22 Istilah dalam Fb Ads : Arti Beserta Penjelasanya<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6809" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

22 Istilah dalam Fb Ads : Arti Beserta Penjelasanya

Istilah dalam Fb Ads – Berbicara tentang Facebook sebagai salah satu media jualan online, tentunya tidak akan lepas dari yang namanya Fb Ads. Fb Ad merupkan tools marketing yang paling populer dikalangan pengguna Facebook.

Bagaimana tidak menjadi tools marketing paling populer, jika jangkaun iklanya saja bisa mencapai seluruh jumlah pengguna Facebook. Selain itu, biaya iklan yang terbilang murah juga menjadi salah satu alasan banyak orang berlomba-lomba pasang iklan di Fb Ads.

Hanya dengan biaya sebesar Rp. 10.000 saja, anda sudah dapat mengiklankan produk ke ribuan orang yang merupkan pengguna aktif Facebook.

Sebagai seorang pengguna baru, atau mungkin malah baru mau mencoba keberuntungan pasang iklan di Fb Ads, tentunya sedikit banyak perlu mengetahui istilah dalam Fb Ads.

Apakah anda termasuk dalam kategori orang-orang yang baru mengenal Fb Ads?. Dimana tentunya dikategorikan sebagai orang yang minim pengetahuan tentang istilah dalam Fb Ads?

Tidak perlu khawatir, kekurang tahuan anda mengenai istilah dalam Fb Ads akan segera teratasi dengan membaca dan memahami penjelasan di bawah ini secara seksama.

Sebagai seorang pelaku bisnis online yang ingin menggunakan jasa pengiklanan Fb Ads, sudah sepantasnya mengetahui istilah yang ada dalam Fb Ads itu sendiri.

Dengan pengetahuan itu, anda akan mampu menggunakan dan memanfaatkan tools marketing Fb Ads secara maksimal, efektif dan efisien.

Berikut beberapa istilah dalam Fb Ads beserta arti dan penjelasanya.

BACA JUGA !!!

Apa Itu Fb Ads?

4 Tips Pasang Iklan di Fb Ads

Istilah dalam Fb Ads

peluangbisnisusaha.com

Fb Ads sendiri merupakan singkatan dari Facebook Advertisement, atau dalam bahasa Indonesia berarti iklan Facebook.

Fitur ini khusus diciptakan untuk kepentingan pemasaran dan promosi secara online. Dengan fitur ini, para pelaku bisnis online dapat dengan mudah mengiklankan produknya ke ribuan bahkan jutaan pengguna Facebook.

Ada beberapa keuntungan menggunakan Fb Ads sebagai tools marketing, yakni jangkauan pasar yang luas dan pemirsa iklan yang tertarget. Anda bisa menentukan calon pemirsa sendiri dengan berbagai pertimbangan kategori seperti umur, hobi, alamat dll.

1. Ad

Istilah dalam Fb Ads yang paling dasar adalah Ad. Ad itu sendiri merupakan istilah untuk materi iklan yang akan anda gunakan dalam proses pembuatan iklan di Fb.

Ad sendiri termasuk dalam bagian paling kecil dalam struktur iklan Fb Ads.

2. Fanpage

Fanpage atau halaman Facebook merupakan sebuah fitur Facebook yang khusus disediakan untuk membantu pengorganisasian bisnis supaya terlihat lebih rapih dan profesional.

Fanpage membantu anda untuk memisahkan dan mengkhususkan sebuah bisnis dengan kepentingan pribadi.

Jadi postingan anda di Fanpage hanya akan berupa produk-produk dari bisnis yang anda jalankan.

3. Dropship

Dropship adalah sebuah bisnis yang sistem penjualanya menggunakan media online, atau lebih dikenal dengan istilah bisnis online.

Bisnis online dengan sistem dropship sedikit berbeda dengan bisnis online biasa.

Dropshiper yang dalam hal ini diartikan sebagai seorang penjual, tidak harus memiliki produk sendiri, tidak harus memilik stok produk. Dropshiper hanya menjualkan produk milik suplier.

Penjual atau dropshiper hanya bermodalkan foto produk untuk di posting di media jualan online. Apabila postingan tersebut dapat mendatangkan pembeli, dropshiper hanya perlu memesan produk tersebut ke suplier, dan suplier itulah yang akan mengirim produk pesanan pembeli tetapi mengatasnamakan anda sebagai pengirim.

4. Budged

Dana atau saldo yang dibutuhkan untuk dapat mengiklankan produk anda di Fb Ads. Anda bisa mengisi budged sesuai dengan kebutuhan dan keperluan iklan anda.

5. Landing Page

Tampilan website yang di terdiri dariĀ  halaman, dimana di dalamnya hanya fokus terhadap 1 jenis produk saja.

6. Target Market

Target adalah sasaran, market artinya pasar, target market adalah sesorang yang menjadi sasaran pasar anda dalam beriklan di Fb Ads. Orang-orang yang menjadi target pasar biasanya merupakan orang-orang yang dianggap sedang membutuhkan produk yang anda jual.

7. Leads

Sebuah istilah untuk menyebut seseorang yang potensial menjadi konsumen produk anda.

8. Custom Audience

Melihat dari arti dalam istilah tersebut, custom artinya anda bisa menentukan sendiri sesuai dengan keinginan, sedangkan audience artinya adalah pemirsa, atau orang yang akan menjadi pemirsa iklan anda.

Dalam sudut pandang Fb Ads, custom audience merupakan sebuah fitur yang digunakan untuk mengelompokan dan mengumpulka orang-orang yang pernah melakukan interaksi dengan fanpage atau halaman Facebook anda.

Interaksi dalam hal ini bisa berupa memberikan like (suka), komentar, membagikan, atau bisa juga mengirim pesan melalui fanpage.

9. Look a Like Audience

Sebuah fitur yang disediakan oleh Facebook yang berfungsi untuk mengumpulkan orang yang memiliki kemiripan dengan karakteristik calon konsumen yang telah anda tentukan.

10. Split Testing

Mengukur kinerja dari beberapa iklan yang sudah anda variasi. Diharapkan dengan pengukuran ini, anda bisa mengetahui cara pengiklanan seperti apa yang memiliki kinerja paling bagus.

11. Scale Up

Tahap untuk meningkatkan profit yang dihasilkan dari proses iklan di Fb Ads dengan melakukan penambahan budged atau biaya untuk pengiklanan.

12. Scale Out

Tahap untuk meningkatkan profit yang dihasilkan dari proses iklan di Fb Ads dengan melakukan duplikasi terhadap iklan yang dianggap memiliki kinerja paling bagus.

13. Winning Campaign

Istilah dalam Fb Ads yang selanjutnya adalah Winning Campaign. Merupakan Sebutan untuk iklan yang memberikan hasil paling baik diantara iklan-iklan anda yang lain.

14. Interest

Kategori atau spesifikasi dari seseorang yang ingin anda jadikan sebagai target pasar dari iklan yang anda buat.

15. Re- targeting

Re artinya adalah mengulang, jadi yang di maksud Re-targeting di sini adalah melakukan pengulangan terhadap iklan yang anda buat kepada orang-orang yang pernah berinteraksi dengan anda.

Baik itu orang yang sudah pernah berinteraksi melalui fanpage, maupun melalui ikan yang anda pasang.

17. CPM

Apabila di atas anda sudah mengenal istilah dalam Fb Ads yakni Budged, CMP merupakan pembahasan lanjutan dari istilah Budged.

Cost Per Million atau disingkat dengan CPM apabila diterjemahkan kedalam bahasa Indonesia memiliki arti biaya per 1000 tayang.

Dengan kata lain, Cost Per Milion adalah biaya yang dikenakan ketika iklan yang anda buat sudah tayang atau dilihat oleh 1000 orang pengguna Facebook.

18. CTR

Click Through Rate merupakan kepanjangan dari CTR. Jika diterjemahkan dlam bahasa Indonesia maka akan berbunyi Rasio Klik Tayang. Dengan kata lain CTR adalah jumlah klik yang diterima oleh iklan anda dibagikan dengan jumlah tayang dalam kurun waktu yang sama.

19. Reach

Jumlah orang yang terjangkau atau melihat iklan anda di Fb Ads.

20. Relevance Score

Sebuah angka yang menunjukan adanya kesesuaian antara iklan yang anda pasang dengan target pasar yang anda tetapkan.

21. Impressions

Angka yang menunjukan jumlah tayangan iklan anda di Facebook

22. Engagement

Terakhir istilah dalam Fb Ads yang penting untuk anda ketahui adalah Engagement.

Sebuah interaksi dalam iklan yang anda buat. Interaksi itu bisa berupa like, komentar ataupun share.

Demikianlah beberapa istilah dalam Fb Ads yang perlu anda ketahui. Mudah-mudahan dapat bermanfaat dan memberikan anda kesempatan yang lebih besar untuk sukses pasang iklan di Fb Ads.

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Akun Facebook

Cara Jualan Online di Facebook

Cara Membuat Halaman Facebook

Cara Upload Foto di Facebook

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *