2 Cara Pasang Iklan di OLX Secara Gratis dan Efektif<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6485" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

2 Cara Pasang Iklan di OLX Secara Gratis dan Efektif

Cara pasang iklan di OLX – Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis sudah semakin bertransformasi dari offline menjadi online. Jumlah penjual dan pembeli dalam bisnis online setiap hari semakin meningkat.

Bisnis online bukan hanya merambah pada golongan muda mudi saja, tetapi hampir ke semua kalangan, baik dari anak-anak SMP, SMA, Bapak-bapak, maupun ibu-ibu.

Trasnformasi itu terjadi bukan tanpa sebab.

Bisnis online menawarkan fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan dan membuat proses jual beli semakin efektif dan efisien.

Penjual tidak perlu lagi mengeluarkan modal yang besar untuk membuat lapak atau tempat jualan. Saat ini sudah ada marketplace yang bisa dijadikan sebagai tempat penjual menjajakan daganganya secara online.

Bisnis online juga sangat memungkinkan penjual menjalankan bisnis dengan sistem dropship. Yaitu sistem dimana penjual tidak perlu mengeluarkan uang untuk stok barang.

Pengen jualan online, tapi tidak punya produk ? dropship aja di joindropship.com.

Selain kemudahan yang ditawarkan kepada penjual, bisnis online juga memberikan kemudahan bagi para pembeli.

Dalam bisnis online, pembeli tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk mencari dan membeli barang yang diinginkan. Mereka cukup mengunjungi marketplace yang di dalamnya terdapat semua jenis barang dari setiap toko milik para penjual.

Sangat menarik bukan? hanya dengan marketplace, penjual dan pembeli sudah bisa melakukan proses jual beli tanpa harus bertemu secara langsung.

Sebagai penjual, kita bisa menggunakan beberapa marketplace yang pastinya populer di masyarakat Indonesia. Marketplace yang populer di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada dan OLX.

Semua marketplace di atas sangat cocok digunakan untuk membantu kita menjalankan bisnis online.

Apabila pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai cara jualan online di Shopee, cara jualan online di Bukalapak, cara jualan online di Tokopedia, untuk artikel kali ini  saya akan membahas tentang cara pasang iklan di OLX.

Yuk kita pelajari bersama !!!

OLX

kompasiana.com

Kepopuleran Shopee dan Tokopedia mungkin membuat anda kurang terlalu familiar dengan marketplace yang satu ini. Fenomena tersebut tidak terlepas dari status anda sebagai generasi millenial, yang mana lebih aktif untuk belanja produk fashion, buku dan produk-produk yang mendukung penampilan anda.

Hal itu sangat bertolak belakang dengan varian produk yang dijual di marketplace OLX.

OLX yang merupakan marketplace hasil marger antara tokobagus dan berniaga lebih terfokus untuk menjual barang-barang bekas, peralatan rumah tangga, serta barang-barang lain yang terbilang masuk dalam kategori barang dengan ukuran besar.

OLX sendiri sangat populer dan diminati banyak orang pada umunya, dan terkhusus bagi orang-orang yang bisa dikatakan sebagai generasi pra millenial. Dimana mereka dengan mudahnya dapat melakukan proses jual beli barang seperti kemudahan yang ditawarkan oleh marketplace lainya, Seperti shopee dan Tokopedia.

Sampai dengan saat ini, OLX sudah berhasil menghadirkan 3 miliar pengunjung perbulanya, dengan rata-rata total transaksi perbulanya mencapai angka 31 triliun rupiah. Sangat fantastis bukan apa yang telah dicapai marketplace satu ini?

Meskipun lebih didominasi oleh produk-produk bekas atau sejenisnya, tidak menutup kemungkinan produk anda yang berupa sovenir, kado, bahkan fashion akan tetap mendapatkan banyak orderan ketika diiklankan di marketplace tersebut.

Perbedaan jenis produk yang anda iklankan di OLX malah bisa menjadi daya tarik dan bahkan bisa meyita perhatian banyak orang yang tergabung diaplikasi tersebut.

Bukan hanya itu saja, pesaing-pesaing anda juga mungkin masih jarang yang memasang iklan di OLX. Mereka  tidak terlalu memandang OLX sebagai marketplace yang progresif untuk dijadikan tempat jualan produk fashion dan sovenir.

Oleh karena itu, dengan sedikitnya pesaing yang ada, peluang produk anda dibanjiri orderan sangatlah besar. Apakah sekarang anda minat untuk memasang iklan di OLX?

Yuk simak penjelasan di bawah ini mengenai cara pasang iklan di OLX guna memperbaiki tingkat penjualan.

Cara Pasang Iklan di OLX

pubindo.com

Dalam sebuah bisnis, analisis tempat untuk jualan menjadi hal yang sangat penting. Jangan sampai tempat yang anda gunakan untuk berjualan tidak sesuai dengan apa yang anda harapkan.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk mengetahui terlebih dahulu beberapa kelebihan dan kekurangan yang ada di marketplace OLX.

Berikut saya tampilkan beberapa kelebihan dan kekurangan OLX sebagai salah satu marketplace populer di Indonesia.

Kelebihan OLX

Sebagai salah satu marketplace yang diminati banyak orang tentunya memiliki segudang kelebihan-kelebihan yang pastinya tidak dimiliki oleh marketplace lainya. Apa saja kelebihan dari OLX?

1. Iklan Cepat di Respon Pembeli

Khusus bagi anda yang sebelumnya sudah pernah berjualan online di marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada apakah pernah timbul pertanyaan ” apakah produk saya belum berhasil dosting yah?”.

Pertanyaan seperti itu muncul tidak lain dan tidak bukan dikarenakan tidak adanya respon yang diberikan orang lain kepada postingan anda kan?

Jangan khawatir, ketika anda mengiklankan produk di OLX, pertanyaan itu tidak akan pernah muncul. Melihat dari pengalaman banyak orang, sebagian besar dari mereka mengatakan bahwa postingan mereka di OLX direspon begitu cepat oleh calon pembeli.

Hampir bisa dikatakan, hari senin anda posting, dan hari itu juga postingan anda sudah banyak mendapatkan respon dari pengguna OLX lainya.

Hal itu menunjukan betapa berhasilnya OLX dalam menyampaikan informasi kepada para penggunanya ketika ada produk terbaru yang diiklankan.

Sangat menarik bukan? yuk segera iklankan produk anda di OLX.

2. Iklan Secara Otomatis Terangkat ke Posisi Atas

Ketika anda beriklan di OLX, anda tidak perlu melakukan post pada iklan untuk menaikanya ke halaman pertama. OLX berbeda dengan marketplace lainya, tidak perlu melakukan pos, iklan anda akan tetap bisa naik ke posisi teratas.

Kenapa bisa seperti itu?

Penggunaan fitur iklan terkait dalam satu wilayah yang dilakukan oleh OLX membuat postingan anda bisa ikut terangkat ke posisi atas ketika ada iklan sejenis yang baru diposting.

Jadi misalnya anda melakukan postingan iklan dihri kemaren, dan pada hari ini ada iklan sejenis yang diposting oleh orang lain. Maka postingan anda akan ikut terangkat ke atas secara otomatis bersamaan dengan iklan tersebut.

Itulah 2 kelebihan paling menonjol yang ditawarkan oleh marketplace OLX. Untuk kelebihan-kelebihan lainya hampir sama dengan marketplace lain seperti Shopee, Bukalapak dan Tokopedia.

Kekurangan OLX

Semua hal yang memiliki kelebihan tentunya juga terdapat kekurangan di dalamnya, walaupun mungkin kekurangan itu sedikit sekali. Meskipun didukung dengan banyak kelebihan yang ditampilkan, tetap saja yang namanya ciptaan manusia pastinya memiliki kekuranagn.

Seperti halnya dengan marketplace OLX, aplikasi ini juga memiliki beberapa kekurangan. Berikut beberapa kekurangan yang ada di OLX.

1. Pembeli Kurang Edukasi

Apabila anda sebagai seorang dropshiper (jualan online tanpa stok barang) harus menyiapkan segudang jawaban untuk menjawab pertanyaan dari calon pembeli yang memiliki background kurang edukasi tentang bisnis online.

Berbeda dengan marketpace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dll yang mana pembelinya sudah tidak awam lagi akan istilah bisnis dropship. Pembeli pada OLX yang kebanyakan didominasi oleh orang-orang pra millenial masih jarang yang mengetahui apa itu bisnis dropship.

Sehingga, tidak jarang yang menanyakan tentang lokasi tokonya dimana, bisa COD atau tidak, Bisa lihat barangnya dulu atau tidak, dan masih banyak pertanyaan lain yang mana akan sangat sulit untuk dijawab ketika anda menjalankan bisnis dropship.

Oleh karena itu, ketika anda memutuskan untuk tetap berjualan di OLX, siapkanlah jawaban yang bagus, jawaban yang bisa membuat calon pembeli percaya dengan produk anda.

Jangan sampai, respos yang baik dari pembeli tidak diimbangi dengan cara terbaik anda dalam melayani mereka.

2. Harga di Banding-Bandingkan

Perbandingan harga sangat menonjol di OLX, siapa yang harganya terendah, itu yang akan mendapatkan banyak orderan.

3. Masa Tayang Iklan Terbatas

Masa aktif iklan di OLX normal hanya 7 hari dihitung dari hari pertama diposting. Meskipun setelah 7 hari dapat disegarkan, itu pun hanya akan bertahan beberapa hari saja. Yang jelas postingan iklan di OLX tidak bisa bertahan selamanya seperti pada marketplace lainya.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan dari OLX. Ketika anda sudah mengetahui kelebihan dan kekurangan tersebut, bukan hal yang sulit untuk menentukan sikap dalam memanfaatkan secara maksimal kelebihan yang ada, dan mencari solusi yang tepat untuk meminimalisir kekurangannya.

Bagaimana? masih berminat untuk iklan di OLX?

Yuk pelajari tutorial cara pasang iklan di OLX dengan sangat mudah baik menggunakan aplikasi maupun tidak,

Pasang Iklan di OLX Gratis

Apakah anda seorang pelaku bisnis pemula? Jika iya, apakah anda juga memiliki kesulitan untuk memulai bisnisnya? apabila jawabanya “iya”, itu sangatlah wajar.

Kenapa? karna kebanyakan orang yang baru mencoba suatu bisnis, apalagi bisnis online, tentunya akan dihadapkan dengan kesulitan dalam memulai.

Baik itu kesulitan dalam mencari suplier, target pasar, mencari pelanggan, maupun menentukan media online untuk berjualan.

Jika anda berkeinginan untuk pasang iklan di OLX, dan kebetulan mengalami kesulitan untuk melakukanya, anda sangat tepat mengunjungi artikel ini.

Kenapa?

Iya artikel ini akan membuat gamblang pikiran anda dengan ditampilkanya beberapa cara pasang iklan di OLX yang akan sangat mudah anda pahami.

1. Download Aplikasi OLX

Cara pasang iklan di OLX yang pertama adalah dengan memasang aplikasi OLX terlebih dahulu di android anda. Apikasi tersebut dapat anda download di play store.

Download : Aplikasi OLX

2. Login

Setelah aplikasi tersebut terpasang di android anda, langkah yang selanjutnya adalah login ke aplikasi itu. Bagi anda yang mempunyai akun Facebook, anda bisa login dengan akun Facebook yang anda miliki.

3. Klik Menu”Jual”

Pada saat anda masuk pertama kali ke aplikasi ini, anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini.

Untuk menjual atau mengiklankan produk, anda hanya perlu menekan menu “Jual” yang ada dibagian bawah di antara menu chat dan menu iklan saya.

4. Pilih Jenis Produk

Setelah anda menekan menu jual, pilihlah jenis poduk yang akan anda jual. Pada halaman tersebut terdapat beberapa jenis produk yakni mobil, motor, properti, jasa, elektronik, keperluan pribadi, olahraga dan kategori lainya.

Misalkan anda ingin menjual produk t shirt atau sweater, maka anda perlu memilih jenis produk “keperluan pribadi”.

5. Isi Informasi Produk

Isilah informasi produk mulai dari tipe, kondisi, judul iklan dan deskripsi produk

  • Tipe : anda bisa memilih seperti baju, jaket, celna, sandal, sepatu dan aksesoris. Pilihlah sesuai dengan produk yang akan anda jual.
  • kondisi : kondisi disini dibagi menjadi dua, yakni baru dan bekas. Pilihlah kondisi baru apabila produk anda masih baru.
  • Judul Iklan : berikan nama produk anda. Panjang minimal 15 karakter huruf
  • deskripsi produk : deskripsikan tentang produk anda minimal 20 karakter huruf. Hindari penggunaan link /html yang dapat mengarah ke website tertentu.

Setelah semua kolom terisi, klik tompol “Lanjut”

6. Upload Foto Produk

Cara pasang iklan di OLX yang selanjutnya adalah mengunggah foto produk disertai dengan harga dan lokasi toko.

Ada beberapa aturan dalam mengunggah foto di OLX:

  • Foto yang diupload harus memiliki kualitas baik, dari segi resolusi, penampakan produk dan pastikan agar foto tidak buram.
  • Jangan mengunggah foto produk yang berbau sara ataupun pornografi
  • Tidak diperkenankan menyalahgunakan merek ataupun watermark didalam produk yang anda iklankan.

7. Pasang Iklan Sekarang

Pastikan semua informasi produk sudah anda isi dengan benar sebelum menekan tombol “pasang iklan sekarang juga”.

Jika semua informasi dan foto produk sudah anda anggap layak untuk diiklankan, langkah terakhir dalam cara pasang iklan di OLX adalah dengan menekan tombol “pasang iklan sekarang juga”.

Produk anda sudah berhasil diiklankan di marketplace OLX.

Anda bisa melihat iklan di halaman “iklan saya”. Disitu anda bisa mengetahui juga berapa jumlah orang yang sudah melihat iklan tersebut.

Iklan akan berakhir pada waktu yang sudah tertera di tampilan iklan tersebut. Anda bisa melihat iklan tersebut untuk mengetahui waktu berakhir dari iklan anda.

Cara Lain Pasang Iklan di OLX

iqbalazhari.com

cara pasang iklan di OLX yang telah anda pelajari di atas merupakan cara yang paling sering digunakan oleh kebanyakan orang.

Perlu anda ketahui bahwasanya, selain berikla di OLX menggunakan aplikasi, anda juga bisa langsung mengunjungi situs we resmi dari OLX itu sendiri.

Klik di sini untuk mengunjungi situs resmi OLX.

Dengan menggunakan situs tersebut, anda bisa membukanya baik di android maupun di Laptop, dan untuk cara pasang iklanya bisa dikatakan sama seperti cara pasang iklan di OLX ketika menggunakan aplikasi OLX.

Anda diharuskan mendaftar akun OLX terlebih dahulu, atau bisa juga masuk dengan akun Facebook yang anda miliki. Sama persis dengan ketika menggunakan aplikasi.

Bedanya, ketika anda menggunakan aplikasi, anda harus download dan membuka aplikasi tersebut, ketka anda pasang iklan melalui Situs resmi OLX, anda hanya perlu mengunjungi situs tersebut.

Kesimpulan

Setelah panjang lebar anda diajak mempelajari cara pasang iklan di OLX, disini didapat kesimpulan bahwa

  • Iklan di OLX dibatasi waktu, atau hanya akan tampil selama 7 hari dan maksimal selama 1 bulan.
  • ada 2 cara pasang iklan di OLX, yakni dengan menggunakan aplikasi OLX dan melalui situs resmi dari OLX.
  • Postingan di OLX akan lebih mudah mendapatkan respon dari pada iklan di maketplace lainya.

Itulah beberapa kesimpulan yang dapat saya ambil dari pembahasan kali ini. Tidak menutup keungkinan anda sebagai pembaca juga memiliki pandangan dan gagasan tersendiri dalam menyimpulkan artikel in.

Semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Toko di Shopee

Cara Membuat Toko di Tokopedia

Cara Membuat Toko di Bukalapak

Cara Membuat Toko di Lazada

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *