4 Cara Mengelola Database Pelanggan Secara Akurat<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7353" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

4 Cara Mengelola Database Pelanggan Secara Akurat

Cara Mengelola Database Pelanggan – Taukah anda siapa orang yang paling berbahaya di dunia?

Bukan presiden Amerika, bukan juga presiden Rusia, melainkan CEO Facebook yang bernama Mark Zuckerberg.

Kenapa Mark Zukerberg bisa dinobatkan sebagai orang yang paling berbahaya di dunia? Padahal kan dia tidak memiliki senjata nuklir maupun atom seperti amerika dan rusia.

Alasanya adalah karena dia menguasi sebagian besar media sosial di dunia. Seperti yang telah anda  ketahui bersama bahwasanya baru-baru ini Facebook telah mengakuisisi 2 media sosial besar yakni Whatsapp dan Instagram.

Dengan bermodalkan 3 media sosial tersebut, tercatat Mark Zukerberg memgang lebih dari miliaran data diri manusia di dunia. Mulai dari nama, alamat, nomor telepon hingga tanggal lahir. Data diri itulah yang biasa disebut sebagai database.

Bagi orang yang tidak mengetahui seberapa pentingnya database, tentunya beranggapan bahwa itu hanyalah sampah dan data yang tidak dapat dimanfaatkan untuk menghasilkan uang. Lain halnya pola pikir orang bisnis, database sangatlah penting untuk menunjang peningkatan penjualan dari bisnisnya.

Maka dari itu, tidak sedikit para pelaku usaha yang bersikeras mengumpulkan data diri para pelangganya, untuk nantinya dikelola supaya dapat menghasilkan banyak uang.

Bagaimana dengan anda? Apakah anda sampai saat ini masih menganggap bahwa data diri pelanggan tidak lah penting? Ataukah sudah setara dengan pelaku bisnis lainya yang sangat telaten untuk mengumpulkan database, karena tahu akan manfaatnya?

Jika anda menjalankan bisnis masih mengabaikan database, mulailah dari sekarang untuk mengumpulkan database pelanggan yang sudah sejak lama anda abaikan.

Seberapa pentingnya sih mengelola database? Dan bagaimana sih cara mengelola database pelanggan yang baik dan benar?

Apa Itu Database Pelanggan?

Sedikit telah disinggung di atas mengenai pengertian dari database. Kali ini hanya sekedar penjabaran dari apa yang telah dipaparkan sebelumnya.

Database pelanggan secara sederhana dapat diartikan sebagai sebuah kumpulan data yang terorganisir dan objektif yang menerangkan tentang data diri pelanggan. Data diri yang dimaksudkan di sini adalah seperti nama, alamat email, nomor telepon, alamat, tanggal lahir dll.

Lalu bagaimana cara mengelola database pelanggan yang sudah berhasil dikumpulkan? Dan apa saja sih manfaat dari database tersebut?

Manfaat Database Pelanggan

formulabisnisindonesia.com

Semua tindakan tentunya ada pengetahuan yang mendasari, begitu juga dengan tindakan pembelajaran mengenai cara mengelola database pelanggan. Pengetahuan tentang manfaat database tentunya akan sedikit memotivasi anda untuk menumbuhkan semangat pada diri anda guna mempelajari cara mengelola database pelanggan.

Database yang lengkap dan akurat ibarat sebuah peluru runcing yang siap memberikan banyak manfat kepada pemiliknya seperti :

1. Gambaran Potensi Pasar

m.kaskus.co.id

Database yang lengkap, dimana di dalamnya mampu menggambarkan kondisi pelanggan dari segi umur dan alamat, sedikit banyak membantu memetakan target pasar. Sebelumnya perlu saya utarakan bahwaanya setiap jenis produk memiliki pangsa pasarnya sendiri-sendiri. Pangsa pasar bisa dilihat dari beberapa aspek, misalnya yang paling umum adalah umur, jenis kelamin, serta alamat.

Dengan adanya database, anda bisa menganalisis sebenarnya produk anda lebih condong diminati oleh pelanggan dengan karakteristik seperti apa sih. Apakah diminati oleh pelanggan laki-laki ataukah perempuan, tua muda ataukah anak-anak, serta masyarakat pedesaan, perkotaan ataukah malah pertengahan?.

Dari database tersebut anda juga bisa menilai produk seperti apa yang diminati oleh pelanggan dengan karakteristik seperti apa. Database mampu menunjukan data diri pelanggan sekaligus jenis produk mana yang mereka beli. Dari situ dapat disimpulkan bahwasanya produk ini cocok untuk pelanggan dengan karakteristik seperti ini dan seterusnya.

2. Sebagai Ajang untuk Memberikan Promo

mediakonsumen.com

Manfaat yang satu ini mungkin bisa dibilang kurang sesuai dengan yang seharusnya, tetapi dapat memberikan imbas yang cukup besar untuk bisnis anda.

Memberikan promo menarik kepada pelanggan yang sudah biasa membeli ke tempat anda tentunya akan membantu menumbuhkan rasa kepuasan di hati pelanggan tersebut. Memberikan promo sangatlah baik, dan akan lebih baik lagi ketika promo tersebut disesuaikan dengan jenis pelanggan yang akan menerimanya.

Ketika pelanggan tersebut sudah banyak melakukan transaksi di tempat anda, pantas untuk menerima promo lebih besar, begitu juga seterusnya.

Dengan andanya database, anda bisa mengetahui pelanggan dan jumlah transaksi yang sudah pernah mereka lakukan.

Data tersebut tentunya akan mudah didapatkan ketika anda mahir dalam mengelola database. Oleh karena itu, sebuah tindakan yang bijak ketika anda memutuskan untuk mempelajari cara mengelola database pelanggan.

3. Sebagai Alat untuk Menawarkan Produk Baru

Menciptakan produk baru bukanlah menjadi hal yang aneh dalam setiap perusahaan, bahkan sudah menjadi hal yang wajib dilakukan untuk memenangkan persaingan pasar. Menciptakan produk baru merupakan salah satu realisasi dari inovasi dan kreatifitas perusahaan, khususnya bagian produksi.

Inovasi yang telah dihasilkan tersebut tentunya akan lebih berdampak besar ketika dibarengi dengan pemasaran yang efektif dan efisien. Percuma meluncurkan produk baru apabila tidak banyak orang yang mengetahui peluncuran tersebut.

Di sini, memiliki database sangat dirasakan manfaatnya, yakni sebagai target pasar yang akurat untuk sasaran promosi. Anda sudah tidak perlu lagi mengeluarkan banyak uang untuk proses pengenalan atau promosi produk terbaru, ckup dengan memanfaatkan database.

Database yang mengandung nama serta nomor telepon dapat anda manfaatkan dengan cara memberitahukan kepada mereka (broadcast) tentang produk terbaru dari toko anda.

Bagi mereka yang terdaftar dalam database, tentunya tidak akan ragu untuk mencoba produk terbaru anda, karena memang sebelumnya sudah pernah melakukan transaksi dengan anda.

Semakin banyak database yang anda kumpulkan, maka akan semakin banyak orang yang dengan cepat dapat anda forward untuk mengetahui produk terbaru anda.

4. Sarana untuk Berkomunikasi dengan Pelanggan

wiraidenesia.com

Manfaat database yang selanjutnya adalah sebagai bahan untuk berkomunikasi dengan pelanggan. Berkomunikasi dengan pelanggan dapat anda lakukan dengan tujuan untuk menjalin kedekatan dan menjaga hubungan baik dengan pelanggan.

Jika anda tidak punya kontak pelanggan, bagaimana anda dapat berkomunikasi?

Menjalin kedekatan dengan pelanggan juga dapat sedikit banyak membantu mengikat pelanggan supaya tetap membeli produk ke tempat anda, dan meminimalisir kemungkinan mereka beralih kepada pesaing anda.

Sebagai contoh berkomunikasi dengan pelanggan adalah dengan menawarkan produk premium atau VIP yang dijual terbatas, mengucapkan ulang tahun kepada pelanggan, dll.

Bagaimana, sudah tahu kan sekarang sebegitu bermanfatnya memiliki database yang banyak dan akurat. Sekarang tinggal mengumpulkan dan mengelola database tersebut.

Yuk simak penjelasan mengenai cara mengelola database pelanggan supaya manfaat di atas dapat benar-benar anda rasakan.

Cara Mengelola Database Pelanggan

dictio.id

Menjalankan sebuah bisnis bukan serta merta menaruh keuntungan sebagai tujuan utama dan fokus utama yang ada di otak anda. Ada beberapa hal yang seharusnya lebih anda perhatikan, yakni kiat-kiat untuk mendapatkan keuntungan tersebut. Salah satu kiat yang bisa anda usahakan dan rencanakan adalah mengelola database pelanggan.

Berikut beberapa tahapan dan cara mengelola database pelanggan yang dapat membantu usaha anda semakin besar keuntunganya.

1. Mengumpulkan Data Diri pelanggan

kontak.com

Mengumpulkan data diri pelanggan menjadi salah satu cara mengelola database pelanggan yang paling utama.

Ingin saya tekankan lagi di sini, sudah berapa banyak data diri pelanggan yang anda kumpulkan dari mulai membuka usaha sampai dengan saat ini?. Apakah sudah mencapai ribuan? atau malah tidak ada sama sekali data diri pelangga yang anda kumpulkan?

Sebegitu susahkah untuk mengumpulkan data diri pelanggan, sampai-sampai tidak ada satupun data diri yang bisa anda abadikan?

Baiklah, apabila anda merasakan kesulitan dalam mengumpulkan data diri pelanggan, saya memiliki beberapa rekomendasi cara untuk mengumpulkan data diri pelanggan dengan mudah dan praktis.

Anda bisa mengumpulkan data diri pelanggan dengan cara manual ataupun digital. Jika anda menggunakan cara manual, anda harus menyediakan nota pembelian, dimana nantinya nota tersebut akan anda gunakan untuk mencatat transaksi yang di dalamnya tercantum nama dan kontak dari pelanggan anda. Dari nota tersebut, anda bisa mencatat data diri dari semua pelanggan anda.

Kedua yakni menggunakan cara digital. Misalkan bisnis yang anda jalankan adalah bisnis online, cara kerjanya sama seperti menggunakan nota, bedanya ini adalah catatan dalam bentuk digital. Misalkan ada orang yang akan membeli produk anda, anda sediakan saja form orderan yang nantinya akan digunakan oleh pelanggan untuk mengisi data diri serta jenis produk apa yang akan dibeli.

Untuk membuat form digita tersebut, anda bisa memanfaatkan jasa dari aplikasi google form, atau bisa juga dengan orderonline.id.

Khusus untuk orderonline.id, anda diharuskan untuk berlangganan, atau dengan kata lain berbayar untuk dapat menggunakan jasa situs tersebut.

2. Membangun Database Pelanggan

jurnal.id

Langkah kedua setelah anda berhasil mengumpulkan sebanyak banyaknya data diri dari pelanggan adalah dengan membangun database pelanggan. Membangun database yang dimaksudkan di sini adalah dengan menggabungkanya menjadi satu bentuk file data yang rapih dan siap untuk digunakan.

Jika tadi anda mengumpulkan data diri menggunakan cara manual, dalam tahap ini anda diharapkan untuk mengumpulkan dan merapihkan data tersebut di Microsoft Excel supaya nantinya mudah untuk digunakan pada saat follow up. Berhubung data diri tersebut masih dituliskan secara manual dengan bulpoin, maka anda perlu mengetiknya kembali di excel.

Database yang anda kumpulkan secara digital juga bisa dengan mudah langsung anda exsport ke format file excel, tanpa harus menuliskan ulang.

Setelah semua data dikelompokan dan disusun secara rapih, simpanlah file tersebut dengan baik, karena pada tahap selanjutnya, file itu akan sangat bermanfat bagi anda.

3. Jalin Komunikasi dengan Pelanggan

wiaridenesia.com

Menjalin komunikasi dengan pelanggan menjadi salah satu cara mengelola database yang paling efektif. Terjalinya komunikasi dengan pelanggan akan sedikit banyak membantu menumbuhkan kedekatan antara toko anda dengan pelanggan. Hingga pada akhirnya pelanggan tersebut dapat loyal dan tidak berpaling ke pesaing lainya.

Lalu, bagaimana cara berkomunikasi dengan pelanggan anda? mudah dan tidak memerlukan biaya tentunya. Setelah anda memiliki database, akan sangat mudah untuk menghubungi kembali pelanggan anda.

Hubungi pelanggan anda sekedar menyapa atau memberikan ucapan selamat pagi, siang ataupun sore. Bisa juga anda memberikan ucapan selamat ulang tahun kepada pelanggan yang bertepatan dengan hari kelahiranya. Nah ketika anda akan mengucapkan ulang tahun, tentunya terlebih dahulu anda harus mengetahui hari ulang tahunya kan?. Oleh karena itu, usahakan dalam mengumpulkan data diri disisipkan sekalian kolom untuk diisi tanggal lahir dari orang tersebut.

Tujuanya adalah untuk memberikan informasi bahwasanya toko anda masih tetap eksis dan tidak acuh tak acuh kepada pelanggan yang sudah bertransaksi. Diibaratkan pelanggan adalah raja yang sudah selayaknya anda layani bukan hanya ketika akan memberikan uang, tetapi juga setelahnya juga.

Dengan demikian, pelanggan akan sangat merasa dihargai dan dihormati oleh toko anda. Sehingga pada akhirnya mereka akan tetap memilih toko anda sebagai tempat untuk melabuhkan uang mereka.

4. Follow Up Pelanggan

safuanborhan.com

Cara mengelola database pelanggan yang selanjutnya adalah dengan melakukan follow up kepada pelanggan.

Apa itu Follow Up?

Follow up merupakan kegiatan tindak lanjut atas apa yang telah terjadi berupa transaksi antara anda dengan pelanggan. Follow up dilakukan oleh penjual, dan sasaranya adalah pelanggan. Ada banyak tujuan setiap penjua melakukan follow up pelanggan.

Seperti halnya menanyakan kepuasan atas layanan yang diberikan oleh perusahaan, menawarkan produk baru, melakukan promosi, memberikan penawaran tentang produk premium yang terbatas dll.

Follow up itu sendiri selain untuk menjalin komunikasi dari penjual ke pembeli, juga bisa digunakan sebagai alat untuk evaluasi. Seperti halnya menanyakan kritikan, masukan dan keluhan apa saja yang dirasakan oleh para pelangganya.

Lalu bagiaimana caranya melakukan follow up secara cepat, mudah serta efektif?

Anda bisa menggunakan aplikasi tambahan yang khusus digunakan untuk melakukan follow up pelanggan. Aplikasi tersebut bentuknya whatsapp, seperti contoh WA Sender Pro Ninja, WBS Pro.

Sistem kerja dari kedua aplikasi bisa dikatakan sama, yakni bisa digunakan untuk mengirimkan pesan kepada ribuan kontak Watsapp secara cepat dan otomatis. Dengan aplikasi tersebut, pesan yang anda kirimkan juga bisa mengandung sapaan nama dari setiap pemilik kontak yang ada.

Waktu untuk mengirimkan ribuan kontak tersebut juga terbilang sangat cepat, dalam waktu 1-2 jam lebih dari 1000 kontak dapat anda kirimkan pesan follow up dengan tema yang sama.

Untuk dapat menggunakan aplikasi tersebut, anda perlu berlanggaan dan membayar uang langganan pertahunya.

Menurut saya sih tidak masalah ketika anda diharuskan untuk membayar, mengingat memang fungsi dan kegunaan dari aplikasi tersebut akan sangat membantu meningkatkan keefektifan proses follow up. Dibandingkan anda harus mengirimkan pesan satu per satu, yang pastinya akan memakan banyak sekali waktu, cukup dengan menggunakan aplikasi tersebut kemudahaan akan anda rasakan.

Kesimpulan

Pada akhirnya dapat disimpulkan bahwa mengelola database pelanggan bukanlah hal yang sia-sia. Banyak manfaat yang akan anda dapatkan apabila anda serius dan benar-benar yakin bahwa apa yang anda lakukan dapat memberikan manfaat bagi diri anda.

Janganlah melihat ikan dari bagaimana dia bisa memanjat pohon, tapi lihatlah dari kemungkinan-kemungkinan yang dapat dilakukan ikan tersebut untuk mencapainya.

Maksudnya adalah, jangan sekali-sekali melihat sesuatu itu dari kemustahilanya, tapi lihatlah peluang sekecil apapun yang bisa anda jadikan pijakan untuk mewujudkan sesuatu yang sebelumnya dianggap sebagai sebuah kemustahilan.

Demikianlah pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai cara mengelola database pelanggan. Mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi anda. Semoga dengan artikel ini, anda mulai menyadari bahwa database itu penting.Hingga pada akhirnya akan timbul niatan untuk mulai mengumpulkan dan mengelola database pelanggan.

BACA JUGA !!!

Cara Meningkatkan Penjualan Online

Cara Melakukan Promosi Efektif

Contoh Kata-Kata Promosi

 

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *