Sholat Dhuha Lengkap : Niat, Doa, Tata Cara, Bacaan Dzikir, dan Keutamaannya

Sebagai agama yang membawa rahmat serta mengajarkan umatnya untuk melakukan kebaikan, agama islam akan bisa dirasakan dengan baik apabila umatnya melaksanakan segala kewajibannya di dunia. Salah satu kewajiban dalam beribadah yaitu melakukan perintah ibadah sholat wajib lima waktu. Tidak hanya itu, selain ibadah sholat wajib tersebut, dianjurkan pula ibadah sunnah lainnya salah satunya yaitu ibadah sholat sunnah dhuha. Kita akan belajar tentang doa Sholat Dhuha dilengkapi dengan bahasa latin dan artinya, tata cara, niat, keutamaan, dan manfaat sholat dhuha itu sendiri.

Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan sholat sunnah yang dilakukan pada waktu tertentu, yaitu mulai terbitnya matahari hingga waktu sebelum sholat dhuhur. Rakaat dalam sholat dhuha yaitu bisa dikerjakan minimal dua rakaat dan maksimal dua belas rakaat.

Melaksanakan ibadah sholat sunnah tersebut sebagai cara untuk melakukan peningkatan amal ibadah serta akhlak manusia. Sangat disayangkan jika ibadah sholat dhuha ditinggalkan begitu saja padahal jika dilaksanakan maka akan didapat banyak keutamaan yang tidak diketahui oleh banyak masyarakat.

Maka dari itu sangat penting mengetahui apa saja keutamaan dari sholat dhuha beserta tata cara melaksanakan ibadah tersebut. Sama dengan sholat sunnah lainnya hanya saja terdapat perbedaan pada waktu, rakaat, serta doa setelah melakukan sholat dhuha.

Mari kita simak ulasan berikut mengenai keutamaan-keutamaan, niat beserta artinya, doa beserta artinya, dan tata cara sholat dhuha sehingga nantinya bisa Anda terapkan dengan baik dan benar.

Keutamaan Sholat Dhuha

Keutamaan dari sholat dhuha yang pertama yaitu akan diberikan pahala seperti keutamaan amalan bersedekah. Yang dimaksud amalan bersedekah ini yaitu jika ikhlas dalam melaksanakan ibadah sunnah tersebut, maka terhitung sedekah tiap 360 persendian tubuh.

Sebagaimana hadits Rasulullah yang menjelaskan bahwa setiap sendi, ucapan tasbih, tahmid, tahlil, takbir, menyuruh kebaikan, dan mencegah kemungkaran adalah semuanya sedekah. Semua pahala tersebut sebanding dengan melaksanakan 2 rakaat sholat dhuha.

Keutamaan lain dari ibadah sunnah sholat dhuha adalah segala kebutuhan dan rizkinya akan tercukupi. Hal tersebut dikarenakan sholat dhuha merupakan sholat yang dilakukan untuk memohon rizki kepada Allah.

Allah telah berjanji kepada hamba-Nya yang mengingat Allah di waktu dhuha maka akan diberi balasan dengan memenuhi segala kebutuhannya selama sehari tersebut. Maka dari itu, Anda tidak perlu gelisah kekurangan rizki dan merasa putus asa karena dengan sholat dhuha menjadikan keinginan mudah terkabul.

Barang siapa yang melaksanakan ibadah sholat dhuha maka keuntungan atau ghanimah yang diperoleh lebih cepat atas izin Allah. Hal ini sebagai motivasi dalam mengerjakan amal ibadah dan bertawakkal kepada Allah.

Manfaat Sholat Dhuha

Pada zaman Rasulullah dibandingkan orang mukmin yang melaksanakan sholat dhuha akan para mujtahid yang berangkat perang yang menang dan segera kembali dengan membawa banyak ghanimah (rampasan perang).

Dari Anas Bin Malik mendengar bahwa Rasulullah telah bersabda dalam hadis riwayai Ibnu Majah yang menjelaskan bahwa barang siapa melaksanakan ibadah sholat sunnah dhuha sebanyak 12 rakaat maka Allah akan membuatkan untuknya sebuah istana yang terbuat dari emas di surga.

Sholat dhuha jika dilakukan dengan tekun maka pahala yang akan diperoleh sama dengan pahala haji dan umrah sempurna. Hal tersebut sesuai dengan sabda Rasulullah yang bersanadkan dari Anas RA.

Isi sabda Rasulullah tersebut yaitu “Barang siapa yang melakukan shalat fajar (shubuh) secara berjamaah, lalu ia  duduk mengingat Allah sampai terbit matahari, lalu ia shalat dua rakaat (Dhuha), ia mendapat pahala seperti pahala ibadah haji dan umrah, sempurna, sempurna, sempurna”.

Perlu diketahui ternyata ibadah sholat dhuha ternyata mampu menggugurkan dosa seperti yang telah dijelaskan dalam sebuah hadist riwayat Tirmidzi dari Abu Hurairah RA, Rasulullah bersabda “Barang siapa yang menjaga shalat Dhuha, maka dosa-dosanya diampuni meskipun dosanya itu sebanyak buih di lautan”.

Manfaat lainnya dari ibadah sholat sunnah dhuha yaitu akan dibuatkan di surga kelak sebuah pintu khusus yang dinamakan ‘pintu dhuha’. Maka dari itu, orang yang rajin mengerjakan sholat dhuha akan memiliki kedudukan tinggi di mata Allah dengan dibuatkan pintu khusus untuk masuk surga-Nya.

Keajaiban Sholat Dhuha

Hadits yang diriwayatkan oleh Thabrani dari Abu Huraira RA, Rasulullah bersabda “sesungguhnya disurga ada salah satu pintu yang dinamakan pintu Dhuha, bila datang hari kiamat malaikat menjaga surga memangil; mana ia yang melazimkan shalat Dhuha? Inilah pintu kalian maka masuklah dengan kasih sayang Allah”.

Dalam sebuah hadits dijelaskan bahwa Rasulullah pernah bersabda bahwa Allah akan memberikan sebuah kedudukan yang istimewa sesuai dengan jumlah rakaat ibadah sholat dhuha yang dilaksanakan. Akan tercatat sebagai orang yang tidak lalai bagi mereka yang telah melaksanakan sholat dhuha sebanyak dua rakaat.

Sedangkan bagi orang yang melaksanakan sholat dhuha sebanyak empat rakaat maka akan tercatat sebagai orang muhsinin atau berbuat baik. Berbeda dengan orang yang melaksanakan sholat dhuha sebanyak enam rakaat maka akan tercatat sebagai hamba orang yang taat kepada Allah.

Untuk sholat dhuha yang dikerjakan sebanyak delapan delapan rakaat maka orang tersebut akan tercatat sebagai orang atau hamba yang sukses. Anda juga akan dibuatkan rumah indah di surga kelak jika Anda mengerjakan ibadah sholat dhuha sebanyak dua belas rakaat.

Niat Sholat Dhuha dan Artinya

Niat merupakan hal penting dalam beribadah. Sama halnya dengan ibadah shalat sunnah dhuha juga terdapat niat yang perlu diketahui dalam melaksanakannya. Niat sholat dhuha sama dengan sholat sunnah yang lain namun terdapat sedikit perbedaan. Berikut lafal niat sholat sunnah dhuha beserta artinya.

 

Artinya: “aku niat shalat sunat dhuha dua rakaat karena Allah ta’ala”.

Doa Setelah Sholat Dhuha dan Artinya

Setelah Anda melakukan solat sunnah dhuha dianjurkan membaca doa sholat dhuha. Doa tersebut merupakan salah satu keutamaan dalam sholat dhuha sehingga lebih mudah dalam meminta dibukakan pintu rizki oleh Allah. Berikut merupakan lafal doa yang bisa dibaca setelah sholat dhuha beserta artinya.

 

“Ya Allah, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, kecantikan adalah kecantikan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu.

Ya Allah, jika rizkiku berada di atas langit turunkanlah, jika berada dalam bumi keluarkanlah, apabila sulit mudahkanlah, jika haram sucikanlah, jika jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu, keindahan-Mu dan kekuatan-Mu, berikanlah aku apa yang Engkau berikan pada hamba-hambaMu yang shalih”.

Tata Cara Sholat Dhuha

Tata cara melakukan sholat sunnah Dhuha sama dengan sholat sunnah dua rikaat pada umumnya yaitu dimulai dengan niat yang bersanaan dengan takbiratul ihram yang kemudian disusul dengan membaca doa iftitah dan surat Al Fatihah. Setelah itu membaca surat atau ayat Al Qur’an yang umumnya menggunakan surat Asy Syams.

Berikutnya melakukan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kembali yang semuanya dilakukan dengan tuma’ninah. Kemudian kembali berdiri lagi untuk melanjutkan rakaat kedua.

Sama halnya dengan rakaat pertama, pada rakaat kedua juga membaca surat Al Fatihah dan surat atau ayat Al Qur’an yang biasanya menggunakan surat Adh Dhuha atau yang lainnya yang kemudian dilanjutkan gerakan ruku’, i’tidal, sujud, duduk di antara dua sujud, dan sujud kembali yang semuanya dilakukan dengan tuma’ninah.

Setelah sujud kembali, barulah duduk tahiyat akhir dengan tuma’ninah kemudian salam. Tata cara sholat dhuha dilakukan setiap dua rakaat salam dengan diulang kembali hingga bilangan rakaat yang dikehendaki. Jangan lupa untuk berdo’a setelah sholat dhuha. Semoga bermanfaat dan terima kasih.

Tinggalkan komentar

Chat WA
#3 Order Custom Kado Klik Disini :)
#2 Order Akun IG Klik Disini :)
#1 Daftar Jadi Reseller Klik Disini :)