11 Cara Memotivasi Karyawan untuk Mencapai Kinerja Maksimal<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5199" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

11 Cara Memotivasi Karyawan untuk Mencapai Kinerja Maksimal

Cara memotivasi karyawan – Karyawan merupakan aset penting dalam sebuah perusahaan. Bisa kita ibaratkan, perusahaan adalah sebuah motor, sedangkan karyawanya adalah mesinya. Motor tanpa adanya mesin tidak akan dapat berfungsi sebagai mana mestinya.

Begitu juga perusahaan, sekecil apapun usaha yang dijalankan tentunya membutuhkan seorang karyawan untuk membantu menggerakan dan mengembangkan usaha tersebut.

Berperan sebagai mesin tentunya memerlukan bensin/bahan bakar untuk memastikan mesin tersebut dapat digunakan degan semestinya.

Begitu juga dengan karyawan, mereka memerlukan sebuah motivasi yang dapat mendorong semangat dan kualitas pekerjaanya.

Kebanyakan pimpinan perusahaan hanya memikirkan cara mengembangkan usahanya, dimana tujuanya untuk kenaikan omset. Mereka hampir melupakan pentingnya memotivasi karyawan.

Padahal, tanpa disadari motivasi karyawan merupakan hal yang sangat vital dalam sebuah perusahaan.

Sebab, ketika karyawan tidak termotivasi untuk bekerja, cepat atau lambat akan berpengaruh terhadap produktivitas dari perusahaan tersebut, begitu juga sebaliknya.

Lalu bagaimana cara memotivasi karyawan agar kinerja mereka meningkat?

Berikut kami sajikan beberapa cara memotivasi karyawan yang dapat anda gunakan sebagai bahan untuk meningkatkan semangat kerja karyawan pada perusahaan anda.

Apa Itu Motivasi?

omjangkung.com

Motivasi merupakan suatu tindakan atau peristiwa yang dapat memberikan dorongan semangat kepada seseorang untuk melakukan sesuatu dengan maksimal.

Motivasi karyawan berarti, segala bentuk dorongan yang diberikan kepada karyawan baik berupa tindakan positif maupun negatif yang dapat berperan meningkatkan kualitas dan kinerja karyawan.

Dengan adanya motivasi, karyawan akan semakin semangat dan totalitas dalam melakukan pekerjaanya. Sehingga nantinya diharapkan perusahaan dapat mencapai keuntungan yang ditargetkan.

Oleh karena itu memberikan semangat kepada karyawan merupakan hal yang penting untuk dilakukan setiap perusahaan apabila mereka ingin mencapai target yang telah ditentukan.

Ada 2 jenis motivasi yang dapat  diberikan kepada karyawan anda. Motivasi positif dan motivasi yang bersifat negatif.

kedua cara ini dapat anda pelajari dan dapat anda tentukan sendiri mana yang menurut anda lebih efektif untuk diterapkan.

Cara Memotivasi Karyawan Secara Positif

blogdaddystakoyaki.com

Banyak cara yang dapat anda gunakan untuk menyemangati karyawan, salah satunya adalah dengan hal-hal yang bersifat positif.

Memotivasi karyawan secara positif berarti, memberikan dorongan atau semangat kepada karyawan dengan menggunakan sesuatu yang membuat mereka senang.

Ketika karyawan merasa senang, akan berpengaruh juga terhadap semangat mereka, sehingga output atau kinerja yang mereka hasilkan juga semakin baik.

Berikut beberapa cara memotifasi karyawan secara positif

1. Memberikan Bonus/Insentif

m.economictimes.com

Uang adalah hal yang tidak bisa lepas dari kehidupan manusia. Uang mungkin bukanlah faktor utama yang dapat meningkatkan motivasi karyawan.

Meskipun begitu, dengan memberikan bonus berupa uang secara adil dapat membuat karyawan merasa hak nya dipenuhi oleh perusahaan.

Oleh karena itu berikanlah bonus sesuai dengan apa yang telah karyawan kontribusikan kepada perusahaan anda.

2. Memberikan Perhatian

duniakaryawan.com

Bukan menjadi rahasia umum lagi bahwa kebanyakan karyawan membutuhkan perhatian dari pimpinanya. Karyawan berharap apa yang mereka kerjakan dapat dilihat oleh atasanya.

Untuk itu, tunjukanlah kepada karyawan bahwa anda memperhatikanya.

Ketika mereka mendapatkan perhatian yang lebih dari atasnya, secara otomatis mereka akan bekerja lebih rajin dan berkualitas.

3. Rencanakan Waktu Refreshing Bersama

mozaik.inilah.com

Padatnya jadwal kerja biasanya membuat karyawan merasa jenuh dan bosan. Tingkat kejenuhan yang paling tinggi dapat menyebabkan penurunan kinerja karyawan.

Sebagai pemimpin hendaknya anda meluangkan sedikit waktunya untuk sekedar bergura atau mengobrol santai dengan para karyawan.

Apabila anda memiliki cukup uang, tidak ada salahnya juga mengagendakan kegiatan rutin satu tahunan atau 2 tahunan untuk refreshing atau liburan bersama karyawan.

Dengan cara tersebut, dijamin karyawan akan lebih loyal dan semangat dalam melakukan pekerjanya.

4. Mendorong Karyawan Untuk Terus Berkembang

anualreport.id

Setiap manusia diciptakan dengan kelebihan dan kekuranganya masing-masing.

Oleh karena itu sangat tidak bijak apabila merendahkan karyawan yang pendidikanya rendah.

Sebagai seorang pemimpin seharusnya memperlakukan karyawanya dengan sangat baik. Merekalah yang membantu anda menjalankan bisnis tersebut.

doronglah karyawan anda untuk terus berkembang dan memiliki ketrampilan yang baru. Anda bisa mengikutkanya dalam pelatihan-pelatihan kerja agar skliknya meningkat.

Ketika karyawan anda memiliki sklik yang baik secara tidak langsung akan membantu proses pengembangan usaha yang anda miliki.

5. Membuat Suasana Kerja yang Menyenangkan

idntimes.com

Sebisa mungkin buatlah suasana lingkungan kerja yang menyenangkan.

Secara psikologi, kondisi tersebut sangat berpengaruh mengurangi tingkat kejenuhan karyawan. Karyawan akan lebih semangat untuk bekerja ketika mendapatkan energi positif dari lingkungannya.

Dengan kondisi seperti itu, karyawan akan mendapatkan dorongan dari luar diri mereka untuk melakukan pekerjakaanya dengan semangat dan terlepas dari kejenuhan.

Untuk itu, anda selaku pemimpin harus bisa menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan.

Untuk menciptakan lingkungan kerja yang menyenangkan tidak selalu membutuhkan modal yang besar, tidak selalu harus dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang dapat memanjakan karyawan.

Anda cukup membuat lingkungan tersebut rapih dan enak dipandang. Bisa juga ditambahkan desain atau tema tumbuh-tumbuhan dan alam yang dapat menyegarkan pikiran penghuninya.

6. Memberikan Kepercayaan Kepada Karyawan

kubikleadership.com

Tidak hanyak hubungan cinta saja yang membutuhkan kepercayan didalamnya. Di dunia kerja, kepercayaan juga merupakan salah satu faktor yang dapat menjaga hubungan baik dan keharmonisan dalam sebuah perusahaan.

Ketika anda memberikan kepercayaan kepada karyawan, mereka akan merasa memiliki sebuah tanggung jawab untuk dapat menjawab dan membuktikan bahwa mereka sanggup menjaga kepercayaan yang telah anda berikan.

Kondisi seperti itu, akan membuat karyawan semakin termotivasi untuk mengeluarkan kinerja yang maksimal demi menjawab kepercayan yang anda berikan.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya apabila anda mulai sekarang berusaha memberikan kepercayaan yang lebih kepada karyawan anda.

Tidak ada salahnya juga memberikan sebuah kepercayaan kepada orang lain yang telah bersama-sama membantu kelancaran usaha anda.

7. Apresiasi Peningkatan Kinerja Sekecil Apapun

saturadar.com

Setelah beberapa cara memotivasi karyawan diatas anda praktekan. Tentunya sedikit demi sedikit akan membuat sebuah perubahan tingkat kinerja karyawan anda.

Otomatis dengan motivasi yang anda berikan, kinerja karyawan akan semakin meningkat walaupun tidak langsung meningkat secara drastis.

Anda tidak perlu mempermaalahkan itu, yang perlu anda lakukan selanjutnya adalah menjaga agar kenaikan kinerja karyawan itu tetap konsiten dan berkelanjutan. Jangan sampai baru naik sedikit langsung turun lagi karena tidak mendapatkan apresiasi dari anda selaku pimpinan.

Maka dari itu, penting untuk memberikan apresiasi kepada karyawan yang mengalami peningkatan kinerja baik banyak maupun sedikit.

Percayalah ketika anda memberikan apresiasi kepada karyawan setiap mengalami peningkatan kinerja sekecil apapun akan berdampak kepada peningkatan kinerja secara signifikan di hari-hari berikutnya.

Untuk itu luangkanlah waktu anda untuk memberikan apresiasi kepada karyawan yang mengalami peningkatan kinerja.

Banyak hal yang dapat anda lakukan untuk mengapresiasi karyawan tersebut. Misalkan, dengan memberikan ucapan selamat, memberikan hadiah, memberikan bonus, atau bahkan bisa juga dengan mempromosikanya ke jabatan yang lebih tinggi.

8. Dengarkan dan Hargai Pendapat Karyawan

hipwee.com

Setiap orang memiliki hak untuk berpendapat, sama halnya dengan karyawan sebuah perusahaan. Mereka memiliki kebebasan untuk berpendapat, memberikan masukan dan saran kepada perusahaan untuk kemajuan perusahaan tersebut.

Sebagai seorang karyawan, mereka merupakan bagian dari perusahaan. Ketika perusahaan sukses, mereka juga akan ikut sukses, begitu juga sebaliknya.

Ketika perusahaan bangkrut, mereka juga akan susah karena kehilangan pekerjaanya. Maka dari itu karyawan juga punya keinginan untuk ikut memajukan perusahaan tempat mereka bekerja dengan memberikan pendapat mereka.

Pendapat bisa berupa sebuah kritikan, masukan, saran, maupun sebuah statergi yang dapat membantu menyelesaikan permasalahan yang ada.

Terkadang, pendapat karyawan lebih masuk akal dan lebih sesuai dengan situasi yang ada di lapangan. Karyawan toko mabel contohnya, mereka lebih tau keinginan dan selera konsumen dibandingkan dengan petinggi-petinggi perusahaan tersebut

Karena merekalah yang setiap harinya bersingungan dengan para konsumen.

Untuk itu sangat penting melibatkan karyawan untuk ikut berpendapat dalam penentuan keputusan dalam perusahaan tersebut.

Selain dapat menghasilkan keputusan yang sesuai dengan kondisi lapangan, sikap anda yang mau menerima pendapat karyawan juga akan berbekas dihati para karyawan.

karyawan akan merasa lebih dihargai dan lebih dianggap diperusahaan anda. Imbasnya, mereka akan merasa memiliki tanggung jawab untuk ikut membantu perkembangan perusahaan itu.

9. Memberikan Kalimat Motivasi

petrislapis.com

Sebagai seorang pemimpin, anda juga bisa memberikan sedikit kalimat atau kata-kata yang dapat memotivasi karyawan.

Berikut beberapa kalimat motivasi yang bisa anda jadikan sebagai referensi

Bekerjalah dengan hati, dan niatkanlah untuk beribadah kepada tuhan, niscahnya anda tidak hanya mendapatkan uang, tetapi juga mendapatkan sesuatu yang lebih bermakna.

Albert Camus pernah berkata bahwa tanpa pekerjaan, semua kehidupan akan membusuk,tetapi ketika anda bekerja tanpa jiwa, maka kehidupan akan tercekik dan mati.

Aldus Huxley juga pernah berkata bahwa banyak orang yang sukses telah belajar membuat dirinya melakukan sebuah hal yang harus dilakukan pada saat itu,  entah mereka suka mengerjakanya atau tidak

BACA JUGA !!!!

Cara Meyakinkan Konsumen

Cara Memotivasi Karyawan Secara Negatif

pixabay.com

Selain memotivasi karyawan secara positif, ada juga cara untuk memotivasi karyawan secara negatif.

Memotivasi karyawan secara negatif berarti membuat karyawan merasa tertekan dan dipaksa untuk meningkatkan kinerjanya.

Cara ini biasanya dilakukan kepada karyawan yang memiliki kinerja yang buruk. Anda sebagai pimpinan perusahaan tentunya harus mengambil sikap yang tepat untuk mengatasi karyawan yang kinerjanya kurang baik.

Berikut beberapa cara memotivasi karyawan secara negatif

1. Potong Gaji

pontianak.tribunnews.com

Potong gaji merupakan cara yang ampuh untuk memotivasi karyawan yang kinerjanya kurang baik.

Kebijakan anda untuk memotong gaji apabila karyawan tersebut tidak segera meningkatkan kinerjanya menjadi alat yang dapat mendorong karyawan untuk segera bangkit dan memperbaiki kinerjanya.

Karyawan akan melakukan apa saja demi memperbaiki kinerjanya agar gajinya tidak dipotong.

2. Pemberhentian Sementara/Skorsing

woke.id

Sama halnya dengan cara diatas, cara ini juga ditujukan untuk memberikan motivasi kepada karyawan yang kinerjanya kurang baik.

Dengan diberhentikan sementara diharapkan karyawan memiliki ihtikad baik untuk dapat memperbaiki kinerjanya ketika masa pemberhentian tersebut berakhir.

Skorsing cukup menjadi pembelajaran bagi mereka yang kinerjanya kurang baik. Bagi mereka yang masih ingin bertatahan bekerja diperusahaan anda, akan berusaha memperbaiki kinerjanya agar tidak menerima sanksi dikemudian hari.

3. Ancaman Pemecatan

kaltengpos.co

Ancaman pemecatan merupakan pilihan terakhir. Ketika anda memiliki karyawan yang kurang baik dan idak mempan dimotivasi dengan dua cara diatas, mka cara yang terakhi adalah ancaman PHK.

Bagi mereka yang memang masih ingin bekerja ditempat anda, tentunya akan segera memperbaiki kinerjanya agar ancaraman phk yang anda ajukan tidak sampai terlaksana.

Itulah tadi sedikit ilmu yang dapat kami paparkan kepada anda mengeni cara memotivasi karyawan. Sebagai seorang pemimpin tentunya anda sudah tau bahwa setaiap orang memiliki sifat yang berbeda-beda.

Ada orang yang dapat bekerja dengan baik tanpa harus di ancam, tetapi ada juga orang yang harus diancam terlebih dahulu baru kinerjanya bisa membaik.

Ada yang konsisten bekerja dengan baik, tetapi ada juga orang yang harus diberi bonus terlebih dahulu agar tetap konsisten bekerja dengan baik.

Oleh karena itu, seorang pemimpin harus memiliki ilmu untuk memahami karakter dari masing-masing karyawan, supaya dapat mengambil tindakan yang tepat.

Semoga dengan adanya informasi ini bisa menambah pengetahuan dan dapat membantu Anda dalam memberikan semnagat kepada karyawan.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *