Cara Mencari Supplier Terbaik untuk Bisnis Online Anda<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-4143" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Cara Mencari Supplier Terbaik untuk Bisnis Online Anda

Cara mencari supplier untuk kelancaran sebuah bisnis memang harus dipertimbangkan dengan matang. Supplier merupakan pihak yang menjual atau memasok sumber daya di dalam bentuk bahan mentah untuk pihak lain untuk diolah sebagai barang atau jasa tertentu.

Salah satu strategi untuk mencapai dalam bisnis dropship salah satunya adalah dapat menemukan supplier tangan pertama.  Supplier yang mempunyai produk terpercaya dan terjaga kualitasnya.

Akhir-akhir ini sistem dropship memang sangat populer, memudahkan serta menguntungkan anda yang memiliki bisnis online. Namun selain menguntungkan, dropship juga memiliki kelemahan yang dapat merugikan anda.

Oleh sebab itu, anda harus bersiap untuk menghadapi tantangan dari usaha bisnis online berupa dropship ini. Karena sistem dropship membuat dropshipper tidak tahu kondisi barang yang dikirimkan oleh supplier pada pembeli. Bila ternyata barang yang dikirim tidak sesuai dengan barang yang dijual, tentu ada kemungkinan komplain dari customer.

Mencari supplier ternyata bukan sebuah perkara yang mudah. Anda wajib untuk teliti dan melihat supplier mana yang bisa menjalin relasi dengan baik dan bisa menyediakan pasokan produk yang berkualitas. Tentunya produk yang diberikan harganya juga terjangkau.

Untuk tahap awal pengembangan bisnis anda, maka anda bisa mencari supplier yang bersedia menerima dropship atau reseller. Berperan sebagai reseller dapat menjadi pilihan jika produk yang akan dipasarkan punya banyak peminat.

Sedangkan menjadi dropshipper cocok bagi anda yang punya keterbatasan tempat untuk menyimpan stok barang atau keterbatasan dana untuk membeli persediaan barang. Dengan cara tersebut, anda tidak merasa terbebani dengan jumlah stok barang yang berlebihan.

Agar anda bisa mendapatkan supplier online yang bagus untuk perkembangan bisnis dropship anda. Maka ada berbagai strategi yang bisa anda terapkan. Salah satu strategi yang paling tepat adalah mengetahui bagaimana cara mencari supplier dropship tangan pertama.

Cara Mencari Supplier Tangan Pertama

cara mencari suplier

Supaya bisnis yang anda jalankan bisa berkembang dengan lebih baik lagi, sangat penting bagi anda untuk mengetahui langkah-langkah di dalam mencari supplier tangan pertama. Atau pemasok bagi ide produk anda. Ini merupakan ide bisnis yang saat ini paling populer dan paling bertahan lama.

Saat anda bisa mencari supplier tangan pertama, ini bisa mempengaruhi kemampuan anda dalam bersaing terhadap harga. Mengantarkan produk dengan tepat waktu, bisa memenuhi permintaan pelanggan dan bisa menentukan margin keuntungan anda sendiri.

Temukan dulu apa yang menjadi kebutuhan anda. Mendefinisikan kebutuhan menjadi salah satu titik awal. Sehingga anda bisa menggunakan istilah yang tepat untuk mencari dan menemukan apa yang dicari dengan mudah. Pilihan umumnya adalah produsen pemasok dan dropshipper. Apakah dalam hal ini anda sebagai produsen, pemasok ataukah sebagai dropshipper.

Mulailah untuk melakukan pencarian efektif oleh pemasok atau produsen. Mencari supplier bisa dilakukan dengan pencarian pada direktori nasional seperti Shopee, Tokopedia atau Bukalapak. Bisa juga menggunakan direktori internasional seperti Aliexpress dan Alibaba.

Selain cara tersebut masih ada beberapa langkah tepat agar anda bisa mendapatkan supplier langsung dari tangan pertama.  Berikut ini adalah beberapa langkah yang bisa anda tempuh sebagai cara mencari supplier termurah dari tangan pertama.

Menghubungi Pihak Pabrik secara Langsung

Cara Mencari supplier

Bila anda sudah mengetahui jenis produk apa atau barang apa yang akan anda jual, maka anda bisa langsung menghubungi pabrikan atau distributor resmi dari produk tersebut. Anda bisa mendatangi lokasi supplier supaya bisa mengurangi resiko penipuan.

Bertemu langsung dengan pemilik produk bisa membuat anda meminimalisir tindak penipuan. Karena supplier langsung dari pabrik dan anda sudah tahu seperti apa kondisi produk dan juga stok produk yang ingin anda jual.

Saat anda berhasil menghubungi pihak pabrik secara langsung, anda juga bisa melakukan negosiasi. Apakah pihak pabrik atau distributor bersedia menjadi supplier dropship anda. Salah satu keuntungan dari anda secara langsung mendatangi supplier adalah bisa membangun relationship dan juga keakraban. Dari sini maka akan timbul kepercayaan dari kedua belah pihak.

Mencari Supplier di Halaman Pencari (Google)

cara mencari suplier

Salah satu cara yang paling simpel untuk bisa mencari supplier online shop tangan pertama bagi bisnis dropship anda adalah dengan mencarinya di mesin pencari. Anda bisa belajar beberapa halaman web supplier dropship.

Selain itu, anda juga dapat melakukan riset pada berbagai web dropship. Sebaiknya anda pastikan supplier yang anda pilih bisa dipercaya. Saat anda mencari supplier dropship di mesin pencari anda harus benar-benar menggali sumber tersebut dengan lebih dalam.

Hal ini bertujuan untuk menghindari berbagai hal yang tidak diinginkan yang bisa berakibat buruk pada bisnis yang sedang anda jalankan ini.

Karena anda sedang mencari supplier secara online, langkah awal yang harus dilakukan adalah mencari website atau toko online yang didalamnya menjual barang dengan harga lebih murah dari daerah anda. Jadi bila anda ingin menjual lagi dapat memperoleh keuntungan yang cukup besar.

Anda dapat menemukan supplier toko online yang murah dengan mengetikkan kata kunci yang ada hubungannya dengan barang yang ingin anda cari.

Berikut ini adalah beberapa contoh kata kunci yang bisa anda gunakan untuk mencari supplier secara online. “Supplier tas import, grosir baju anak murah, supplier baju muslim murah, grosir baju tanah abang atau supplier mainan anak”.

Sebisa mungkin anda bisa mencoba menggunakan berbagai macam kata kunci. Sebab bila anda hanya mencarinya dengan satu kata kunci saja umumnya akan merasa kesulitan untuk menemukan website supplier yang tepat dan sesuai dengan keinginan anda.

Google juga bisa menampilkan berbagai macam situs yang berisi tentang supplier yang bisa anda pilih. Tugas anda adalah membuka satu persatu situs tersebut. Setelah dibuka anda bisa menganalisis situs tersebut mulai dari kualitas layanan, kualitas barang, testimoni pelanggan hingga reputasi dari supplier.

Anda juga harus mengecek apakah situs toko supplier tersebut telah terverifikasi sebagai situs online terpercaya. Umumnya toko online resmi dan terpercaya punya lisensi atau situs polisi online. Situs polisi online ini menjadi situs yang berfungsi memvalidasi serta memverifikasi situs toko online apakah sudah layak dipublikasi atau tidak.

Mencari Supplier di Marketplace

cara mencari suplier

Seperti yang kita tahu bahwa negara Indonesia saat ini sudah ditumbuhi banyak sekali marketplace. Disini telah dikumpulkan para pedagang online yang berasal dari seluruh Indonesia menjadi satu wadah. Seperti Tokopedia, Bukalapak, Shopee dan lain sebagainya.

Di dalam marketplace ini anda dapat menemukan banyak sekali pedagang yang menjual berbagai macam barang. Tentunya di antara mereka juga ada yang menjual barang langsung dari grosir atau pabrik. Jadi harganya akan lebih murah.

Dari sini anda bisa mengecek satu persatu supplier yang berada di marketplace tersebut. Caranya dengan membandingkan harga yang mereka tawarkan. Bila ada supplier yang lebih murah, maka kemungkinan besar mereka merupakan supplier pertama.

Di sini masih disebutkan sebagai kemungkinan karena kita juga selalu harus berhati-hati jangan sampai terkecoh dengan harga murah nya saja. Tetapi anda juga harus mengecek berbagai hal lain. Seperti ketersediaan barang, waktu terakhir login, feedback dari pelanggan yang sudah pernah bertransaksi dengan mereka. Alamat dan kontak yang jelas yang ditawarkan oleh supplier tersebut.

  • Stok Barang

Stok atau ketersediaan barang harus anda perhatikan. Sebab umumnya supplier tentunya mempunyai stok yang tidak terbatas. Dengan demikian anda bisa memesannya kapanpun dan dengan jumlah berapapun.

  • Feedback dari Pelanggan

Umumnya para pedagang yang jujur akan memperoleh feedback atau testimoni yang bagus yang berasal dari para pelanggan mereka. Di dalam marketplace disediakan berbagai menu feedback untuk pelanggan yang dapat dilihat oleh siapapun. Anda bisa mengecek hal itu untuk mengetahui apakah supplier tersebut benar-benar supplier yang berkualitas dan terpercaya atau bukan.

  • Cek Kapan Terakhir Login

Sebaiknya anda memperhatikan kapan waktu terakhir login sang penjual. Sebab bila memang mereka adalah penjual profesional tentunya akan selalu mengecek akun marketplace setiap saat. Agar bisa melayani setiap pertanyaan dan juga orderan dari pelanggan.

  • Tersedia Alamat dan Kontak yang Jelas

Pastikan mereka juga punya kontak dan alamat yang jelas serta tidak terkesan menutup-nutupi nya. Hal ini sebagai bukti bahwa mereka tidak punya niat buruk kedepannya.

Bila anda menemukan penjual yang ada di marketplace seperti ciri-ciri tersebut maka anda bisa mencoba untuk memesan barang dari mereka. Sebab kemungkinan besar mereka menjadi penjual yang sudah terpercaya dan supplier yang berkualitas.

Cara Mencari Supplier di Forum Bisnis Online

Mencari suplier

Masih ada alternatif lain agar anda bisa mendapatkan supplier tangan pertama untuk menjalankan bisnis dropship anda. Cara ini bisa dilakukan dengan mengunjungi berbagai macam forum bisnis online. Anda bisa mengecek berbagai forum online yang sangat populer di Indonesia seperti forum supplier Indonesia.

Sebab walaupun jarang, biasanya juga ada pedagang atau member yang memberikan informasi tentang seputar supplier atau info bisnis lainnya. Sebut saja berbagai forum bisnis online Indonesia yang sudah populer. Seperti bersosial.com, kaskus.co.id, ads.id dan lain sebagainya.

Berkunjung Ke Pameran Atau Bazar Bisnis

 

Pelaku usaha umumnya memanfaatkan bazar bisnis atau pameran untuk mempromosikan produk mereka. Umumnya acara tersebut juga dipenuhi berbagai pengusaha dari berbagai macam jenis. Mereka sengaja berkumpul dan saling memperkenalkan produk yang dijual.

Tujuan acara bazar bisnis atau pameran tersebut adalah saling mengetahui produk unggulan yang dipasarkan. Harapan dari acara tersebut ini selanjutnya dapat saling bekerjasama antara pengusaha satu dengan yang lainnya.

Dalam kesempatan ini bisa anda manfaatkan sebagai cara mencari supplier tangan pertama. Ini adalah acara yang bagus dan recommended untuk dikunjungi di sana. Anda bisa mengenal berbagai macam jenis produk yang berkualitas karena diproduksi langsung oleh pihak produsen.

Kesimpulan

Berbagai macam cara yang sudah dijelaskan tadi menjadi bisa dijadikan sebagai referensi untuk mencari supplier bagi bisnis toko online anda. Bila anda bergerak dalam bidang dropship maka anda bisa menggunakannya sebagai referensi untuk mengembangkan bisnis dropship anda.

Mencari supplier tidak dapat dilakukan dengan asal-asalan. Tetapi anda harus memastikan apakah supplier tersebut bisa memenuhi kriteria sebagai supplier berkualitas atau tidak.

Kriteria tersebut bisa dilihat dari sisi kualitas produk yang ditawarkan atau dari sisi layanan yang telah diberikan. Cara mencari supplier yang paling penting adalah harus terbukti dan terpercaya berdasarkan dari kriteria yang telah dijelaskan tadi.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *