10 Cara Tingkatkan Penjualan dengan Fitur Gold Merchant<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6966" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

10 Cara Tingkatkan Penjualan dengan Fitur Gold Merchant

Tingkatkan penjualan dengan fitur gold merchant – Sukses jualan online di marketplace tidak cukup hanya dengan mengetahui cara membuat toko online saja. Pengetahuan mengenai fitur-fitur pendukung yang ada di maketplace juga perlu diperhatikan. Jangan sampai ketika anda merasa gagal jualan menggunakan sebuah marketplace, langsung beranggapan bahwa marketplace tersebut tidak bagus.

Pada dasarnya, setiap marketplace memberikan berbagai fitur yang mampu menngangkat tingkat penjualan dari setiap pelapaknya. Contoh saja Tokopedia dengan fitur power Gold Merchant, Shopee dengan fitur star seller serta marketplace lainya dengan fitur utamanya.

Fitur tersebut semata-mata diciptakan untuk memberikan kenyaman baik kepada penjual maupun pelapak. Sebab, ketika penjual dan pembeli merasa nyaman dan diuntungkan, mereka tidak akan beralih menggunakan jasa marketplace sainganya.

Oleh karena itu, sangat tidak bijak apabila anda beranggapan bahwa sebuah marketplace jelek karena tidak mampu membantu anda mencapai kesuksesan dalam jualan online. Marketplace hanya sebuah media yang memfasilitasi anda sebagai penjual untuk menjajakan daganganya.

Selebihnya, tinggal bagaimana kerja keras dan kekreatifan anda dalam memanfaatkan semua fitur yang telah disediakan oleh setiap marketplace.

Pada kesempatan kali ini, saya hanya akan memfokuskan pembahasan mengenai gold merchant, yang merupakan  salah satu fitur yang ada di Tokopedia.

Jika anda seorang pelapak di Tokopedia, tentunya sudah tidak asing lagi dengan yang namanya gold merchant. Tetapi bagi anda yang baru pertama ingin mencoba jualan online di Tokopedia, mungkin istilah tersebut masih sangat asing ditelinga anda.

Apa sih sebenarnya fitur gold merchant itu? Dan bagaimana cara tingkatkan penjualan dengan fitur gold merchant?

Yuk pelajari bersama!!

Pengertian Fitur Gold Merchant

seller.tokopedia.com

Gold Merchant merupakan sebuah fitur unggulan atau exsklusif yang ada di Tokopedia. Fitur ini diciptakan khusus bertujuan untuk membantu pelapak dalam meningkatkan penjualan dan kepercayaan konsumen.

Bagaimana cara sebuah fitur dapat meningkatkan kepercayaan konsumen?

Melihat latar belakang dari toko yang memiliki logo gold merchant, bahwasanya syarat utama untuk dapat memiliki logo tersebut selain melakukan pembayaran yakni memiliki performa toko di atas 75 poin.

Nah, sebuah toko yang memiliki poin performa toko di atas 75, sudah hal pasti merupakan toko yang kinerjanya sangat bagus. Baik dari segi pelayanan, pengiriman, pemasaran, serta keuangan.

Tugas Tokopdia hanya sekedar mempromosikan fitur tersebut dengan tambahan informasi yang menerangkan bahwa, toko yang terdaftar dalam fitur gold merchant merupakan sebuah toko yang kinerjanya bagus. Terbukti, poin performa tokonya melebihi angka 75 poin.

Dari situlah muncul sebuah persepsi dan pandangan bahwa, toko yang memiliki logo gold merchant merupakan toko dengan performa yang baik. Oleh karena itu, segeralah tingkatkan penjualan dengan fitur gold merchant tersebut.

Gold Merchant itu sendiri sangat identik dengan logo emas yang ada disebuah toko di Tokopedia. Istilah sebenarnya dari gold merchant adalah merupakan sebuah fitur premium yang khusus disediakan untuk seller atau penjual yang ada di Tokopedia.

Bagi toko yang sudah berlangganan fitur gold merchant, maka pada tampilan tokonya akan ada logo emas seperti sebuah mahkota.

Melihat dari status yang disematkan kepada fitur ini, yakni sebagai sebuah fitur premium yang ada di Tokopedia, tentunya fitur ini dapat memberikan banyak sekali keuntungan bagi penggunanya.

BACA JUGA !!!

Cara Ikut Flash Sale di Tokopedia

Tingkatkan Penjualan dengan Fitur Gold Merchant

anothers-stuff.blogspot.com

Berikut ini beberapa keuntungan yang ditawarkan oelh gold merchant sehingga mampu membuat penjualan anda meningkat secara drastis.

1. Meningkatkan Kredibilitas Toko

Jangan pernah beranggapan bahwa logo emas yang disematkan kepada anda hanya sekedar logo biasa. Perlu anda ketahui bahwa dibalik logo tersebut terdapat banyak sekali keuntungan yang satu per satu akan menghampiri anda.

Satu dari banyaknya keuntungan itu ialah untuk meningkatkan kredibilitas toko anda di mata pembeli.

Adanya logo emas di toko anda, membuat pembeli lebih menilai baik toko anda dibandingkan dengan toko lainya yang tidak memiliki logo tersebut

Sebab, dengan adanya logo emas, toko anda memiliki performa lebih baik dibandingkan dengan toko tanpa adanya logo emasnya. Toko yang memiliki logo emas, memiliki perfoma toko paling minimal adalah 75.

Performa toko mampu meningkatkan tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko anda. Dari performa itulah yang menjadi tolak ukur pembeli dalam memilih toko yang berlangganan gold merchant sebagai pelabuhan uangnya.

Dengan mengetahui kelebihan yang satu ini, apakah anda tidak tertarik untuk tingkatkan penjualan dengan fitur gold merchant?

2. Bonus Kredit TopAds

Dalam setiap marketplace terdapat fitur pengiklanan yang ditujukan untuk membantu pelapak mempromosikan produknya. Fitur pengiklanan di marketplace tidak bisa dilepaskan dari yang namanya biaya. Meskipun terdapat fitur pengiklanan gratis, tetapi tetap saja lebih menjanjikan fitur pengiklanan yang berbayar.

Dengan anda berlangganan fitur gold merchant, produk anda sudah secara otomatis akan berada diurutan teratas tanpa harus menggunakan fitur pengiklanan.

Toko dengan logo gold merchant akan memiliki kesempatan lebih banyak untuk mempromosikan toko dibandingkan dengan toko tanpa logo gold merchant.

Meskipun begitu, bukan berarti toko tanpa logo gold merchant tidak bisa mempromosikan tokonya, melainkan ada batasan setiap produk dalam setiap jam.

Dengan demikian, toko dengan logo gold merchant yang notabenya dapat melakukan promosi tanpa batasan, mampu menduduki posisi teratas dalam pencarian. Sedangkan produk dari toko yang tidak memiliki logo gold merchant akan tertimbun di bawah produk dari toko lainya.

Akibatnya, toko dengan logo gold merchant mempunyai kesempatan lebih besar untuk mendapatkan pesanan dibanding dengan toko tanpa gold merchant.

Yuk segera tingkatkan penjualan dengan fitur gold merchant tanpa harus mengeluarkan biaya tambahan untuk pengiklanan.

3. Gold Tiket

Gold tiket bisa diartikan sebagai tiket untuk mendapatkan prioritas dari Tokopedia. Tokopedia akan lebih memprioritaskan untuk menjawab keluhan dari toko pemilik logo gold merchant dari pada toko biasa.

Dengan demikian, adanya gold tiket membuat kendala dalam toko anda dapat teratasi dengan cepat. Itu berarti, anda bisa satu langkah lebih maju untuk segera melakukan terobosan lainya dibandingkan dengan toko yang masih terkendala.

4. Memiliki Etalase Hingga 200

Keuntungan yang satu ini akan sangat berguna bagi toko yang memiliki banyak varian produk. Etalase toko yang standar diberikan oleh Tokopedia mungkin saja tidak dapat menampung banyaknya varian produk yang toko anda miliki.

Nah, untuk mengatasi hal tersebut, gold merchant menawarkan etalase hingga mencapai angka 200. Dengan berlangganan gold merchant, kebutuhan anda akan etalase dapat terpenuhi dengan fitur gold merchant.

Jumlah etalase yang begitu banyak juga dapat memaksimalkan toko dari segi penataan dan pengelompokan produk. Ketersediaan etalase yang cukup dapat membantu anda menatat produk secara rapi. Yang mana hal tersebut dapat mempermudah pembeli untuk menemukan produk sesuai dengan kategorinya.

5. Pembeli Bisa Mendapatkan Cashback dari Tokomu

Cashback menjadi alat promosi yang paling menarik selain gratis ongkir. Ketika toko anda mampu memberikan cashback kepada pembeli, pembeli akan semakin berminat untuk berbelanja di toko anda.

Fitur gold merchant memiliki fitur yang namanya cashback TopPoints. Yang mana dengan fitur tersebut memungkinkan anda untuk memberikan cashback sebesar 5% kepada pembeli yang melakukan transaksi di toko anda.

6. Bisa Menampilkan Vidio Produk

Tingkatkan penjualan dengan fitur fold merchant juga dapat anda lakukan dengan melakukan promosi berbentuk vidio. Fitur ini memfasilitasi anda untuk dapat melakukan promosi dengan bentuk vidio.

Promosi dalam bentuk vidio diyakini mampu lebih banyak menarik minat konsumen dibandingkan dengan foto dan teks.

Dengan vidio, anda bisa leluasa menampilkan produk secara detail dan menjelaskan fungsi serta kelebihan produk secara menyeluruh.

Kondisi masyarakat Indonesia yang cenderung lebih suka mendengarkan dari pada membaca, juga semakin memperkuat penjelasan bahwa promosi menggunakan vidio lebih efektif menarik minat pembeli.

7. Wawasan Pasar

Fitur gold merchant memungkinkan anda untuk mengetahui informasi yang tidak diketahui oleh toko lain tanpa gold merchant. Informasi yang dapat anda ketahui seperti, daftar toko teratas, produk terlaris, diskusi, dan daftar kata kunci yang sering digunakan sesuai dengan produk yang anda jual.

Dari informasi tersebut, anda bisa belajar dari toko yang menempati posisi teratas. Bisa belajar mengenai pelayanan, sistem kerja, cara promosi, tampilan toko, dan sebagainya.

Dengan mengetahui produk terlaris, anda juga bisa megamati dari segi tampilan produk, harga, serta kalimat pomosi yang digunakan.

Mengetahui informasi mengenai kata kunci juga penting. Anda bisa menyesuaiakan kata kunci yang anda gunakan dengan kata kunci yang sering digunakan oleh konsumen ketika hendak mencari produk anda.

Apabila kata kunci yang anda gunakan tidak sesuai, anda bisa menggantinya dengan kata kunci yang sering digunakan.

Dengan demikian, tingkatkan penjualan dengan fitur gold merchant bukan hanya sekedar slogan, tetapi juga mampu anda realisasikan.

8. Produk Unggulan

Setaip toko tentunya memiliki beberapa produk yang menjadi produk unggulanya. Begitu juga dengan toko anda, tentunya toko anda juga memiliki produk yang diunggulkan kan?

Anda sendiri selakuk pemilik toko tentunya sangat tau produk mana saja yang menjadi unggulan. Tetapi, apakah konsumen anda bia mengetahui produk mana yang sebenarnya menjadi produk unggulan dari toko anda?

Hanya dengan menggunakan fitur gold merchant, anda dapat dengan mudah menampilkan 5 produk unggulan di halaman toko anda. Dengan demikian, konsumen akan dengan mudah melihat produk-produk unggulan yang anda tawarkan.

9. Adanya Slot Admin Toko

Sebagai seorang pengusaha, tentunya yang anda inginkan adalah, usahanya jalan tanpa harus anda turun secara langsung di dalamnya. Nah dengan menggunakan fitur gold merchant, anda bisa memberikan akses kepada karyawan (admin) untuk mengelola dan mengurusi bisnis anda di Tokopedia.

10. Statistik Toko

Fitur ini akan memanjakan anda dalam hal memberikan statistik penjualan toko anda. Anda bisa dengan mudah mengamati pergerakan toko anda dalam persaingan bisnis dengan toko lain. Selain itu, anda juga bisa memantau performa dari toko anda dalam kurun waktu tertentu.

Dengan adanya informasi tersebut, anda bisa dengan mudah mengatur strategi pemasaran, menentukan kebijakan dalam penjualan, serta melakukan inovasi dalam rangka meningkatkan pelayanan terhadap konsumen.

Degan demikian, slogan tingkatkan penjualan dengan fitur gold merchant bukan hanya menjadi isapan jempol semata, tetapi juga terbukti dalam realisasinya.

Cara Berlangganan Fitur Gold Merchant

etalasebisnis.com

Bagaimana? setelah anda mempelajari keuntungan-keuntungan yang akan anda dapatkan ketika menggunakan fitur gold merchant, apakah mampu membuat anda tertarik untuk mengugunakanya?

Sebagian besar toko yang sukses di Tokopedia sudah pasti menggunakan fitur ini. Meskipun tidak menutup kemungkinan juga, ada toko yang sukses tanpa harus menggunakan fitur gold merchant, namun presentasenya sangat sedikit.

Sukses memang butuh usaha dan proses. Menggunakan fitur gold merchant juga sudah termasuk dalam sebuah proses dan usaha untuk meraih kesuksesan.

Perbedaanya hanyalah masalah waktu, yakni dengan menggunakan fitur ini, kesempatan anda untuk sukses terbuka lebar, waktu yang anda butuhkan untuk sukses juga tentunya lebih cepat dari toko yang biasa.

Untuk dapat berlangganan fitur ini juga terbilang sangat mudah. Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan membuat terlebih dahulu akun toko di Tokopedia. Setelah anda memiliki toko, kemudian verifikasi data diri anda dengan menggunakan KTP.

Setelah verifikasi KTP, anda juga perlu memastikan bahwa toko anda memiliki performa toko di atas 75 poin. Ketetapan ini sudah menjadi syarat utama yang harus dipenuhi oleh setiap toko yang hendak mendaftar fitur gold merchant.

Setelah semua langkah di atas anda lalui dan anda lengkapi, kemudian klik “upgrade jadi power merchant” yang terletak pada kolom sebelah kiri akun Tokopedia anda.

Anda juga bisa klik di sini untuk memudahkan dalam memilih paket gold merchant.

Jika sudah memilih paket gold merchant, kemudian anda perlu melakukan aktivasi menggunakan aplikasi Top Seller, pilih menu yang berada di pojok kiri atas, kemudian klik “upgrade tokomu”. Aplikasi ini merupakan aplikasi yang dikhususkan untuk penjual di Tokopedia.

Saya sangat merekomendasikan anda untuk menggunakan aplikasi ini juga, karena aplikasi ini akan sangat membantu anda dalam mengelola dan memanajemen bisnis online di Tokopedia.

Setelah anda memilih paket yang telah disediakan, langsung saja klik “berlangganan”. Setelah itu, pilih metode pembayaran yang ingin anda gunakan. Lalu, Lakukanlah pembayaran seperti pada transaksi pada umumnya.

Sangat mudah bukan cara untuk berlangganan fitur gold merchant di Tokopedia?. Akan tetapi, sebelum anda memutuskan untuk berlangganan, pahami dan ketahui terlebih dahulu beberapa syarat dan ketentuan untuk bisa berlangganan gold merchant.

Klik di sini untuk mempelajari syarat dan ketentuan berlangganan fitur gold merchant Tokopedia.

Penutup

Apakah toko anda mampu memenuhi syarat dan ketentuan yang diajukan oleh Tokopedia untuk mendaftar fitur gold merchant?

Jika sudah bersegeralah untuk berlangganan fitur tersebut. Akan banyak sekali keuntungan yang anda dapatkan, yang sebelumnya belum anda rasakan ketika menjadi pelapak biasa.

Dengan fitur gold merchant, toko anda akan lebih dikenal oleh banyak orang, tingkat kepercayaan pembeli terhadap toko anda juga semakin meningkat. Sehingga tidak perlu menunggu waktu lama, toko anda akan menjadi semakin besar dan dikenal oleh masyarakat.

Demikianlah pembahasan mengenai “Tingkatkan Penjualan dengan Fitur Gold Merchant”. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Apabila ada bahasa yang kurang bisa dipahami, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.

jangan lupa untuk dipraktekan, karena sejatinya, ilmu akan lebih bermanfaat apabila selain dicari juga dipraktekan dan di sebar luaskan.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!!

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Feed Tokopedia

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Tips Upload Produk di Tokopedia

Cara Follow di Tokopedia

Cara Membuat Toko di Tokopedia

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *