5 Kesalahan dalam Mempromosikan produk Secara Online<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7175"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star-half-o mr-star-half"></i> </span><span class="star-result"> 4.67/5</span> <span class="count"> (3) </span> </span>

5 Kesalahan dalam Mempromosikan produk Secara Online

Kesalahan dalam mempromosikan produk – Proses promosi atau pemasaran produk menjadi kunci utama untuk meraih kesuksesan dalam bisnis online. Promosi menjadi kegiatan yang berfungsi untuk memperkenalkan produk kepada konsumen.

Selain menjadi media untuk memperkenalkan produk, promosi juga berperan untuk mempengaruhi konsumen. Mempengaruhi dalam artian adalah dengan menunjukan kelebihan, keunggulan dan manfaat yang akan didapatkan konsumen ketika membeli produk tersebut.

Promosi secara online, biasanya dilakukan menggunakan media sosial, seperti Whatsapp, Facebook dan Instagram. Ketiga aplikasi tersebut diyakini mampu memberikan feed back yang maksimal akan usaha anda dalam mempromosikan produk.

Anda sebagai pelaku bisnis online, tentunya sudah tidak asing lagi kan dengan yang namanya promosi. Mulai dari cara melakukan promosi, menyusun kalimat promosi, bahkan sampai memilih foto terbaik yang akan dijadikan bahan promosi. Semua hal tersebut tentunya sudah anda ketahui dan pahami semua.

Pengetahuan anda tentang promosi kadang kala menjadi hijab atau penutup akan kesalahan-kesalahan anda sendiri dalam proses promosi. Anda mungkin sudah menganggap diri anda faham dan mengerti tentang cara mempromosikan sebuah produk. Akan tetapi kenyataanya, dari promosi yang anda lakukan itu, masih saja belum bisa menghasilkan penjualan yang maksimal.

Apa penyebabnya?

Ada beberapa kesalahan dalam mempromosikan produk yang kemungkinan tidak anda sadari. Kesalahan dalam mempromosikan produk menjadi hal yang logis yang kemungkinan terjadi pada diri anda, sehingga menyebabkan promosi yang anda lakukan tidak ada hasilnya.

Berikut beberapa kesalahan-kesalahan yang sering terjadi dalam dunia promosi atau pemasaran:

BACA JUGA !!!

Cara Promosi yang Efektif

Kesalahan dalam Mempromosikan Produk

gozbis.com

Mempromosikan sebuah produk dapat dikatakan sebagai kegiatan yang tingkat kesulitanya dibilang relatif tidak beraturan. Bagi sebagian orang yang memang terbiasa dan ahli dibidang ini, akan menganggap bahwa mempromosikan produk merupakan perkara yang mudah.

Akan tetapi sebaliknya, bagi orang yang masih awam dan latar belakangnya bukan dari orang marketing, tentunya akan mengalami kesulitan tersendiri dalam melakukan kegiatan promosi.

Kesalahan dalam mempromosikan produk bisa menimpa siapa saja. Bukan hanya seseorang yang awam terhadap dunia marketing saja, tetapi tidak jarang juga kesalahan dalam promosi dilakukan oleh orang yang dianggap ahli dalam bidang tersebut.

Berikut beberapa kesalahan dalam mempromosikan produk yang perlu anda hindari :

1. Bahasa yang Digunakan Kurang Pas

Penggunaan bahasa dalam sebuah pengiklanan sangatlah penting. Semua iklan baik itu dalam bentuk tulisan, gambar maupun vidio tetap saja ada peran bahasa di dalamnya.

Memilih dan menentukan bahasa yang pas membutuhkan seni dan ketelatenan. Hal terpenting yang harus diperhatikan adalah menyesuaikan isi konten dengan produk yang dipromosikan.

Jangan sampai, produknya berupa casing Hp, tetapi kalimat promosinya menerangkan mengenai baju gamis, kan tentunya tidak sesuai.

Dalam melakukan promosi, jangan lupa juga untuk menggunakan bahasa yang lugas, sopan, tetapi tetap mengandung kalimat persuasif atau ajakan untuk membeli produk.

Tampilkan juga deskripsi produk secara lengkap, seperti bahan bakunya, kelebihan dan kekuranganya, ukuran dan beratnya, serta manfaat dari produk itu sendiri.

kebanyakan kesalahan yang sering ditemui adalah berkaitan dengan tidak adanya deskripsi produk yang ditampilkan secra detail. hal tersebut dapat mempengaruhi tingkat ketertarik konsumen.

2. Malas Mempelajari Hal Baru

Bisnis online merupakan sebuah bisnis yang media utamanya adalah sebuah digitalisasi atau teknologi. Dimana dunia digital dan teknologi tidak bisa dipungkiri setiap tahunya selalu memunculkan hal-hal yang baru.

Sebagai seorang pelaku bisnis online, tentunya tidak boleh nyaman dengan sesuatu yang sudah dinikmati saja, tetapi juga perlu membuka mata akan perubahan-perubahan yang ada.

Seperti contohnya, keiatan promosi yang dulu dilakukan menggunakan Facebook biasa, Instagram biasa, saat ini sudah bermunculan fitur Fb Ads dan Instagram Ads. Dimana hal baru tersebut, baik FB Ads maupun Instagram Ads dimunculkan untuk lebih mempermudah dan menguntungkan penjual dalam hal promosi produk.

Dengan adanya hal baru yang bisa anda gunakan untuk melakukan promosi secara lebih maksimal, kenapa tidak mencoba untuk mempelajari ataupun menggunakanya?

Apabila ketidak tahuan akan cara menggunakanya, janganah dijadikan sebuah alasan. Anda masih bisa belajar secara otodidak dari youtube, atau bisa juga dengan mengikuti pelatihan dan kursus dari para ahlinya.

Hilangkanlah rasa malas untuk menyongsong kehidupan yang baru !!!

3. Mudah Putus Asa

Dunia bisnis adalah satu-satunya dunia yang tidak bisa dihindarkan dari yang namanya kegagalan. Setiap pengusaha sukses, pastinya pernah mengalami sebuah kegagalan. Kegagalan sendiri bukanlah sebuah akhir dari segalanya. Terkadang kegagalan itulah yang akan mengantarkan anda menuju kesuksesan.

Janganlah jadikan kegagalan sebagai alasan untuk berputus asa. jadikanlah kegagalan sebagai semangat untuk berusaha lebih ekstra. Sehingga kesuksesan pun tidak lagi menjadi hal yang fatamorgana.

Salah satu kesalahan dalam mempromosikan produk yakni mudahnya berputus asa, baru mempromosikan 2 atau 3 kali, dan belum ada hasil tetapi sudah mundur saja. Apakah dengan mundur akan membawa anda ke sesuatu yang luar biasa?

Pastinya tidak kan?

Oleh karena itu, janganlah mudah berputus asa. Ketika mengalamai kegagalan, langkah bijak yang perlu diambil adalah dengan mengevalusi dan mmengamati, sebenarnya apa sih yang menyebabkan anda gagal, apa sih yang menyebabkan promosi anda tidak menghasilkan.

Ketika anda sudah berani untuk melakukan intropeksi dan evaluasi, tentunya anda akan menemukan kesalahan apa saja yang ada dalam promos yang anda lakukan.

Dari kesalahan-kesalahan itu, anda bisa belajar dan mulai mencari cara yang lebih baik yang seperti apa.

4. Tidak Melakukan Inovasi

Kesalahan dalam mempromosikan produk yang selanjutnya adalah tidak adanya inovasi baik dari segi produknya maupun dari segi cara promosinya.

Dari segi produk, bisa anda bayangkan sendiri apabila produk anda begitu-begitu saja, pasti konsumen jug akan merasa jenuh dan bosan, hingga pada akhirnya beralih ke produk pesaing anda.

dari segi promosi, ibarat dari pertama promosi saja sudah salah, baik dari bahasanya yang kurang menarik tampilan produknya yang biasa-biasa saja, yang pastinya tidak akan membuat orang tertarik. Dengan kondisi seperti itu, harusnya and melakukan sebuah inovasi, merubah gaya promosi dengan gaya promosi yang lain.

Inovasi itu penting dilakukan untuk menjaga konsumen dari kejenuhan, mengantisipasi berpalingnya konsumen ke pesaing, serta menjaga keberlangsungan hidup usaha anda.

Perusahaan yang tidak mau berinovasi, lama kelamaan akan gulung tikar karena ditinggal oleh pelangganya.

5. Salah Target Pemasaran Produk

Penargetan pasar juga menjadi salah satu kesalahan dalam mempromosikan produk yang sering dilakukan. Biasakanlah sebelum memutuskan untuk promosi, pastikan terlebih dahulu siapa-siapa saja yang akan menjadi target dari produk anda. Jangan sampai kejadian, produk yang anda jual berupa case hp, tetapi promosi anda tertuju kepada ibu-ibu rumah tangga yang notabenya tidak terlalu mementingkan untuk membeli case hp.

Supaya tidak terjadi hal yang demikian, pelajari terlebih dahulu mengenai target pasar, mengenai pangsa pasar yang cocok untuk produk yang anda jual. Sehingga nantinya promosi yang anda lakukan tidak menjadi usaha yang sia-sia.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa kesalahan dalam mempromosikan produk secara online.

Semoga bermanfaat !!!

BACA JUGA !!!

Contoh Kata-Kata Promosi

Cara Promosi Paling Efektif

Perencanaan Bisnis Online

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *