Apa Fungsi Hashtag di Instagram? Berikut Ulasan Lengkap (Manfaat & Cara Penggunaanya<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5270" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> <span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span> <span class="count"> (<span itemprop="ratingCount">1</span>) </span> <span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Apa Fungsi Hashtag di Instagram? Berikut Ulasan Lengkap (Manfaat & Cara Penggunaanya" /></span></span>

Apa Fungsi Hashtag di Instagram? Berikut Ulasan Lengkap (Manfaat & Cara Penggunaanya

Fungsi hashtag di Instagram – Sebagai pengguna Instagram, tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan tanda pagar (#).

Ya, pengguna Instagram seringkali menggunakan hashtag sebagai rangkaian terakhir dari postinganya.

Tentunya, anda juga pasti sering melihat sebuah postingan di Instagram yang menggunakan hashtag. Atau bahkan anda sendiri juga sudah pernah menggunakan hashtag pada postingan Instagram tanpa anda sadari.

Penggunaan hashtag kebanyakan dilakukan oleh akun-akun Instagram yang berlatar belakang sebagai pelaku bisnis online. baca juga : Daftar Dropship

Tidak dipungkiri memang, menggunakan hashtag dalam sebuah postingan, dapat membuat postingan tersebut dijangkau oleh masyarakat luas di luar follower anda.

Sedikit pengetahuan bahwa postingan anda di Instagram hanya akan muncul di beranda orang yang menjadi pengikut anda.

Jadi mereka yang bukan follower anda, tidak dapat melihat postingan anda di beranda mereka. Kecuali apabila mereka mengunjungi profil Instagram anda.

Dengan bantuan hashtag, postingan anda bisa menjangkau lebih luas lagi diluar orang-orang yang menjadi pegikut anda di instagram.

Lalu apa sih sebenarnya hashtag itu?

Apa saja fungsi hashtag di Instagarm?

dan bagaimana cara penggunaanya?

Berikut kami berikan ulasan lengkap mengenai hashtag di Instagram.

Apa itu Hashtag?

motivatorhasbah.blogspot.com

hashtag merupakan sebuah simbol atau istilah untuk menggambarkan tanda tagar atau pagar (#) dalam sebuah postingan di media sosial.

Tanda pagar menjadi istimewa karena penggunaanya yang tepat dan bermanfaat bagi banyak orang. Tanda tersebut biasanya sering kita jumpai pada postingan-postingan di media sosial khususnya Instagram.

Hashtag bisa digunakan pada semua jenis postingan, baik itu vidio, gambar maupun postingan berbentuk teks.

Fungsi Hashtag di Instagram

sosialmeetsdigital.com

Pemakaian tanda pagar (#) awalnya banyak digunakan di twitter. Seiring berjalanya waktu tanda pagar atau hashtag mulai merambah ke media sosial lainya seperti Instagram dan Facebook.

Sampai saat ini banyak sekali orang yang menggunakan hashtag sebagai rangkaian terakhir dalam postinganya.

Banyaknya penggunaan tanda pagar, tidak serta merta membuat mereka mengetahui apa fungsi dari penggunaan tanda tersebut.

Kebanyakan dari mereka bahkan hanya sekedar ikut-ikutan saja tanpa mengetahui manfaat dibalik penggunaan tanpa pagar (#)

Bagi teman-teman yang belum mengetahui apa saja fungsi (#) di Instagram, berikut kami tampilkan beberapa fungsinya

1. Penggelompokan Konten

gayaku.id

Penggunaan hashtag dapat berfungsi untuk mengelompokan konten berdasarkan jenisnya.

Misalkan anda pelaku bisnis online yang memiliki banyak jenis produk. Anda bisa menggunakan hashtag sebagai alat untuk mengelompokan postinga produk anda yang sejenis.

contohnya penggunaan “#jamkayupremium” dalam postingan anda tentang jam kayu, maka secara otomatis Instagram akan mengelompokan postingan anda dengan kata kunci jam kayu premium.

2. Memudahkan Pencarian

blog.virol.co

Dengan adanya pengelompokan yang dilakukan Instagram berdasarkan hashtag, orang lain juga akan lebih mudah untuk melihat postingan anda sesuai dengan kata kuncinya.

misalkan orang lain menuliskan kata kunci jam kayu premium, secara otomatis yang keluar pada pencarian itu hanya postingan yang berkaitan dengan jam kayu premium.

Tetapi perlu anda ketahui juga, bahwa tidak semua postingan yang muncul merupakan postingan anda. Postingan orang lain juga akan muncul apabila mereka juga mencantumkan kata kunci yang sama dengan anda.

Gunakanlah kata kunci yang sering digunakan untuk mencari jenis produk yang anda jual agar produk anda mudah ditemukan oleh calon pembeli.

3. Kebutuhan Branding dan Promosi

allbusiness.com

Tidak bisa dipungkiri bahwa media sosial semakin kesini semakin berubah fungsi menjadi media untuk jual beli online.

Oleh karena itu, selain untuk pengelompokan konten dan memudahkan pencarian, hashtag juga berfungsi untuk kebutuhan branding dan promosi.

Kegiatan branding dan promosi tidak selalu menggunakan cara-cara tradisional. Perkembangan zaman yang serba online, menyebabkan munculnya cara-cara promosi yang kreatif dengan memanfaatkan media sosial.

Salah satunya yaitu dengan menggunakan hashtag untuk mengenalkan bisnis maupun hal-ha terkait dengan bisnis.

Bisa saya contohkan disini, misalnya aplikasi Bukalapak. Mereka menggunakan hashtag #serbuseru untuk mengenalkan fitur serbu seru terbarunya.

Bukankah hal itu juga merupakan strategi branding dan promosi?

Tentunya iya.

Itulah contoh branding dengan sesuatu yang simple tapi efektif.

Anda juga bisa melakukanya, misalnya dengan menggunakan hastag #promotahunbaru. Orang akan tau bahwa toko anda sedang melakukan promo harga untuk menyambut tahun baru.

Selain untuk kepentingan bisnis, hashtag juga dapat digunakan untuk mempromosikan sebuah event. Anda bisa menggunakan hashtag #lombadesain untuk mempromosikan sebuah event lomba desain.

BACA JUGA !!!

Cara Promosi yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

4. Menambah Jumlah Follower

stype.tv

Fungsi hashtag di Instagram yang satu ini masih ada hubunganya dengan fungsi yang no 2, yaitu memudahkan pencarian.

Ketika postingan anda menjangkau pengguna Instagram diluar follower anda, mereka mau tidak mau akan membuka profil Instagram anda untuk dapat melihat macam-macam produk yang ditawarkan.

Apabila mereka tertarik dengan produk yang anda jual, tidak menutup kemungkinan mereka juga akan memfollow akun Instagram anda untuk melihat postingan-postingan terbaru dikemudian hari.

Itu baru satu orang, bisa anda bayangkan apabila dalam satu hari minimal ada 20 orang yang mengunjungi postingan anda. Pastinya anda akan mendapatkan banyak follower yang dengan suka rela mengikuti anda di Instagram.

BACA JUGA !!!

Cara Mudah Menambah Follower IG (Gratis)

5. Meningkatkan Interaksi pada Instagram

desainpromosi.co.id

Interaksi dalam Instagram berupa like, comment, DM dan lainya.

Ketika anda menggunakan sebuah kata kunci yang sering dicari oleh calon pembeli di hashtag postingan anda. Besar kemungkinan postingan tersebut akan mudah ditemukan oleh orang yang membutuhkan.

Mereka minimal akan memberikan like terhadap postingan anda. Apabila postingan anda menarik bagi mereka, bisa juga anda mendapatkan comment.

Semakin banyak dan bagus hashtag yang anda gunakan, akan semakin banyak interaksi yang terjadi di akun Instagram anda.

6. Menemukan Follower yang tepat Sesuai Target Pasar

blog.xendit.co

Dengan menggunakan hashtag dalam postingan berupa promosi produk akan sangat membantu anda menjangkau orang-orang yang anda targetkan.

Salah satu fungsi hashtag di Instagram yang telah kita bahas di atas adalah untuk mengelompokan postingan sesuai dengan hashtag yang dicantumkan dalam postingan tersebut.

Misalkan postingan anda dikasih hashtag #Kadoulangtahun, Maka semua postingan anda yang mengandung hashtag tersebut dapat muncul ketika ada orang yang menulis kata kado ulang tahun di mesin pencarian Instagram.

Otomatis postingan anda akan dapat dijangkau oleh orang-orang yang sedang membutuhkan produk anda. Ketika mereka tertarik dengan produk anda, mereka akan mengunjungi profil Instagram anda, dan tidak jarang juga mereka akan mengikuti akun Instagram anda.

Dengan demikian, orang-orang yang menjadi follower Instagram anda sudah termasuk orang-orang yang menjadi target pasar anda.

Target pasar disini berarti, orang atau calon pembeli yang sedang membutuhkan produk kita dan sesuai dengan kriteria yang kita butuhkan. Baca juga : Cara Mentukan Target Pasar

Cara Penggunaan Hashtag di Instagram

alona.co.id

Menggunakan hashtag di Instagram sangatlah mudah. Anda tinggal menambahkan tanda pagar (#) di depan kata kunci yang ingin anda tampilkan di postingan.

Contohnya  : #kadoultah   #kadowisuda   #kadopernikahan   #kadounikuntukpacar

Sangat mudah bukan?

Baca Juga !!!!

Langkah Mudah Cara Membuat Akun Instagram

Cara Jualan di Instagram

Cara Mendapatkan Uang dari Instagram Tanpa Modal

Cara Repost Instagram Paling Mudah

Itulah tadi ulasan lengkap mengenai Fungsi hashtag di Instagram. Mudah-mudahan dapt bermanfaat bagi kita semua.

Semangat dan sukses selalu !!!!

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *