Cara Mendapatkan Resi Otomatis Tokopedia Menggunakan Layanan JOB<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7506" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Cara Mendapatkan Resi Otomatis Tokopedia Menggunakan Layanan JOB

Resi Otomatis Tokopedia – Membahas mengenai dunia bisnis online tentunya bukan hanya berbicara mengenai cara promosi dan seperangkatnya. Lebih dari itu, kita juga membicarakan mengenai ekspedisi atau pengiriman.

Kemajuan teknologi tidak hanya mengakibatkan perubahan pada strategi marketing bisnis online.  Akan tetapi juga sedikit banyak menjadi sebab perubahan pada proses pengiriman.

Sebut saja resi pengiriman

Resi pengiriman merupakan sebuah bukti pengiriman yang dikeluarkan oleh jasa ekspedisi yang digunakan. Resi pengiriman biasanya terdiri dari gabungan antara huruf dan angka. Selain terdapat nomor resi, resi pengiriman juga mengandung informasi pengiriman lainya seperti: nama pengirim, nama penerima, alamat pengirim, alamat tujuan, tanggal pengirim, isi paket, biaya ongkir dan lainya.

Berbicara mengenai resi pengiriman, tentunya juga tidak bisa dilepaskan dari marketplace atau media jualan online. Marketplace yang sistem kerjanya begitu simple, yakni tidak perlu mempertemukan antara penjual dan pembeli secara langsung, sudah sepantasnya berhubungan erat dengan dunia pengiriman.

Maka dari itu, marketplace bekerja sama dengan banyak jasa pengiriman yang khususnya ada di Indonesia. Resi pengiriman yang tadinya hanya bersifat manual, ketika kita menerima pesanan harus memasukan nomor resi ke marketplace secara manual, saat ini hal tersebut tidak perlu lagi dilakukan.

Adanya program gratis ongkir yang diberikan oleh setiap marketplace, membuat perubahan atau inovasi khususnya diresi pengiriman. Saat ini resi pengiriman tidak hanya manual, tetapi juga sudah ada yang otomatis.

Resi otomatis Tokopedia sementara tersedia dengan jasa pengiriman JNE. Resi otomatis mendukung untuk program gratis ongkir di Tokopedia. Program tersebut memang hanya bisa dijalankan dengan menggunakan resi otomatis, yang mana biaya ongkir sudah secara otomatis dibayar oleh pihak Tokopedia.

Kita sebagai penjual tinggal mencetak resi otomatis tersebut, kemudian disertakan dengan produk yang akan dikirim, dan diserahkan ke kantor ekspedisi terkait.

Baca Juga : Supplier Resi Otomatis : Solusi Gratis Ongkir di Marketplace

Keuntungan Resi Otomatis Tokopedia

tokopedia.com

Setiap inovasi baru tentunya akan mempunyai keuntungan yang sebelumnya tidak kita dapatkan, begitu juga adanya resi otomatis Tokopedia. Sebagai penjual, kita sangat diuntungkan dengan kehadiran fitur ini. Berikut beberapa keuntungan yang menanti kita ketika kita menggunakan resi otomatis dari JNE:

  1. Ketika menggunakan resi manual kita diharuskan input nomor resi ke sistem, saat ini dengan menggunakan resi otomatis kita tidak perlu input resi. Resi akan secara otomatis masuk ke dalam sistem.
  2. Kita selaku pelapak tidak perlu lagi membayarkan ongkos kirim ke kantor ekspedisi. Biaya ongkos kirim akan dibayarkan oleh Tokopedia ke jasa ekspedisi JNE.

Resi otomatis Lazada di satu sisi memang memberikan keuntungan bagi kita yang jualan produk sendiri maupun dropship (jualan produk orang lain). Akan tetapi, bagi pelapak yang jualan dengan sistem dropship, resi otomatis mengakibatkan sedikit kendala dalam proses pemesanan barang ke supplier.

Kita selaku pelapak diharuskan melakukan pemesanan ke supplier melalui media di luar Tokopedia, seperti via Whatsapp atau telepon biasa. Hal tersebut dilakukan supaya tidak menghasilkan nomor resi ganda. Cukup menggunakan resi otomatis yang diperoleh dari proses pemesanan pembeli kada kita.

Jadi kita nantinya juga harus mengirimkan resi otomatis Tokopedia tersebut ke pihak supplier sebagai nomor identitas pengiriman, yang kemudian diserahkan kepada kantor ekspedisi beserta produknya untuk segera di kirimkan ke konsumen.

Pengetahuan untuk mendapatkan resi otomatis Tokopedia masih perlu disampaikan terutama kepada pelapak. Fitur baru ini masih belum terlalu diketahui oleh pelapak di Tokopedia terutama pemula.

Berikut cara mendapatkan resi otomatis Tokopedia dengan menggunakan jasa pengiriman JNE

BACA JUGA !!!

Cara mendapatkan Resi Otomatis Shopee dengan Jasa Kirim JNE

Cara Mendapatkan Resi Otomatis Tokopedia

pluginongkoskirim.com

Saat ini resi otomatis Tokopedia baru bisa diberlakukan ketika kita menggunakan layanan JOB atau JNE Online Boking. Lalu bagaimana cara mengaktifkan fitur JOB tersebut?

Ada 4 media yang bisa kita gunakan untuk mengaktifkan JOB, simak penjelasan berikut ini :

Desktop

  1. Masuk ke akun Tokopedia. Klik di sini.
  2. Masuklah ke Toko kita dan kemudian pilih “pengaturan toko”
  3. Pilih tab pengiriman
  4. Centanglah sistem AWB otomatis di kolom JNE

Mobile

  1. Masuklah ke akun toko kita
  2. Pilihlah dukungan pengiriman
  3. Di kolom JNE, pilih checkbox sistem AWB otomatis
  4. Lalu klik “simpan”

Android

  1. Masuk ke akun toko
  2. Pilihlah pengaturan
  3. Klik pengiriman
  4. Klik opsi tambahan pada kolom pengiriman JNE
  5. Centang AWB dan kemudian klik ubah
  6. Save perubahan

IOS

  1. Klik menu lainya yang berada di abwah layar
  2. Klik nama toko yang ada dibagian toko saya
  3. Klik atur toko
  4. Masuk ke menu pengiriman
  5. Pilih pengaturan tambahan pada kolom kurir JNE
  6. Klik pda sistem AWB otomatis
  7. Selesai dan klik simpan atau save

Cara penggunaan Resi Otomatis Tokopedia

Resi otomatis Tokopedia saat ini hanya hanya bisa digunakan dengan jasa pengiriman JNE, yakni dengan layanan JOB atau JNE Online Boking. Dari ke 4 media yang telah dijabarkan di atas, ternyata layanan JOB hanya bisa digunakan ketika kita melalui Desktop. JOB tidak bisa dipakai menggunakan mobile, android ataupun IOS.

Berikut informasi mengenai cara penggunaan resi otomatis Tokopedia saat proses pengiriman:

  1. Langkah pertama adalah dengan menerima pesanan yang masuk ke toko kita
  2. Setelah pesanan diterima, konfirmasi pengiriman di menu penjualan.
  3. Kemudian klik “cetak kode boking” pada kolom pesanan
  4. Setelah kode boking diprint, tempelkanlah ke paket yang akan di kirimkan
  5. Datang langsung ke kantor ekspedisi dengan membawa paket yang sudah ditempeli resi pengiriman tersebut
  6. Mintalah kepada petugas untuk memindai barcode yang ada di kode boking
  7. Nomor resi dengan sendirinya akan masuk ke akun penjual maupun pembeli

Catatan : Jika kita jualan online dengan sistem dropship, berarti kita tidak perlu datang langsung ke ekspedisi. Kita cukup menyerahkan resi otomatis tersebut ke supplier kita, dan supplier itulah yang akan menjalankan proses pengiriman.

jika teman-teman masih butuh berbagai produk untuk melengkapi toko di Tokopedia, saya memiliki rekomendasi supplier yang menjual produk Custom terlengkap di Indonesia.

Customcenter.id salah satu supplier yang melayan pembelian baik melalui marketplace, maupun melalui telephone. Bagi teman-teman yang berminat menjadi salah satu dropshiper di Customcenter.id bisa klik cara menjadi reseller atau klik cara menjadi dropshiper.

Semoga Bermanfaat !!!!

sangat mudah bukan, cara mendapatkan dan menggunakan resi otomatis Tokopedia? Tunggu apa lagi, yuk segera kirimkan pesanan menggunakan resi otomatis. Selain simple, juga akan meringankan pekerjaan kita.

 

BACA JUGA !!!

Cara menjadi Top Seller Tokopedia

Cara membuat Diskon di Tokopedia

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *