Supplier Resi Otomatis :Solusi Gratis Ongkir di Marketplace<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7438" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Supplier Resi Otomatis :Solusi Gratis Ongkir di Marketplace

Supplier Resi Otomatis – Membahas mengenai dunia bisnis online tentunya bukan hanya berbicara mengenai cara promosi dan seperangkatnya. Lebih dari itu, kita juga membicarakan mengenai ekspedisi atau pengiriman.

Kemajuan teknologi bukan hanya mengakibatkan perubahan pada strategi marketing bisnis online, akan tetapi juga sedikit banyak menjadi sebab perubahan pada proses pengiriman.

Sebut saja resi pengiriman

Resi pengiriman merupakan sebuah bukti pengiriman yang dikeluarkan oleh jasa ekspedisi yang digunakan. Resi pengiriman biasanya terdiri dari gabungan antara huruf dan angka. Selain terdapat nomor resi, resi pengiriman juga mengandung informasi pengiriman lainya seperti: nama pengirim, nama penerima, alamat pengirim, alamat tujuan, tanggal pengirim, isi paket, biaya ongkir dan lainya.

Berbicara mengenai resi pengiriman, tentunya juga tidak bisa dilepaskan dari marketplace atau media jualan online. Marketplace yang sistem kerjanya begitu simple, yakni tidak perlu mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung, sudah sepantasnya berhubungan erat dengan dunia pengiriman.

Maka dari itu, marketplace bekerja sama dengan banyak jasa pengiriman yang khususnya ada di Indonesia. Resi pengiriman yang tadinya hanya bersifat manual, ketika kita menerima pesanan harus memasukan nomor resi ke marketplace secara manual, saat ini hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan.

Adanya program gratis ongkir yang diberikan oleh setiap marketplace membuat perubahan atau inovasi khususnya diresi pengiriman. Saat ini sudah ada resi otomatis yang akan memudahkan dalam proses bisnis online di Marketplace, khususnya dengan sistem dropship.

Sebagai seorang dropshiper di marketplace, sudah menjadi keharusan bagi anda untuk mencari supplier resi otomatis.

Siapa itu supplier resi otomatis? Apa yang dimaksud dengan resi otomatis? Dan bagaimana cara penggunaanya?

Yuk simak penjelasan berikut ini:

BACA JUGA !!!

Apa Itu Bisnis Sistem Dropship??

Supplier Resi Otomatis

youtube.com

Supplier resi otomatis merupakan sebuah pemasok dalam bisnis online dengan sistem dropship yang sudah menggunakan nomor resi otomatis. Hal itu sangat memudahkan kita disaat kita selaku dropshiper melakukan penjualan di marketplace. Dengan adanya supplier resi otomatis, kita bisa secara leluasa memanfaatkan program gratis ongkir tanpa harus khawatir masalah pengiriman.

Tantanganya adalah bagaimana menemukan dan mengetahui apakah suplier itu dapat dipercaya atau tidak. Dapat dipercaya di sini adalah dalam hal stok barang dan waktu pengiriman.

Supplier yang profesional seharusnya memiliki stok barang yang bisa dikatakan berstatus aman. Jangan sampai ketika kita sudah menerima pesanan masuk ternyata stok barang di supplier sedang kosong. Untuk mengantisipasi hal tersebut kita bisa menanyakan terlebih dahulu perkara stok ke supplier sebelum memutuskan untuk menerima pesanan.

Selain itu, waktu pengiriman juga sangat vital dalam hal ini. Patikan suplier kita bisa dan sanggup menyiapkan pesanan dan mengirimkanya di dalam periode pengiriman. Jangan sampai melebihi periode pengiriman yang telah ditentukan oleh marketplace.

Untuk supplier resi otomatis itu sendiri hanya bisa melayani pembelian di luar marketplace, seperti melalui Whatsapp dan lainya. Kenapa demikian? sebab, apabila kita order ke supplier melalui marketplace, nanti akan menimbulkan 2 nomor resi untuk satu barang tersebut.

Apa Itu Resi Otomatis

Resi otomatis merupakan sebuah Air Way Bills (AWB) atau biasa disebut dengan nomor resi pengiriman. Nomor resi pengiriman tersebut dihasilkan secara otomatis ketika kita menggunakan jasa pengiriman yang sudah bekerja sama dengan marketplace terkait.

Ketika kita menerima nomor resi otomatis setelah proses pemesanan barang, maka barang tersebut nantinya harus dikirim dengan nomor resi itu, tidak boleh nomor resi yang lain.

Lalu, apa saja sih kelebihan dari resi otomatis?

Kelebihan Resi Otomatis

Gratis ongkir menjadi kelebihan satu-satunya dari adanya resi otomatis. Dengan menggunakan resi otomatis, kita bisa menggunakan program gratis ongkir yang selalu ada di setiap marketplace.

Untuk dapat merealisasikan hal tersebut, sebagai seorang dropshiper, kita harus mencari supplier resi otomatis yang dapat dipercaya.

Sifat dari resi otomatis itu sendiri adalah mengkoordinir free ongkir. Oleh karena itu, kita sudah tidak perlu lagi membayar biaya ongkir di kantor jasa pengiriman. Kita juga tidak perlu menuliskan kembali data diri penerima kiriman, karena itu sudah secara otomatis tercantum di resi tersebut.

Tugas kita hanya sekedar melakukan print out resi tersebut dan kemudian diserahkan ke kantor jasa pengiriman terkait sekaligus menyerahkan barang yang akan dikirim.

Setelah itu selesai, kita tidak perlu lagi memasukan nomor resi secara manual ke marketplace, karena nomor tersebut sudah terdaftar di marketlace.

Kekurangan Resi Otomatis

Setiap hal yang di dalamnya terdapat kelebihan, maka secara otomatis juga mengandung kekurangan.

Tidak semua kantor (counter) JNT, JNE dan si Cepat bisa melayani atau menerima pengiriman dengan resi otomatis.

Selain itu, keribetan juga akan kita temui ketika kita jualan barang orang lain (dropshiper). Yang mana kita hanya bermodalkan foto produk untuk di upload ke marketlace, kemudian ketika ada yang pesan, kita tinggal pesan ke suplier.

Hal yang perlu kita lakukan adalah mengirimkan resi otomatis tersebut kepada supplier kita. Dimana , nanti supplier akan mengirimkan barangnya dengan menggunakan nomor resi tersebut.

Status stok ready harus selalu kita pastikan setiap saat, kita juga perlu menekankan kepada supplier resi otomatis untuk dapat mengirimkan pesanan sesuai tenggak waktu yang telah disediakan oleh marketplace terkait.

Berhubung pengiriman dari gudang supplier, maka alamat toko yang ada di marketplace juga harus kita setting menggunakan alamat dari supplier.

Agar nantinya ongkir juga akan dihitung dari tempat pengiriman ke penerima pengiriman.

Hal yang Akan Didapat dari Adanya Resi Otomatis

Inovasi baru tentunya akan menumbukan sesuatu yang baru juga. Berikut bberapa hal yang patut kita harapkan dengan adanya resi otomatis:

  1. Toko akan terlihat lebih profesional.
  2. Berbagai macam jenis kurir yang kita gunakan akan membuat pembeli semakin percaya dan tertarik untuk belanja di toko kita.
  3. Tingkat penjualan meningkat dari sebelumnya.
  4. Tidak semua kurir mengaktifkan resi otomatis, jadi kita hanya bisa menggunakan resi otomatis ketika jasa pengiriman yang kita gunakan mengaktifkan fitur resi otomatis.

Syarat untuk Menjalankan Sistem Resi Otomatis

Resi otomatis tidak serta merta dapat digunakan dalam kondisi dan situasi seperti apa saja. Ada syarat yang harus kita penuhi untuk dapat mengaktifkan sistem ini:

  1. Pilih supplier resi otomatis yang bisa dipercaya
  2. Pesan produk ke suplier tidak melalui marketplace (Lewat Whatsapp dan lainya).
  3. Memiliki Whatsapp supplier
  4. Memiliki rekening bank supplier
  5. Atur alamat toko sesuai dengan alamat dari suplier

Cara Dropship dengan Menggunakan Resi Otomatis

tabloidpeluangusaha.com

Tuntutan untuk mengikuti perkembangan pasar dan tingkat persaingan yang semakin tinggi membuat setiap marketplace menciptakan program gratis ongkir.

Di satu sisi program tersebut memang memberikan banyak keuntungan, seperti menarik konsumen, meringankan biaya pembelian, serta memberikan kesan profesionalitas. Namun di sisi lain hal tersebut juga mengharuskan membuat perubahan dalam bentuk resi pengiriman.

Program gratis ongkir hanya bisa digunakan ketika kita menyetujui untuk menggunakan resi otomatis. Bagi sebagian orang yang memang jualan di marketplace menggunakan produk sendiri, hal itu bukanlah sebuah persoalan. Akan tetapi berbeda jika kita jualan di marketplace dengan sisitem dropship, atau menjual produk dari supplier, penggunaan resi otomatis menjadi sedikit persoalan.

Selain kita harus mencari supplier resi otomatis, kita juga harus memastikan apakah supplier tersebut benar-benar dapat dipercaya dan mau untuk mengikuti sistem dari kita.

Bingung mencari supplier resi otomatis yang terpercaya? yuk kunjungi juga : cara menjadi dropship

Setelah kita menemukan supplier resi otomatis yang tepat, terus bagaimana cara kerja sistem drophipnya? yuk simak penjelasan berikut ini :

  1. Orderan masuk ke toko kita di marketplace
  2. Terima orderan tersebut (pastikan stok di supplier tersedia)
  3. kita selaku dropshiper kemudian memesan produk ke suplier melalui whatsapp (jangan lewat marketplace) dan sertakan juga nomor resi otomatis yang sudah kita dapatkan
  4. Transef uang ke suplier sesuai harga produk, tidak perlu ditambahi dengan biaya ongkos kirim, karena biaya ongkos kirim sudah otomatis ditanggung oleh marketplace.
  5. Suplier tinggal menyerahkan produk pesanan tersebut ke jasa pengiriman yang sudah tercantum di resi otomatis. Serahkan juga resi otomatis tersebut sebagai bukti nomor pengiriman. Sehingga supplier tidak perlu lagi membayar ongkir.
  6. Pembeli dapat memantau pengiriman melalui marketplace. Dari situ pembeli bisa mengetahui posisi pesananya sudah sampai mana.
  7. Tunggu pesanan sampai ke pembeli, setelah itu uang penjualan tersebut masuk ke rekening kita.
  8. Selesai

Bagaimana? sangat mudah bukan cara dengan menggunakan resi otomatis?

Setelah ini, tidak ada alasan lagi untuk tidak mengikuti program gratis ongkir di marketplace.

BACA JUGA !!!

Cara Dropship di Shopee/Bukalapak/Tokopedia/Lazada

Panduan AWB Otomatis

seller.tokopedia.com

Panduan AWB otomatis satu marketplace dengan marketplace lainya berbeda beda. Oleh karena itu dalam artikel ini hanya akan disajikan link lanjutan untuk mempelajari panduan AWB otomatis di setiap marketplacenya. Mulai dari Bukalapak, Tokopedia, Shopee, Lazada, JakMall.

Bukalapak

Cara Mendapatkan Resi Otomatis Bukalapak Dengan Jasa Kirim J&T Exspress

Tokopedia
Shopee
https://help.shopee.co.id/s/article/Mengapa-saya-perlu-memasukkan-nomor-resi-dan-bagaimana-cara-melakukannya
Lazada
JakMall

Penutup

Sekedar mengingatkan kembali bahwasanya ketika akan menggunakan resi otomatis, pastikan mencari supplier resi otomatis yang dapat dipercaya. Pastikan stok barang yang dipesan ada sebelum kita menerima pesanan tersebut. Tekankan kembali kepada suplier kita masalah waktu pengiriman, jangan sampai suplier mengirimkan barang melebihi batas yang telah ditentukan.
Jika anda masih bingung mencari supplier resi otomatis yang terpercaya, harga murah dan pengiriman cepat. Customcenter.id salah satu supplier yang melayan pembelian menggunakan resi otomatis. Bagi teman-teman yang berminat menjadi salah satu dropshiper di Customcenter.id bisa klik cara menjadi reseller atau klik cara menjadi dropshiper.
Demikian pembahasan mengenai supplier resi otomatis berserta seperangkatnya. Semoga apa yang telah kita peajari bersama dapat bermanfaat.
Semangat dan sukses selalu !!!
BACA JUGA !!!

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *