juga bukan hanya anda.

Jadi, ketika pembeli hendak mencari sebuah produk di tokopedia, mereka akan ditampilkan dengan beberapa foto produk dari berbagai toko yang berbeda. Oleh karena itu, penampilan foto yang baik akan sangat berpengaruh dalam menarik perhatian dari konsumen.

Peluang produk anda untuk dilihat oleh konsumen sangatlah kecil apabila produk anda tidak memiliki daya tarik dilihat dari penampakan fotonya. Buatlah foto produk anda semenarik mungkin, karena pembeli akan memilih produk yang pertama membuat matanya  berkenan untuk melihat produk tersebut.

Untuk menghasilkan foto produk yang bagus dan berkualitas, hal pertama yang anda butuhkan adalah kamera yang bagus. Kedua adalah penatan produk (usahakan dapat terlihat secara keseluruhan). Ketiga, gunakan produk yang menurut anda terbaik dari produk-produk lainya yang sejenis.

Anda memiliki jatah 5 slot foto dalam satu postingan. Gunakanlah semua slot itu untuk menampilkan produk dari berbagai sisi. Usahakan pembeli dapat melihat produk secara keseluruhan dari setiap sisi yang anda upload.

2. Penamaan Produk yang Baik

Tips upload produk di tokopedia yang kedua adalah pemberian nama produk.

Pemberian nama produk bisa dikatakan gampang-gampang susah. Banyak hal yang perlu kita rumuskan dalam penamaan produk.

Nama produk harus singkat, padat dan jelas tetapi dapat mewakili keseluruhan keterangan dari produk yang dijual. Ada 2 rumus yang bisa anda gunakan dalam proses penamaan produk.

a. Jenis Produk+ merek + keterangan produk (tambahan)

Contoh : Tas Slempang Bedaz warna biru dongker

b. Merek + Jenis Produk + Keterangan produk (tambahan)

Contoh : Bedaz Tas slempang warna biru dongker

Selain mengacu pada ke 2 rumus di atas, penamaan produk juga harus nama mengacu pada kata kunci yang sering digunakan oleh calon pembeli dalam mencari produk terkait. Anda bisa cek kata kunci yang sering digunakan oleh calon pembeli di ubbersuggest.

NB : Janganlah memberi nama produk dengan kode produk seperti jam tangan 002 dan hindari juga penggunakan emoji dalam nama produk, karena itu akan membuat produk anda sulit ditemukan oleh pembeli.

Biasakanlah memperhatikan beberapa cara dalam pemberian nama produk, jangan asal dalam memberikan nama. Produk akan mudah ditemukan oleh calon konsumen ketika anda memberikan nama yang bagus, sesuai dengan apa yang telah anda ketahui.

3. Tips Menulis Deskripsi Produk

Tips upload produk di tokopedia yang selanjutnya adalah berkaitan dengan deskripsi produk. Deskripsi produk merupakan keterangan tambahan yang harus anda isi di kolom deskripsi pada saat anda akan upload foto. Keterangan tersebut berisi gambaran dan penjelasan mengenai produk yang dijual.

Di sini saya akan memberikan dua tips dalam menulis deskripsi produk.

Cantumkan Spesifikasi Produk

Namanya juga deskripsi produk, tentunya harus menampilkan spesifikasi produk. Spesifikasi itu bisa berupa merek, tipe, ukuran, bahan baku, kulitas, hasil cetakan, kelebihan dan kekuarangan produk, serta spesifikasi lain yang dapat menggambarkan produk anda.

Struktur Penulisan

Dalam menulis deskripsi produk, usahakan menggunakan tulisan dan penataan tulisan yang mudah di baca oleh calon pembeli. Selain mudah dibaca, deskripsi produk juga harus mudah dipahami dan dimengerti. Gunakanlah enter untuk memisahkan kalimat satu dengan kalimat lainya, gunakanlah bahasa yang lugas, tidak bertele-tele dan to the poin.

Misalkan produk yang anda jual adalah Cas Hp :

Masalah

  • Ingin punya case HP sesuai desain yg tmn2 mau?
  • Ga bisa desain untuk membuat custom case?
  • Ingin HP tmn2 terlindungi dengan Case HP sehingga harga jualnya tetap tinggi?
  • Atau susah cari tempat produksi Custom case yang terlengkap, termurah, dan cepat?
  • Yaps kami punya solusinya …

Solusi

  • Kami adalah produsen Custom Case terlengkap, termurah, dan cepat 1 hari bisa jadi,
  • Ratusan tipe HP tersedia, Harga termurah sehingga kakak bisa jual lagi, dan cepat karena kami punya mesin cetak sendiri

Bahan

  • Tersedia banyak pilihan bahan seperti Softcase, Anti crack, Black Matte, Hardcase 2D, Hardcase Antigores, dan Hardcase Fullprint dll
  • Print dengan tinta UV yang tahan air, anti luntur, dan warna tajam pastinya, bukan menggunakan sticker atau transper paper ya

Kelebihan dari produk lain

  • Kami menggunakan tinta UV berkualitas sehingga hasil cepat tajam dan anti luntur
  • Desain bisa emboss atau timbul jika diinginkan
  • Kami menggunakan mesin sendiri sehingga cepat dalam proses pembuatan. no pre order yaa
  • Bingung mau desain apa? tenang kak, ribuan katalog desain tinggal pilih
  • Bisa request desain apapun seperti foto, tulisan, logo dll
  • Tidak ada minimal order, jadi pesan 1 juga tetap dilayani

4. Pasang Harga yang Kompetitif

Ketatnya persaingan harga sudah menjadi hal yang lazim ditemukan dalam sebuah bisnis, apalagi bisnis online. Yang mana dalam sebuah marketplace pembeli bisa dengan mudah membandingkan harga tiap produk dari tiap toko yang berbeda.

Penentuan harga di marketplace membutuhkan seni tersendiri. Jika harga yang anda pasang terlalu tinggi nanti akan kalah saing dengan harga yang lebih rendah, tetapi jika anda memaang harga paling rendah, terus keuntungan anda gimana? apakah masih untung? atau malah rugi?

Untuk itu, usahakan sebelum anda melakukan postingan, survey lah terlebih dahulu harga produk dari toko pesaing anda. Dari situ anda bisa membandingkan antara kualitas dan spesifikasi produk anda sebelum nantinya memunculkan sebuah harga jual.

Jangan lupa juga untuk menerapkan tips nomor satu, yaitu memasang foto produk yang bagus sebagai nilai tambah untuk menarik perhatian calon pembeli.

5. Pengaturan Stok Produk

Lakukanlah secara rutin kegiatan update stok produk supaya tidak terjadi miskomunikasi dengan pembeli. Jika produk anda siap untuk dijual, pilihlah stok tersedia, dan jika barang anda belum siap untuk dijual pilihlah stok kosong.

Jangan sampai pembeli sudah melakukan transaksi untuk membeli produk anda, tapi ternyata produk tersebut sedang kosong, imbasnya nanti akan mengecewakan konsumen dan membuat toko anda mendapatkan reputasi yang jelek.

Untuk itu, telitilah untuk mengatur stok poduk anda.

Cara Upload produk di Tokopedia Lewat Android

tokopedia.com

Sudah punya toko di tokopedia? Jika belum silahkan bisa membuat toko online terlebih dahulu di marketplace tokopedia.

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Toko di Tokopedia

Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membuat Toko di Bukalapak

Jika anda sudah membuat toko di tokepedia, silahkan bisa masuk keakun toko anda. Selanjutnya silahkan bisa mengikuti tutorial di bawah ini untuk menambahkan produk.

a. Klik Tambahkan Produk

Tips Upload produk di Tokopedia :

  • Upload lah 3 jenis produk sekaligus dikali pertama anda menambahkan produk karena semakin banyak varian produk yang anda jual, akan semakin besar peluang terjadinya transaksi pertama anda di tokopedia.
  • Apabila anda hanya mempunyai 1 jenis produk, jualah dalam bentuk paket (bundling). Misalnya anda menjual produk jam tangan, anda bisa membuat paket A “1 jam tangan”, paket B “2 jam tangan” dan seterusnya.

b. Masukan Nama Produk

Masukan nama produk yang akan anda jual dan pilihlah kategori yang sesuai dengan produk anda. Kemudian Klik Lanjut.

Tips :

  • Jangan lupakan rumus dalam pemberian nama produk yang sudah disebutkan di atas.
  • Buatlah nama yang mudah diucapkan dan mudah untuk diingat.

c. Pilih Gambar

Anda dapat mengambil gambar dari Galeri, Camera maupun Instagram.

Kemudian klik “selanjutnya”

Tips :

  • Pastikanlah foto yang anda upload memiliki kualitas yang bagus
  • Tampilkan segala sisi dari produk anda mulai bagian utama, depan, samping, sampai bagian atas.

d. Mengisi Informasi produk

  1. Harga produk          : harga satuan
  2. Deskripsi produk     : Kalimat yang mendiskripsikan produk anda. Sehingga calon pembeli akan lebih mudah mengetahui kualitas produk anda
  3. Status Stok              : jumlah ketersediaan barang yang anda jual
  4. Berat&pengiriman   : berat dalam satuan gram
  5. Varian                      : Variasi warna produk

Tips :

  • Pastikan mengisi semua kolom tentang informasi produk
  • Tambahkan keterangan yang sekiranya dapat menjawab pertanyaan dari pembeli. misalnya tentang stok barang.
  • Periksa kembali semua informasi tentang produk anda, baik dari gambar sampai dengan varian produk. Apabila semuanya sudah lengkap, klik menu “simpan”.

e. Produk Ter-apload

produk anda sudah terdaftar di tokopedia. Anda tinggal menunggu pesanan dari pembeli. Apabila ada pesanan, nanti anda akan mendapatkan pemberitahuan dari tokopedia, baik melalui email maupun toko anda.

Cara Upload produk di Tokopedia Lewat Laptop

seller.tokopedia.com

Ketika anda menggunakan laptop, anda tidak perlu menginstal aplikasi tokopedia, anda hanya perlu menunjungi situs resmi dari tokopedia.

Setelah anda masuk di tokopedia melalui laptop, kemudian ikutilah tutorial berikut ini.

Klik Tombol “Tambahkan produk”

Upload foto produk anda. Upload foto produk utama, tampak depan, tampak samping, tampak atas dan detai produk.

Sebelum menambahkan produk, pastikan produk anda sudah sesuai dengan syarat dan ketentuan tokopedia. Karena semua produk yang melanggar syarat dan ketentuan tersebut akan dinon aktifkan oleh sistem.

Setelah itu isilah informasi mengenai produk yang anda jual

  1. Nama produk           : Nama dari produk anda
  2. Kategori                    : Pilih kategori yang sesuai dengan produk anda
  3. Deskripsi produk      : Kondisi (baru/bekas) dan keterangan produk.
  4. Varian
  5. Harga                       : harga satuan, apabila anda memberikan grosir maka isikan juga harga grosirnya
  6. Berat                         : Satuan gram
  7. Pre order                  : digunakan apabila anda butuh waktu tambahan untuk produksi

Langkah terakhir adalah klik “Simpan”. Tetapi sebelum anda menekan tombol simpan, pastikanlah anda sudah menerapkan tips upload produk di tokopedia supaya produk anda cepat terjual. Jangan lupa juga untuk melengkapi semua informasi produk.

Produk anda sekarang sudah terdaftar di tokopedia dan dapat diakses oleh semua orang. Anda hanya tinggal menunggu pesanan masuk dari para konsumen. Apabila ada pesanan masuk, anda akan menerima informasi baik melalui email ataupun toko online anda.

Semoga artikel tentang tips upload produk di tokopedia dapat membantu anda untuk mendapatkan banyak pesanan di marketplace tokopedia.

BACA JUGA!!!!

Cara jualan di Facebook

Cara Jualan di Instagram

Cara Jualan di Whatsapp

Cara promosi Efektif

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *