Cara Pembayaran Seller di Tokopedia<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7118"> <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Cara Pembayaran Seller di Tokopedia

Cara pembayaran seller di Tokopedia – Ketika berbicara mengenai bisnis online, tentunya bukan hanya membahas mengenai membuat toko online dan melakukan promosi secara online saja. Berbicara tentang bisnis online juga perlu menyinggung masalah keuangan ataupun pembayaran.

Pembayaran merupakan sebuah hal yang primer dalam sebuah bisnis, baik itu bisnis online maupun offline. Karena memang tujuan utama dalam menjalankan bisnis yakni untuk mendapatkan uang dari hasil penjualan produk.

Dalam sebuah bisnis online, untuk bisa sampai pada tahap mendapatkan uang, anda harus melewati beberapa tahapan, mulai dari membuat toko online, promosi, transaksi, sampai pembayaran.

Yang namanya bisnis online, dalam hal pembayaranya juga tentunya dilakukan secara online. Jika anda berjualan di Tokopedia, pembayaran bisa menggunakan ATM, dll.

Berbicara tentang Tokopedia, Berarti berbicara mengenai sistem kerja marketplace. Tokopedia merupakan sebuah media yang menjadi perantara antara penjual dan pembeli. Tokopedia dan marketplace lainya menjadi solusi untuk mengatasi penipuan dalam proses jual beli online.

Banyaknya penipuan yang terjadi, seperti contoh pembeli sudah transfer uang, tetapi penjual tidak kunjung mengirimkan produknya. Permasalahan itulah yang menjadi salah satu latar belakang terciptanya marketplace seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dll.

Dengan adanya Tokopedia dan kawan-kawanya, pembeli tidak perlu khawatir lagi ketika ingin melakukan pembelian online. Tokopedia menjamin bahwa ketika anda melakukan transaksi jual beli online di Tokopedia tidak akan terkena penipuan dalam bentuk apapun. Sebab uang yang ditransfer oleh pembeli, tidak akan langsung diterima oleh penjual, melainkan akan ditahan terlebih dahulu oleh Tokopedia sebagai media perantara.

Tokopedia akan mengirimkan uang kepada penjual ketika produk telah sampai ketangan pembeli. Nah sebagai penjual, tentunya anda harus mengetaui cara pembayaran seller di Tokopedia. Untuk mempermudah mencairkan dana yang Tokopedia kirimkan kepada anda.

Yuk pelajari bersama.

Cara Pembayaran Seller di Tokopedia

seller.tokopedia.com

Tak perlu panik, anda bukanlah satu-satunya orang yang membutuhkan penjelasan mengenai cara pembayaran seler di Tokopedia. Hampir semua pelapak pemula tentunya mengalami ketidak tahuan seperti anda.

Hal itu sangat lah wajar, karena memang biasanya pertanyaan ini akan muncul ketika seseorang sudah berhasil melakukan transaksi, akan tetapi bingung bagaimana cara mengambil uang dari pembeli yang ditahan oleh Tokopedia.

Masuk Ke Profil Toko

Arahkanlah tangan anda untuk membuka profil toko, kemudian pilihlah menu saldo.

Klik Tarik Saldo

resellerdropship.com

Setelah anda menakan menu saldo, anda akan dibawa ke halaman yang berisi informasi detail mengenai saldo, Seperti saldo refund (dana pengembalian), saldo income ( penghasilan), dan riwayat saldo.

Untuk mulai menarik saldo, tekan “ tarik saldo”

Masukan Nominal

Setelah anda masuk ke halaman tarik saldo, anda akan diperintahkan untuk mengisi jumlah nominal saldo yang ingin anda cairkan. Masukan nominal sesuai dengan keinginan anda. Sedikit informasi bahwasanya jumlah minimal penarikan untuk rekening BNI, BCA, BRI, Mandiri adalah sebesar Rp. 10.000, sedangkan untuk rekening bank lain sebesar Rp. 50.000.

Pilih Jenis Dana yang Akan Diambil

Seperti yang telah saya sebutkan di atas bahwasanya ada 2 jenis saldo yang bisa anda tarik, yakni refund dan income. Pilihlah saldo mana yang akan anda cairkan, antara saldo pengembalian atau penghasilan.

Pilih Jenis Rekening Bank

resellerdropship.com

Cara pembayaran seller di Tokopedia yang selanjutnya adalah dengan menentukan rekening bank mana yang akan anda gunakan sebagai media menerima uang dari Tokopedia.

Apabila anda ingin menambahkan rekening, anda bisa klik “tambah rekening”, namun apabila anda memilih untuk menggunakan rekening yang sudah terdaftar dari awal, maka langsung pilih rekening tersebut.

Jumlah rekening bank yang bisa anda tambahkan ke Tokopedia maksimal 3 rekening.

Klik Tarik Saldo

Apabila anda diminta untuk memasukan kode OTP ( One Time Pasword), maka anda hanya perlu menekan “kirim kode OTP”. Setelah itu Tokopedia akan langsung mengirimkan kode OTP anda melalui SMS. Lalu masukanlah kode OTP tersebut untuk melanjutkan pemindahan dana.

Kode OTP akan sering anda gunakan ketika melakukan transaksi menggunakan Tokopedia. Tujuan dari kode OTP itu sendiri adalah untuk memastikan bahwa yang melakukan transaksi tersebut benar-benar dilakukan oleh pemilik akun, bukan orang lain.

Kode OTP hanya akan dikirimkan kepada nomor telephone pemilik yang sudah terverifikasi oleh Tokopedia. Apabila nomor pemilik belum terverifikasi, maka Tokopedia akan mengirimkanya melalui Email.

BACA JUGA !!!
Cara Pembayaran Seller di Shopee

Jangka Waktu Dana Masuk ke Rekening

cindenian.com

Seperti yang telah anda ketahui, bahwasanya dana penjualan akan masuk ke rekening anda setelah pembeli melakukan konfirmasi bahwa pesanan telah diterima. Konfirmasi dari pembeli saja belumlah cukup untuk memindahkan dana dari Tokopedia ke Rekening anda. Anda perlu melakukan proses pencairan dana seperti yang telah saya jelaskan sebelumnya.

Lalu, butuh waktu berapa hari dana akan masuk ke rekening setelah melakukan pencairan?

Tidak memelurkan waktu lama untuk proses pemindahan dana, anda juga tidak akan dikenai biaya sepersenpun jika menggunakan rekening yang telah bekerja sama dengan Tokopedia. Berikut rincian waktu lamanya dana masuk ke rekening anda.

  • Maksimal 1 x 24 jam untuk penarikan dana menggunakan rekening BRI, BCA, BNI, Mandiri  dan CIMB Niaga.
  • Maksimal 2 x 24 jam untuk penarikan dana menggunakan rekening bank selain BRI, BCA, BNI, Mandiri, dan CIMB Niaga.

Waktu tersebut merupakan waktu dalam jam kerja, selain jam kerja, bank tidak melayani proses penarikan dana. Bank hanya akan melayani pada saat hari kerja, yakni hari senen sampai jumat. Hari sabtu, minggu, dan hari libur nasional tidak beroperasi.

Apabila anda melakukan permintaan pembatalan untuk proses pemindahan dana yang sudah disetujui karena ada sedikit kesalahan data, anda tidak bisa membatalkanya. Jika memang ada data yang salah bank secara otomatis akan menolak penarikan dana tersebut, dan dana akan dikembalikan lagi ke saldo tokopedia.

Namun apabila permintaan tersebut anda ajukan sebelum pencairan dana diproses, anda bisa langsung menghubungi Customer Care Tokopedia untuk proses pembatalan penarikan dana.

Setelah penarikan dana berhasil dibatalkan, anda bisa melakukan penarikan ulang dana dengan mengisi data yang benar.

Manfaat dari Saldo Tokopedia

looekita.id

Membiarkan uang penjualan anda tetap berada di saldo Tokopedia juga bukan menjadi hal yang sia-sia. Dengan saldo tersebut, anda bisa melakukan beberapa hal seperti, membeli pulsa di halaman tokopedia.com/pulsa, belanja produk, membeli tiket di halaman tiket.tokopedia.com, serta mengisi kredit TopAds.

Bagaimana, apakah membantu mencerahkan kebingungan anda tentang cara pembayaran seller di Tokopedia?

Tentunya sangat membantu bukan? Tunggu apalagi yuk segera praktekan cara-cara yang sudah saya paparkan di atas setelah anda berhasil mengumpulkan saldo di Tokopedia. Jika saldo Tokopedia anda masih kosong, segeralah melakukan sesuatu yang bisa meningkatkan penjualan anda di Tokopedia.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!

BACA JUGA !!!

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Cara Membuat Feed Tokopedia

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *