Strategi Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Barang Anda<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-4127" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> <span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span> <span class="count"> (<span itemprop="ratingCount">2</span>) </span> <span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Strategi Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Barang Anda" /></span></span>

Strategi Cara Meyakinkan Konsumen Agar Mau Membeli Barang Anda

Cara meyakinkan konsumen – Konsumen merupakan faktor paling penting dalam dunia jual beli. Saking pentingnya, sampai-sampai membuat semua penjual rela melakukan apapun untuk bersaing mendapatkannya. Oleh sebab itu, tidak jarang juga yang mengatakan bahwa konsumen ibarat raja yang harus dilayani dengan sepenuh hati.

Tidak mudah unt√uk mendapatkan kepercayaan dari konsumen.

Apalagi jika bisnis yang anda jalankan merupakan bisnis online.

Bisnis yang berlatar belakang memanfaatkan teknologi untuk memudahkan proses berjualan. Bisnis yang hanya bermodalkan foto produk untuk bahan pomosi. Dan bisnis yang mau tidak mau membuat konsumen penasaran, karena mereka hanya melihat fotonya tanpa bisa melihat produkya secara langsung.

Menciptakan kepercayaan konsumen menjadi kunci utama suksesnya sebuah bisnis.

Sebagus apapun produk yang anda jual, akan menjadi sia-sia apabila tidak mendapatkan kepercayaan dari pihak pembeli.

Semenarik apapun desain produknya, tidak akan menghasilkan keuntungan yang berarti, apabila konsumen tidak mempercayainya.

Dan semurah apapun harga produk yang anda tawarkan, tidak akan membuat konsumen tertarik kecuali karena kepintaran anda dalam meyakinkanya.

Konsumen hanya akan membeli produk apabila mereka telah yakin dengan kredibilitas dari produknya maupun lapaknya.

Nah, sekarang bagaimana cara meyakinkan konsumen agar mau membeli barang anda?

Dengan mengunjungi situs artikel ini, anda sudah melewati tahap pertama untuk dapat menguasai cara meyakinkan konsumen.

Tentunya masih banyak strategi cara meyakinkan konsumen lainya yang harus anda pelajari dan kuasai agar mendapatkan kepercayaan dari para konsumen.

Yuk simak penjelasanya di bawah ini.

Tawarkan Produk Anda dengan Tepat

logique.co.id

Mempromosikan atau menawarkan sebuh produk membutuhkan kejelian dan ketepatan. Targeting pasar contohnya.

Targeting pasar perlu dilakukan sebelum anda mempromosikan produk. Dengan melakukan targeting pasar, anda akan lebih fokus untuk mempromosikan produk kepada orang yang tepat.

Promosi akan lebih efektif apabila menjangkau orang-orang yang membutuhkan produk yang anda tawarkan. Dengan menjangkau orang yang tepat, akan lebih menghemat biaya, waktu dan tenaga untuk promosi.

Untuk menentukan target yang tepat, anda perlu melakukan riset terlebih dahulu. Riset dapat dilakukan setelah anda mengetahui kategori dan karakteristik produk yang akan dijual.

Kategori produk

scripttokoonlinemurah.blogspot.com

a. Kualitas

Anda harus mengetahui kualitas dari produk yang dijual. Apakah produknya memiliki kualitas rendah, sedang, atau tinggi. Setelah anda mengetahui kualitas barangnya, anda akan lebih mudah menentukan siapa saja yang akan menjadi target pasar dari produk tersebut.

b. Harga

Jika dibandingkan dengan produk sejenis dari para pesaing, harga produk anda berada diposisi mana? apakah termasuk harga yang murah atau harga yang mahal?

kenali dulu peluang dari harga yang anda tawarkan

c. Demografi

Sebenarnya produk anda cocok untuk konsumen laki-laki apa perempuan? umur berapa sampai umur berapa? Pendidikanya apa?

Setelah anda mengetahui seluk beluk dari produk yang akan dijual, sekarang anda bisa mulai melakukan riset pasar.

Riset Pasar

snanningandindexing.com

a. Daerah mana yang cocok untuk produk anda.

Apabila lokasi toko anda di Yogyakarta, promosikanlah produk anda di yogyakarta dan sekitarnya. Jika pembeli anda berdekatan dengan tempat produksi, akan memudahkan dalam proses pengiriman.

Anda bisa COD dengan pembeli secara langsung, apabila pembeli ingin membayarnya ditempat. Anda juga tidak perlu membebankan biaya ongkir yang mahal apabila pembeli menghendaki menggunakan jasa pengiriman.

b. Ketepatan Waktu

Ketepatan waktu dalam menawarkan sebuah produk juga menjadi senjata untuk mendapatkan konsumen. Misalkan produk anda berkaitan dengan sovenir nikah dan kado wisuda. Maka waktu yang tepat untuk menawarkan produk adalah ketika masa-masa kampus melangsungkan acara wisuda.

c. Calon Konsumen

Tentukan calon konsumen yang akan menjadi target pasar. Apabila produk anda kategori berkualitas dan memiliki harga yang agak mahal, serta untuk mahasiswa dan mahasiswi. Tawarkan ke konsumen yang kondisi ekonominya menengah keatas, tawarkan juga ke mahasiswa dan mahasiswi.

Gunakan Bahasa yang Mudah Dipahami

markijar.com

Promosi bertujuan untuk mengenalkan produk kepada calon pembeli. pengenalan bisa menggunakan metode langsung maupun tidak langsung.

Untuk metode langsung, dapat dilakukan ketika kita bertatap muka atau bertemu secara lagsung dengan calon pembeli. Sedangkan metode tidak langsung yaitu dengan menggunakan media perantara yang dapat menghubungkan kita dengan calon konsumen, seperti medsos, media cetak, TV dan radio.

Dalam proses pengenalan, dibutuhkan bahasa dan pendekatan yang tepat agar apa yang ingin kita sampaikan dapat diterima oleh pembaca.

Jangan sampai bahasa yang kita gunakan untuk promosi tidak dipahami oleh calon konsumen. Bahasa yang kurang jelas akan membuat konsumen ragu dan enggan untuk mempercayai produk anda.

Oleh karena itu kita perlu menggunakan bahasa yang sederhana, mudah dipahami, tetapi didalamnya juga mencangkup deskripsi barang yang ditawarkan. Baik dari segi kualitas, Bahan, hasil cetakan maupun dari segi harga.

Kelengkapan informasi produk dan kemudahan dalam memahami bahasa promosi akan dapat meyakinkan konsumen untuk melirik produk yang kita jual.

Tunjukan Keunggulan Produk Anda

gandengtangan.co.id

Strategi dalam berjualan dibagi menjadi 2, yaitu strategi harga dan strategi kualitas.

Strategi harga adalah jenis strategi yang mengedepankan persaingan harga, atau bisa dikatakan memasang harga lebih murah dari para pesaingnya. Toko yang menggunakan strategi harga, kualitas produknya perlu dipertanyakan.

Sedangkan strategi kualitas adalah strategi yang lebih mengutamakan kualitas produk dari pada besaran harga yang dibebankan.

Biasanya toko yang menerapkan strategi kualitas akan mematok harga lebih tinggi dari pada toko yang menggunakan strategi harga.

Bagi anda yang menggunakan strategi kualitas, jangan segan untuk memaparkan kualitas dari produk yang anda tawarkan dalam bentuk kalimat promosi.

Selain mencantumkan kualitas produk, perlu juga didukung dengan real pict produknya, agar konsumen benar-benar yakin bahwa produk anda memang berkualitas.

Pembeli perlu mengetahui spesifikasi produk sebelum memutuskan untuk membelinya.

Berikan Sample Produk Anda

123rf.com

Jika memungkinkan, tampilkanlah sample produk kepada konsumen. Sample produk dapat digunakan sebagai alat untuk meyakinkan konsumen terhadap produk anda.

Dengan adanya sample produk, anda dapat menunjukan secara langsung kualitas dan nilai dari produk itu sendiri.

Sifat keragu-raguan kosumen diakibatkan oleh kekhawatiran terhadap kualitas barang yang akan dibeli. Konsumen selalu berfikir jikalau produknya tidak sesuai dengan ekspetasi atau harapannya.

Apalagi jika anda jualan online, yang notabenya hanya bermodal foto produk saja. Akan susah menciptakan kepercayaan konsumen

Apabila anda sudah memiliki sample produknya, anda bisa mengajak konsumen bertemu atau meminta konsumen datang langsung ke tempat anda untuk melihat produknya secara langsung.

Dengan strategi seperti itu bisa dijamin, konsumen tidak akan ragu akan kualitas produk yang anda tawarkan. Cara tersebut juga dapat menghilangkan rasa takut konsumen terhadap penipuan yang berkedok jual beli online.

Tambahkan Testimoni dari Customer Sebelumnya

sangalay.blogspot.com

Memberikan testimoni juga merupakan salah satu cara meyakinkan konsumen. Testimoni bisa dikatakan sebagai bukti kepuasan pembeli atau kesaksian pembeli yang menyatakan bahwa dia merasa puas telah membeli produk kepada kita.

Testimoni tersebut dapat anda dapatkan ketika anda sudah berhasil melakukan transaksi penjualan dengan orang lain. Apabila konsumen anda merasa puas dengan pelayanan anda. Anda bisa meminta pendapat dan komentarnya.

Komentar tersebut dapat anda simpan dengan di scrennshot atau diarsipkan dalam bentuk print. sreenshot itu dapat anda gunakan sebagai alat untuk meyakinkan calon konsumen selanjutnya.

Bagi seorang dropshiper/pelaku bisnis online pemula yang belum mendapatkan pembeli satupun. Pastinya belum memiliki testimoni bukti kepuasan konsumen. terus apakah tetap bisa menerapkan cara ini? cara meyakinkan konsumen dengan memberikan testimoni?

Anda selaku dropshiper/ pelaku bisnis online pemula tidak perlu khawatir tentang hal itu. Sekarang banyak suplier yang tidak hanya menyediakan barang untuk dijual, tetapi juga menyertakan katalog dan testimoninya. Anda bisa menemukan suplier tersebut di daftar dropship.

Oh iya, sebenarnya dropshiper itu sendiri apa sih?

Dropshiper merupakan pelaku bisnis online yang menggunakan sistem dropship, yaitu berjualan online tanpa stok barang. Jadi barang yang mereka jual merupakan barang yang diambil langsung dari supliernya. Baca juga apa itu dropship

Baca Juga !!!

Cara Mencari Suplier Terbaik untuk Bisnis Online

Cara Promosi yang Efektif

Pahami Pendapat Konsumen

mediakonsumen.com

Pahami pendapat konsumen merupakan salah satu cara meyakinkan konsumen yang mudah untuk anda terapkan.

Tidak selamanya kritikan itu menjatuhkan. Ada kalanya juga kritikan yang membangun. Semua tergantung bagaimana kita mensikapinya. Apabila kita menolak kritikan tersebut, maka secara perlahan kritikan itu akan menjadi bumerang bagi usaha kita sendiri.

Tetapi apabila kita menerima kritikan atau pendapat dari konsumen secara legowo, maka kritikan itu akan menjadikan bisnis kita semakin baik.

Sebagai pelaku usaha kita sangat membutuhkan kritikan atau pendapat orang terhadap bisnis yang kita jalankan, baik dari segi produk, harga, kualitas maupun pelayanan.

Sebenarnya kritikan yang paling murni untuk kebaikan bisnis anda adalah kritikan yang berasal dari para pelanggan.

Kenapa bisa begitu?

Ya, karena pelanggan adalah pelaku ekonomi yang terjun langsung bersinggungan dengan usaha anda.

Mereka yang membeli produk anda, mereka yang menerima pelayanan anda, dan mereka juga yang merasakan dampak dan manfaat mengkonsumsi produk anda.

Dengan demikian, mereka akan lebih tau tentang kekurangan, kelemahan dan kelebihan dari produk tersebut.

Oleh karena itu mendengarkan pendapat dan kritikan dari pelanggan sangat peru dilakukan. Bahkan bila perlu anda yang dengan sendirinya meminta mereka untuk mengomentari baik buruknya produk anda.

Dari komentar tersebut, anda bisa mengetahui apa yang menjadi kekurangan dan kelebihan dari produk  anda.

Sehingga anda bisa dengan sigap mengevaluasi dan memperbaiki apa yang menjadi kekurangan serta mempertahankan apa yang menjadi kelebihan.

Buat Website

websitetooltester.com

Cara meyakinkan konsumen yang terakhir adalah dengan membuat website.

Website adalah sebuah halaman yang digunakan untuk sharing berbagai konten dan informasi. Website memiliki berbagai fungsi, seperti media informasi, hiburan,layanan jasa, blog, media sosial sampai e-Commerce (toko online).

Bagi anda yang memiliki kesulitan untuk meyakinkan konsumen ketika berjualan menggunakan Facebook, Instagram dan marketplace, tidak ada salahnya untuk mencoba menggunakan website.

Selain sebagai media informasi, website juga dapat digunakan sebagai media jual beli online. Anda bisa menawarkan dan mempromosikan produk menggunakan website toko online.

Dengan menggunakan website, toko online anda akan lebih profesional dan terpercaya. Anda akan lebih mudah mendapatkan kepercyaan dari para konsumen. Konsumen akan merasa nyaman dan aman belanja di toko online anda.

Kebanyakan orang akan mudah percaya dengan toko online yang memiliki website sendiri dari pada toko online yang hanya beroperasi di Facebook dan Instagram.

Baca Juga !!!

Cara Jualan online di Facebook

Cara Jualan Online di Instagram

Memiliki Banyak Follower

jalantikus.com

Bagi anda yang jualan online menggunakan Instagram, follower menjadi faktor penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen. Follower yang banyak akan menjadikan akun instagram anda semakin besar dan mudah muncul di beranda akun lain.

Banyaknya follower yang dimiliki akan meningkatkan jumlah like dan review disetiap postingan anda. Like dan review tersebut dapat menjadi alat untuk meyakinkan calon konsumen.

Ketika banyak orang yang memberikan like dan review terhadap sebuah postingan, akan memberikan kesan positif terhadap postingan tersebut. Kesan positif itu dapat meminimalisir prasangka orang, yang menganggap bisnis kita mengandung unsur penipuan.

BACA JUGA !!!

Cara Menambah Follower IG

Cara Memulai Bisnis Online dari Nol

Selamat mencoba beberapa cara meyakinkan konsumen yang telah kami rekomendasikan. Semoga pembahasan dalam artikel ini dapat membantu meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap toko anda. Semangat dan sukses selalu !!!

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *