Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol untuk Pemula<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-4160" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating">	<span class="mr-star-rating">			    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    </span><span class="star-result">	<span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span>			<span class="count">				(<span itemprop="ratingCount">1</span>)			</span>			<span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol untuk Pemula" /></span></span>

Cara Memulai Bisnis Online Dari Nol untuk Pemula

Cara memulai bisnis memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan. Akan tetapi jangan pesimis dulu. Bukan berarti anda tidak bisa ikut memulai bisnis ini. Bila anda ingin punya restoran sendiri atau membuat clothing line sendiri, itu semua bisa saja dilakukan.

Pasti akan muncul pertanyaan bagaimana caranya untuk memulai sebuah usaha baru sendiri bila anda masih pemula. Bagi kebanyakan orang, memulai bisnis atau usaha menjadi sebuah hal yang penuh tantangan.

Memulai usaha diperlukan mental yang kuat, kurangnya modal sering menjadi faktor yang membuat niat seseorang memulai usaha menjadi berkurang atau surut. Tetapi pada kenyataannya modal bukan faktor utama. Tetapi mentalitas seseorang lah yang akan menentukan semua itu.

Sebagian besar pemula memang belum pernah menjalankan usaha tentunya merasa kebingungan bagaimana memulai sebuah bisnis dari nol sampai bisa sukses. Oleh sebab itu, dalam artikel ini kami ingin berbagi cara memulai bisnis untuk pemula dari nol.

Langkah Awal Memulai Bisnis

Saat anda sudah bertekad untuk membuka usaha sendiri, anda memerlukan beberapa kiat khusus agar upaya anda tidak sia-sia. Memang semuanya perlu perencanaan yang matang supaya apa yang ditargetkan bisa tercapai dengan baik.

Berikut ini adalah beberapa apa langkah awal memulai usaha yang bisa anda terapkan untuk usaha anda supaya bisa sukses kedepannya.

1. Menganalisa Jenis Usaha

Analisa menjadi salah satu langkah awal yang menentukan masa depan dari bisnis yang anda bangun saat anda ingin membuka usaha dari nol. Ada hal yang harus anda perhatikan yaitu menganalisa seperti apa jenis usaha yang sesuai dengan minat serta bakat anda.

Akan lebih baik lagi bila usaha anda berdasarkan pada pengalaman dan juga keahlian khusus. Agar bisa melihat potensi usaha yang didirikan, anda dapat melakukan penjajakan awal atau yang sering dikenal dengan istilah soft marketing. Tujuan dari kegiatan ini diharapkan agar anda bisa melihat minat pasar terhadap usaha yang anda lakukan tersebut.

2. Menyusun Rencana atau Konsep

Perencanaan menjadi bagian dari setengah perjalanan bisnis anda. Salah satu cara memulai bisnis sendiri anda harus merencanakan semua yang dibutuhkan dalam bisnis anda. Konsep yang hendak dikerjakan juga harus disusun dengan matang saat awal pertama membuka.

Hal ini sangat bermanfaat untuk melihat dana yang akan dibutuhkan. Sampai apa saja yang harus dilakukan dan apa tujuan anda membuka usaha. Bila anda tidak ingin sibuk dengan perencanaan, anda dapat memanfaatkan modal usaha waralaba. Caranya dengan menghubungi pengusaha waralaba, sehingga anda akan lebih mudah untuk memulai usaha tersebut.

3. Persediaan Modal untuk Usaha

Masalah modal ini tergantung dengan konsep usaha yang hendak dibuka. Bila usaha anda termasuk usaha menengah ke atas tentu dan berbeda pendanaannya dengan usaha kecil. Akan tetapi saat ini ini usaha kecil juga bisa menjanjikan keuntungan yang besar.

Cara memulai usaha dengan modal kecil juga bisa dilakukan untuk pemula. Salah satunya adalah dengan menjalankan bisnis online. Bisnis online yang bisa anda lakukan dengan modal yang kecil bahkan ada yang tanpa modal sama sekali.

Di dalam proses awal, sebaiknya anda menyiapkan modal yang cukup. Bila anda yakin mempunyai konsep usaha yang unik anda dapat mengajukan dana ke bank.

Selain itu anda juga dapat menghubungi rekan yang bisa diajak bekerjasama di dalam masalah pendanaan. Tetapi bila tidak memungkinkan anda juga dapat menghubungi keluarga untuk mewujudkan bisnis yang anda inginkan tersebut.

Cara Memulai Bisnis Dari Nol

Cara memulai bisnis

Memulai bisnis dari nol menjadi sebuah tantangan yang harus dihadapi calon pengusaha agar bisa meraih sukses. Supaya tidak menghadapi jatuh bangun perjalanan usaha yang menyakitkan.

Anda bisa menerapkan tips yang sangat mendukung anda di dalam memulai bisnis ini. Karena sebenarnya mengelola usaha tidak serumit yang dibayangkan. Hanya perlu persiapan yang matang, keseriusan dan mental baja.

  • Memilih Jenis Usaha

Pertama, anda bisa menentukan usaha yang hendak dibuka. Salah satu cara yang bisa dilakukan adalah dengan memperhatikan tren yang saat ini sedang berkembang. Selain itu anda juga harus mempertimbangkan minat diri sendiri. Apakah trend dan juga minat berjalan dengan seiring.

Bila tidak, sebaiknya perhitungkan prospek jangka panjangnya. Hindarkan jenis usaha yang booming sementara. Sebab umumnya usaha yang sesuai minat bisa bertahan lama dibandingkan dengan yang hanya sekedar mengikuti alur.

  • Mengatur Diri Sendiri

Sebuah usaha yang sukses berasal dari kedisiplinan diri yang tinggi. Ada banyak perusahaan besar yang bertindak keras terhadap dirinya sendiri agar bisa mengembangkan usaha. Anda bisa belajar dari kisah hidup mereka dan mulai mengatur diri sendiri.

Anda bisa membuat daftar pekerjaan berkala dan mengecek satu persatu. Tandai pekerjaan  yang sudah selesai dan yang belum. Hal ini bisa lebih mudah untuk mengelola dan mengembangkan usaha anda.

Selain itu, cara ini dinilai efektif bagi anda untuk bisa menguasai diri sendiri. Ketika terjadi masalah pada lingkungan kerja atau usaha anda semuanya dapat dilalui.

  • Selalu Belajar

Anda jangan pernah malu untuk belajar dari orang lain. Apalagi belajar dari pengusaha sukses. Tentunya setiap pengusaha memiliki cerita sukses dan tantangan yang berbeda serta cara memulai bisnis versi mereka. Anda dapat menjadikan hal tersebut sebagai sebuah pembelajaran.

Harus mulai terbuka dengan kritik dan saran dari orang lain. Bisa jadi pandangan mereka sangat bermanfaat untuk usaha anda.

  • Atur Keuangan

Kebanyakan pengusaha yang masih pemula selalu tergiur dengan untung yang diperolehnya. Mereka sering tidak mengatur keuangan dan tidak membuat dana cadangan. Biasanya keuntungan dipakai secara serampangan hingga habis tak tersisa.

Supaya anda tidak menyesal nantinya, anda harus mencoba mengatur keuangan dan menyisihkan sebagian dana cadangan. Dengan demikian uang tersebut dapat dimanfaatkan suatu waktu. Khususnya ketika usaha yang anda lakukan mengalami kegagalan.

  • Promosi

Bisnis yang sukses pastinya dikenal banyak orang. Agar usaha anda sukses, sebaiknya melakukan promosi secara berkala. Anda harus menyesuaikan jenis promosi dengan usaha yang saat ini anda jalankan.

Pastikan promosi yang dilakukan bisa menyasar target pasar yang tepat. Dengan demikian anda dapat lebih nyaman saat merintis usaha dan memasarkan produk atau jasa anda.

Bagaimana Cara Memulai Bisnis Online

Cara memulai bisnis

Bila anda serius membangun bisnis online tentunya anda juga harus belajar membangun mental yang positif. Berbagai macam sikap mental positif tersebut adalah mau bekerja keras, punya mimpi besar dan terukur. Mau belajar dengan serius, pantang menyerah dan mau mengambil resiko.

Dari sekian banyak bisnis online yang bisa anda coba, maka anda bisa memulai bisnis online yang menguntungkan dan bisa bertahan dalam jangka panjang. Beberapa contoh bisnis online berikut ini mungkin sesuai dengan minat dan juga kemampuan yang anda miliki untuk memulai usaha anda.

  • Membangun Website/Blog

Ini bisa dijadikan sebagai cara memulai bisnis paling mudah bagi pemula di dalam membangun bisnis online. Belajar membangun sebuah website atau blog dengan topik tertentu bisa memberikan manfaat untuk audiens menjadi sebuah hal yang tidak terlalu sulit.

Anda bisa membuat website atau blog yang anda kaitannya dengan keahlian hobi atau minat anda. Tentunya ada banyak orang yang memiliki minat yang sama dengan anda. Mereka inilah yang nanti bisa menjadi audience anda.

Setelah website anda punya banyak pengunjung anda dapat memonetisasi blog dengan berbagai cara. Seperti menjadi publisher dan memasang iklan PPC google adsense. Memasang iklan afiliasi, iklan produk sendiri atau menjual jasa artikel dan lain sebagainya.

  • Bangun Toko Online

Sudah bukan hal yang sulit lagi untuk membangun toko online sendiri. Cara mudah nya bisa dilakukan dengan membuat toko online menggunakan platform wordpress. Bila anda memiliki keahlian dalam bidang web development pastinya akan lebih mudah untuk membuat toko online.

Umumnya toko online dipakai untuk berjualan produk fisik dengan cara memajang produk di toko online dan mempromosikan melalui berbagai media online yang ada.

Bila anda tidak punya produk sendiri anda dapat menjual produk orang lain yang banyak dicari. Caranya dengan mencari supplier dan mengikuti program dropship yang ditawarkan.

Salah satu keuntungan bisnis dropship adalah anda tidak perlu memikirkan pengadaan barang tidak perlu stok barang dan tidak perlu packing dan mengirimkan barang jadi supplier akan mengirimkan barang atas nama anda sebagai pemilik toko online.

  • Jual Produk Digital

Bila anda adalah seseorang yang ahli dalam berbagai bidang, bisa dijual dalam bentuk video, ebook atau membership. Bisnis model ini memiliki potensi yang luar biasa, terlebih lagi di era digital seperti sekarang ini. Dimana banyak orang yang memilih membaca buku digital dibandingkan dengan buku fisik.

Biasanya produk digital laris manis di berbagai komunitas. Seperti komunitas pebisnis online, video, produk seperti ebook dan membership yang berhubungan dengan ilmu internet marketing. Semua itu bisa laris manis di pasaran. Sebab mereka mencari berbagai informasi, panduan, tutorial atau ilmu yang mereka cari.

Dengan demikian, ilmu maka apa yang anda miliki bisa menghasilkan uang dengan menjadikannya sebagai produk digital dan menjualnya secara online.

  • Affiliate Marketer Bisa Anda Coba

Jika anda sudah mempunyai blog sendiri tetapi belum memiliki produk yang ingin dijual untuk menghasilkan uang dari blog. Bisa dengan menjual produk orang lain atau istilahnya affiliate marketer. Produk yang dijual dapat berupa fisik atau digital. Anda dapat menentukan produk seperti yang paling relevan dengan blog anda.

Misalnya website atau blog memuat topik produk fisik. Maka bisnis afiliasi yang dinilai paling sesuai dengan blog anda yaitu menjual produk fisik. Anda dapat bergabung menjadi affiliate pada situs yang menawarkan program afiliasi.

  • Ghost Writer

Ini adalah salah satu profesi yang terbilang laris manis di internet. Sebab saat ini banyak pemilik website yang memerlukan penulis konten bagi situs mereka. Bukan cuma situs besar yang perlu penulis, tetapi situs yang masih merintis juga butuh penulis handal.

Meski cara memulai bisnis online yang satu ini tampaknya sulit. Akan tetapi mereka yang profesinya sebagai penulis sudah banyak yang sukses. Jadi bagi anda yang memiliki minat besar di dalam menulis anda bisa memanfaatkan minat dan juga keahlian anda sebagai ladang penghasilan.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *