17 Istilah dalam Instagram Lengkap dengan Artinya<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6035"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> 5/5</span> <span class="count"> (1) </span> </span>

17 Istilah dalam Instagram Lengkap dengan Artinya

Istilah dalam Instagram – Apakah anda sudah punya akun Instagram? Jika jawabanya iya, lalu berapa lama anda sudah menggunakannya?

kalau boleh saya tebak, menurut saya sih belum lama anda menggunakan Instagram. Kalaupun anda bilang sudah lama, saya tetap kurang percaya dengan jawaban anda, hehehe.

Kenapa? iya karena anda berada dalam artikel ini, tentunya kekurang tahuan anda tentang Instagram yang membuat anda berusaha mencari tau tentang istilah dalam Instagram.

Media sosial milik Facebook ini memang akhir-akhir ini sedang hits di Indonesia. Hampir semua kalangan dari kaum muda mudi, dewasa sampai orang tua sudah mengenal bahkan menggunakan.

Terlalu banyaknya hoaxs di Facebook dan twiter membuat masyarakat mulai beralih menggunakan aplikasi Instagram yang didominasi dengan foto dan vidio.

Tidak menutup kemungkinan anda juga termasuk orang yang memiliki alasan yang serupa dengan itu.

Aplikasi yang terfokus pada foto dan vidio ini memang terbilang lebih menarik dari pada media sosial lainnya. Instagram menjadi magnet ketertarikan yang lebih besar dibandingkan dengan media sosial lainya yang lebih mengedepankan konten.

Mungkin itu juga yang menjadi alasan kenapa akhir-akhir ini Instagram menjadi pelabuhan banyak orang untuk bersama-sama berselancar di dunia online.

Fenomena itu akan menjadi sangat lucu apabila tidak diiringi dengan pengetahuan yang lebih dari pengguna Instagram terkait dengan istilah dalam Instagram itu sendiri.

Untuk itu, dalam artikel ini kami akan menampikan berbagai istilah-istilah yang ada di Instagram beserta dengan artinya.

Yuk simak pemaparan berikut ini:

Daftar Istilah dalam Instagram

Istilah-istilah dalam Instagram hampir mencapai angka 50 an. Istilah tersebut dihasilan dari interaksi antar penggunanya. Apa saja istilah dalam Instagram?

1. Caption

Caption merupakan istilah yang digunakan untuk mewakili keterangan atau tulisan yang ada dalam setiap foto dan vidio yang anda posting.

Oh iya, meskipun Instagram dikenal sebagai media sosial yang identik dengan foto dan vidio, bukan berarti anda tidak bisa posting tulisan. Tulisan tetap bisa anda posting, dengan catatan hanya sebagai pelengkap atau pendamping dari postingan utama yang berupa foto dan vidio.

Caption ini dapat berfungsi untuk memberikan sebuah keterangan atau penjelasan terhadap foto dan vidio di postingan anda.

Apabila anda menggunakan Instagram untuk kepentingan bisnis online, anda bisa menggunakan caption yang berisi kalimat promosi atau deskripsi produk.

Kenapa saya memberi contoh yang berkaitan dengan bisnis online?

Karena sudah bukan hal yang aneh lagi jika orang menggunakan Instagram selain buat media hiburan juga buat media jual beli online. Pengguna Instagram yang banyak menjadi peluang yang besar bagi para pelaku bisnis online.

2. Bio

Bio adalah singkatan dari biografi atau biodata. Biografi yang dimaksudkan di Instagram adalah tulisan yang menjelaskan tentang diri anda.

Bio berfungsi memudahkan pengguna lain untuk mengenali anda. Oleh karena itu, isilah bio Instagram dengan kalimat yang informatif. Seperti, alamat, kontak, dan kata-kata lain yang dapat menjelaskan tentang anda.

Apabila akun Instagram berupa akun untuk jualan online, berarti bio bisa juga diisi dengan deskripsi dan penjelasan tentang bisnis yang anda jalankan.

Bio terletak dibawah nama Instagram. Untuk dapat mengisi dan mengubah nama bio, anda bisa membuka menu edit profil. Di dalamnya terdapat satu kolom yang fungsinya untuk mengisi biografi. Isilah kolom tersebut dengan kalimat yang informatif dan jangan profokatif.

3. Comment

saung.net

Comment merupakan istilah yang digunakan oleh pengguna Instagram untuk menggantikan kata komentar. Seperti pengertianya, comment berarti mengomentari atau menanggapi postingan di Instagram, baik itu postingan sendiri maupun postingan orang lain.

Untuk dapat mengomentari postingan, anda perlu menekan ikon komentar yang berada di bawah setiap postingan, Tepatnya di sebelah ikon like.

Anda tidak dibatasi dalam memberikan komentar di setiap postingan. Berapa pun jumlah kata dan komentar yang anda berikan, akan tetap masuk atau tampil pada postingan tersebut.

4. Like

Istilah like masih identik dengan comment, yaitu sama-sama digunakan untuk memberikan tanggapan terhadap postingan di Instagram.

Dalam bahasa indonesia, like diartikan dengan kata suka. Fitur ini sering digunakan oleh pengguna instagram dalam mengekspresikan kesukaannya terhadap sebuah postingan.

Untuk memberikan like terhadap postingan sangatlah mudah, anda tinggal menekan ikon hati yang berada di bawah setiap postingan, lebih tepatnya berada di samping ikon comment (komentar).

Anda dibatasi hanya bisa memberikan 1 like terhadap satu postingan. Apabila Anda sudah menekan ikon like, maka anda terhitung sebagai orang-orang yang telah memberikan like kepada postingan itu.

Klik yang kedua kalinya di ikon like menjadi tanda bahwa anda tidak jadi memberikan like terhadap postingan itu.

5. Followers

jalantikus.com

Follower dalam bahasa Indonesia berarti pengikut, legih tepatnya adalah pengikut akun anda di Instagram. Perlu saya utarakan di sini, bahwa Instagram berbeda dengan media sosial seperti Facebook dan yang lainya.

Jika Facebook menawarkan sistem pertemanan, Instagram juga menawarkan sistem yang hampir sama, yaitu follower atau pengikut.

Follower mempengaruhi luas jangkauan dari postingan Anda. Postingan hanya akan muncul di beranda akun Instagram yang menjadi pengikut anda.

Orang yang tidak menjadi pengikut di Instagram, tidak akan dapat melihat postingan anda di beranda Instagramnya. Meskipun begitu, mereka akan tetap bisa melihat postingan anda di profil Instagram.

Untuk itu, setiap toko online sangat mengidam idamkan jumlah follower yang banyak agar jangkauan promosinya luas.

BACA JUGA !!!

Cara Menambah Jumlah Follower Instagram

Jumlah follower di Instagram tidak ada batasanya. Bisa mencapa ribuan maupun puluhan ribu, bahkan ada juga yang sampai jutaan orang.

Biasanya, orang-orang yang memiliki jumlah follower Instagram yang banyak adalah orang-orang yang terkenal di dunia nyata, seperti artis, politikus, atlet, model dll.

Tetapi tidak menutup kemungkinan juga, bahwasanya orang yang tidak dikenal di dunia nyata juga bisa memiliki banyak follower di Instagram, biasa kita menyebutnya sebagai seorang selebgram.

6. Following

sproutcocial.com

Sama halnya dengan follower, following berasal dari kata dasar follow atau mengikuti. Following artinya adalah mengikuti akun Instagram milik orang lain.

Following ini merupakan kebalikan dari kata Follower. Apabila kata follower di artikan sebagai pengikut (orang yang mengikuti anda di Instagram), maka following dapat anda artikan sebagai mengikuti akun Instagram orang lain.

Siapa yang mengikuti ?

Otomatis anda, selaku pemilik akun.

Sesuatu dapat diartikan sebagai following apabila akun Instagram anda mengikuti akun Instagram milik orang lain.

Ketika anda bisa memiliki follower tanpa batas, tentunya anda juga bisa mengikuti akun Instagram lainya sebanyak yang anda inginkan.

Jika anda pelaku bisnis online, ikutilah akun-akun Instagram milik toko online yang sudah besar. Dengan demikian, anda bisa mengamati dan menjadikanya tolak ukur untuk membangun bisnis online dengan baik.

Salah satu akun Instagram milik toko online yang sudah besar adalah custom center.id. Custom center merupakan suplier pusat kado pernikahan, kado wisuda, kado ulang tahun dan kado buat pacar.

7. Unfollow

blogs. systweak.com

Istilah dalam Instagram yang selanjutnya adalah unfollow.

Unfollow artinya adalah berhenti mengikuti salah satu akun Instagram. Instagram ini unik, disaat anda bisa mengikuti akun Instagram milik orang lain (following), disaat itu juga anda bisa berhenti mengikuti akun instagram yang tidak terlalu penting buat anda

Akun yang di Unfollow biasanya akun-akun yang postinganya tidak terlalu penting dan dianggap spam (nyampah).

Untuk itu, apabila anda jualan online di Instagram, usahakan jangan terlalu sering melakukan postingan berupa promosi produk, takutnya nanti akan dianggap spam atau nyampah. Apabila ada orang lain yang menganggap akun Anda nyampah, bisa-bisa akun anda di unfollow oleh mereka.

Potinglah hal-hal menarik yang bermanfaat untuk banyak orang. Anda bisa melakukan postingan secara bergantian, antara promosi produk dan postingan motivasi atau inspirasi yang dapat bermanfaat untuk banyak orang.

Misalnya dalam satu hari, 1 kali postingan promosi dan 2 kali potingan motivasi. Dijamin pengikut anda akan tertarik dengan akun instagram yang anda miliki.

8. Follback

wordpress.com

Istilah dalam Instagram yang satu ini merupakan tanggapan dari istilah following. Istagram memang adil, disaat ada istilah following atau mengikuti, disisi lain juga ada istilah follback atau mengikuti balik.

Biasanya ketika ada orang yang baru mengikuti anda di Instagram, dia mengharap anda mengikuti balik akunya. Tidak jarang juga dia mengungkapkan keinginanya dengan nge DM anda dengan kalimat ” follback ya”.

DM dia yang berbunyi “follback ya” itu merupakan sebuah perintah kepada anda untuk mengikuti balik akun dia yang sebelumnya sudah mengikuti akun anda

9. Hastag

Hastag merupakan sebuah istilah dari simbol tagar (#). Lebih jelasnya hastag artinya kata atau frasa yang dituliskan tanpa adanya spasi dan diawali dengan simbol tagar.

Misalkan #customcenter #kadopernikahan #kadoulangtahun #kadowisuda #kadobuatpacar #tasserut dan lain sebagainya. Anda bisa membuatnya sendiri sesuai dengan kebutuhan.

Hastag biasanya dituliskan pada paragraf akhir setiap postingan. Bisa anda liat postingan orang lain di Instagram, khususnya akun bisnis, kebanyakan dari mereka mencantumkan tanda tagar di akhir potinganya.

Hastag berfungsi untuk mengelompokan foto-foto berdasarkan kata kunci yang di tampilkan. Misalkan anda upload foto tentang kado pernikahan.

Pada akhir postingan itu anda menambahkan hastag #kadopernikahan. Maka postingan anda akan dikelompokan dengan kata kunci kado pernikahan. Sehingga, ketika orang lain mengetikan kata kunci kado pernikahan di mesin pencarian Instagram, postingan anda akan otomatis muncul.

Melihat keuntungan yang dihasilkan dari penggunaan tanpa tagar tersebut, akan sangat besar manfaatnya bagi para pelaku bisnis online. Tanda tagar membuat promosi yang dilakukan dapat dengan mudah dilihat dan tersampaikan kepada calon konsumen.

BACA JUGA !!!

Fungsi Hashtag di Instagram

10. Private

musdeoranje.net

Dalam bahasa Indonesia, privat memiliki arti pribadi. Jadi apabila anda sering mendengar istilah dalam Instagram yang menyebut akun bersifat pivate, maksudnya adalah akun tersebut bersifat pribadi.

Akun Instagram yang bersifat pribadi hanya akan menampilkan profilnya pada akun-akun tertentu. Akun-akun yang dapat melihat profil Instagram dari akun yang di private hanya akun yang menjadi pengikutnya saja, selain itu tidak bisa.

Dalam hal ini berarti untuk melihat profil akun Instagram yang di private anda diharuskan untuk mengikuti terlebih dahulu akun tersebut.

Membuat akun bersifat private merupakan salah satu strategi untuk menambah jumlah follower.

11. Selebgram

fastwork.id

Jika seseorang yang terkenal di dunia nyata dinamakan selebritis atau artis, di Instagram juga punya sebutan sendiri untuk orang-orang yang terkenal di media sosial Instagram. Sebutanya adalah selebgram atau singkatan dari selebritis Instagram.

Selebgram merupakan akun Instagram yang memiliki jumlah follower yang sangat banyak, jumlah followernya bisa mencapai ribuan bahkan jutaan.

Salah satu contoh selebgram yang terkenal di Indonesia adalah @riaricis1795. Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan nama ria ricis. Selain seorang youtuber, dia juga terkenal sebagai selebgram. Pengikutnya di Instagram sudah mencapai angka 16,7 juta orang.

Mau jadi selebgram?

Caranya gampang kok, anda hanya perlu kreatif dan aktif di Instagram. Aktif berkarya, aktif mengungah postingan yang unik dan menarik.

Siap mencobanya?

BACA JUGA !!!

Apa Itu Selebgram?

12. DM (Direct Message)

addons.mozilla.org

Jika di Facebook anda mengenal istilah inbox atau pesan masuk, di Instagram juga ada fitur yang sama tetapi dengan istilah yang berbeda. Tentunya anda pernah mendengar orang mengatakan “DM aja ya”, kalimat itu merupakan kalimat perintah untuk mengirim pesan menggunakan Instagram.

DM atau Direct Message bisa dikatakan sebagai fitur chating yang berada di dalam aplikasi Instagram. DM memungkinkan anda untuk berkirim pesan kepada sesama pengguna Instagram. Baik itu berkirim pesan kepada pengikut anda, maupun dengan orang yang belum terdaftar sebagai pengikut anda di Instagram.

13. Tag

twiter.com

Tag adalah istilah dalam instagram yang diartikan menandai atau menyebut pengguna Instagram lain baik dalam foto atau vidio yang anda posting maupun di kolom komentar.

Caranya bagaimana?

Anda hanya perlu menambahkan “@” di depan nama pengguna yang ingin Anda tag. Misalnya anda ingin menandai akun Instagram milik Customcenter.Id, maka yang harus anda tuliskan adalah ” @customcenter.id”.

Sangat mudah bukan?

14. Mention

Istilah mention memiliki arti dan kegunaan yang sama dengan istilah Tag, yaitu untuk menandai dan menyebut akun Instagram orang lain di postingan maupun di kolom komentar.

15. Endorse

pahlevi.net

Endorse merupakan kegiatan mempromosikan produk orang lain menggunakan aplikasi Instagram. Endorse biasanya dilakukan oleh selebgram ataupun akun-akun Instagram yang memiliki bnyak follower.

Kegatan endorse ini tidak lah gratis. Perusahaan yang produknya dipromosikan membayar akun yang mempromosikan (endorse) produknya. Bayaranya bisa berupa uang cas atau bisa juga berupa dengan memberikan produknya.

16. Paid Promote

fjb.m.kaskus.co.id

Sama halnya dengan endorse, paid promote juga merupakan kegiatan untuk mempromosikan produk menggunakan aplikasi Instagram.

Apa sih perbedaan antaran endorse dan paid promote ?

Paid promote ialah mempromosikan produk hanya dengan memposting baner iklan atau poster yang diberikan oleh pengiklan, kemudian tag akun pengiklan dalam postingan itu.

Sedangkan kalau endorse, berarti Anda mempromosikan produknya dengan memposting foto atau vidio yang didalamnya ada anda dan produknya.

Dalam postingan tersebut, anda bisa hanya sekedar memegang produknya (foto) atau juga bisa sekaligus membacakan deskripsi produknya (vidio).

17. Repost

id.4androidapk.com

Terakhir, istilah dalam instagram yang sering muncul adalah repost. Repost adalah istilah untuk memposting ulang kiriman orang lain di Instagram.

Misalkan anda tertarik dengan sebuah postingan milik orang lain, anda bisa memposting ulang postingan itu di instagram anda dengan mencantumkan atau mention akun mereka.

BACA JUGA !!!

Cara Repost Instagram

Demikianlah pembahasan kami mengenai istilah dalam Instagram yang sering digunakan oleh pengguna Instagram. Semoga artikel ini dapat membantu anda untuk lebih mengenal dan menggunakan Instagram secara bijak.

Salam generasi millenial !!!

BACA JUGA !!!

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *