Media Jualan Online Paling Efektif dan Banyak Digunakan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6618"> <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Media Jualan Online Paling Efektif dan Banyak Digunakan

Media Jualan Online – Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis sudah semakin bertransformasi dari offline menjadi online. Jumlah penjual dan pembeli dalam bisnis online setiap hari semakin meningkat.

Bisnis online bukan hanya merambah pada kalangan muda mudi saja, tetapi hampir ke semua kalangan, baik dari anak-anak SMP, SMA, Bapak-bapak, maupun ibu-ibu.

Trasnformasi itu terjadi bukan tanpa sebab.

Bisnis online menawarkan fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan dan membuat proses jual beli semakin efektif dan efisien.

Penjual tidak perlu lagi mengeluarkan modal yang besar untuk membuat lapak atau tempat jualan. Seiring perkembangan teknologi yang semakin maju, banyak memunculkan media-media online yang sangat prospek untuk dijadikan tempat berjualan.

Penjualan secara online sangat memungkinkan penjual menjalankan bisnis dengan sistem dropship. Bisnis dengan sistem dropship memungkinkan orang untuk bisa berjualan dengan mudah.

Dalam menjalankan bisnis dropship, anda hanya bermodalkan hp dan kuota internet untuk membuat sebuah toko di media jualan online sebagai tempat promosi dan penjualan. Apabila ada yang membeli produk kepada anda, anda tinggal memesan produk tersebut kepada suplier dan memintanya untuk langsung mengirimkan ke alamat konsumen.

Pengen jualan online, tapi tidak punya produk ? dropship aja di joindropship.com.

Selain kemudahan yang ditawarkan kepada penjual, bisnis online juga memberikan kemudahan bagi para pembeli.

Dalam bisnis online, pembeli tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk mencari dan membeli barang yang diinginkan. Mereka cukup mengunjungi media online yang di dalamnya terdapat semua jenis barang dari setiap toko milik para penjual.

Sangat menarik bukan? hanya dengan media online, penjual dan pembeli sudah bisa melakukan proses jual beli tanpa harus bertemu secara langsung.

Lalu, apa saja sih media jualan online yang bisa digunakan untuk mempromosika produk anda?

Media Jualan Online

Apakah anda seorang pelaku bisnis online pemula? Jika iya, Apakah anda juga memiliki kesulitan untuk memulai bisnisnya? Kalau boleh saya menebak, menentukan media online untuk berjualan mungkin menjadi salah satu kesulitan anda saat ini.

Media jualan online sangat penting dalam sebuah bisnis online. Tanpa adanya media online, bisnis online anda tidakakan bisa berjalan. Media jualan online sudah menjadi sesuatu hal yang wajib anda ketahui. Namanya saja bisnis online, otomatis media yang digunakan untuk berjualan juga bentuknya online.

Apabila di bisnis offline anda mengenal lapak, kios, pasar sebagai media untuk berjualan, di bisnis online juga ada tempat tersendiri sebagai media untuk jualan secara online.

Istilah tempat pada bisnis offline dan bisnis online memiliki sedikit berbeda. Meskipun memiliki fungsi yang sama, yaitu sama-sama sebagai media bertemunya penjual dan pembeli untuk melakukan transaksi.

Dalam artikel ini, anda akan dibawa untuk mengenal dan mempelajari beberapa media jualan online yang cukup dikenal dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia.

1. Marketplace

uhudpropertysyariah.com

Marketplace bisa diartikan sebagai aplikasi yang memfasilitasi proses terjadinya jual beli secara online. Marketplace diperuntukan baik untuk para penjual maupun pembeli.

Penjual dapat menggunakan marketplace untuk membuat sebuah toko online yang dapat digunakan sebagai wadah atau tempat untuk menjajakan produknya. Sedangkan untuk pembeli, mereka dapat dengan mudah mencari barang yang dibutuhkan menggunakan marketplace yang tersedia.

Marketplace memberikan keuntungan kepada penjual karena mereka dengan mudah dapat mempromosikan produknya. Marketplace juga memberikan kemudahan kepada pembeli untuk menemukan barang yang dibutuhkan tanpa harus repot-repot pergi ke pasar.

Ada banyak marketplace yang tersedia untuk anda, tetapi pada umumnya masyarakat Indonesia menggunakan marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokpedia, Lazada dan OLX.

Berikut akan saya jabarkan mengenai media jual beli online marketplace yang sedikit banyak akan menambah wawasan anda.

a. Shopee

shopee.co.id

Shopee merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang memiliki perkembangan jumlah pengguna sangat cepat. Berdasarkan survey dari snapcart yang melibatkan 6.123 responden menghasilkan data 37% responden paling sering menggunakan Shopee untuk belanja online. Dibawahnya, 25% responden memilih Tokopedia sebagai media untuk belanja, dan diikuti oleh Lazada dengan 20%.

Dengan melihat hasil survey di atas, sangat bijak apabila anda memilih Shopee sebagai media jualan online.

Berjualan di Shopee juga terbilang tidak memerlukan proses yang rumit. Anda hanya perlu memasang aplikasi Shopee di Hp android (download di Play Store), kemudian membuat akun, membuat toko, mengisi informasi mengenai toko dan mulai berjualan.

BACA JUGA !!!

Cara Jualan Online di Shopee

Shopee adalah marketplace yang menyediakan berbagai jenis produk dari yang murah sampai yang mahal, dari yang kualitasnya tinggi, sampai yang kualitasnya rendah. Semua produk bisa anda jual asalkan memenuhi ketentuan dan persyaratan produk yang bisa dijual di Shopee.

Jualan di Shopee juga diuntungan dengan banyaknya program yang bisa menarik calon pembeli untuk bertransaksi. Salah satu program yang paling dikenal dari Shopee adalah gratis ongkos kirim.

Sebagai seorang penjual, anda bisa mendaftar gratis ongkir untuk memberikan kemudahaan dan keringanan bagi pembeli yang ingin membeli produk dari toko anda.

Selain gratis ongkir, masih banyak lagi program-program unggulan dari Shopee yang ditujukan guna menarik dan memikat hati masyarakat agar menggunakan Shopee sebagai tempat jual beli online, seperti halnya voucher belanja yang bisa digunakan oleh pembeli untuk mendapatkan cashback dari setiap pembelian.

Alhasil, dengan program dan pelayanan tersebut, membuat Shopee menjadi salah satu marketplace paling populer di Indonesia. Shopee tercatat sudah melayani lebih dari 900.000 orderan per hari.

Banyaknya transaksi yang dihasilkan oleh Shopee juga tidak terlepas dari kemudahan dalam proses pembayarannya. Shopee memberikan beberapa pilihan atau alternatif dalam pembayaran. Pembeli dapat melakukan pembayaran melalui media ATM bank, Shopee PayLAter, Kartu kredit, Indomart/Alfamart, oneklik, Kredivo dan Akulaku.

Dari keunggulan dan kemudahan penggunaan aplikasi Shopee, tidak salah apabila aplikasi tersebut anda gunakan sebagai media jualan online.

b. Tokopedia

tokopedia.com

Tokopedia merupakan marketplace terpercaya yang sudah beroperasi di Indonesia sejak tahun 2009. Tokopedia sudah menjadi marketplace besar dan populer dengan adanya berbagai jenis toko di dalamnya.

Apabila Shopee di kenal dengan gratis ongkirnya, Tokopedia lebih dikenal akan Flash Sale nya. Flash Sale merupakan program terbaru dari Tokopedia dimana penjual bisa memberikan promo atau potongan harga kepada pembelinya.

Adapun beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan ketika mengikuti program flash sale tersebut:

  • Ketika anda mengikuti flash sale, produk yang anda ikutkan akan muncul dihalaman depan tokpedia, sehingga sangat memungkinkan produk anda untuk dilihat banyak orang.
  • Dengan banyakya orang yang melihat produk anda, peluang terjual produk tersebut akan semakin besar.
  • Toko akan mendapatkan skor produk dan poin reputasi toko yang tinggi. Semakin banyak penjualan yang dilakukan oleh sebuah toko online, akan semakin tinggi juga poin reputasi toko anda. Tingginya poin reputasi toko akan lebih meyakinkan pelanggan untuk membeli produk dari toko anda.
  • Anda mungkin sudah pernah mempelajari cara promosi, nah inilah salah satu cara untuk mempromosikan produk unggulan anda secara efektif dan efisien.

Sangat menarik bukan? tunggu apalagi, jadikanlah Tokopedia salah satu media jualan online anda.

c. Bukalapak

bukalapak.com

Selain ada Shopee dan Tokopedia, ada juga marketplace yang tidak kalah populernya di Indonesia, yakni Bukalapak. Apabila Persaingan harga di Shopee dan Tokopedia terbilang sangat ketat, di Bukalapak sendiri terbilang tidak seketat dari kedua marketplace di Atas.

Bukalapak juga dikenal sebagai marketplace yang prosedur dalam berjualan relatif mudah dan tidak membingungkan. Pastinya tidak akan menyesa apabila anda memilih bukalapak sebagai media untuk jualan online.

d. Lazada

jurnalapps.co.id

Lazada merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan pada tahun 2012 oleh Rocket internet dan Pierre Poignant. Pada tahun 2014, marketplace yang pendirianya di Singapura ini diakuisisi oleh perusahaan e-commerce ,terbesar di dunia, yakni Alibaba Group.

Lazada beroperasi tidak hanya disatu negara tetapi sudah merambah keberbagai negara, khususnya negara-negara di Asia Tenggara. Negara-negara yang masuk dalam ruang lingkup pasar Lazada adalah negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai masyarakat Indonesia, mungkin anda lebih mengenal marketplace seperti Shopee, bukalapak dan tokopedia. Saya tidak akan menyalahkan tentang hal itu karena memang ketiga marketplace itu yang lebih menguasai pasar di Indonesia.

Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa, sebenarnya masih banyak marketplace lainya yang malah jangkauan pasarnya lebih besar, bahkan sampai ke negara-negara tetangga.

Marketplace itu tidak lain adalah Lazada.

Iya, Lazada bisa membantu anda mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dan pasar yang tentunya akan lebih luas.

e. OLX

id.wikipedia.org

Kepopuleran Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada mungkin membuat anda kurang terlalu familiar dengan marketplace yang satu ini. Fenomena tersebut tidak terlepas dari status anda sebagai generasi millenial, yang mana lebih aktif untuk belanja produk fashion, buku dan produk-produk yang mendukung penampilan anda.

Hal itu sangat bertolak belakang dengan varian produk yang dijual di marketplace OLX.

OLX yang merupakan marketplace hasil marger antara tokobagus dan berniaga lebih terfokus untuk menjual barang-barang bekas, peralatan rumah tangga, serta barang-barang lain yang terbilang masuk dalam kategori barang dengan ukuran besar.

Sampai dengan saat ini, OLX sudah berhasil menghadirkan 3 miliar pengunjung perbulanya, dengan rata-rata total transaksi perbulanya mencapai angka 31 triliun rupiah. Sangat fantastis bukan apa yang telah dicapai marketplace satu ini?

Meskipun lebih didominasi oleh produk-produk bekas atau sejenisnya, tidak menutup kemungkinan produk anda yang berupa sovenir, kado, bahkan fashion akan tetap mendapatkan banyak orderan ketika diiklankan di marketplace tersebut.

Perbedaan jenis produk yang anda iklankan di OLX malah bisa menjadi daya tarik dan bahkan bisa meyita perhatian banyak orang yang tergabung diaplikasi tersebut.

Bukan hanya itu saja, pesaing-pesaing anda juga mungkin masih jarang yang memasang iklan di OLX. Mereka  tidak terlalu memandang OLX sebagai marketplace yang progresif untuk dijadikan tempat jualan produk fashion dan sovenir.

Oleh karena itu, dengan sedikitnya pesaing yang ada, peluang produk anda dibanjiri orderan sangatlah besar. Apakah sekarang anda minat untuk memasang iklan di OLX?

Tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan OLX sebagai media jualan online asalkan anda telaten dan maksimal dalam menjalankanya pasti keuntungan juga akan mengikuti anda.

2. Media Sosial

maxmanroe.com

Siapa sih yang tidak mengenal media sosial? Sebagian besar generasi milenial pastinya sudah mengenal bahkan menggunakanya. Ada beberapa media sosial yang populer di masyarakat Indonesia, yakni Whatsapp, Facebook dan Instagram.

Media sosial merupakan sebuah alat untuk saling berkomunikasi dan berbagi status dengan tujuan menunjukan aktivitas yang sedang dilakukan. Status yang dibagikan bisa berupa konten, foto maupun vidio.

Media sosial sudah menjadi produk teknologi yang lazim digunakan oleh masyarakat baik itu di dunia maupun di Indonesia. Pengguna media sosial sudah mencapai ribuan bahkan jutaan orang di seluruh dunia.

Indonesia sendiri menempati urutan ke 5 pengguna media sosial terbesar di dunia dengan rincian sebagai berikut:

Whatsapp menjadi media sosial paling banyak digunakan di Indonesia dengan 333,5 juta pengguna. Disusul oleh Facebook dengan 140 juta pengguna. Diikuti oleh Instagram dengan angka 56 juta pengguna.

Kepopuleran media sosial menjadi peluang besar para pelaku bisnis online untuk memasarkan produknya. Medi sosial dialih fungsikan menjadi media jual beli online yang menguntungkan.

Apalagi, aplikasi media sosial sendiri mendukung dengan memberikan fitur tambahan yang dapat mendukung kelancaran bisnis online.

Saat ini, sudah bukan menjadi rahasia lagi ketika Whatsapp, Facebook dan Instagram menjadi seperti pasar online yang didalamnya berlangsung proses jual beli.

Bagi anda yang baru memulai bisnis online dan masih bingung menentukan media jualan online yang menguntungkan, anda bisa menggunakan media sosial khususnya Whatsapp, Facebook dan Instagram.

a. Facebook

20minutes.fr

Seperti yang telah disebutkan di atas, Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan para pelaku bisnis online untuk menjajakan produkya.

Anda bisa memanfatkan platform ini sebagai media jualan online seperti promosi dan mencari pelanggan. Banyaknya pengguna Facebook akan membuat promosi anda lebih efektif dan efisien.

Sudah dari beberapa tahun terakhir Facebook menjdi tools marketing yang penting bagi penggiat bisnis online. Bagi para pemula mungkin masih bingung bagimana cara melakukan kegiatan jual beli online di Facebook.

BACA JUGA !!!

Cara Jualan Online di Facebook Bagi Pemula

Ada beberapa fitur di Facebook yang bisa anda manfaatkan sebagai media untuk berjualan. Fitur-fitur tersebut seperti marketplace Facebook, Grup jual beli online, status Facebook dan fanpage atau halaman Facebook.

Marketplace Facebook

Fitur ini hampir mirip dengan marketplace seperti shopee dll. Anda bisa memasang produk anda disitu, kemudian nanti apabila ada orang yang berminat membeli produk anda, dia akan mengirm pesan melalui marketplace.

Seperti halnya di marketplace lainya, anda juga diharuskan memasukan informasi produk ketika mengunggahnya di fitur tersebut.

Grup Jual beli Online

Di dalam aplikasi Facebook, anda diberi keleluasaan untuk membuat atau mengikuti grup yang sudah ada. Pada Facebook sendiri, terdapat banyak sekali grup jual beli online. Biasanya grup-grup tersebut memiliki nama sesuai dengan apa yang diperjua belikan, dan sesuai juga dengan lokasi grup itu berada.

Misalkan anda berdomisili di Yogyakarta, anda bisa mengetikan kata “jual beli online Yogyakarta” akan secara otomatis muncul grup tersebut. Anda bisa bergabung dengan grup itu dengan cara klik “gabung”.

Anda bisa bergabung dengan banyak grup sekaligus, karen Facebook sendii tidak membatasi berapa maksimal grup yang bisa anda ikuti.

Setelah anda bergabung dengan grup, anda bisa dengan mudah melakukan postingan dan promosi di grup tersebut.

Status Facebook

Sebagai sebuah media untuk berbagi status, sudah sepantasnya Facebook memberikan keleluasaan untuk mengunggah status bagi para penggunanaya. Yang tadinya status itu berupa curahan hati ataupun aktivitas anda, bisa diganti dengan mengunggah status berupa promosi dan pemasaran produk.

Halaman Facebook

Halaman Facebook didesain khusus untuk pelaku usaha, pemilik usaha, dan organisasi atau perkumpulan-perkumpulan. . Halaman tersebut akan memudahkan anda dalam menjalankan bisnis online.

Anda hanya perlu membuat halaman Facebook, mendatangkan pengikut serta melakukan promosi melalui halaman tersebut. Fitur ini dapat anda gunakan secara gratis tanpa biaya sepersenpun, paling hanya bermodalkan kuota internet.

BACA JUGA !!!
Cara Membuat Halaman Facebook

b. Whatsapp

techradar.com

Seperti halnya dengan Facebook dan Instagram, Whatsapp juga merupakan salah satu media sosial yang memiliki prospek bagus untuk media jualan online.

Dilihat dari kepopuleranya, Whatsapp menjadi salah satu media favorit bagi pelaku bisnis online untuk memasarkan produknya. Aplikasi ini sendiri memiliki potensi besar untuk mendatangkan banyak pembeli.

Sebanyak lebih dari 50 miliar pesan di dunia dihasilkan oleh Whatsapp. Bisa anda bayangkan berapa besar target pasar yang bisa digunakan untuk menghasilkan dan meningkatkan penjualan online.

BACA JUGA !!!

Tingkatkan Pelayanan Kepada Konsumen dengan Whatsapp Business

Apalagi saat ini Whatsapp telah melakukan inovasi baru dengan meluncurkan aplikasi whatsapp khusus bisnis, atau lebih dikenal dengan Whatsapp Business. Whatsapp Busisness lebih diguakan untuk memberikan pelayanan terbaik kepada para konsumen.

Banyak fitur di Whatsapp yang dapat di manfaatkan untuk kelancaran bisnis online anda.

Pesan Pribadi

Anda bisa mempromosikan produk secara langsung dengan mengirimkan pesan pribadi kepada calon konsumen. Apalagi sekarang sudah ada aplikasi khsusus untuk Broadcast pesan whatsapp secara otomatis ke ribuan kontak Whatsapp.

Aplikasi tersebut bernama WA Sender Pro Ninja.

Pesan Broadcast

Anda bisa mengirim pesan siaran kepada siapapun yang kontaknya ada didaftar Whatsapp anda. Pesan broadcast ini konsepnya sama dengan pesan langsung, tetapi lebih bersifat umum dan dapat dikirim langsung ke banyak kontak.

Hal itu akan membuat proses promosi anda lebih efektif dan efisien serta menarik perhatian orang akan produk yang anda tawarkan.

Pesan broadcast sifatnya terbatas. Anda hanya bisa mengirim pesan broadcast ke 26 kontak anda dalam satu pengiriman.

Grup Whatsapp

Salah satu fitur yang membuat Whatsapp prospek untuk dijadikan media jualan online adalah grup.

Promosi di grup Whatsapp berbeda dengan pesan langsung dan pesan broadcast. Anda hanya perlu posting satu kali di grup dan postingan tersebut akan secara otomatis dilihat oleh orang-rang yang menjadi anggota grup tersebut.

Anda bisa membuat grup sendiri dan memasukan orang-orang yang potensial dan menjadi target pasar anda. Selain membuat grup sendiri, anda juga bisa lebih praktis dengan bergabung dengan grup-grup yang menurut anda efektif untuk berjualan.

Proses promosi menggunakan fitur grup dinilai dapat menghemat data internet dibandingkan ketika promosi menggunakan pesan pribadi ataupun pesan broadcast.

Status Whatsapp

Whatsapp sebagai media jualan online tidak hanya menyediakan fitur perpesanan saja, melainkan ada fitur lainya yang bisa digunakan, yakni status. Anda bisa memanfaatkan status untuk memasang foto-foto produk dengan ditambahi sedikit keterangan.

Ada beberapa syarat supaya status anda dilihat oleh seseorang. Status anda hanya dapat dilihat oleh orang yang menyimpan kontak anda dan juga orang yang kontaknya disimpan oleh anda.

Apabila anda menyimpan kontak tetapi orang yang anda simpan kontaknya tidak menyimpan kontak anda di Whatsappnya, tetap saja status anda tidak bisa dilihat oleh orang tersebut.

Itulah beberapa fitur yang bisa anda gunakan ketika memilih Whatsapp sebagai media jualan online.

Selain Facebook dan Whatsapp, media sosial lainya yang biasa digunakan sebagai media jualan online adalah Instagram.

c. Instagram

alona.co.id

Kepopuleran media sosial khususnya Instagram, menjadi peluang tersendiri bagi para pelaku usaha. Instagram yang tadinya hanya digunakan sekedar untuk berbagi momen berupa foto dan vidio, sekarang sudah mulai berganti peran sebagai media jualan online.

Anda tidak bisa memungkiri bahwa Instagram merupakan salah satu media yang sangat menguntungkan apabila digunakan dengan maksimal dalam proses jual beli online. Apalagi jika akun Instagram anda merupakan akun bisnis dan sudah memiliki banyak follower, pasti akan lebih maksimal dalam mendapatkan keuntungan.

Oh iya sedikit pemberitahuan bahwasanya Instagram saat ini sudah mulai bertransformasi dengan adanya akun Instagram khusus bisnis. Aku Instagram bisnis akan sangat membantu memanajemen dan mengelola bisnis online anda di Instagram.

BACA JUGA !!!

Cara Jualan Online di Instagram

Selain merubah akun Instagram anda menjadi akun bisnis, Follower yang banyak juga perlu anda usahakan supaya akun Instagram anda semakin dikenal guna menghasilkan banyak penjualan.

Sedikit menyinggung masalah follower, bahwa postingan anda di Instagram hanya akan muncul di beranda orang-orang yang menjadi follower anda.

Jadi bisa diambil kesimpulan bahwa semakin banyak follower anda di Instagram, akan semakin banyak juga orang yang melihat, menyukai dan merespon postingan anda di Instagram. Hal itu bukan tidak mungkin akan berpotensi untuk mendatangkan banyak pembeli.

Itulah 3 media sosial yang menurut pendapat banyak orang sangat potensial menjadi media jualan online. Meskipun begitu, tidak menutup kemungkinan media sosial lainya seperti Twiter, Line dll juga bisa anda gunakan sebagai media jual beli online.

Semua tergantung kebutuhan dan kemampuan anda dalam memaksimalkan setiap media jualan online yang ada.

3. Website

santripreneur.web.id

Website atau blog mungkin sudah bukan menjadi sesuatu hal yang asing ditelinga anda, bahkan mungkin anda mengetahui dan tertarik ikut gabung menjadi reseller Custom Center Id juga dari Website.

Itulah fungsi Website, sebagai media jualan online yang paling terpercaya dan menguntungkan. Buktinya sampai saat ini Custom Center Id sudah melayani lebih dari 10.000 pendaftaran Reseller hail dari promosi menggunakan website.

Bagi teman-teman yang usahanya sudah mulai berkembang dan menjadi besar sangat direkomendasikan menggunakan situs Website untuk lebih memaksimalkan penjualan. Banyak sekali perusahaan besar yang berhasil melebarkan pangsa pasar mereka melalui media Website.

Hal itu didukung dengan persepsi masyarakat mengenai Website itu sendiri. Masyarakat akan lebih percaya dan lebih tertarik untuk membeli produk dari toko yang sudah memiliki Website resmi.

Tunggu apalagi? bersegeralah mencoba untuk menggunakan Website sebagai media jualan online anda.

Demikianlah pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai media jualan online. Di atas, saya telah memberikan beberapa rekomendasi media-media yang dapat anda gunakan sebagai tempat jualan online.

Anda bisa dengan bijak memilah dan memilih media mana saja yang dimungkinkan dapat anda gunakan. Apabila anda memilih menggunakan semua media yang sudah saya paparkan sebelumnya itu juga baik, tetapi akan menjadi lebih baik apabila anda memaksimalkan media yang anda gunakan tersebut.

Sekian dan terima kasih !!!

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *