6 Rahasia Cara Meningkatkan Penjualan Online Bisnis Dropship<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5638"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> 5/5</span> <span class="count"> (4) </span> </span>

6 Rahasia Cara Meningkatkan Penjualan Online Bisnis Dropship

Cara meningkatkan penjualan online – Bisnis Online, taukah anda sebesar apakah peluang bisnis yang satu ini?. Anda perlu menganalisis dan menelaah sebesar apakah peluang anda untuk dapat sukses menjalankannya.

Bisnis online dapat diartikan sebagai sebuah bisnis yang dijalankan secara online. Bisnis online juga bisa dikatakan sebagai bisnis yang proses transaksi dan promosinya memanfaatkan media online.

Sangat simple bukan, pengertian dari bisnis online itu sendiri?. Tentunya anda tidak perlu menguras pikiran terlalu lama untuk memahami pengertian tersebut.

Berbeda dengan bisnis offline/tradisional, bisnis online tidak menuntut anda harus memiliki modal besar untuk stok barang dan membuat sebuah bangunan toko.

Bisnis dropship contohnya.

BACA JUGA !!!

Apa Itu Dropship?

Dalam menjalankan bisnis dropship, anda hanya bermodalkan Hp android dan kuota internet untuk membuat sebuah toko online sebagai tempat promosi dan penjualan.

Apabila ada yang membeli produk kepada anda, anda tinggal memesan produk tersebut kepada suplier dan meminta suplier untuk langsung mengirimkanya kepada konsumen anda.

Sangat mudah bukan?

Dilihat dari cara kerjanya memang kelihatan mudah dan tidak teralu merepotkan, tetapi tidak semudah itu untuk dapat sukses dalam bisnis dropship. Banyak dropshiper (pelaku bisnis dropship) yang hanya bisa menjual satu dua barang dalam satu hari.

Anda perlu mengetahui dan mempelajari cara meningkatkan penjualan online bisnis dropsip sebelum anda memutuskan untuk mulai jualan. Agar nantinya anda dapat menjual banyak produk dan sukses jualan online menggunakan sistem dropship.

1. Promosi

folderbisnis.com

Penggunaan teknologi menjadi faktor utama dalam berjalanya sebuah bisnis online. Teknologi menjadi alat untuk proses promosi dan transaksi.

Proses promosi itulah yang menjadi kunci sukses tidaknya sebuah bisnis online. Promosi menjadi hal yang paling utama dalam proses pemasaran produk dari sebuah toko atau bisnis online.

Salah satu Cara meningkatkan penjualan online yaitu dengan melakukan promosi secara efektif dan efisien.

Promosi itu sendiri memiliki definisi sebagai sebuah kegiatan yang bertujuan untuk menwarkan dan mengenalkan produk.

Lalu, bagaimana cara melakukan promosi yang efektif?

Melakukan Promosi di Media Sosial

pekanbaru.tribunnews.com

Siapa sih yang tidak mengenal media sosial?. Sebagian besar generasi millenial pastinya sudah mengenal bahkan menggunakan media sosial baik itu Whatsapp, facebook maupun Instagram.

Media sosial merupakan sebuah alat untuk saling berkomunikasi dan berbagi status dengan tujuan menunjukan aktivitas yang sedang mereka lakukan. Status yang mereka bagikan dapat berupa tulisan, foto maupun vidio.

Media sosial sudah menjadi sesuatu yang lazim digunakan oleh masyarakat baik di Indonesia maupun di negara lain. Pengguna media sosial sudah mencapai angka jutaan bahkan ratusan juta orang dari seluruh dunia.

Indonesia sendiri menempati urutan ke 5 pengguna media sosial terbesar di dunia dengan rincian kurang lebih sebagai berikut:

Whatsapp menjadi media sosial yang paling banyak digunakan di Indonesia dengan 333,5 juta orang, disusul oleh Facebook dengan 140 juta orang dan Instagram sebanyak 56 juta orang.

Kepopuleran media sosial menjadi peluang besar bagi para pelaku bisnis online untuk memasarkan produknya. Mereka mengalih fungsikan media sosial sebagai alat untuk jual beli online yang menguntungkan.

Apalagi dari aplikasinya juga memberikan tambahan fitur yang dapat mendukung kelancaran bisnis online. Sehingga, bukan menjadi rahasia umum lagi apabila Whatsapp, Facebook dan Instagram sudah seperti pasar yang didalamnya berlangsung proses jual beli.

Bagi anda yang baru memulai bisnis online dan ingin memperoleh orderan yang banyak, tidak ada salahnya apabila anda melakukan promosi di media sosial.

BACA JUGA !!!

Cara Jualan di Whatsapp

Cara Jualan di Facebook

Cara Jualan di Instagaram

Melakukan Promosi di Marketplace

alona.co.id

Marketplace bisa diartikan sebagai aplikasi yang memfasilitasi proses terjadinya jual beli secara online. Marketplace diperuntukan baik untuk para penjual maupun pembeli.

Penjual dapat menggunakan marketplace untuk membuat sebuah toko online yang dapat digunakan sebagai wadah atau tempat untuk menjajakan produk. Sedangkan pembeli dapat dengan mudah mencari barang yang dibutuhkan menggunakan marketplace yang tersedia.

Marketplace memberikan keuntungan kepada penjual karena mereka dengan mudah dapat mempromosikan produknya. Marketplace juga memberikan kemudahan kepada pembeli untuk menemukan barang yang dibutuhkan tanpa harus repot-repot pergi ke pasar.

Ada banyak marketplace yang tersedia untuk anda, tetapi pada umumnya masyarakat Indonesia menggunakan marketplace seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia, Lazada dan masih banyak lainya.

Melakukan promosi di Marketplace merupakan salah satu cara meningkatkan penjualan online yang dapat dibilang sangat populer.

Menggunakan Kalimat Promosi yang Menarik

ekanurmanto.com

Promosi bisa anda ibaratkan seperti cinta, yakni jatuh pada pandangan pertama. Apabila dalam dunia bisnis, jatuh pada pandangan pertama dapat diartikan sebuah ketertarikan yang secara langsung muncul ketika calon konsumen melihat promosi yang anda lakukan.

Ketertarikan itu bisa ditimbulkan dari foto produknya maupun dari kalimat promosi yang digunakan. Kalimat yang menarik dan menimbulkan penasaran dapat memberikan kesan yang baik kepada konsumen.

Selain menarik, kalimat promosi juga harus lugas, informatif, dan membuat konsumen mengetahui kualitas dari produk yang anda tawarkan.

Kalimat promosi yang bagus, dapat membuat pembeli betah berlama-lama memperhatikan kata demi kata dari promosi anda. Sampai akhirnya mereka memutuskan untuk membeli produk yang anda tawarkan.

Contoh :

Assalamu’alaikum Wr.Wb.

  • Masih bingung mau kasih kado apa?
  • Pengin tau kado apa yang anti mainstream?
  • Susah nyari kado yang cocok?
  • Ga sempet belanja apalagi bikin sendiri?
  • Bingung kirim kado ke orang tersayangmu yang jauh?
  • Ada gak kira” kado yang unik, murah, bisa request desain dan bermanfaat?

Ada dong pastinyaaaaa

Ada 15 jenis kado yang dapat anda pilih untuk pasangan tersayang

(Kado)

  • Bisa desain sesuai keinginan kaka lohh
  • Bisa cetak satuan juga lohh
  • Kualitas cetak pastinya menggunakan tinta terbaik, dijamin tahan lama dan tidak cepat rusak
  • Produksi hanya 1-2 hari, jadi kaka tidak perlu menunggunya terlalu lama,,,

Nunggu apa lagi kak, yuk pesan sekarang jugaaa.

Kalimat promosi diatas hanya sekedar contoh, anda bisa menambahkan atau mengurangi kata-kata yang tidak perlu untuk di tampilkan.

Jangan lupa jika anda promosi menggunakan media sosial cantumkan link kontak yang bisa dihubungi, cantumkan link katalog, dan cantumkan alamat.

Melakukan Pomosi Secara Rutin

sejauhputrimemandang.blog

Proses tidak akan pernah menghianati hasil. Itulah kalimat yang tepat untuk mencerminkan pentingnya sebuah ketlatenan dan rutinitas.

Penjualan anda dapat meningkat ketika promosi yang anda lakukan dapat dilihat banyak orang. Itulah rumus dalam bisnis online.

Sekarang bagaimana mungkin promosi anda dapat dilihat banyak orang apabila anda melakukan promosi setiap satu minggu sekali bahkan satu bulan sekali.

Promosi bukan hanya sebagai media untuk mengenalkan dan menawarkan produk. Promosi juga sebagai alat untuk mengingatkan konsumen bahwa produk anda masih ada loh, produk anda masih booming sampai saat ini.

Sebuah produk akan lebih mudah dikenal dan diingat oleh seseorang apabila mereka sering melihat dan menjumpai promosi dari produk itu.

Oleh karena itu, selain sering melakukan promosi, rutinitas dalam melakukan promosi juga sangat perlu anda terapkan dalam sistem bisnis anda.

Misalnya anda bisa melakukan promosi 3 kali dalam satu hari pada jam-jam dimana orang beristiahat dan membuka hp. Seperti pada waktu pagi, siang dan malam.

Promosi itu jangan hanya dilakukan pada hari itu saja, tetapi juga dilakukan pada hari-hari berikutnya sesuai dengan jam yang sudah anda tentukan diawal.

2. Targeting Pasar

blog.xendit.co

Dalam menjalankan bisnis online, anda tidak boleh asal-asalan, apalagi ketika melakukan sebuah promosi.

Tentunya anda tidak mau kan apabila promosi yang anda lakukan tidak berbuah apa-apa?

nah, untuk mengatasi supaya kekecewaan itu tidak terjadi, anda perlu menentukan target pasar terlebih dahulu.

Target pasar merupakan sekelompok orang dengan kategori tertentu yang anda targetkan sesuai dengan jenis produk yang dijual.

Misalnya produk anda berkaitan dengan kado wisuda. Anda harus menargetkan orang yang lokasinya dekat dengan kampus, mahasiswa dan mahasiswi.

Apabila produk yang anda jual mengandalkan kualitas tetapi dengan harga yang lebih mahal, anda harus menargetkan orang dengan ekonomi menengah ke atas.

Ketika anda sudah mengenal seluk beluk produk yang akan anda jual, tentunya anda tidak lagi kesulitan untuk menentukan target pasar.

menentukan target pasar sangat perlu dilakukan untuk keefektifan dari proses promosi itu sendiri.

Bisa anda bayangkan apabila anda sudah rutin melakukan promosi, tetapi orang-orang yang melihat promosi itu tidak sesuai dengan target. Pasti hanya akan sia-sia promosi yang telah anda lakukan.

Oleh karena itu target pasar menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan online.

3. Meningkatkan Kepercayaan Konsumen

dhadigital.com

Konsumen adalah faktor paling penting dalam dunia bisnis. Tidak jarang para pelaku usaha rela memberikan pelayanan kepada konsumen layaknya seorang raja. Promo dan diskon juga menjadi senjata yang ampuh guna menarik minat konsumen terhadap sebuah produk.

Semua itu dilakukan demi mendapatkan sebuah kepercayaan dari konsumen. Kepercayaan merupakan sebuah senjata untuk dapat menambah pelanggan dan mempertahankan pelanggan yang sudah ada.

Tidak mudah untuk mendapatkan kepercayaan dari pelanggan baru, apalagi jika bisnis yang anda jalankan merupakan bisnis online.

Bisnis yang tidak menunjukan secara langsung barang yang akan dijual, atau bisa dikatakan hanya bermodalkan foto produk untuk bahan promosi.

Karena anda selaku pelaku bisnis online hanya bermodalkan foto, maka cara yang paling ampuh untuk meningkatkan kepercayaan konsumen adalah dengan memberikan testimoni.

Dari segi produk, testimoni bisa berupa sebuah foto produk asli, foto tempat produksinya maupun foto proses produksi. Sedangkan testimoni dari segi konsumen bisa berupa bukti chat antara anda dengan konsumen sebelumnya, bukti transfer ataupun bukti transaksi.

Selain menampilkan foto-foto sebagai bukti, anda juga perlu mendeskripsikan produk yang dijual, bisa dari segi bahan, sablonan, kekuatan, ukuran, serta harga berikut kualitas barangnya.

Disini, penentuan harga juga sangat penting untuk meningkatkan kepercayaan konsumen terhadap produk anda.

Apabila anda menentukan harga terlalu murah, konsumen akan berfikiran bahwa produk tersebut tidak berkualitas. Tetapi jika anda menentuan harga terlalu mahal, konsumen juga akan beranggapan anda mengambil keuntungan terlalu besar.

Oleh karena itu, sangatlah penting proses penentuan harga dan penjelasan mengenai klasifikasi dan kualitas produk. Supaya nantinya konsumen bisa memahami dan memaklumi besarnya biaya yang harus mereka keluarkan untuk mendapatkan produk anda.

Ketika konsumen percaya terhadap bisnis anda, secara otomatis akan dapat meningkatkan penjualan dan pendapatan anda.

4. Memanfaatkan Peluang Bisnis

esqbs.ac.id

Cara meningkatkan penjualan online yang selanjutnya adalah dengan memanfatkan peluang yang ada. Untuk dapat memanfaatkan peluang berarti anda harus tau terlebih dahulu peluang tersebut. Karena tanpa anda mengetahui peluang yang ada, tidak mungkin anda akan memanfatkanya.

Sedangkan untuk mengetahui peluang bisnis, anda dituntut mengetahui terlebih dahulu kualifikasi dan target dari produk yang anda tawarkan. Ketika anda sudah tahu target pasar dan kondisi pasar untuk produk anda, anda tidak akan kesulitan untuk membaca dan memanfaatkan sebuah peluang.

Misalkan produk anda tentang kado, kado disini bisa kado wisuda, kado ulang tahun, kado pernikahan, maupun kado untuk acara yang lainya.

Tentunya anda sudah tau waktu yang tepat untuk gencar-gencarnya melakukan promosi, dan orang yang tepat yang harus anda targetkan dalam promosi tersebut.

Seperti kado wisuda, berarti peluang terbesarnya adalah ketika waktu dimana banyak kampus mengadakan acara wisuda. Target pasarnya otomatis kalangan mahasiswa, mahasiswi dan sepantaranya.

Dengan demikian, pendapatan anda akan lebih banyak ketika ada momen-momen yang menjadi peluang dari bisnis anda.

5. Berikan Pilihan Metode Pembayaran

nnc-media.blogspot.com

Pilihan metode pembayaran juga menjadi salah satu cara meningkatkan penjualan online.

Kenapa seperti itu?

Sekarang bisa anda bayangkan dan amati sendiri, berapa persen orang di Indonesia yang sudah memiliki ATM?

Dari hasil tersebut, hitung juga berapa persen target anda yang sudah memiliki ATM. Apabila produk anda berkaitan dengan kado, dimana lebih identik dengan anak muda dari kalangan mahasiswa kebawah, otomatis masih banyak yang belum mempunyai ATM.

Oleh karena itu anda perlu memberikan alternatif metode pembayaran selain menggunakan ATM.

Bisa anda bayangkan sendiri apabila kebanyakan calon pembeli anda tidak memiliki ATM, sedangkan anda hanya menggunakan metode pembayaran melalui ATM. Akan ada banyak transaksi yang gagal hanya karena masalah pembayaran.

Tentunya itu akan sangat merugikan anda, apabila anda memiliki banyak metode pembayaran, bisa diibaratkan dalam satu hari anda dapat melakukan 10 transaksi sukses. Tetapi karena anda tidak memiliki alternatif pembayaran lain, maka secara otomatis orang-orang yang tidak memiliki ATM akan membatalkan pembelianya.

Anda tidak perlu khawatir, karena dijaman yang sudah maju ini, transfer uang dapat dengan mudah dilakukan tanpa harus menggunakan ATM. Anda bisa menggunakan aplikasi DANA, OVO, maupun pembayaran menggunakan Go pay.

BACA JUGA !!!

Cara Transfer Uang Tanpa ATM

6. Berikan Pilihan Jasa Pengiriman

pluginongkoskirim.com

Jasa pengiriman sudah bukan menjadi masalah yang serius bagi para pelaku bisnis online. Saat ini sudah tersedia berbagai macam perusahaan jasa pengiriman yang siap anda gunakan setiap saat. Anda hanya perlu menentukan jasa mana yang akan anda gunakan untuk mengantarkan pesanan konsumen anda.

Banyaknya jasa pengiriman, membuat anda bisa memberikan pilihan kepada konsumen.

Biarkan mereka memilih jasa pengiriman mana yang akan digunakan. Mereka memilih tentunya dengan berbagai pertimbangan, seperti kecepatan dalam pengiriman dan harga ongkos kirim yang harus dikeluarkan.

Untuk itu anda perlu mengetahui biaya dan berapa lama waktu yang dibutuhkan oleh setiap jasa pengiriman untuk mengantarkan barang tersebut.

Anda bisa dengan mudah melihatnya di aplikasi cek ongkir yang bisa anda download di play store android masing-masing.

Download Aplikasi : cek ongkir

Banyaknya pilhan jasa pengiriman yang anda tawarkan akan meminimalisir kegagaan transaksi akibat mahalnya biaya ongkos kirim yang dikenakan.

Demikianlah pembahasan tentang cara meningkatkan penjualan online bisnis dropship. Semoga dengan penjelasan tersebut, penjualan anda semakin meningkat dan bisnis anda semakin berkembang.

Semangat dan sukses selalu !!!!

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *