4 Tips Pasang Iklan di Fb Ads : Solusi Iklan Masa Kini<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6775" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

4 Tips Pasang Iklan di Fb Ads : Solusi Iklan Masa Kini

Tips pasang iklan di Fb Ads – Fb Ads adalah salah satu dari sekian produk digital yang mampu menjadi solusi terbaik dunia pengiklanan. Fb Ads yang merupakan singkatan dari Facebook Advertising mulai populer seiring dengan bertambahnya pengguna Facebook secara signifikan.

Menurut data statistik, media sosial ciptaan dari Mark Zuckerberg ini telah mencapai lebih dari 2,38 miliar pengguna. Jumlah tersebut mengantarkan Facebook menjadi media sosial dengan pengguna terbesar nomor 2 di dunia setelah youtube.

Selain peningkatan jumlah pengguna Facebook, ada hal lain juga yang berperan dalam kepopuleran Fb Ads. alih fungsi Facebook menjadi media jualan online merupakan faktor kedua yang berpengaruh pada peningkat popularitas pengiklanan Fb Ads.

Benar saja, banyaknya jumlah pengguna Facebook tidak diiringi dengan kapasitas maksimal jumlah pertemanan pada setiap akun pengguna Facebook. Satu akun Facebook hanya diperkenankan untuk berteman dengan tidak lebih dari 5000 orang pengguna lainya.

Sedangkan postingan anda di Facebook disetting hanya bisa dilihat dan hanya akan tersampaikan kepada orang-orang yang menjadi teman di Facebook. Secara tidak langsung berarti maksimal orang yang akan melihat postingan anda hanya sejumlah 5000 orang dari 2,38 miliar total pengguna Facebook.

Bagi orang yang menggunakan Facebook hanya untuk sekedar berbagi status dan berkomunikasi, hal itu tidaklah menjadi masalah. Lain halnya bagi anda yang memang niat awal menggunakan Facebook sebagai media untuk jual beli online. Dimana tentunya membutuhkan pangsa pasar yang luas demi mencapai pendapatan yang maksimal.

Ketidak mampuan Facebook memberikan kapasitas maksimal untuk pertemanan, membuat Facebook sendiri berinovasi dengan menciptakan sebuah fitur khusus bisnis. Fitur tersebut difungsikan sebagai media pengiklanan yang mampu menjangkau pasar secara maksimal, yakni semua orang pengguna Facebook.

Fitur itulah yang saat ini lebih dikenal dengan istilah Fb Ads atau Facebook Advertising.

Pada kesempatan kali ini, saya tidak akan membahas apa itu Fb Ads, tetapi lebih ke bagaimana tips pasang iklan di Fb Ads untuk memaksimalkan penjualan anda.

BACA JUGA !!!

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Fb Ads

Fb Ads Solusi Iklan Masa Kini

fiverr.com

Dunia pengiklanan sudah semakin bertransformasi ke arah modernisasi. Modernisasi sudah bukan lagi menjadi hal yang tabu dikalangan generasi milenial. Bahkan julukan generasi milenial itu sendiri terbentuk tidak terlepas dari pengaruh modernisasi yang dalam hal ini adalah internet, produk dari kemajuan teknologi.

Internet sendiri dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap cara pandang dan pola pikir masyarakat. Masyarakat yang sebelumnya sangat menikmati adanya proses yang panjang untuk menghasilkan hasil yang maksimal. Saat ini sudah mulai berubah menjadi masyarakat yang menginginkan cara instan namun hasil yang didpatkan lebih maksimal.

Sebelum adanya internet, kegiatan pengiklanan sangat identik dilakukan dengan cara manual. Seperti halnya dari mulut ke mulut, menggunakan selebaran, brosur, baliho, poster, media cetak, atau paling banter menggunakan radio dan televisi.

Dalam era modernisasi seperti sekarang ini, cara-cara pengiklanan yang sudah saya sebutkan di atas sudah mulai ditinggalkan oleh pelaku bisnis.

Keinginan pelaku bisnis untuk mendapatkan keuntungan maksimal membuat proses pengiklanan dipaksa untuk lebih efektif, yakni sedikit biaya tetapi menjangkau pangsa pasar secara luas.

Hal itulah yang menjadi latar belakang terbentuknya FB Ads. Fb Ads mampu menjadi solusi bagi pelaku bisnis untuk mewujudkan keinginanya tersebut.

Hal apa sajakah yang ditawarkan oleh Fb Ads sehingga mampu menjadi solusi untuk mewujudkan keinginan sebagian besar pelaku bisnis?

Kenapa Memilih Fb Ads?

jetweb.co.id

Sebelum mengetahui tips pasang iklan di Fb Ads, tidak ada salahnya anda mengetahui terlebih dahulu kenapa Fb Ads menjadi pilihan terbaik media untuk pasang iklan secara online. Berikut faktanya:

1. Mampu Menjangkau Banyak Orang

masterseo.id

Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwa iklan menggunakan Fb Ads mampu menjangkau semua pengguna Facebook di seluruh dunia.Sedangkan untuk total pengguna Facebook saat ini sudah melebihi angka 2,38 miliar orang dari seluruh dunia.

Berarti secara tidak langsung, ketika anda memutuskan untuk beriklan menggunakan Fb Ads, anda mampu menjangkau 2,38 miliar orang dari seluruh dunia. Coba anda bandingkan dengan jasa pengiklanan iklan selain Fb Ads, apakah mampu menjangkau sebegitu banyak orang?

Dengan jangkauan pasar lebih dari 2,38 miliar, bisa anda bayangkan kan seberapa besar penjualan yang akan menghampiri toko online anda?. Sudah dipastikan akan lebih besar dari pada sebelum melakukan iklan di Fb Ads, apalagi ketika nanti anda menerapkan tips pasang iklan di Fb Ads yang akan di bahas dalam artikel ini.

Tinggal bagaimana anda merespon tingkat penjualan yang meningkat, apakah anda toko anda mampu melayani semua permintaan dari konsumen? atau malah mengecewakan?

Itulah yang harus anda persiapkan, apabila toko anda dibanjiri pembeli, anda juga harus menyiapkan sumber daya untuk melayani dan menyediakan pesanan konsumen.

Jangan sampai membuat kecewa konsumen, karena itu akan mempengaruhi kepuasan dan penilaian konsumen terhadap toko anda.

2. Akurat dan Tertarget

billionariecoach.co.id

Setiap orang termasuk anda tentunya menghendaki iklan yang efektif dan efisien. Efektif dalam hal jangkauan pemirsa serta efisien dari segi biaya. Jangan sampai anda sudah menghabiskan banyak uang untuk pasang iklan, tetapi pembeli tak kunjung datang.

Keakuratan dan tertarget menjadi kunci sukses mendatangkan banyak pembeli. Bagi anda yang sudah pernah mengeluarkan modal besar untuk iklan baik itu secara manual maupun secara online tetapi tidak ada feed back yang maksimal, itu bisa jadi bermasalah di pemirsa iklan anda.

Membuat iklan bukan hanya tentang merangkai kata-kata indah untuk menarik hati konsumen, membuat iklan juga butuh strategi keakuratan dan ketepatan mencapai target pasar.

Iklan akan menjadi sia-sia bilamana tidak sampai kepada pemirsa yang tepat. Iklan seharusnya ditujukan kepada pemirsa yang dilihat dari kategorinya masuk dalam sasaran penjualan dari produk anda.

Jangan sampai misalkan anda menjual tas serut, yang notabenya ditujukan kepada anak muda, pecinta olah raga, baik itu perempuan ataupun laki-laki tetapi malah sampai kepada orang tua dan lansia, dimana mereka tentunya tidak membutuhkan itu.

Maka dari itu, perlu anda pasang iklan menggunakan Fb Ads. Dengan pasang iklan menggunakan Fb Ads, anda bisa menentukan dan mengelompokan sendiri orang-orang yang nantinya menjadi pemirsa dari iklan anda. Anda bisa mengelompokanya dari kategori umur, jenis kelamin, hobi, alamat dan lain sebagainya.

Dengan begitu, iklan anda akan lebih cepat mendatangkan banyak pembeli, apalagi jika anda menerapkan beberapa tips pasang iklan di Fb Ads yang akan saya jelaskan berikut ini.

Tips Pasang Iklan di Fb Ads

peluangbisnisusaha.com

Iklan adalah salah satu kegiatan marketing dari sebuah perusahaan, entah itu perusahaan offline maupun perusahaan online (bisnis online).

Iklan sendiri merupakan sebuah kegiatan memperkenalkan, menginformasikan, menjelaskan, dan menggambarkan sebuah produk dengan tujuan untuk mempengaruhi sesorang supaya mau membeli produk yang dimaksudkan.

Kegiatan pengiklanan sendiri bukanlah sebuah kegiatan yang mudah, anda sebagai marketing atau pemilik usaha dibebankan untuk dapat mempengaruhi orang hanya dengan media pengiklanan.

Apalagi jika bisnis yang anda jalankan merupakan bisnis online, yang mana anda tidak mempunyai produknya secara langsung, melainkan hanya bermodalkan foto dan testimoni produk.

Bagaimana anda dapat mempengaruhi dan meyakinkan konsumen untuk membeli produk anda, dengan hanya bermodalkan foto?

Tentunya dibutuhkan sebuah tips dan trik yangbenar-benar mampu dan manjur untuk meyakinkan dan mempengaruhi konsumen.

Perlu saya utarakan di sini bahwasanya pasang iklan disetiap media pengiklanan yang berbeda tentunya juga sedikit banyak terdapat perbedaan dalam tips pengiklananya.

Seperti halnya pasang iklan menggunakan Fb Ads. Ada beberapa tips pasang iklan di Fb Ads yang mungkin jika diterapkan di media pengiklanan yang lain tidak berpengaruh. Tetapi ada juga Tips dan trik pengiklanan apabila diterapkan di media pengiklanan yang lain berpengaruh tetapi jika diterapkan di Fb Ads tidak berpengaruh.

Berikut beberapa Tips pasang iklan di Fb Ads yang dapat menjadi pengetahuan baru sekaligus kunci sukses anda jualan di Facebook.

1. Menggunakan Teks Copy Writing yang Tepat

bajumurahgrosiran.com

Copy Writing, apakah masih menjadi istilah yang asing ditelinga anda?

Copy writing merupakan salah satu tips pasang iklan di Fb Ads yang artinya adalah sebuah teknik untuk menghasilkan sebuah tulisan yang mampu membuat pembaca tertarik dan memberikan respon terhadap tulisan itu.

Copy writing bisa disebut juga sebagai kalimat promosi yang mampu mempengaruhi pembaca untuk berlama-lama membaca iklan yang dimaksud. Hingga akhirnya memutuskan untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Media sosial seperti Facebook biasanya membatasi 25 karakter untuk menuliskan sebuah judul, serta 135 karakter untuk mendeskripsikan produk yang akan diiklankan.

Dengan demikian berarti anda dituntut untuk membuat copy writing selain menarik juga harus menghindari penggunaan kalimat yang panjang lebar. Gunakanlah kalimat yang efektif, simple, lugas, mudah dipahami, tetapi mampu membuat pembeli yakin akan produk anda.

Apabila anda kesulitan dalam membuat copy writing, anda bisa mencari inspirasi dari bisnis lain yang sejenis dengan bisnis anda.

Jika anda pernah mendengar tentang salah satu cara memulai bisnis, yakni melihat, mengamati, meniru dan kemudian memodifikasi tentunya anda tidak akan kesulitan.

Ada baiknya memang sebelum anda membuat sebuah terobosan atau kebijakan atau hal lain harus melihat dan mengamati pesaing anda. Hal itu bertujuan supaya langkah yang anda ambil tidak salah dan masih dalam koridor yang semestinya.

Tetapi perlu diingat di sini bahwa, meniru bukan berarti plagiat ataupun copy paste. Anda perlu memodifikasi dan menambahkan sesuatu yang sekiranya dapat membuat iklan anda lebih terlihat menarik dan meyakinkan.

2. Gunakan Gambar yang Menarik

kado pernikahan unik
kado pernikahan unik

Gambar menjadi magnet utama dalam proses pengiklanan. Kenapa bisa begitu?

Anda bisa menyetarakan dengan hukum dalam percintaan, dimana cinta dapat tumbuh pada pandangan pertama, yakni dari mata kemudian turun ke hati.

Begitu juga konsep pengiklanan dalam dunia bisnis. Tampilan gambar yang menarik mampu menahan mata calon konsumen untuk berlama-lama memandang dan mengamati gambar iklan tersebut.

Tampilan gambar yang menarik bisa didefinisikan kedalam beberapa indikator, baik itu dari segi resolusi, kualitas, sampai pada tata letak produk dalam gambar tersebut.

Menampilkan sebuah gambar atau foto tidak selamanya harus mementingkan kualitas pencahayaan dan lainya yang berkaitan dengan hasil jepretan kamera. Menampilkan sebuah gambar juga perlu memperhatikan tata letak dan posisi gambar yang nantinya akan ditampilkan.

Sebagai seorang pelaku bisnis online, anda lebih dominan memperkenalkan atau mengiklankan produknya hanya sebatas menggunakan gambar, bukan mengenalkan produknya secara langsung.

Hal itulah yang membuat tata letak pengambilan foto produk akan sangat berpengaruh dalam proses meyakinkan konsumen.

Usahakanlah mengambil gambar produk secara detail, yakni dari segala sisi produk. Penambilan gambar yang detail akan membuat calon konsumen lebih mudah melihat dan menyimpulkan penampakan sebenarnya dari produk yang anda tawarkan, meskipun hanya melihat dari gambarnya saja.

Ketika anda sudah menerapkan tips pasang iklan di Fb Ads, yakni dengan menggunakan copy writing dan gambar yang menarik, anda sudah selangkah lebih maju dari sebelumnya.

3. Pilih Target Iklan yang Tepat

billionariecoach.co.id

Penting saya utarakan di sini, dn mungkin juga sudah sering saya sampaikan sebelumnya, bahwa untuk mendapatkan feed back yang baik dalam proses pengiklanan, tentukanlah terlebih dahulu target pasar yang tepat.

Meskipun jangkauan iklan anda hanya 200 orang,dan dari 200 orang itu benar-benar sesuai dengan target anda akan lebih efektif. Dibandingkan ketika anda menjangkau 500 orang, yang mana belum tentu orang-orang itu masuk dalam target pasar anda.

Berhubung iklan di Fb Ads bisa ditentukan sediri para pemirsanya, anda harus benar-benar memanfaatkan peluang itu. Langkah pertaman yang perlu anda lakukan adalah dengan menganalisis sasaran pasar dari produk yang akan anda tawarkan.

Misalnya, produk anda tas serut. Tas serut biasanya digunakan oleh siapa sih? jenis kelamin apa? umur berapa? dan oleh orang yang memiliki hobi apa?

Selesaikan terlebih dahulu analisis anda terhadap poduk tersebut sebelum memutuskan untuk memasang iklan.

Setelah anda menganalisis dan menemukan hasil dari analisis itu, tinggal anda mengatur kategori yang ada di media pengiklanan Fb Ads.

Aturlah kategori seperti jenis kelamin, alamat, umur, hobi dan lain sebagainya sesuai dengan hasil analisis mengenai sasaran produk anda.

4. Pahami Daur Hidup Produk

Dalam dunia bisnis, anda perlu mengenal yang namanya daur hidup produk. Daur hidup produk adalah perjalanan dan tahapan sebuah produk dilihat dari segi penjualanya.

Daur hidup produk itu sendiri terdiri dari 4 tahapan atau fase, yakni pengenalan, perkembangan, kedewasan, dan penurunan.

Setiap produk akan mengalami 4 fase di atas. Dari mulai proses pengenala, kemudian mulai diminati banyak orang (perkembangan), sampai menjadi incaran (kedewasaan), hingga sampai tingkat penurunan atau dilupakan.

Kenapa kok daur hidup produk menjadi salah satu tips pasang iklan di Fb Ads?

Iya sebagai seorang pengusaha, anda harus memperhatikan dan memahami posisi produk pada daur hidup produk sebelum memutuskan untuk pasang iklan. Apakah produk anda berada pada tahap pengenalan, perkembangan, kedewasaan, atau bahkan penurunan.

Pengetahuan anda tentang posisi produk tersebut akan menentukan kebijakan anda dalam melakukan iklan.

Contoh saja ketika produk anda dalam fase pengenalan, berarti anda harus gencar-gencarnya melakukan promosi dengan cara memasang iklan yang pemirsanya bisa mencapai ratusan ribu orang.

Ketika produk anda sudah berada dalam fase perkembangan, anda bisa mengurangi jangkauan pemirsa dari iklan anda.

Ketika produk sudah berada dalam fase kedewasaan, anda juga perlu mengurangi lagi intensitas dalam pengiklanan. Namun anda akan kembali memutuskan untuk menjangkau banyak orang lagi ketika produk anda mencapai fase penurunan.

Kebijakan-kebijakan tersebut dapat anda ambil ketika anda benar-benar tau fase dari produk anda. Kebijakan itu juga nantinya berkaitan dengan nominal biaya yang harus anda keluarkan untuk membayar iklan.

Karena dalam Fb Ads sendiri, anda akan dikenai biaya pengiklanan selain dari perhitungan per klik iklan juga dari perhitungan jumlah pemirsa.

Itulah sedikit sharing mengenai tips pasang iklan di Fb Ads. Mudah-mudahan ilmu yang sedikit ini dapat bermanfaat bagi saya dan teman-teman semua. Apabila anda masih belum puas dengan tips pasang iklan di Fb Ads yang saya paparkan tersebut, anda bisa menambah pengetahuan dari sumber yang lain.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!

BACA JUGA !!!

Cara Promosi yang Efektif

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara Jualan Online di Facebook

Cara Mendapatkan Uang dari Facebook

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *