5 Cara Menjadi Top Seller di Tokopedia<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7423" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

5 Cara Menjadi Top Seller di Tokopedia

Cara Menjadi Top Seller di Tokopedia – Tokopedia menjadi salah satu marketplace dengan pengguna terbesar di Indonesia. Kumudahan yang ditawarkan oleh tokopedia baik itu untuk penjual maupun pembeli mampu mendatangkan banyak pengguna. Terutama program-program yang dirasa dapat membantu peningkatan penjualan bagi para seller di Tokopedia.

Banyak sekali fitur dan program yang khusus disediakan untuk para seller di Tokopedia. Fitur dan program tersebut diciptakan dengan tujuan untuk memudahkan seller dalam berjualan, sehingga mampu mendapatkan banyak keuntungan dalam waktu yang singkat.

Program tersebut seperti diskon, promo, gratis ongkir serta satu hal yang sangat menarik, yakni menjadi bagian dari seller yang dinobatkan sebagai top seller di Tokopedia.

Apakah anda sudah pernah mendengar program ini sebelumnya? Atau bahkan ada diantara anda yang sudah menjadi bagian dari program ini?.

Bagi yang masih awam, jangan khawatir, karena pada kesempatan kali ini anda akan dibawa untuk mempelajari apa itu Top Seller Tokopedia, dan bagaimana cara menjadi Top Seller di Tokopedia.

Apa Itu Top Seller?

seller.tokopedia.com

Sebagi seorang penjual yang mempunyai jiwa wirausaha yang tinggi, serta semangat yang menggelora untuk sukses, tentunya terbesit sebuah pertanyaan di dalam hati. Entah itu pertanyaan tentang, “apa sih sebenarnya gelar top seller itu?”, “kok bisa yah toko itu mendapat status sebagai top seller”, lantas bagaimana sih cara menjadi top seller di Tokopedia?”.

Top Seller adalah sebuah program yang diciptakan khusus untuk memberikan penghargaan kepada para penjual yang sesuai dengan kriteria penilaian. Salah dua kriteria penilaian yang diberikan Tokopedia adalah berkaitan dengan keaktifan dan pelayanan baik dari penjual dalam melayani pembeli.

Itulah yang menjadi latar belakang program Top Seller diadakan oleh Tokopedia. Dengan iming-iming menjadi top seller Tokopedia dan diprasyarati harus aktif dan memberikan pelayanan yang baik, secara otomatis akan memancing penjual untuk berlomba.

Berlomba dalam hal ini adalah bersaing menjadi toko yang aktif, toko yang memberikan pelayanan terbaik, toko yang ramah serta dapat dipercaya untuk  memperoleh apresiasi tersebut.

Program ini selain bermanfat bagi penjual dan pembeli, secara tidak langsung juga memberikan keuntungan tersendiri kepada pihak Shopee. Dengan tingah laku baik yang dipraktekan oleh para pelapaknya, besar kemungkinan masyarakat akan lebih percaya dan berminat membelanjakan uangnya di Tokopedia.

Menjadi aktif dan santun dalam pelayanan saja tidak cukup loh untuk menjadi Top Seller Tokopedia, anda perlu melakukan beberapa cara terbaik. Anda tidak perlu khawatir tentang hal itu, karena Keruwetan dalam menjalankan cara menjadi Top Seller Tokopedia tidak sebanding dengan keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya.

Lalu, apa saja sih keuntungan yang akan didapatkan oleh penjual apabila menjadi top seller Tokopedia? Sampai-sampai mereka pada berebut dan mengharapkan keberuntungan itu berpihak padanya?

Ingin sukses jualan online di Tokopedia? yuk Baca juga : tips jualan online di Tokopedia, dijamin cepat kaya

Keuntungan Menjadi Top Seller di Tokopedia

id.linkedin.com

“Kenapa sih harus menjadi top seller Tokopedia?, bukanya tanpa status itu kita juga tetap bisa laris berjualan di Tokopedia?”

Itulah pandangan banyak orang yang notabenya masih awam dengan istilah top seller Tokopedia. Bagi orang-orang yang sudah berpengalaman, tentunya pandangan itu sudah tidak ada lagi dalam otaknya.

Inilah beberapa keuntungan yang akan anda dapatkan apabila menjadi top seller Tokopedia:

Meningkatkan Kredibilitas Penjual di Mata Pembeli

Jangan pernah beranggapan bahwa top seller Tokopedia hanya sekedar status belaka, hanya sekedar badge untuk hiasan pada tampilan produk. Perlu anda ketahui bahwa dibalik badge tersebut, terdapat banyak sekali keuntungan yang satu persatu akan menghampiri anda.

Satu dari banyaknya keuntungan itu ialah untuk meningkatkan kredibilitas toko di mata pembeli. Mode gencar yang dilakukan oleh Tokopedia dalam memperkenalkan program ini, bukan hanya kepada penjual tetapi kepada pembeli, sangatlah berpengaruh.

Proses memperkenalkan program ini kepada pembeli, menjadikan pembeli lebih gampang membedakan antara toko yang kredibel dan toko yang masih dalam tahap pengembangan.

Pembeli sudah pasti akan menaruh penilaian kredibel terhadap toko yang memiliki badge atau status top seller di produknya.

Adanya badge atau status top seller yang melekat di toko anda, membuat toko anda lebih dipercaya dan dianggap berkualitas baik dimata pembeli.

Bukankah hal itu yang diidam-idamkan oleh seluruh penjual dalam marketplace?

Tanpa harus susah payah meyakinkan konsumen akan kualitas dari toko anda, cukup dengan status top seller, anda sudah berhasil membuat ribuan calon pembeli percaya kepada produk yang anda tawarkan.

Bagaimana? Tambah minat kan pastinya untuk mempelajari cara menjadi top seller di Tokopedia?

Meningkatkan Omset Penjualan Online

Keuntungan yang satu ini masih erat hubunganya dengan keuntungan yang sebelumnya. Ketika anda memiliki kredibilitas dan kepercayaan dari pembeli, tentunya tidak akan sulit untuk meningkatkan omset.

Secara nalar, semakin orang dipercaya, semakin banyak yang bergaul denganya. Begitu juga dengan toko online, semakin dicap kredibel, maka akan semakin banyak pembeli yang menghampirinya.

Untuk tetap konsisten dalam kenaikan omset, anda harus bekerja keras dalam menjaga dan meningkatkan kredibilitas dari toko anda. Jangan sampai kredibilitas yang sudah ada mendadak hilang hanya karena keteledoran anda dalam melayani pembeli.

Produk Semakin Banyak Dilihat Konsumen

Ternyata bukan hanya akan mendapat kredibilitas saja loh, Tokopedia juga akan memberikan tempat spesial bagi produk yang memiliki status Top Seller.

Produk-produk yang memiliki status top seller berkesempatan untuk tayang atau tampil di halaman pertama situs maupun aplikasi Tokopedia.

Apa efek yang akan anda dapatkan dari hal itu?

Secara logika, pembeli dalam sebuah pasar tradisional pastinya akan melihat penjual yang ada didepan terlebih dahulu, karena memang posisinya yang pertama dilewati pembeli.

Begitu juga dalam sebuah pasar online, produk-produk yang tayang di halaman pertama sudah secara otomatis akan dilihat terlebih dahulu oleh calon pembeli.

Apakah anda tidak tertarik dengan penawaran seperti itu?

Saya jamin, dengan mempelajari cara menjadi top seller Tokopedia dalam rangka mendapatkan status sebagai top seller, akan sangat menguntungkan anda dari berbagai aspek.

Meningkatkan Brand Awareness Konsumen

Keuntungan selanjutnya yang akan anda dapatkan ketika memiliki status top seller Tokopedia adalah promosi toko tanpa bayar.

Tokopedia juga menyediakan program berupa fitur pengiklanan. Fitur iklan ini berfungsi untuk mempromosikan dan mempublikasikan baik toko maupun produk anda secara berbayar.

Dengan anda terdaftar sebagai Top Seller Tokopedia, anda tidak perlu lagi pasang iklan untuk mempromosikan toko. Toko anda secara otomatis akan dikenal banyak orang, ketika muncul di halaman pertama sebagai top seller.

Selain mampu membuat toko anda semakin dikenal, hal itu juga sedikit banyak membuat anda berhemat karena tidak perlu membayar biaya iklan.

Menambah Kepercayan diri Penjual

Memiliki status top seller mampu memberikan energi positif kepada anda. Anda akan lebih percaya diri untuk melakukan inovasi dan gebragan-gebragan terbaru dalam bisnis.

Inovasi tersebut bisa berupa penambahan varian produk, penambahan jenis layanan, serta berkemungkinan juga untuk mengembangkan sayap bisnisya ke sektor yang lain.

Dapatkanlah kepercayaan diri itu dengan menjadi salah satu Top Seller di Tokopedia.

Cara Menjadi Top Seller di Tokopedia

Setelah anda mengetahui keuntungan-keuntungan yang akan didapatkan ketika menyandang status sebagai top seller Tokopedia, apakah niat anda masih segitu-segitu saja untuk sukses?. Seharusnya sudah semakin bertambah.

Semangatnya juga seharusnya semakin menggebu-nggebu seiring dengan ketentuan dan syarat yang pastinya mudah untuk anda lengkapi.

Baiklah, berhubung niat anda sudah bulat, dan semangat anda juga sudah menggelora untuk mempelajari cara menjadi top seller Tokopedia. Berikut beberapa tips atau cara menjadi top seller di Tokopedia yang sangat penting untuk dipelajari.

Fokus Pada Kepuasaan Pelanggan

Cara menjadi top seller di Tokopedia yang pertama adalah dengan berusaha memberikan kepuasan kepada pelanggan. Pelanggan merupakan aktor utama dalam keberhasilan sebuah usaha. Meskipun toko anda besar, akan tetapi tidak tau bagaimana cara untuk memberikan kepuasan kepada pelanggan, maka percuma saja. Pelanggan tersebut pada akhirnya hanya akan beralih kepada pesaing anda.

Maka dari itu, membuat pelanggan merasa puas sangatlah perlu dilakukan. Jika kasusnya anda jualan secara online di Tokopedia, maka ada beberapa cara yang bisa anda lakukan untuk mencapai kepuasan pelanggan.

Seperti halnya dengan merespon pesan secara cepat, menjawab pertanyaan dengan santun, memenuhi segala kebutuhan pelanggan, tepat waktu dalam pengiriman, serta memberikan produk yang benar-benar berkualitas.

Cara-cara tersebut sangat efektif untuk memuaskan pelanggan anda di Tokopedia. Dengan pelanggan merasa puas, maka mereka berpeluang akan memberikan nilai baik terhadap toko anda. Penilaian dari pelanggan itulah yang akan membantu anda lebih cepat menjadi top seller di Tokopedia.

Gigih dan Terus Belajar

Tantangan terbesar dari seorang pelaku usaha adalah menjaga motivasi untuk terus bergerak maju disaat rasa putus asa semakin menghantui. Rasa putus asa akan sering menghampiri anda ketika anda berada dalam kondisi yang tidak baik. Seperti toko selalu sepi, kesulitan dalam mendatangkan pelanggan, serta tidak adanya pesanan masuk.

Kegigihan dan kreativitas sangat diandalkan di sini untuk membawa anda keluar dari zona bahaya tersebut. Gigih dalam berinovasi dan mau untuk terus belajar akan sedikit menjadi benteng pertahanan toko anda supaya tidak sampai pada titik seperti itu.

Jika memang anda merasa pada akhirnya tidak akan kuat jika berada dalam situasi sulit, maka langkah jitu yang harus anda lakukan adalah mengantisipasi supaya situasi sulit itu tidak menimpa anda.

Nah, dengan gigih dan terus belajar, insyaalloh toko anda akan selalu dalam kondisi yang baik untuk mengejar status top seller Tokopedia.

Peajari Platform dengan Baik

Tokopedia merupakan sebuah platform untuk jualan online. Sebagai sebuah platform tentunya memiliki banyak fitur yang disajikan khusus untuk para penggunanya. Anda sebagai pengguna, yang dalam hal ini berperan sebagai seorang pelapak, sudah menjadi keharusan untuk mempelajari dan mengetahui fitur apa saja yang disediakan oleh Tokopedia.

Sekarang bisa anda bayangkan sendiri, bagaimana anda dapat memaksimalkan fitur yang telah disediakan, sedangkan anda sendiri tidak mengetahui tentang fitur itu?

Jangan salahkan Tokopedia karena tidak berhasil membuat anda kaya, tapi cobalah berkaca pada diri pribadi, apakah usaha saya sudah maksimal?

Pada hakekatnya, Tokopedia telah menyediakan banyak sekali fitur pendukung kesuksesan para pelapaknya, sekarang tinggal bagaimana saya dan anda selaku penjual memanfaatkan dan memaksimalkan fitur tersebut supaya bekerja sebagaimana mestinya.

Berikan jaminan Garansi

Cara menjadi top seller di Tokopedia yang selanjutnya adalah dengan memberikan jaminan garansi kepada pelanggan.

Namanya juga jualan online, pastinya tingkat kepercayaan pelanggan kepada toko online agak cenderung lebih sedikit dari pada jika melakukan pembelian offline. Secara dalam penjualan online, pembeli tidak bisa melihat produk secara langsung, baik bahan, bentuk, ukuran, maupun kualitas. Pelanggan hanya bisa melihat produk sebatas dari gambar yang ditampilkan oleh penjual.

Memberikan jaminan garansi menjadi salah satu langkah yang efektif untuk meningkatkan kepercayaan pelanggan kepada produk yang anda tawarkan.

Garansi setidaknya mampu menjadi jaminan ketika produk yang dibeli oleh pelanggan ternyata tidak sesuai dengan apa yang ditawarkan diawal. Dengan adanya garansi, pelanggan masih ada kesempatan untuk menukar atau mengembalikan produk jika tidak sesuai dengan pesanan.

Dari situ, anda bisa menanamkan kepercayaan dan nilai baik dari toko anda kepada para pelanggan. Dengan demikian, pelanggan tidak segan untuk memberikan penilaian yang sama baiknya dengan apa yang telah anda berikan. Sehingga akan membantu toko anda untuk menjadi top seller di Tokopedia.

Pastikan Ketersediaan Stok Barang

Pastikan stok barang anda selalu tersedia yaa. Percuma ketika anda sudah memberikan harga yang bersahabat, namun stok barang tidak ada, yang ada malah akan menimbulkan kekecewaan pembeli.

Anda bisa menggunakan fitur stock manajement di Tokopedia untuk memudahkan mengelola informasi tentang stok barang toko anda.

Jangan sampai pesanan sudah anda terima, tapi ternyata stok produknya kosong. Karena hal tersebut, mau tidak mau anda harus membatalkan pesanan, atau segera menyediakan pesanan tersebut. Jika anda terpaksaya harus membatalkan pesanan, maka akan berpengaruh terhadap penilaian pembeli kepada toko anda.

Demikianlah sedikit pembahasan mengenai cara menjadi top seller di Tokopedia, apakah artikel ini membantu anda?

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Diskon di Tokopedia

Cara Pembayaran Seller di Tokopedia

 

 

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *