Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis untuk Meningkatkan Pelayanan Konsumen<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-3851" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> <span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span> <span class="count"> (<span itemprop="ratingCount">2</span>) </span> <span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis untuk Meningkatkan Pelayanan Konsumen" /></span></span>

Cara Menggunakan Whatsapp Bisnis untuk Meningkatkan Pelayanan Konsumen

Cara menggunakan WA bisnis – Memang tidak bisa dipungkiri bahwa perkembangan teknologi saat ini sudah semakin tidak terbendung. Khususnya Internet dan media sosial. Dari total penduduk indonesia yang mencapai 268,2 juta jiwa, sebanyak 150 juta orang sudah menggunakan internet dan aktif dimedia sosial.

Youtube menempati urutan pertama situs yang paling sering dikunjungi oleh masyarakat Indonesia dengan presentase 88%. Setelah itu diikuti oleh Whatsapp, sebagai media sosial pertama yang paling banyak digunakan oleh penduduk Indonesia dengan presentase 83%. Kemudian diikuti oleh Facebook, Instagram, Line, Twiter dan media sosial lainya.

Dunia Internet yang semakin merambah sebagian besar masyarakat Indonesia, menimbulkan pergeseran diberbagai sektor kehidupan.

Salah satunya adalah sektor ekonomi.

Sekarang ini, banyak orang yang memanfaatkan media sosial sebagai alat untuk memudahkan kegiatan ekonomi.

Jual beli contohnya.

Dengan menggunakan aplikasi Whatsapp, anda dapat melakukan kegiatan jual beli tanpa harus bertemu secara langsung dengan calon pembeli, misalnya bisnis Dropship.

Bisnis dropship menawarkan kemudahan dalam menjual produk tanpa harus dtok barang. Para dropshiper biasanya menggunakan aplikasi Whatsapp bisnis untuk kelancara usahanya. Bagi anda yang berkeinginan menjadi seorang dropshiper, anda bisa mengunjungi situs daftar dropship.

Whatsapp sangat memudahkan kita untuk berkirim pesan, melakukan panggilan, bahkan bisa digunakan untuk vidio Call.

Sayangnya Whatsapp mesenger  hanya sebatas alat untuk berkomunikasi dan bekirim pesan. Aplikasi tersebut tidak mendukung apabila digunakan untuk mengelola bisnis secara lebih baik.

Untuk itu pihak Whatsapp melakukan inovasi baru untuk memudahkan para pelaku usaha. Whatsapp menciptakan aplikasi terbaru, yaitu Whatsapp business.

Bagi anda yang masih bingung cara menggunakan WA bisnis, tidak perlu khawatir. Artikel ini akan membantu anda memahami cara setting WA bisnis agar anda dapat memaksimalkan semua fitur bisnis yang tersedia.

Sebelum masuk pembahasan, sebaiknya kita pelajari terlebih dahulu apa itu WA bisnis, fitur apa saja yang ditawarkan dan apa perbedaanya dengan Whatsapp biasa.

Apa itu WA Bisnis?

shukanbushun.com

Whatsapp business merupakan hasil inovasi dari Whatsapp Messanger. Tujuan dari penciptaan Whatsapp business sendiri adalah untuk memudahkan pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya.

Aplikasi Whatsapp business sangat cocok digunakan oleh pemilik bisnis kecil. Tidak menutup kemungkinan juga dapat digunakan oleh pelaku bisnis yang sudah besar.

Tetapi akan lebih efektif dan membantu apabila Whatsapp business digunakan oleh pemilik bisnis kecil menegah. Karena bisnis yang sudah besar tentunya memiliki sistem yang lebih komplek. Yang mana akan lebih efektif apabila menggunakan alat yang lebih canggih.

Aplikasi Whatsapp business rencananya akan dapat digunakan oleh seluruh orang di dunia. Tetapi pada tahap pertama, hanya ada 5 negara yang dapat menggunakan jasa aplikasi ini. 5 negara tersebut adalah Indonesia, Italia, Meksiko, Irlandia Utara, Amerika Serikat, dan Kerajaan Bersatu Britania Raya.

Berbeda dengan Whatsapp biasa, Whatsapp business dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat mendukung kelancaran dan kemudahan sebuah usaha.

Fitur WA Bisnis

WA bisnis dilengkapi dengan beberapa fitur yang dapat membantu pelaku usaha dalam mengelola bisnisnya.

Fitur yang ditawarkan oleh Whatsapp Business meliputi:

a. Profil Bisnis

Profil bisnis dapat digunakan untuk memberikan informasi mengenai bisnis yang anda jalankan kepada calon pembeli. Sehingga ketika calon pembeli melihat profil Whatsapp anda, dia akan langsung tahu bisnis apa yang anda jalankan.

Selain digunakan untuk memberikan informasi tentang usaha anda. Profil bisnis juga dapat membantu calon konsumen untuk mengatahui alamat dan jam buka toko kita. Anda hanya perlu mengatur alamat dan jam buka toko sesuai keinginan.

Fitur ini sangat membantu anda, karena anda tidak perlu susah payah menjelaskan kepada setiap orang.

b. Perpesanan

Fitur perpesanan terdiri dari 3 item, yaitu balas cepat, pesan diluar jam kerja, dan salam. Fitur ini yang membuat kita selalu terhubung dengan konsumen walaupun kita sedang tidak ditempat. Fitur ini memfasilitasi pesan otomatis yang akan terkirim kepada konsumen.

1. Balas Cepat

Balas cepat, memungkinkan anda untuk menyimpan dan menggunakan kembali pesan yang sering anda gunakan. Dengan fitur ini, anda dapat merespon dan membalas pesan secara cepat dan mudah.

2. Pesan Diluar Jam Kerja

Whatsapp business juga dapat mengirimkan pesan secara otomatis. Pesan otomatis ini akan terkirim kepada orang yang mengirim pesan ketika anda sedang tidak membuka whatsapp. Untuk isi pesan otomatis ini dapat anda edit sendiri sesuai kebutuhan.

3. Salam

Hampir sama dengan fitur pesan diluar jam kerja. Salam juga termasuk pesan otomatis. pesan ini akan terkirim secara otomatis kepada orang yang baru pertama kali mengirim anda pesan pada hari itu.

c. Label

Label berfungsi untuk menandai kontak dan pesan di Whatsapp. Anda dapat memberikan label kepada kontak maupun chat. Misalkan label pesanan baru, belum membayar, sudah membayar, pesanan selesai atau label lain sesuai dengan kebutuhan anda.

Beberapa fitur tersebut dapat anda gunakan untuk membantu kelancaran bisnis, khususnya untuk meningkatkan pelayanan kepada konsumen.

Perbedaan WA Bisnis dengan WA Biasa

Sebenarnya WA bisnis dan WA biasa bisa dikatakan sama, yaitu sebagai alat untuk berkirim pesan dan berkomunikasi. Tetapi ada sedikit perbedan antara WA bisnis dan WA biasa.

a. Logo

guidingtech.com

Whatsapp business menggunakan logo huruf “B” dengan latar belakang warna hijau khas Whatsapp. Sedangkan untuk Whatsapp biasa memiliki logo gambar telepon dengan latar belakang yang sama.

b. Dapat Menggunakan dan Menambahkan Nomor Telefon Rumah/Kantor

Berbeda dengan Whatsapp biasa yang hanya dapat menggunakan nomor ponsel. Untuk whatsapp business, selain dapat menggunakan nomor ponsel juga dapat menggunakan dan menambahkan nomor rumah.

Meskipun seperti itu, tetap disarankan untuk tidak berganti-ganti nomor WA.

c. Fitur Bisnis

Perbedaan yang menonjol adalah adanya fitur bisnis dalam aplikasi Whatsapp business. Fitur-fitur tersebut digunakan untuk kepentingan bisnis. Lebih tepatnya yaitu untuk memudahkan penjual dalam meningkatkan pelayananya kepada pembeli.

Dengan adanya fitur-fitur bisnis tersebut, maka inovasi baru dari Whatsapp itu dinamakan Whatsapp business.

Cara Menggunakan WA Bisnis

Untuk dapat memanfatkan fitur yang tersedia di WA bisnis secara maksimal, kita perlu mempelajari terlebih dahulu cara menggunakan WA bisnis secara tepat.

1. Instal Aplikasi

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah mengunduh aplikasi Whatsapp business di perangkat anda melalui Play store. Klik disini untuk mengunduh WA bisnis.

2. Buat Akun

whatsapp-business.id.uptodown.com/android

Setelah aplikasi Whatsapp business berhasil kamu instal. Langkah selanjutnya adalah membuat akun Whatsapp bisnis. Cara membuat akun di aplikasi ini sama dengan cara membuat akun di Whatsapp biasa. Anda hanya perlu menyediakan nomor telefon yang akan anda gunakan.

Terdapat sedikit perbedaan dalam pembuatan akun Whatsapp business dan Whatsapp biasa. Anda akan diarahkan untuk mengisi kolom nama bisnis. Isilah kolom tersebut dengan sebenar-benarnya, jangan sampai salah. Karena nama ini tidak akan bisa dirubah di kemudian hari.

Setelah akun anda berhasil dibuat. Whatsapp business sudah bisa anda gunakan untuk berkomunikasi dan berkirim pesan dengan orang lain.

Anda perlu mengatur fitur-fitur bisnis yang tersedia, sehingga dapat dimanfaatkan sebagaimana mestinya.

3. Mengatur Profil Bisnis

profil bisnis menjadi salah satu fitur pembeda yang ada di Whatsapp bisnis. Dalam profil bisnis anda bisa mengatur kategori bisnis, deskripsi bisnis, alamat bisnis, jam buka toko dan situs web.

Untuk dapat mengatur profil bisnis, anda harus masuk dulu ke menu setelan. Kemudian pilih menu setelan bisnis. Nanti akan muncul tampilan dibawah ini

karna kamu akan mengatur profil bisnis, maka pilihlah menu profil bisnis.

klik gambar pena yang ada di pojok kanan atas untuk melakukan pengeditan.

seperti yang telah disebutkan, bahwa di pengaturan ini anda dapat melengkapi informasi toko anda meliputi foto profil, alamat bisnis, kategori bisnis, deskripsi bisnis, jam buka toko, alamat email dan situs web.

4. Melihat Statistik Pesan

Statistik pesan masih berada di menu setelan bisnis. Anda hanya perlu memilih “statistik” untuk mendapatkan informasi tentang jumlah pesan yang anda terima dan kirimkan ke konsumen.

5. Mengatur Fitur Perpesanan

Fitur perpesanan juga masih berada di menu setelan bisnis. Dalam fitur ini terdapat 3 layanan pesan otomatis yang dapat kita gunakan, yaitu

  • balas cepat

  • Pesan diluar jam kerja

  • Salam.

Untuk mengaturnya anda hanya perlu klik di masing-masing layanan tersebut. Aturlah sesuai dengan kebutuhan anda. Jangan lupa untuk klik tombol simpan setelah anda selesai mengatur layanan pesan otomatis tersebut.

6. Menggunakan Label

Label berfungsi untuk menandai sebuah kontak maupun pesan. Cara mengaktifkan fitur ini sangat mudah. Apabila anda ingin memberikan label di salah satu kontak. Maka klik kontak yang ingin diberi label, kemudian klik tanda lebel dibagian atas.

pilihlah lebel yang sesuai untuk kontak tersebut. kemudian klik simpan.

Untuk memberikan label di isi pesanya. Caranya sama, anda tinggal mengganti dari kontak yang anda pilih menjadi pesan yang anda pilih.

Kelebihan WA Bisnis

Sebagai pelaku usaha anda perlu mencoba menggunakan jasa aplikasi Whatsapp business. Aplikasi ini dirancang untuk pemilik usaha kecil menengah. Pastinya aplikasi ini akan sangat membantu anda dalam menjalankan usaha, khususnya dalam hal pelayanan terhadap konsumen.

Whatsapp business dapat membantu anda memberikan informasi kepada konsumen menganai usaha yang anda jalankan, lokasi usaha dan jam kerja dari toko anda melalui fitur profil bisnis.

Anda juga dapat merespon pertanyaan konsumen secara cepat dan efisien. Karena Whatsapp business dilengkapi dengan fitur pesan otomatis yang akan terkirim ke konsumen sesuai dengan kehendak anda.

Statistik pesan juga akan sangat membantu anda. Fitur ini akan memberikan informasi kepada anda tentang jumlah pesan terkirim, pesan tersampaikan, pesan dibaca dan pesan diterima.

Yang tidak kalah pentingnya adalah fitur Label. Dengan ini anda bisa mengelompokan pesan sesuai dengan statusnya. Seperti pesan baru, belum membayar, sudah membayar, pesanan selesai atau status lainya yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Sesuai yang telah dijelaskan diatas, bahwa salah satu perbedaan Whatsapp business dengan Whatsapp biasa adalah adanya kesempatan untuk bisa menambahkan dan menggunakan nomor rumah atau kantor.

Sehingga anda akan dapat memisahakan antara chat bisnis dan chat personal.

Selain kelebihan yang ditawarkan oleh Whatsapp business, ada juga kekurangan yang dimiliki oleh Whatsapp business

Kekurangan WA Bisnis

Setiap hal yang memiliki kelebihan pasti memiliki kekurangan. Sama hal nya dengan Whatsapp Business. Akun bisnis yang ada di WA bisnis tidak dapat diubah setelah dipilih. Jadi pastikan anda sudah memilih dengan benar nama akun bisnisnya pada saat pertama registrasi.

Whatsapp business memang memudahkan kita untuk terhubung dengan konsumen. Tetapi kelebihan itu juga dapat menjadi sebuah bencana.

Karena tidak sulit bagi orang lain untuk mengetahui data pribadi yang anda daftarkan diaplikasi tersebut. Sehingga besar kemungkinan terjadi kebocoran data pribadi.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!!

BACA JUGA!!!!

Cara Promosi

Cara Jualan di Facebook

Cara Jualan di Instagram

Cara Jualan di Shopee

Cara Membuat Logo

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *