Cara Meningkatkan Omset Penjualan yang Cepat dan Efektif<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5261" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Cara Meningkatkan Omset Penjualan yang Cepat dan Efektif

Cara meningkatkan omset penjualan tak hanya perlu diketahui oleh pebisnis pemula dan UKM saja, akan tetapi semua pihak yang berkecimpung di dunia bisnis. Hal ini dikarenakan omset menjadi hal penting yang harus selalu dipantau dalam bisnis.

Usaha yang dijalankan bisa memberikan hasil yang optimal apabila anda memaksimalkan potensi asetnya. Semakin tinggi penjualan, maka semakin tinggi pula keuntungan yang didapatkan. Oleh karena itu, bagi anda yang terjun ke dunia bisnis, anda harus tahu besarnya omset secara berkala dan meningkatkannya.

Pengertian Omset

Omset merupakan jumlah uang yang didapat dari hasil penjualan barang ataupun penggunaan jasa selama masa jual. Selain itu, omset juga dikenal sebagai turnover yang berarti angka pemasukan usaha yang sumbernya dari penjualan produk dan penggunaan jasa.

Tak hanya itu, istilah omset juga sering diartikan sebagai keseluruhan angka bersih pada usaha yang didapatkan dari penjualan. Dalam artian singkatnya, omset merupakan seluruh penghasilan penjualan perusahaan selama satu periode tanpa adanya pengurangan biaya atau bisa disederhanakan sebagai pendapatan kotor.

Omset itu sendiri tak selalu dalam bentuk cash. Hal ini dikarenakan omset bersifat semua pendapatan yang diperoleh dalam menjalankan bisnis. Oleh karenanya, omset juga bisa berupa piutang. Bagi sebagian orang, omset seringkali disamakan dengan profit. Padahal, profit adalah bagian dari omset.

Berbeda dengan omset, profit adalah pendapatan bersih. Profit sama dengan omset yang dikurangi biaya atau dikenal dengan netto. Perbedaan omset dan profit ini memang bisa anda ketahui dari perhitungan biayanya. Dengan anda tahu perbedaannya, anda bisa lebih mudah dalam mengelola keuangan bisnis anda.

Bagi anda yang ingin usaha berjalan secara lancar dan semakin menguntungkan, penting bagi anda untuk mengetahui cara meningkatkan omset penjualan. Cara yang bisa ditempuh untuk meningkatkan omset sebenarnya sudah semakin beragam. Anda pun bisa menyesuaikannya dengan kebutuhan, keinginan dan anggaran yang anda miliki.

Cara Menghitung Omset

Cara Meningkatkan Omset

Sebelum anda mengetahui cara meningkatkan omset, ada baiknya jika anda tahu bagaimana cara menghitungnya terlebih dahulu. Dalam menghitung omset, anda perlu memahami rumusnya, yakni omset sama dengan jumlah produk yang terjual dikalikan harga produk.

Bagi anda yang menjual produk lebih dari satu jenis dengan banderolan harga yang bervariasi, anda tentu saja harus menyesuaikan perhitungannya. Jadikan rumus ini sebagai patokan untuk menghitung omset secara berkala sehingga anda bisa memantau perkembangan bisnis anda.

Setelah anda memahami bagaimana rumusnya, anda bisa beralih ke cara meningkatkan omset penjualan. Sebenarnya caranya tak serumit yang anda bayangkan. Akan terasa lebih mudah apabila anda cermat dan rajin dalam mencobanya. Terlebih lagi, caranya sangatlah beragam sehingga anda bisa pilih yang menurut anda sesuai dengan kebutuhan bisnis dan keinginan anda.

Cara Meningkatkan Penjualan

Cara Meningkatkan Omset
Source : Ralali.com

Cara meningkatkan penjualan tak kalah penting dari omset bisnis. Bahkan hal ini berkaitan erat dengan upaya meningkatkan omset penjualan. Dalam meningkatkan penjualan, anda perlu membuat pelanggan merasa bahagia. Hal ini bisa dilakukan dengan menciptakan suasana toko yang nyaman, karyawan yang ramah dan lain sebagainya.

Setelah itu, anda harus fokus pada kualitas produk ataupun jasa yang anda tawarkan. Pelanggan anda pastinya mau kembali datang memesan produk ataupun menggunakan jasa anda apabila kualitasnya bagus. Selain segi kualitas, kepuasan pelanggan juga bisa dikarenakan harganya. Maka dari itu, ada baiknya anda menawarkan harga produk yang sesuai.

Agar penjualan bisa meningkat, anda juga bisa menambah jumlah pesanan yang akan dibeli pelanggan. Hal ini bisa dilakukan dengan menyarankan produk lain yang berkaitan dengan produk yang dibeli pelanggan. Selain itu, anda juga bisa memberikan promo dalam waktu yang terbatas. Dengan anda menerapkan cara ini, anda sama saja telah melakukan cara meningkatkan omset penjualan.

Jangan lupa juga untuk melakukan komunikasi after-sales. Hal ini bertujuan untuk meningkatkan loyalitas pelanggan bagi bisnis yang anda jalankan. Supaya komunikasi berjalan secara lancar, anda perlu mendapatkan informasi sebanyak mungkin tentang pelanggan anda. Mulai dari nama, nomor telepon, e-mail dan lain sebagainya.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Salesman

Cara Meningkatkan Omset

Di bawah ini adalah beberapa tips meningkatkan omset penjualan salesman yang sebaiknya anda tahu. Dengan demikian, bisnis anda bisa semakin berkembang dan sukses.

  • Jalin Hubungan Baik Dengan Pelanggan

Salah satu cara meningkatkan omset penjualan ialah dengan menjalin hubungan yang baik dengan pelanggan. Perlu diketahui bahwa pelanggan yang kecewa bisa dengan mudah mencurahkan keluhannya di sosial media atupun blog. Hal ini tentu saja bisa merusak reputasi bisnis anda.

Namun dengan anda menjalin hubungan yang baik dengan semua pelanggan anda, maka anda bisa terhindar dari permasalahan tersebut. Pastikan juga pelanggan anda puas dengan produk dan pelayanan yang anda berikan. Oleh karena itu, jagalah kualitas produk dan pelayanan anda.

  • Amati Kompetitor Bisnis

Omset penjualan salesman bisa anda tingkatkan dengan mengamati kompetitor bisnis anda. Anda bisa perhatikan bagaimana pesaing anda sukses. Anda amati dan memodifikasinya untuk diterapkan pada bisnis anda. Dengan anda melakukan riset pada kompetitor anda, maka anda bisa meningkatkan layanan, menjaga kualitas produk, hingga menyesuaikan harganya. Dijamin pelanggan anda akan semakin banyak sehingga keuntungan yang didapat kian memuaskan.

  • Tingkatkan Iklan

Iklan termasuk salah satu cara meningkatkan sales growth yang bisa anda manfaatkan sebaik mungkin. Dalam beriklan, anda tak harus keluar banyak uang. Hal paling penting ialah memiliki iklan yang efektif. Perlu diketahui bahwa saat ini sudah banyak iklan gratis yang mampu mendongkrak omset penjualan produk maupun jasa anda. Adapun salah satunya yaitu iklan yang memanfaatkan sosial media, seperti Facebook, Instagram, Twitter dan masih banyak lainnya.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Online

Cara Meningkatkan Omset
Source : https://blogbor.com

Upaya meningkatkan omset penjualan tak hanya bisa dilakukan secara offline saja, akan tetapi juga online. Dengan memanfaatkan jaringan internet, upaya yang dilakukan terbilang mudah dan cepat. Berikut beberapa caranya.

  • SEO (Search Engine Optimization)

Salah satu cara meningkatkan omset penjualan secara online yaitu dengan menerapkan teknik SEO. Perlu diketahui bahwa SEO bisa membuat ranking web bisnis anda menjadi lebih baik. Bahkan posisi web bisnis anda bisa ada di halaman pertama search engine. Seperti yang diketahui, konten yang ada di halaman pertama lebih banyak diklik pengunjung. Dengan demikian, omset penjualan produk maupun jasa anda bisa semakin meningkat.

  • Internet Marketing

Cara jitu meningkatkan penjualan lainnya ialah dengan menggunakan internet marketing. Dalam hal ini, anda bisa memanfaatkan sosial media, website atau blog, hingga situs marketplace. Anda tawarkan produk ataupun jasa anda melalui jejaring internet tersebut. Agar hasilnya optimal, anda perlu memberikan keterangan yang jelas, produk real picture dan harga sesuai.

  • SEM (Search Engine Marketing)

Omset penjualan online juga bisa ditingkatkan dengan SEM. Perlu dipahami bahwa cara ini terbilag lebih cepat jika dibandingkan dengan SEO. Hanya saja, anda perlu mengeluarkan biaya. Sama seperti SEO, SEM akan membantu optimasi website anda agar memiliki kesan yang baik di search engine, seperti Google. Namun SEM ini dilakukan dengan cara memasang iklan.

Cara Meningkatkan Omset Penjualan Kuliner

Kuliner termasuk salah satu bidang bisnis yang menjanjikan. Mengingat setiap orang pastinya butuh makan. Supaya bisnis kuliner anda semakin menguntungkan, ada baiknya anda simak dan ikuti beberapa cara meningkatkan omsetnya berikut ini.

  • Jaga Kualitas Makanan

Salah satu cara yang perlu anda perhatikan dalam meningkatkan omset penjualan yaitu menjaga kualitas cita rasa makanan. Selain cita rasanya, anda juga perlu menjaga kebersihan makanan yang anda sajikan. Jangan sampai pelanggan anda kabur karena makanan anda tak dibuat dengan bahan dan peralatan yang higienis.

Apalagi penyajiannya yang cenderung asal-asalan. Dalam hal kebersihan ini, anda juga harus memperhatikan tempat usaha anda. Pastikan lingkungan sekitar, lantai, meja, hingga kursinya bersih.

Jangan lupa juga untuk memperhatikan tampilan kuliner yang anda jajakan. Semakin menarik tampilan makanan anda, maka semakin banyak pula pelanggan yang datang ke tempat makan anda. Oleh karena itu, pastikan anda selalu berinovasi untuk menciptakan kuliner yang tampilannya ciamik dan fotogenik.

Seperti yang diketahui, masyarakat saat ini tak hanya mencari makanan yang terkenal akan kelezatannya, akan tetapi juga keunikan tampilannya. Bahkan anda bisa dapatkan iklan gratis apabila pelanggan anda memposting dan merekomendasikan makanan anda.

  • Melakukan Evaluasi

Cara meningkatkan omset penjualan lainnya ialah dengan melakukan evaluasi. Anda perbaiki apa saja yang dirasa kurang membuahkan hasil. Misalnya saja strategi promosi, kualitas produk, pelayanan yang diberikan, harga dan lain sebagainya. Dengan adanya evaluasi, maka bisnis anda bisa mengalami peningkatan omset penjualan yang signifikan.

  • Harga Sesuai

Dalam berbisnis di bidang kuliner, anda harus memberikan harga yang sesuai. Harganya bisa anda naikkan apabila pelanggan anda semakin membludak. Dalam menaikkan harganya pun, anda harus mengimbanginya dengan kualitas makanan dan pelayanan yang diberikan.

Selain itu, pastikan anda tak melakukan kenaikan harga yang terlalu drastis. Hal tersebut bisa membuat pelanggan kabur. Meski cita rasa makanan anda sangat lezat, namun jika harganya terlalu mahal atau bahkan dianggap tak wajar, pelanggan akan berpikir berulang kali untuk mencicipinya.

Cara Meningkatkan Omset Minimarket

Omset minimarket bisa ditingkatkan dengan menyimak beberapa cara di bawah ini.

  • Sistem Member

Cara pertama yang bisa anda lakukan untuk meningkatkan omset minimarket yaitu membuat sistem member. Cara ini bisa membuat pelanggan anda merasa nyaman saat berbelanja di minimarket anda. Dalam melakukannya, siapkan diskon, poin khusus dan beragam produk menarik khusus untuk member anda. Dijamin pelanggan setia anda bisa meningkat secara cepat.

  • Diskon Item

Selain sistem member, anda juga bisa berikan diskon item. Cara meningkatkan omset penjualan yang satu ini bisa anda lakukan dengan memilih barang yang slow moving dalam penjualannya. Meski memberikan diskon, anda tetap harus mempertimbangkan profit yang didapat. Jika dibandingkan harus menampung banyak produk di gudang, lebih baik anda terapkan cara ini walau untungnya sedikit.

  • Sistem Paket

Cara yang satu ini terbukti ampuh dalam menaikkan omset penjualan minimarket. Adapun caranya ialah dengan menjual paket yang berisi barang fast moving dan slow moving. Dengan demikian, semua produk anda bisa terjual dengan baik. Cara yang efektif ini sudah banyak diterapkan di berbagai minimarket. Anda pun tak perlu ragu mencobanya.

  • Undian Berhadiah

Anda bisa meningkatkan omset penjualan minimarket dengan mengadakan undian berhadiah. Anda bisa memberikan kupon undian kepada pelanggan yang belanja di atas nominal tertentu. Untuk hadiahnya, anda bisa menyiapkan produk yang menarik, misalnya peralatan elektronik, sepatu, tas, peralatan rumah tangga dan lain sebagainya. Pelanggan anda pastinya tertarik untuk mendapatkan undian tersebut sehingga belanja banyak.

Cara Meningkatkan Penjualan UKM

Meski bisnis yang anda jalankan berskala UKM, namun anda bisa mendapatkan omset yang menggiurkan. Berikut beberapa caranya.

  • Branding

Supaya khalayak ramai mengenal produk dan layanan anda, maka anda harus melakukan branding. Jika anda melakukan branding secara aktif dan efektif, maka produk anda bisa laris manis di pasaran. Anda pun tak perlu melakukan kegiatan promosi yang terlalu berlebihan. Anda cukup menyesuaikannya dengan kebutuhan dan kemampuan usaha anda. Dengan branding, pastinya omset anda bisa naik sesuai harapan anda.

  • Segmentasi Pasar

Cara meningkatkan omset penjualan lainnya ialah dengan memperhatikan segmentasi pasar. Anda cermati produk dan layanan yang sedang diminati di pasaran. Dengan demikian, anda bisa ciptakan produk yang sesuai dengan permintaan pasar.

Hal ini tentu saja memudahkan anda dalam menjual produk dan menggaet banyak pelanggan setia. Namun pastikan anda juga memperhatikan tingkat persaingannya. Agar produk anda mampu bersaing dengan pebisnis lainnya, anda perlu menyematkan elemen khas yang membedakan bisnis anda dengan usaha lain.

  • Standar Operasional Prosedur (SOP)

SOP perlu dimiliki oleh setiap pebisnis, tak terkecuali UKM. Dengan adanya SOP, maka manajemen usaha, pengoperasian prosedur dan kinerja karyawan meningkat secara lebih baik. SOP juga membantu anda dalam menjaga kualitas produk dan memberikan pengarahan pada karyawan sehingga jalannya usaha produksi bisa terkendali.

Ide Kreatif Untuk Meningkatkan Penjualan

Ada banyak ide kreatif yang bisa anda tuangkan untuk meningkatkan penjualan produk dan penggunaan jasa. Adapun beberapa ide tersebut yaitu:

  • Kolaborasi Dengan Brand Lain

Salah satu ide kreatif ini bisa anda coba dengan memilih brand yang berkaitan dengan produk anda. Misalnya saja, anda menjual produk kecantikan, misalnya make up, maka anda bisa bekerjasama dengan brand fashion. Dengan demikian, pelanggan nantinya bisa mengingat brand untuk merias wajah sekaligus penunjang penampilan.

  • Iklan Dengan Meme Lucu

Selain berkolaborasi dengan brand lain, cara meningkatkan omset penjualan lainnya ialah dengan beriklan menggunakan meme lucu. Tak bisa dipungkiri bahwa hal tersebut mampu menarik perhatian pelanggan. Bahkan iklan produk anda bisa lebih mudah diingat pelanggan. Semakin kreatif iklan yang anda buat, maka semakin besar pula omset penjualan produk yang anda dapatkan.

  • Lokasi Strategis

Semua hal kreatif yang anda lakukan tak akan bisa memberikan hasil yang memuaskan apabila anda salah dalam memilih lokasi. Maka dari itu, pastikan anda memilih lokasi yang strategis. Misalnya, lokasi yang berdekatan dengan fasilitas umum, gedung perkantoran, pusat perbelanjaan, kampus, pusat kota dan lain sebagainya.

Dengan memilih lokasi yang strategis, maka bisnis anda bisa memiliki kesempatan yang besar untuk diakses lebih banyak pelanggan. Pelanggan bisa lebih mudah dalam menemukan tempat anda.

Saat ini sudah ada banyak cara meningkatkan omset penjualan yang bisa anda praktekkan. Dengan demikian, bisnis yang anda tekuni bisa semakin sukses. Keuntungan yang anda dapatkan juga semakin menjanjikan.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *