JUALAN DI INSTAGRAM<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-849" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

JUALAN DI INSTAGRAM

Instagram- Yaps akun media sosial ini sudah di akuisisi oleh Facebook. Tercatat 700 juta penduduk di dunia menggunakan perangkat ini. Dan di Indonesia kurang lebih ada 70 Juta penduduk yang aktif di medsos ini.

Ya siapa sih yang tidak mengenal Instagram, dengan tampilan yang sederhana namun sangat memikat ini, Instagram mampu menghadirkan tampilan layout yang enak dipandang mata. Karena memang ciri khas Instagram sendiri adalah picture post atau unggah gambar/foto/video.

Banyak yang sudah bisa mengakses medsos ini, mulai dari muda hingga tua, bahkan anak SD pun sudah mempunyai akun ini. Intinya adalah mereka ingin eksis di dunia maya dengan posting foto-foto pribadi, kegiatan, peristiwa penting dan lain sebagainya.

Banyak yang menggunakan Instagram untuk kepentingan pribadi, ya buat seru-seruan aja, ajang pamer gitu deh he. Misal lagi jalan kemana, atau lagi makan apa, atau sedang pergi sama siapa dan seterusnya. Ya gitu deh sifat manusia memang ingin selalu diperhatikan dan pastinya eksis terkenal biar terlihat wow gitu lah.

Ada juga yang membuat Instagram untuk kepentingan umum, misalnya tentang galery sepakbola, galery artis, galery wisata, dan seterusnya. Ada juga akun yang berisi tentang kumpulan video puisi, video lucu, video ceramah dan lain sebagainya.

Intinya apapun bisa kita cari di Instagram. Banyak juga akun-akun Online Shop bertebaran di Instagram. Ya ambil peluang lah, supaya jangkauannya lebih luas dan produk semakin banyak terjual juga. Apalagi sistem pengiriman yang sudah lengkap dan murah menjadi solusi terbaik juga.

Walaupun sudah banyak marketplace di Indonesia seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Shopee, Bli Bli, Kaskus, Elevenia, dan lain-lain. Tapi tidak mengurangi banyaknya juga orang yang menggunakan Instagram ini sebagai alat untuk promosi dan menjual produknya.

Ya mungkin pertimbangannya adalah kalau jualan di Marketplace sudah banyak saingannya kali ya, atau memang harga sudah jauh kalah dengan kompetitor yang lain.

Jaman sekarang mau jadi pengusaha itu gampang banget! Kita, bisa jadi pengusaha tanpa harus susah buka toko dulu. Terus gimana emang caranya?

Gampang banget! Caranya dengan bisnis online. Sosial media yang bejibun bisa kita manfaatkan untuk menjual beragam produk.

Seperti yang kita tahu, Instagram sedang ngetren di kalangan anak muda. Jadi, kalau Anda ingin menjangkau pasar anak muda, ya pakai Instagram!

Berikut Tips untuk bisa sukses berbisnis dengan Instagram :

  1. Atur dasar bisnis

Hal paling dasar adalah dengan mengatur logo yang bisa menggambarkan bisnis dengan jelas, kuat, dan to the point. Jangan lupa sertakan email supaya orang lebih mudah ketika akan mencari bisnis yang kita geluti.

  1. Rancang Isi

Konten yang berkualitas bisa mencerminkan merk bisnis lho. Sangat penting merencanakan konten isi secara matang supaya Anda tidak pusing dengan jadwal posting ke Instagram.

  1. Prime Time

Selalu cari waktu terbaik untuk menjangkau markket lebih luas. Lakukan analisis dan minta bantuan teman untuk membantu Anda mendapatkan prime time.

  1. Konsisten dengan Caption dan Foto

Pastikan akun bisnis Anda berisi khusus produk-produk yang Anda miliki.

  1. Tebar jalan dengan orang sejenis

Maksudnya adalah jalin komunikasi dan relasi dengan pebisnis lain yang lebih andal dan berpengalaman. Misalnya mulai follow akun Instagram mereka, love foto mereka, perkenalkan diri, kasih komentar, dan perlahan interaksi terjalin. Dari dia kamu bisa belajar banyak tentang bisnis, yang bisa mendongkrak kemajuan bisnis Anda.

  1. Jalin Ikatan dengan Follower

Yup, jangan remehkan respons dari follower. Perhatikan komentar mereka, baik saran maupun kritikan. Semakin Anda loyal kepada mereka, semakin mereka bisa berpotensi loyal kepada produk yang kita miliki. Mereka akan membantu mempromosikan produk Anda sehingga bisnis dapat semakin tumbuh subur.

  1. Belajar dari Komunitas

jangan ragu follow akun komunitas untuk menambah wawasan bisnis milik Anda.

  1. Temukan pelanggan dan partner baru

Instagram dapat menjadi fasilitas untuk bertemu dengan orang baru dan menjalin kerjasama.

  1. Catat progress bisnis

Rekap data berapa jumlah follower, pesanan yang terjadi dari Instagram. ni dapat menjadi bahan evaluasi Anda guna mengetahui aspek yang kurang dan yang lebih dari bisnis yang telah Anda jalankan.

Jadi, masih ragu untuk jadi pengusaha?

Salam Sukses,

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *