Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6672"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> 5/5</span> <span class="count"> (1) </span> </span>

Jenis Bisnis Online Nyaris Tanpa Modal

Jenis bisnis online – Bisnis online, mungkin saat ini anda sudah sering mendengar istilah tersebut. Istilah bisnis online sendiri sering didengungkan baik itu dari mulut ke mulut maupun dari hasil informasi melalui media online.

Media online memang berperan sangat efektif dalam menyebar luaskan informasi-informasi terbaru mengenai perkembangan dunia. Salah satu informasi yang juga tidak luput untuk disebar luaskan ke masyarakat adalah informasi mengenai bisnis online.

Bisnis online sendiri memang akhir-akhir ini sedang booming khususnya di lingkungan para pengusaha, dan masyarakat luas pada umumnya. Maraknya bisnis online dilatar belakangi oleh semakin tingginya tingkat perkembangan teknologi informasi dan komunikasi.

Salah satu teknologi yang memang berperan penting dalam keberlangsungan hidup bisnis online adalah internet. Internet yang merupakan produk dari perkembangan teknologi telah berhasil menyulap sisi kehidupan manusia dari yang tadinya offline menjadi serba online.

Media online saja yang merupakan sumber informasi merupakan hasil dari internet itu sendiri. Dengan adanya jaringan internet, media online dapat beroperasi sebagai mana mestinya.

Sampai saat ini telah banyak bermunculan berbagai jenis media onine yang memang sengaja di ciptakan untuk menjawab tantangan dan keinginan pasar terbaru.

Banyaknya media online yang beredar di masyarakat membuat peluang bisnis semakin banyak, khusunya bisnis dengan basis teknologi atau biasa disebut bisnis online. Berbagai jenis bisnis online semakin bermunculan sejalan dengan bertambahnya media dan fasilitas online yang mendukung kegiatan tersebut.

Dari yang tadinya media online hanya digunakan sebagai sebuah sumber informasi dan komunikasi, saat ini sudah mulai digunakan untuk kepentingan bisnis online.

Salah satu media online yang memang diciptakan khusus untuk jualan adalah marketplace. Marketplace sendiri juga dibagi menjadi beberapa seprti Shopee, Tokpedia, Bukalapak, Lazada, OlX dan maih banyak lagi marketplace lainya.

Ngomong-ngomong di sini kan anda akan belajar mengenai beberapa jenis bisnis online yang bisa dijalankan tanpa modal. Oleh karena itu, sebelumya mari kita ketahui dulu apa sih itu bisnis online?

Bisnis Online

rapikan.com

Dilihat dari namanya, bisnis online. Bisnis merupakan sebuah usaha yang dilakukan untuk menjual barang atau jasa, dimana barang dan jasa tersebut dijual diatas biaya yang digunakan untuk mendapatkan barang atau jasa tersebut dengan tujuan untuk memperoleh keuntungan.

Sedangkan online adalah istilah yang menunjukan saat anda menggunakan atau terhubung dengan jaringan internet, yang mana jaringan internet tersebut dapat membuat sebuah media menjadi lebih berguna.

Dari istilah tersebut dapat disimpulkan bahwa pengertian dari bisnis online adalah usaha yang dilakukan untuk menjual suatu barang atau jasa dengan tujuan memperoleh keuntungan. Dimana dalam proses tersebut dibutuhkan jaringan internet untuk menghubungkan dan menghasilkan media baru untuk berjulan.

Secara singkatnya, bisnis online lebih dikenal sebagai bisnis yang dilakukan secara online atau adanya peran teknologi dalam proses operasionalnya. Perngertian itu bertolak belakang dengan bisnis offline yang notabenya masih minim atau bahkan belum menggunakan teknologi dalam menjalankan bisnisnya.

Bisnis online itu sendiri semakin populer beriringan dengan bertambahnya pengguna internet di Indonesia. Perlu diketahui bahwa pengguna internet di Indonesia setiap tahunya semakin meningkat. Hal itu juga didukung dengan tidak adanya lagi batasan dalam penggunaan internet.

Hampir semua masyarakat di Indonesia saat ini sudah bisa terhubung dengan internet. Baik itu masyarakat yang hidup di daerah perkotaan maupun pedesaan.

Kondisi itulah yang membuat semakin banyaknya bermunculan berbagai jenis bisnis online yang saat ini marak dibicarakan oleh masyarakat.

Yuk pelajari bersama beberapa jenis bisnis online yang bisa anda jalankan hampir tanpa modal.

Jenis Bisnis Online

indobo.com

Bisnis online cocok untuk siapa kak?

Kalau boleh saya jawab, bahwa bisnis online itu cocok untuk siapa saja, tidak mengenal usia, tidak mengenal status sosial dan tidak juga mengenal posisi anda di masyarakat, baik itu pengangguran maupun pekerja.

Karena memang prinsipnya bisnis ini bisa dijalankan kapan saja, dimana saja dan dalam kondisi apa saja. Tidak menuntut anda untuk menjalankanya setiap hari, anda bisa menjalankanya sewaktu-waktu.

Lalu hasilnya gimana?

ibarat pepatah, proses tidak akan pernah menghianati hasil, hal itu juga tentunya berlaku dalam sistem bisnis online. Semakin rajin anda melakukan promosi, semakin banyak media jualan online yang anda gunakan, maka akan semakin banyak juga hasil yang akan anda dapatkan.

BACA JUGA !!!

Beberapa Media Jualan Online :Efektif Tingkatkan Penjualan

Bisnis online tentunya masih menjadi istilah umum yang sebenarnya apabila anda dalami lagi akan menemukan keberagaman dalam bisnis online.

Bisnis online bisa diibaratkan sebagai sebuah pasar, yang mana di dalam sebuah pasar terdapat berbagai praktek jual beli yang antara satu dengan lainya memiliki perbedaan yang signifikan.

Keberagaman bisnis online belum mampu membuat mayarakat tertarik untuk ikut menjadi pelaku utama dalam bisnis onlie. Masyarakat Indonesia yang memang latar belakangnya baru beberapa tahun terakhir mengnal dan mengetahui dunia bisnis online, saat ini masih lebih memilih menjadi konsumen dari pada pelaku.

Hal itulah yang membuat saya termotivasi untuk sedikit berbagi ilmu mengenai jenis bisnis online beserta penjelasanya supaya sedikit banyak membantu anda untuk ikut serta menjadi pelakunya.

Berikut beberapa jenis bisnis online yang bisa anda coba jalankan tanpa harus membutuhkan modal yang besar.

1. Bisnis Dropship

dennycristian.com

Apa itu bisnis dropship?

Bisnis Dropship berhasil menjadi daya tarik baru dalam dunia bisnis onine.

Mungkin anda sudah sering menemukan, bahkan membaca iklan tentang bisnis dropship yang biasanya terpampang di beranda Facebook maupun Instagram.

Dengan banyaknya iklan bisnis dropship yang ada di media sosial, apakah sudah membuat anda mengetahui dan faham tentang bisnis dropship serta cara kerja bisnis dropship itu sendiri?

Pengetahuan mendasar mengenai dropship yaitu bisnis yang pengoperasianya menggunakan teknologi atau media online.

Bisnis dropship tidak bisa lepas dari yang namanya teknologi. Karena hampir semua sistem kerjanya bergantung dengan teknologi. Dari mulai pemasaran produknya, pemesanan produk, pembayaran, sampai proses pengiriman juga masih melibatkan teknologi.

Sekarang apa itu Dropship?

Dropship adalah sebuah bisnis yang sistem penjualanya menggunakan media online, dimana penjual tidak perlu memiliki stok barang dan tidak membutuhkan modal yang banyak untuk dapat berjualan.

Dalam bisnis dropship Kita hanya perlu mencari suplier yang dapat memenuhi kebutuhan pasar.

Dropshiper (pelaku bisnis dropship) menjadi pihak ketiga diantara suplier dan konsumen. Bisa dikatakan drophsiper sebagai pihak yang membantu menjualkan barang dari suplier kepada konsumen.

Dropshiper juga membantu konsumen untuk mendapatkan barang yang diinginkan tanpa harus membelinya langsung ke suplier.

Dropshiper mengambil keuntungan sendiri dari transaksi tersebut dengan cara menaikan harga yang telah dibebankan oleh suplier kepada konsumen.

Pengin jualan online, tapi tidak punya produk? dropship aja di

joindropship.com

2. Bisnis Offline Dijual Online

elangwilis.com

Apabila jenis bisnis online secara dropship tadi menjual produk milik orang lain, untuk jenis bisnis online yang satu ini bisa anda jalankan ketika anda memiliki bisnis offline.

Yang mana produk dari bisnis offline tersebut bisa anda pasarkan secara online. misalnya anda punya bisnis jualan sepatu, bisnis tersebut anda jalankan dengan cara membuka toko atau lapak di suatu tempat yang ramai, bisa pasar, bisa stasiun dan tempat-tempat lainnya.

Ketika tadinya sebelum ada teknologi anda hanya memasarkan sepatu itu secara offline malalui toko yang anda punya, saat ini dengan adanya internet anda bisa menjualnya secara online.

Caranya bagaimana?

  • Foto Produknya. Ambilah foto produk dengan kualitas yang terbaik dilihat dari segi resolusi gambarnya dan penempatan produk saat diambil gambarnya. Usahakan semua sisi produk dapat tampak pada gambar yang anda ambil.
  • Posting di media jualan online. Setelah anda mendapatkan foto dari produk-produk yang anda jual, langkah selanjutnya adalah dengan mengunggah foto-foto tersebut ke media jualan online. Banyak media jualan online yang bisa anda gunakan seperti media sosial dan marketplace.
  • Dapatkan banyak pembelian. Layani dengan baik pembeli yang anda dapatkan dari jualan secara online, supaya mereka puas dan percaya dengan produk anda.

Rasakanlah manfat dan keuntungan dari bisnis online, bandingkanlah total penjualan anda sebelum dan sesudah melakukan promosi secara online.

Saya jamin tingkat penjualan anda meningkat berbarengan dengan pangsa pasar yang semakin luas akibat penggunaan media online dalam proses promosi.

3. Bisnis Affiliate Marketing

maxmanroe.com

Jenis bisnis online yang satu ini lebih mirip dengan bisnis dropship. Dimana anda tidak harus stok produk, dan tidak perlu khawatir terhadap proses pengiriman. Bisnis Afffiliate juga memungkinkan anda tetap bisa menjalankan bisnis online tanpa harus memiliki produk sendiri, anda bisa menjual produk milik orang lain dan mengambil keuntungan.

Meskipun bisnis ini mirip dengan bisnis dropship, tetapi ada sedikit perbedaan yang mendasar antara kedua bisnis tersebut.

Perbedaannya terletak pada sistem komunikasi antara penjual dan pembeli. Apabila di bisnis dropship anda melakukan komunikasi dengan pembeli menggunakan chatting/pesan online. Pada bisnis Affiliate anda tidak harus menjalin komunikasi dengan calon pembeli. Cukup mempromosikan link khusus milik anda yang bisa diperjual belikan diberbagai media online.

Apabila nanti terjadi pembelian melalui link tersebut, maka anda akan mendapatkan komisi dari setiap pembelian yang terjadi.

Berikut beberapa e-commerce yang menawarkan kesempatan kepada masyarakat yang mau menjalankan jenis bisnis Affiliate:

4. Blogging For Money

neilpatel.com

Bagi anda yang memiliki bakat dan minat dalam menulis, baik itu berita, artikel atau apapun yang berkaitan dengan tulisan, anda bisa mencoba bisnis yang satu ini. Minat dan keahlian anda bisa dijadikan uang melalui Blog.

Untuk dapat menghasilkan banyak uang dari Blog, anda perlu membangun sebuah blog terlebih dahulu. Gunakanlah layanan platform Blogging secara gratis seperti www.blogger.com dan buatlah blog sesuai dengan kebutuhan anda.

Selain menggunakan layanan secara gratis, anda juga bisa menggunakan platform yang berbayar, yaitu dengan membeli domain dan hosting sendiri yang harganya masih terbilang dapat dijangkau oleh pelajar.

Sedikit meluruskan diawal bahwa kegiatan blogging bukan hanya menulis sebuah artikel saja, kegiatan menulis artikel hanyalah awal sebelum anda benar-benar memanfatkan media ini untuk bisnis.

Yang perlu saya utarakan disini bahwa selain untuk menulis artikel, blog juga dapat digunakan untuk memposting foto, vidio dan menambahkan link aktif ke situs lainya.

Berikut beberapa cara menghasilkan uang dari blog yang merupakan salah satu jenis bisnis online yang sangat populer saat ini:

Iklan Mandiri di Blog

cara menghasilkan uang di blog yang pertama adalah dengan memanfaatkan fungsi dari blog untuk pemasangan spot iklan banner. Misalkan blog anda membahas topik tentang kado pernikahan dan wisuda. Tidak menutup kemungkinan perusahaan besar yang bergerak dalam bisnis sovenir akan bersedia memasang iklan promosi di blog tersebut.

Dari situlah nda akan mendapatkan uang melalui tulisan anda di blog.

Google Adsense

Masih berkutik di Iklan, dimana anda sebagai pemilik blog dapat memasang iklan di website/blog anda. Setiap iklan tersebut mendapatkan klik dari pengunjung maka anda akan mendapatkan uang.

Meskipun uang yang anda dapat dari tiap kliknya terbilang kecil, tapi cobalah bayangkan apabila pengunjung yang klik iklan tersebut jumlahnya banyak, pasti akan semakin banyak juga uang yang anda dapatkan.

Yang jelas, anda tidak dikenakan biaya apapun untuk menampilkan iklan di blog, yang ada anda akan mendapatkan uang dari kegiatan tersebut.

Pemasaran Affiliasi

cara mendapatkan uang dari blog yang satu ini masih ada hubunganya dengan pembahasan sebelumnya mengenai jenis bisnis online Affiliasi.

Anda bisa menyertakan link Afiliasi pada postingan produk yang anda promosikan melalui blog atau website. Setiap kali orang membeli produk tersebut, maka anda akan mendapatkan tambahan komisi.

5. Menjadi Youtuber

tchnologue.com

Istilah Youtuber tentunya sudah tidak asing lagi bagi anda. Sudah banyak contoh orang yang sukses menjalankan bisnis sebagai seorang Youtuber, seperti Ata Halilintar dan Ria Ricis.

Mendapatkan uang dari Youtube bisa dari beberapa sumber,

Pertama, ketika akun youtube anda sudah memiliki banyak subscriber, setiap jumlah like dan viewer dari vidio yang anda upload di Youtube akan dihitung dan diakumulasikan menjadi uang untuk anda.

Kedua, Iklan lagi-lagi menjadi senjata utama untuk mendapatkan uang. Anda pastinya sering kan ketika melihat vidio di Youtube mendapati berbagai jenis iklan yang ada di vidio tersebut?. Nah iklan-iklan itulah yang dapat menghasilkan uang bagi seorang youtuber.

Sistem kerjanya hampir sama seperti di atas, bahwa setiap ada orang yang klik iklan itu, maka youtuber akan mendapatkan uang dari youtube. Semakin banyak klik di iklan tersebut maka akan semakin banyak uang yang didapatkan.

6. Menjual Produk Digital

invent.id

Produk digital berbeda dengan produk-produk lain yang berbentuk fisik. Produk digital merupakan produk yang didalamnya memuat sebuah informasi yang dibutuhkan banyak orang. Ada beberapa jenis format dari produk digital yang perlu anda ketahui:

  • Audio : produk digital dengan format audio ini biasanya memuat informasi dalam bentuk wawancara, rekaman telekonferensi, kursus, dan lainya.
  • Vidio  : Wawancara dan tutorial menjadi format produk yang biasanya ditampilkan dalam vidio
  • Teks   : Salah satu bentuk produknya adalah E-book

Dari masing-masing format yang ada, anda bisa memilih salah satu atau semua format untuk anda kembangan sebagai produk digital yang laku dipasaran.

Apabila anda ahli dalam bidang bisnis online, anda bisa menjalankan jenis bisnis online ini dengan menciptakan sebuah produk digital berupa e-book jualan online atau panduan jualan online.

Demikianlah pembahasan mengenai beberapa jenis bisnis online yang bisa dijalankan tanpa membutuhkan modal yang besar, tetapi dapat menghasilkan keuntungan yang maksimal.

Semua jenis bisnis pastinya memiliki kemudahan dan kesulitan sendiri-sendiri dalam pelaksanaanya. Oleh karena itu, ketika anda sudah menentukan ingin menjalankan bisnis online, anda sudah harus mengetahui dan memahimi apa saja yang menjadi kesulitan dalam bisnis online. Sehingga nantinya, kesulitan itu dapat anda selesaikan dengan mudah.

Sekian dan Terimakasih !!!

Baca Juga !!!

Cara Kerja Bisnis Dropship di Custom Center Id

Cara Memulai Bisnis Online untuk Pemula

Peluang Bisnis Online Terbaru Tanpa Stok Barang

Rahasia Tingkatkan Penjualan Bisnis Online

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *