Cara Menyusun Perencanaan Bisnis Online Terbaik<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7188" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Cara Menyusun Perencanaan Bisnis Online Terbaik

Perencanaan bisnis online – Sebagian orang menganggap bahwa kepintaran otak dan kelebihan yang ada dalam dirinya terlalu sayang apabila digunakan untuk memperkaya orang lain. Memperkaya orang lain di sini artinya adalah bekerja dengan orang lain. Orang-orang seperti itu lebih menginginkan untuk membuka lapangan kerja sendiri dibandingkan harus bekerja kepada orang lain.

Satu-satunya hal yang dapat menghasilkan uang tanpa harus bekerja dengan orang lain adalah dengan berwirausaha atau bisnis. Dengan melakukan bisnis, anda tidak hanya dapat menghasilkan uang, tetapi juga bisa membuka lapangan pekerjaan.

Mindset orang tentang bisnis sangat identik dengan modal yang besar, harus stok barang, harus membuat toko, harus ini lah itu lah. Padahal pada kenyataanya, pola pikir itu merupakan pola pikir orang terdahulu sebelum adanya teknologi.

Apakah anda sebagai generasi milenial juga masih memiliki pola pikir seperti itu?

Adanya teknologi dan internet membuat dunia bisnis tidak selalu harus membutuhkan modal besar. Anda yang notabenya tidak memiliki modal sekalipun masih bisa untuk melakukan bisnis.

Manfaatkanlah kemajuan teknologi untuk membantu anda menjalankan bisnis secara online, dengan tidak perlu memiliki toko secara fisiki, tidak perlu stok barang, dan tidak perlu lagi bingung mencari konsumen.

Kemudahan-kemudahan itulah yang sekarang menjadi sajian siap santap untuk orang-orang yang mau dan mampu memanfaatkan kesempatan yang ada.

Dengan kemudahan yang ditawarkan teknologi untuk menjalankan bisnis online, bukan berarti anda dapat dengan mudah sukses ketika menjalankan bisnis tersebut. Seperti halnya bisnis pada umumnya, bisnis online juga membutuhkan perencanaan dan strategi yang matang dalam pelaksanaanya.

Oleh karena itu, pada kesempatan kali ini, kami akan sedikit memberikan pengetahuan mengenai cara menyusun perencanaan bisnis online. Pengetahuan ini nantinya mampu menjadi rambu-rambu dan panduan dalam menjalankan bisnis online supaya sukses.

Perencanaan Bisnis

youtube.com

Seberapa pentingnya sih perencanaan bisnis online itu?

Penting tidak penting itu tergantung dari sudut pandang orang yang akan menjalankan. Ada sebagian orang yang menganggap bahwa proses perencanaan bisnis perlu dilakukan sebelum memulai bisnis. Karena dengan perencanaan itu, bisnis anda menjadi punya tujuan yang jelas, mengetahui kebijakan-kebijakan yang harus diambil dan sebagainya.

Akan tetapi, ada sebagian orang juga yang beranggapan bahwa, menjalankan bisnis iya tinggal mulai saja, tidak perlu banyak perencanaan, tidak perlu banyak pengamatan ataupun perhitungan. Kalau terlalu banyak perencanaan, yang ada nantinya menjalanakan bisnis hanya sekedar wacana, berhenti pada saat tahap perencanaan.

Sekarang kembali lagi kepada anda tentunya, anda pastinya lebih tau kapasitas dan kopetensi dari diri anda sendiri. Tetapi belajar dari kedua pendapat tersebut, kebanyakan orang memilih untuk melakukan perencanaan bisnis terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk memulai.

Okay, berhubung anda sudah terdokrin untuk membuat perencanaan terlebih dahulu sebelum menjalankan bisnis, pada kesempatan kali ini kami akan mencoba semaksimal mungkin untuk memberikan sedikit pencerahan mengenai cara menyusun perencanaan bisnis online.

Keapa harus bisnis online?

Iya saya kembalikan lagi ke kondisi dunia saat ini, yang memang semuanya sudah didesain untuk menjadi sistem serba online.

Perencanaan Bisnis Online

jurnal.id

Sebelum melangkah lebih jauh untuk mempelajari tentang perencanaan bisnis online, terlebih dahulu yang harus diketahui adalah mengenai bisnis online itu sendiri.

Bisnis online mungkin sudah tidak asing lagi di telinga teman-teman. Ada yang mengartikan bisnis online itu sebagai bisnis yang dijalankan secara online, bisnis yang dijalankan dengan adanya peran teknologi dan internet, serta ada juga yang mengartikan bahwa bisnis online itu bisnis yang proses transaksinya tidak perlu mempertemukan secara langsung penjual dan pembeli.

Semua pendapat di atas memanglah benar, tidak ada yang salah. Bahwasanya memang bisnis online itu ya bisnis yang dijalankan dengan bantuan teknologi atau internet. Sehingga mengakibatkan proses transaksi yang tadinya mengharuskan penjual dan pembeli bertemu secara langsung, sekarang pertemuan secara langsung itu bisa diganti dengan media online.

Pelaku bisnis online harus lebih kreatif dalam hal promosi dan pemasaran, karena memang mereka hanya bermodalkan foto produk, yang mana pembeli tidak bisa melihat penampakan produk secara langsung.

Lantas bagaimana caranya menyusun perencanaan bisnis online, supaya dalam pemanfaatan teknologi maupun proses promosi mampu menghasilkan tingkat penjualan yang maksimal?

Menentukan Jenis Bisnis Online

 

Perencanan bisnis online yang pertama adalah dengan menentukan jenis bisnis online apa yang ingin anda jalankan. Apakah bisnis online dengan sistem dropship, ataukah bisnis online dengan sistem anda punya toko tetapi dipasarkan secara online.

Jika anda ingin menjalankan bisnis online yang modalnya kecil, tidak harus membuat toko, dan tidak harus stok barang, maka jalankanlah bisnis online dengan sistem dropship.

BACA JUGA !!!

Apa Itu Dropship??

Menentukan Produk Apa yang Akan Dijual

Setelah anda mantap untuk memilih jenis bisnis online yang akan dijalankan, langkah selanjutnya adalah memilih produk apa yang sebenarnya ingin anda jual.

Perlu saya utarakan bahwasanya, menentukan jenis produk yang akan dijual yang pertama dipengaruhi oleh kesukaan anda, misal anda suka sovenir atau cinderamata yang biasa difungsikan untuk hadiah maka jualah produk sovenir.

Kedua, selain menentukan berdasarkan kesukaan, anda juga harus melihat peluang produk tersebut di pasaran, apakah banyak orang yang membutuhkan produk itu? Apakah produk itu dapat bertahan selamanya dipasaran? Faktor apa saja yang menjadi penghambat dalam penjualan produk tersebut?. Semua hal itu harus anda perhatikan juga, supaya nantinya tidak salah dalam menentukan produk yang akan dijual.

Mencari Suplier

Berhubung sistem bisnis online yang anda pilih adalah sistem bisnis dropship, dimana anda menjual produk milik orang lain, maka anda perlu mencari seorang suplier yang menyediakan produk sesuai keinginan anda.

Ketika dalam penentuan produk tadi anda memilih untuk menjual produk sovenir, fashion, kado ultah, kado nikah dan sejenisnya, anda bisa menujuk customcenter.id sebagai suplier anda.

Klik daftar droship untuk mulai menjadi bagian dari suplier customcenter.id

Mempelajari Cara kerja Bisnis Dropship

Setiap suplier dalam bisnis online tentunya memiliki kebijakan dan cara kerjanya masing-masing. Anda tidak bisa beranggapan bahwa setiap suplier memiliki kesamaan dalam sistem kerjanya.

Untuk menghindari kesalah fahaman dan kebingungan dalam menjalankan bisnis dropship, alangkah baiknya jika anda mempelajari terlebih dahulu cara kerja, alur pemesanan, pengiriman, pembagian keuntungan dan sebagainya.

Jangan sampai ketika anda sudah memulai melakukan promosi dan beruntungnya langsung ada yang menanyakan produk dan berniat untuk membeli tetapi anda sendiri belum tau cara pemesananya.

Oleh karena itu pelajari terlebih dahulu mengenai cara kerjanya, karena pastinya juga setiap suplier memberikan panduanmengenai cara kerja dan sistem dari bisnisnya.

Menentukan Media Jualan Online

Membuat perencanaan bisnis online yang selanjutnya adalah denganmenentukan mdia yang akan dignakan sebagai tempat melakukan promosi.

Seperti yang telah saya dan anda ketahui bahwasanya ada perbedaan antara metode pemasaran bisnis online dengan bisnis pad umumnya.

Apabila pada bisnis online promosi dilakukan dengan cara dari mulut ke mulut, memasang poster, dan penyebaran selebaran.

Ketika menjalankan bisnis online, cara itu mungkin sudah tidak lagi relevan untuk dilakukan. Bisnis online yang notabenya melakukan kegiatan jual beli secara online, mau tidak mau anda juga harus melakukan promosi secara online.

Bukan hanya promosi saja yang dilakukan secara online, proses penjualan dan transaksi juga harus dilakukan secara online.

Oleh karena itu, sangat penting anda menentukan media jualan online, yang di dalamnya selain digunakan untuk jualan juga bisa sekalian untuk promosi.

Sebagiai contoh seperti Marketplace (Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dll), Facebook dan Instagram.

Kuasai seluruh media jualan online yang sudah saya sebutkan di atas, insyaalloh bisnis anda akan bisa menghasilkan jutaan rupiah setiap harinya.

Menentukan Harga Jual

Harga jual juga merupakan salah satu hal yang harus masuk dalam perencanaan binis online anda. Jika anda pernah memahami tingkah laku konsumen dalam pasar online, tentunya anda sudah tidak asing menemukan fenomena harga tidak bulat, seperti Rp. 99.000, Rp. 149.000.

Taukah anda kenpa penjual memberikan harga dengan format seperti itu? Kenapa tidak dibulatkan saja menjdi Rp.100.000 dan Rp. 150.000?

Karena penjual sudah mengetahui bawasanya pembeli akan lebih melirik harga yang Rp. 99.000 di bandingkan yang Rp. 100.000 walaupun hanya terpaut Rp. 1000 saja.

Selain itu, harga pesaing juga bisa anda jadikan patokan untuk menentukan harga jual anda. Usahakan untukmemberikan harga di bawah atau lebih murah dari harga yang pesaing anda berikan.

Apabila memang pahitnya harga anda tidak bisa lagi untuk lebih murah dari pesaing, berarti anda harus merubah strategi pemasaranya.

Yakni tidak masalah memberikan harga lebih mahal, asalkan anda bisa memberikan nilai lebih akan produk yang anda jual. Deskripsi juga berperan penting ketika harga anda bisa dibilang lebih mahal dari pesaing. Anda harus melengkapi postingan promosi dengan deskripsi produk yang menarik, banyakin keunggulan-keunggulan yang ada pada produk anda.

Akan tetapi, keunggulan yang anda tampilkan pada deskripsi produk juga harus sesuai dengan kondisi sebenarnya. Jangan sampai itu hanya menjadi isapan jempol semata, sedangkan produknya jauh dari kata memuaskan.

Imbasnya, konsumen akan kehilangan kepercayaan pada toko anda ketika apa yang dideskripskan tidak sesuai dengan apa yang diberikan.

Menentukan Target Pasar

target pasar sudah hal pasti menjadi bagian dari sebuah bisnis, mau itu bisnis online maupun bisnis offline, entah itu bisnis furniture ataupun bisnis lainya. Semua bisnis memiliki target pasarnya sendiri-sendiri.

Target pasar bisa berbeda-beda menyesuaikan dengan jenis bisnisnya. Bahkan dalam jenis bisnis yang sama terkadang juga memiliki target pasar yang berbeda.

Contoh saja seperti bisnis percetakan atau sablon. Satu perusahaan yang memang menargetkan konsumen kelas ekonomi menengah ke bawah biasanya hasil produknya juga standar, tidak terlalu berkualitas.

Akan tetapi ada juga perusahaan yang dia lebih mengedepankan kualitas cetakan dari pada harga, karena memang target pasar dia adalah orang-orang dari kelas ekonomi menengah ke atas. Jadi tidak masalah ketika perusahaan itu memberikan harga lebih mahal, karena memang kualitasnya terjamin, dan target pasarnya juga jelas, yakni kelas ekonomi menengah ke atas.

Lantas, bagaimana dengan anda? apakah anda akan menargetkan pasar pada orang-orang di kelas menengah ke bawah? atau malah orang-orang pada kelas menengah ke atas?

Selain melihat target pasar dari segi ekonomi, masih ada beberapa aspek juga yang perlu anda lihat, seperti halnya dikelompokan dari tingkat pendidikan, umur, jenis kelamin, hobi dan kondisi wilayah yang nantinya akan menjadi pasar anda.

Jangan sampai ketika anda menjual sovenir kado pernikahan, anda malah menargetkan pasar pada orang-orang dengan umur 17 ke bawah, dan sebagainya.

Saran dari saya, bagi anda yang saat ini menjalankan bisnis dengan menjadi dropshiper di Custom Center Indonesia. Sebaiknya target pasar yang anda pilih adalah orang-orang dengan ekonomi kelas menengah ke atas, mahasiswa/mahasiswi, umur 17 ke atas serta tinggal di daerah yang bisa dibilang perkotaan.

Kenapa demikian? yang pertama, karena memang produk dari Custom Center Indonesia itu sendiri lebih mengedepankan kualitas dari pada harga murah, sehingga untuk harga sendiri terbilang lebih mahal dari pesaing lainya yang menggunakan strategi harga.

Membuat SOP Perusahaan

SOP atau singkatan dari standar operasional prosedur merupakan sebuah dokumen yang berisi tentang standar prosedur atau kronologis dalam menyelesaikan pekerjaan. SOP tersebut dibuat untuk mendapatkan hasil kerja yang efektif dan efisien.

Contohnya seperti, penentuan standar dalam pelayanan terhadap konsumen. Tentang bagaimana cara memperlakukan konsumen dengan baik, serta tahapan-tahapan dalam melayani konsumen. Mulai dari pertama menjalin komunikasi sampai pada proses pengiriman produk. Sistem tersebut harus anda buat, agar nantinya konsumen akan merasa terlayani dengan baik.

Dalam membuat SOP perusahaan perhatikan juga kondisi bisnis anda, perhatikan SDM yang anda miliki, serta usahakan juga untuk membuat sistem yang sederhana tetapi mudah untuk dimengerti oleh semua pihak.

Baca Juga : Cara Membuat SOP Perusahaan

Menentukan Target Penjualan

Penentuan target penjualan perlu dilakukan diawal, sebab dengan adanya target, perusahaan memiliki tujuan yang wajib untuk dicapai. Dengan demikian, anda sebagai pemilik bisnis mau tidak mau harus bekerja keras untuk dapat mencapai target tersebut.

Coba bedakan antara bisnis yang memiliki target dan bisnis yang hanya mengalir saja. Bisnis yang memiliki target penjualan pasti akan lebih gercep dan semangat dalam melakukan promosi dan sebagainya, karena dibayang-bayangi oleh kewajiban untuk mencapai targer.

Berbeda dengan bisnis yang tidak memiliki target. Bisnis tersebut pastinya akan bergerak secara pelan dan pasrah dengan apa yang menimpanya, karena memang tidak ada kewajiban untuk ditunaikan, seperti target untuk dicapai.

Oleh karena itu, penentuan target penjualan sangat perlu anda masukan dalam perencanaan bisnis online yang hendak anda jalankan.

Setelah semua tahapan perencanaan bisnis online di atas anda buat dan jalankan, untuk selanjutnya mulailah bisnis online anda dengan dibarengi niat dan tekad yang kuat, serta jangan lupa berdoa supaya tuhan memberikan kelapangan rizqy dan kemudahan dalam menjalankan bisnis tersebut.

Demikia pembahasan mengenai cara menentukan perencanaan bisnis online yang insyaalloh dapat merubah nasib bisnis anda menjadi lebih baik. Semoga dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. Apabila penjelasan di atas kurang begitu jelas atau malah membingungkan, saya sebagai penulis mohon keridhoanya untuk memafkan.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!

BACA JUGA !!!

Cara Promosi Online Paling Efektif

Kesalahan dalam Promosi yang Sering Dilakukan

Contoh Kata-Kata Promosi

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *