9 Cara Transfer Uang Tanpa ATM Secara Mudah dan Praktis<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-3801" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating">	<span class="mr-star-rating">			    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    </span><span class="star-result">	<span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span>			<span class="count">				(<span itemprop="ratingCount">3</span>)			</span>			<span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="9 Cara Transfer Uang Tanpa ATM Secara Mudah dan Praktis" /></span></span>

9 Cara Transfer Uang Tanpa ATM Secara Mudah dan Praktis

Cara transfer uang tanpa ATM – Kemajuan teknologi yang tidak terbendung, membuat banyak sekali perubahan dalam berbagai sektor kehidupan. Ekonomi menjadi salah satu sektor yang mengalami dampak dari kemajuan teknologi.

Bisnis contohnya

Dunia bisnis sudah mulai bergeser dari tradisional atau offline menjadi modern atau online.

Bisnis online menawarkan berbagai kemudahan dan keuntungan yang besar. Dengan adanya bisnis online kita dapat memiliki toko tanpa harus mempunyai kios untuk berjualan.

Dropshiper contohnya.

Para dropshiper dapat berjualan tanpa harus stok barang. Mereka hanya menjadi pihak ketiga yang menjual produk dari suplier kepada konsumen. Dengan sistem seperti itu dropshiper akan sangat diuntungkan. Karena mereka tidak perlu stok barang. Sehingga dapat mengurangi resiko kerugian.

Anda bisa membuka situs daftar dropship untuk menjadi seorang dropshiper.

Produk yang kita tawarkan juga dapat menjangkau konsumen secara luas. Baik itu di daerah kita sendiri,  di dalam negeri maupun dari luar negeri.

Fenomena yang demikian itu membuat penjual dan pembeli tidak harus bertemu secara langsung untuk melakukan kegiatan jual beli. Mereka hanya perlu berkomunikasi melalui android masing-masing untuk mencapai sebuah kesepakatan jual beli.

Pembeli dapat membayarnya dengan cara mentransfer uang kepada penjual. Kemudian penjual akan mengirimkan barangnya menggunakan jasa pengiriman, seperti pos, JNT, JNE, TIKI dll.

Bisa kita liat sendiri contoh diatas, bahwa proses jual beli akan tetap berjalan tanpa harus mempertemukan secara langsung penjual dan pembeli. Penjual akan tetap bisa membayar, dan pembeli juga akan tetap menyerahkan barang daganganya

Untuk dapat melakukan transfer uang, diharuskan antara penjual dan pembeli memiliki media transfer uang.

Nah kebanyakan orang, hanya mengetahui Rekening/ ATM saja yang dapat digunakan untuk mengirimkan dan menerima uang.

Apabila seseorang tidak memiliki ATM/Rekening maka tidak dapat mengirim atau menerima uang secara tidak langsung.

Sebenarnya orang yang tidak memiliki ATM/Rekening tetap bisa mengirim dan menerima uang dengan cara lain.

Untuk anda yang menghadapi kesulitan dalam jualan online, terutama karena calon pembeli tidak memiliki ATM. Tidak perlu khawatir, Karena artikel ini akan membahas tentang Cara Transfer Uang Tanpa ATM secara mudah dan praktis.

Jenis Transfer Uang

a. Transfer antar rekening bank

transfer antar rekening bank hanya dapat dilakukan oleh kedua belah pihak yang memiliki rekening bank baik bank yang sama maupun berbeda. Seperti transfer dari bank BRI ke BRI, maupun transfer dari bank BRI ke Bank BCA, BNI, Mandiri dan bank lainya.

b. Tidak Memiliki Rekening Bank

Jenis transfer bank yang kedua adalah, apabila kedua pihak tidak memiliki Rekening Bank.

c. Rekening Bank di Salah Satu Pihak

Ada juga kasus transfer uang antara orang yang memiliki rekening bank ke orang yang tidak memiliki rekening bank atau sebaliknya.

Bagi anda yang sesuai dengan jenis transfer uang poin b dan c, tidak perlu khawatir. Artikel ini akan memberikan solusi untuk masalah yang anda hadapi berkaitan dengan transfer uang.

1. Transfer Uang Lewat Alfamart

alfamartku.com

Bagi anda yang tidak memiliki ATM, tidak perlu khawatir. Karena sekarang anda dapat transfer melalui Alfamart terdekat dengan hanya membawa KTP/SIM atau tanda pengenal lainya.

Berikut adalah cara transfer uang lewat Alfamart yang bisa anda coba.

  • Anda dapat datang ke Alfamart terdekat
  • Sampaikan kepada kasir bahwa anda akan mentransfer uang
  • Kasir akan menanyakan identitas anda dan persyaratan seperti KTP/SIM
  • Selanjutnya anda akan dimintai data calon penerima
  • Anda dapat memberikan uangnya setelah kasir selesai melakukan input data.
  • Setelah prosedur diatas anda lalui, Anda akan menerima kode MTCN (Money Transfer Control Number) atau kode rahasia.
  • Kode tersebut yang akan anda berikan kepada calon penerima untuk mengambil uang.

Penerima dapat mengambil uang yang anda kirim dengan membawa kode MTCN ke Alfamart terdekat.

Yang harus anda perhatikan bahwa kode MTCN adalah kode yang sangat rahasia. Jangan sampai kode tersebut bocor ke orang lain sebelum calon penerima mengambil uang. Karena siapa saja yang memiliki kode tersebut dapat mengambil uang yang anda kirim.

Pengiriman uang melalui Alfamart hanya dapat digunakan tanpa rekening bank. Jadi Alfamart tidak dapat mengirimkan uang ke Rekening bank lain.

2. Transfer uang lewat Indomart

id.wikipedia.org

Cara kerjanya sama seperti transfer uang lewat Alfamart

3. Datang Ke bank

 

Selain melalu Alfamart dan Indomart, anda juga bisa mengirim uang melalui bank terdekat. Anda bisa datang langsung ke bank untuk mengirimkan uang, dengan catatan bahwa orang yang akan menerima harus memiliki rekening/ ATM bank.

Jenis bank yang anda gunakan untuk mengirim uang juga harus sesuai dengan jenis rekening bank yang digunakan oleh penerima. Misalkan, calon penerima anda menggunakan rekening bank BRI maka anda juga harus mengirimnya melalui bank BRI.

Untuk cara transfernya sangat mudah. Anda hanya perlu datang ke bank terdekat, ambil nomor antrian, tunggu sampai anda dipanggil oleh teller. Setelah anda dipanggil, serahkan uang yang akan anda kirim dengan menyebutkan nomor rekening tujuan penerima.

Setelah semua langkah diatas dilalui, anda tinggal konfirmasi kepada penerima. Bahwa anda sudah mengirimkan uang kepadanya. Penerima bisa mengecek Rekening/ATM nya untuk memastikan bahwa uangnya sudah terkirim.

4. Transfer Uang Lewat OVO

id.techinasia.com

Bagi anda yang belum tau tentang OVO. Saya akan membahasnya sedikit disini. Ovo merupakan sebuah aplikasi smart yang menyediakan layanan pembayaran dan transaksi secara online. Untuk lebih lanjutnya bisa anda baca disini.

Ovo dapat digunakan untuk transfer uang baik sesama ovo maupun ke Rekening/ATM bank. Untuk dapat mencairkan saldo OVO cash ke Rekening/ATM bank, ada 2 syarat yang harus anda penuhi.

Yang pertama, anda harus upgrade OVO club ke OVO premier. Anda dapat melakukan Upgrade secara online melalu aplikasi OVO itu sendiri. Tanpa harus datang ke booth OVO. Yang kedua, anda harus memiliki saldo OVO cash. Karena untuk saldo OVO point tidak dapat ditransfer.

Anda dapat mengisi saldo OVO cash melalui rekening/ATM, dan bisa juga mengisi di Alfamart/Indomart. Dana minimal yang dapat anda transfr mengguakan OVO sebesar Rp.10.000

Untuk cara transfernya anda bisa membacanya di sini.

5. Transfer Uang Lewat DANA

idnxmus.com

Cara transfer uang tanpa ATM lainya adalah dengan menggunakan DANA. DANA adalah aplikasi dompet digital yang sangat memudahkan pengguna dalam transaksi online. Banyak layanan yang diberikan oleh DANA, seperti membeli pulsa, bayar tagihan, maupun melakukan transaksi di berbagai e-commerce yang bekerja sama dengan DANA.

Sebelumnya, DANA hanya mampu melakukan transfer uang antar pengguan saja. Tetapi banyak keluhan dari pengguna karena tidak dapat melakukan transaksi ke Rekening/ ATM bank.

Kemudian dana melakukan pembaharuan sistem. Terbukti pada DANA versi 0.61 sudah dapat melakukan transaksi ke rekening/ATM bank.

DANA memberikan kemudahan 10 kali gratis transfer ke rekening/ATM. Selanjutnya akan dikenakan biaya sesuai dengan tarif transfer antar bank umumnya.

Cara transfer lewat DANA dapat anda pelajari disini.

6. Transfer Uang Lewat Wesel Pos

poskotanews.com

Caranya hampir sama dengan transfer uang melalui bank. bedanya, apabila kamu menggunakan jasa wesel pos, kamu dapat mengirim uang ke orang yang tidak memiliki rekening/ ATM.

Anda hanya perlu datang ke kantor pos terdekat. Temui petugas kantor pos, kemudian mengisi form data diri pengirim maupun penerima. Selanjutnya serahkan uang yang akan anda kirim kepada petugas kantor pos. Kamu akan dimintai tanda tangan dikertas yang telah disediakan.

Pengiriman uang menggunakan wesel pos akan dikenai biaya pengiriman. Petugas pos akan mengirimkan langsung uang anda kepada penerima. Penerima dapat mengambil uang yang anda kirim di wesel pos terdekat.

7. Transfer Uang Lewat Paypal

knoacc.org

Paypal merupakan salah satu alat pembayaran online. Aplikasi ini akan sangat memudahkan anda selaku pelaku jual beli online.

Bagi anda yang tidak memiliki kartu rekening bank, tidak perlu khawatir. Karena anda dapat mengirim dan menerima uang melalui aplikasi yang satu ini.

Paypal dapat digunakan untuk transfer sesama pengguna maupun transfer ke Rekening bank lainya. Proses transfer menggunakan Paypal sangat mudah dan cepat. Hanya dalam hitungan detik, uang anda sudah berhasil terkirim.

Klik disini untuk mempelajari cara transfer uang menggunakan Paypal.

8. Transfer Uang Lewat Western Union (WU)

looptt.com

Western Union merupakan sebuah jasa transfer uang yang dapat melayani pengiriman dan penerimaan uang baik dari dalam negeri maupun luar negeri.

Western Union sangat cocok digunakan bagi anda yang sering melakukan transaksi ke luar negeri atau menerima transaksi dari luar negeri.

Banyak orang yang telah menggunakan jasa pengiriman WU. Selain aman dan nyaman, proses transfernya juga sangat cepat. Uang sudah dapat diambil dalam hitungan menit setelah pengiriman.

Biaya pengiriman juga sangat murah, disesuaikan dengan berapa besar uang yang akan ditransfer. Western Union tidak membatasi jumlah minimal dan maksimal uang yang dapat dikirimkan.

Setiap daerah memiliki tarif pengiriman uang yang berbeda dari daerah lain.

Cara transfer uang lewat Western Union juga sangat mudah.

Anda hanya perlu datang ke kantor terdekat. Atau anda juga bisa datang ke beberapa tempat yang memiliki logo Western Union. Seperti JNT, Bank BII, Bank Jabar, Bank Danamon, Bank BRI, Bank Mandiri, Bank BTN, CIMB Niaga, Bank Jateng, Bank DKI, Bank Jatim, dan beberapa tempat lainya yang pasti memiliki logo Western Union.

Ketika anda sudah sampai di salah satu tempat di atas, Isilah formulir pengiriman uang yang telah disediakan. Kemudian serahkan formulir tersebut kepada petugas beserta uang yang akan dikirim, ongkos kirim dan kartu tanda pengenal anda untuk input data diri.

Jangan lupa juga untuk memberikan informasi mengenai penerima, seperti alamat, nama dll.

Setelah semua persyaratan lengkap dan telah diperiksa oleh petugas, anda akan dimintai tanda tangan di bukti transfer yang akan anda simpan nanti. Dalam bukti transfer terdapat kode Money Transfer Control Number (MTCN). Kode MTCN dapat anda gunakan untuk mengecek status pengiriman, apakah uang sudah sampai kepada penerima atau belum.

Kode tersebut bisa anda berikan kepada Penerima, sebagai alat yang digunakan oleh penerima untuk mengambil uang yang anda kirimkan.

Penerima hanya perlu mendatangi kantor Western Union terdekat atau kantor yang memiliki logo Western Union dengan membawa MTCN yang anda berikan. Kemudian temui petugas dan berikan MTCN beserta data diri penerima sebagai bukti bahwa dia adalah penerima uang tersebut.

BACA JUGA !!!!!

Tips Jualan

Cara Jualan di Facebook

Cara Jaualan di Instagram

Cara Jualan di Shopee

Cara Membuat Logo

9. Tranfer Uang Lewat Delima Plasa Telkom

promospeedyareayogyakarta.blogspot.com

Anda juga dapat transfer uang menggunakan Delima Plasa Telkom. Prinsip kerjanya sama dengan Western Union. Perbedaanya hanya pada ruang lingkup pengiriman. Kalau Delima Plasa Telkom hanya bisa memberikan jasa pengiriman uang untuk lokal Indonesia, tidak bisa ke luar negeri.

Semoga artikel saya kali ini dapat memberikan solusi kepada anda yang memiliki kendala transfer uang. Pilihlah salah satu alternatif diatas sesuai dengan kebutuhan.

Semoga sukses!!!!!

 

 

 

 

 

 

 

 

Yuk Nilai