6 Tips Jualan Online di Bukalapak : Rahasia Meningkatkan Penjualan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7293"> <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

6 Tips Jualan Online di Bukalapak : Rahasia Meningkatkan Penjualan

Bagaimana sih Tips Jualan online di Bukalapak??? Supaya penjualan semakin bagus dan meningkat.

Pertanyaan itulah yang sering kali muncul dalam benak pelapak di Bukalapak. Apakah pertayaan itu juga yang mengantarkan anda pada artikel ini?

Bukalapak memang menjadi sebuah marketplace yang cukup popoler di Indonesia. Fitur dan program-program terbarunya selalu memanjakan dan menarik minat para pembeli. Sehingga tidak heran apabila sampai saat ini, Bukalapak menjadi pilihan utama masyarakat Indonesia dalam pembelian online.

Yang perlu digaris bawahi adalah, bahwa kepopuleran Bukalapak tidak semata mata akan membuat anda, selaku penjual bisa langsung sukses dan meraih banyak transaksi. Mau tidak mau anda harus bersaing dengan ratusan bahkan ribuan pelapak yang membuka toko online juga di Bukalapak.

Bukalapak hanyalah media yang menjadi penghubung antara penjual dan pembeli dalam bertransaksi. Apabila dalam bisnis offline anda mengenal pasar sebagai tempat penjual menjajakan daganganya, Bukalapak juga memiliki peran yang sama, perbedaanya hanya terletak pada sifatnya.

Jika pasar bersifat offline atau manual, dimana penjual dan pembeli harus bertemu secara langsung, Bukalapak bersifat online, yakni sebagai perantara atau media bertemunya penjual dan pembeli secara tidak langsung.

Nah, sebagai media perantara bagi penjual untuk menjajakan daganganya, Bukalapak tentunya menginginkan agar setiap pelapaknya dapat sukses dan berhasil. Oleh karena itu, Bukalapak sendiri juga telah memberikan Tips Jualan Online di Bukalapak guna meningkatkan penjualan secara gamblang dan mudah dipahami.

Berikut ini beberapa tips jualan online di Bukalapak yang ampuh tingkatkan penjualan toko anda.

Tips Jualan Online di Bukalapak

komunitas.bukalapak.com

Sudah membuat toko di Bukalapak?

Sudah mengunggah produk juga ke Bukalapak?

Tapi kenapa masih belum bisa closing?

Perlu saya utarakan di sini bahasanya berjualan online di marketplace Bukalapak maupun marketplace lainya, tidak cukup hanya dengan membuat toko dan mengunggah produk.

Anda perlu melakukan beberapa cara di bawah ini, sebagai tindak lanjut setelah anda melewati tahap pembuatan toko.

BACA JUGA !!!

Cara Buka Toko di Bukalapak

1. Promosi

Penggunaan teknologi menjadi faktor utama dalam berjalanya sebuah bisnis online. Teknologi menjadi alat untuk proses promosi dan transaksi.

Proses promosi itulah yang menjadi kunci sukses tidaknya sebuah bisnis online. Promosi menjadi hal yang paling utama dalam proses pemasaran produk dari sebuah toko atau bisnis online. Produk yang sudah anda upload, perlu dipromosikan supaya dilihat oleh orang lain. Jika produk tidak dipromosikan, produk tersebut akan selamanya berada diurutan paling dasar, tertimbun oleh produk sejenis yang sudah dikenal.

Salah satu Cara meningkatkan penjualan online yaitu dengan melakukan promosi secara efektif dan efisien.

Promosi itu sendiri memiliki definisi sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menawarkan dan mengenalkan produk.

Lalu, bagaimana cara melakukan promosi yang efektif di Bukalapak?

Menggunakan Fitur Push

Dengan menggunakan fitur Push, produk anda akan dibantu untuk berada di halaman pertama kategori barang yang di jual di Bukalapak.

Baca Juga : Ketentuan fitur Push

Menggunakan Fitur Promot Push

Dengan menggunakan fitur ini, produk anda akan dibantu promosi pada area khusus “promoted products”. Sehingga produk anda akan semakin mudah ditemukan oleh konsumen.

Baca Juga : ketentuan fitur promot push

Promosikan ke Media Sosial

Selain menggunakan kedua fitur di atas, yang notabenya hanya untuk promosi internal, anda masih bisa mempromosikan produk secara gratis ke media sosial (eksternal).

Caranya juga sangat mudah. Setelah anda selesai mengunggah produk ke Bukalapak, anda bisa langsung menekan menu bagikan ke media sosial anda. Media sosial yang bisa anda jadikan sebagai tempat beriklan antara lain, Whatsapp, Instagram dan Facebook.

Syaratnya, anda harus mempunyai akun pada setiap media sosial yang ingin anda gunakan sebagai tempat promosi. Apabila anda belum mempunya akun, anda bisa membatnya terlebih dahulu.

Meminta Bantuan Teman untuk Mempromosikan

Media sosial saat ini tentunya tidak hanya dimiiki oleh beberapa orang saja. Hampir setiap orang memiliki dan aktif menggunakanya. Begitu juga dengan teman-teman anda, tentunya juga memiliki media sosial.

Sembari berpromosi ke teman-teman anda, anda bisa juga sekaligus meminta bantuan untuk mempromosikan produk anda di Bukalapak melalui media sosial mereka.

Meskipun terbilang agak memaksakan, tetapi cara ini lebih efektif dari pada hanya melakukan promosi di media sosial anda. Setidaknya, akan ada lebih banyak orang yang tau mengenai produk tersebut dari hasil promosi yang dilakukan oleh teman anda.

2. Tingkatkan Performa Toko

shopee.co.id

Tips jualan online di Bukalapak yang selanjutnya adalah dengan menaikan performa toko. Ada beberapa cara juga untuk meningkatkan performa toko di Bukalapak:

Lebih Responsif Ke Pembeli

Setiap penjual menginginkan adanya pesan dari pembeli. Akan tetapi ketika keinginan itu sudah terpenuhi, yakni dengan banyaknya pesan yang masuk, kadang kala penjual lupa akan kewajibanya untuk merespon dengan cepat.

Hal itu sedikit banyak akan berpengaruh pada performa toko. Untuk menjaga supaya performa toko anda tetap baik, anda perlu merespon pesan tersebut dengan cepat.

Bukan hanya cepat, sopan santun dalam berbahasa juga harus diperhatikan. Jangan sampai pesan anda membuat kenyamanan hati pembeli terganggu.

Cepat Proses Pesanan

Manfaatkanlah fitur “order Prioritas” untuk meningkatkan reputasi toko anda. Dengan menggunakan fitur tersebut, pesanan akan diproses kurang dari 1 jam. Jangan buat konsumen anda menunggu, selagi anda bisa mengusahakan untuk memberikan pelayanan yang cepat.

3. Tingkatkan Kualitas Komunikasi

pixabay.com

Tips jualan online di Bukalapak yang berikutnya adalah dengan diimbangi oleh kualitas komunikasi. Ketika komunikasi anda dengan pembeli berkualitas, maka tidak akan menunggu banyak waktu untuk anda mencapai closing.

Selalu Follow-up

Follow-up bisa diartikan dengan mengingatkan atau mengkonfirmasi kembali calon pembeli yang belum deal ataupun yang sudah lama belum membeli kembali.

Intensitas komunikasi jangan hanya terjadi pada saat transaksi saja, usahakan setelah selesai transaksi juga masih ada komunikasi walaupun hanya sekedar menyampaikan adanya promo atau semacamnya.

Dengan Follow-up, konsumen akan selalu ingat bahwasanya toko anda masih hidup dan tetap eksis.

Cepat Tanggap

Apabila terjadi kendala pada saat menyiapkan pesanan dari pembeli, cepatlah melakukan komunikasi dengan pembeli untuk menghindarkan prasangka buruk. Ketanggapan toko anda dalam memberikan informasi akan dapat meningkatkan kepercayaan pembeli.

4. Foto Produk yang Menarik

Pertama yang akan dilihat orang adalah visual atau kalau dalam bahasa anak jaman now itu cinta pada pandangan pertama hehe. Namanya pandangan pertama tentunya harus memberikan kesan yang menarik kan, supaya orang tersebut pindah ke pandangan yang lain.

Gunakan foto produk yang menarik supaya pandangan dari banyak orang akan tertuju kepada produk anda. Foto produk yang menarik tidak selalu harus menggunakan kamera DSLR, anda cukup menggunakan hp dengan pencahayaan yang baik serta posisioning yang tepat.

5. Deskripsi Produk yang Jelas

tokopedia.com

Deskripsi produk yang jelas menjadi tips jualan online di Bukalapak selanjutnya. Biasakan membuat calon konsumen paham tanpa harus dipertanyakan terlebih dahulu. Konsumen yang sejak awal menginginkan kepraktisan, tentunya tidak mau kalau direpotkan harus menanyakan informasi produk kepada anda. Yang ada, sudah sejak awal seharusnya anda memberikan deskripsi produk yang jelas dan tidak menimbulkan multitafsir.

6. Penawaran Harga Terbaik

Tips jualan online di Bukalapak suapaya penjualan laris adalah dengan memberikan harga terbaik.  Perlu anda cermati bahwasanya tingkah laku pembeli online shop adalah mencari harga yang murah. Sebelum anda memberikan penawaran harga, survey terlebih dahulu harga-harga dari para pesaing anda di Bukalapak.

Sesuaikanlah dengan harga anda. Jika anda tidak bisa menjual harga lebih murah dari para pesaing, bermainlah di deskripsi produk, butlah deskripsi produk yang maksimal, meyakinkan dan mempengaruhi.

BACA JUGA !!!

Tips Jualan Online di Shopee

Tips Jualan Online di Tokopedia

Cara Pasang Iklan di Bukalapak

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *