Tutorial Lengkap Cara Membuat Toko di Shopee untuk Pemula<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-3658" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> <span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span> <span class="count"> (<span itemprop="ratingCount">3</span>) </span> <span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Tutorial Lengkap Cara Membuat Toko di Shopee untuk Pemula" /></span></span>

Tutorial Lengkap Cara Membuat Toko di Shopee untuk Pemula

Cara membuat toko di Shopee – Apakah anda seorang pelaku bisnis pemula? Jika iya, apakah anda juga memiliki kesulitan untuk memulai bisnisnya? apabila jawabanya “iya”, itu sangatlah wajar.

Kenapa? karna kebanyakan orang yang baru mencoba suatu bisnis, apalagi bisnis online, tentunya akan dihadapkan dengan kesulitan dalam memulai.

Baik itu kesulitan dalam mencari suplier, target pasar, mencari pelanggan, maupun menentukan media online untuk berjualan.

Untuk masalah mencari suplier anda dapat mengunjungi situs daftar dropship. disitu anda akan bertemu dengan suplier berbagai macam produk. Anda dapat bergabung untuk dapat menjual barang-barang yang tentunya masih jarang di pasaran.

Untuk media sendiri sangat penting dalam berlangsungnya bisnis online. Tanpa adanya media online, bisnis online kita tidak bisa berjalan.

Ada banyak media online yang dapat kita gunakan, seperti Facebook, Instagram, Whastapp, Shopee, Tokopedia, Lazada, Bukalapak dll.

Diartikel ini saya hanya akan membahas mengenai jualan online menggunakan media shopee. Yaitu Tutorial Lengkap Cara Membuat Toko di Shopee untuk Pemula. Artikel ini akan sangat membantu anda yang kebetulan ingin berjualan di shopee tapi belum tau cara menggunakan aplikasi shopee itu sendiri.

Artikel ini juga dilengkapi dengan gambar-gambar yang dapat memperjelas setiap penjelasan.

Untuk pembahasan mengenai cara jualan di Facebook, cara jualan di Instagram, cara jualan di Whatsapp akan saya jelaskan di artikel selanjutnya.

Sebelum membahas cara membuat toko online di Shopee, ijinkan saya untuk mengulas sedikit tentang kenapa shopee sangat recomented untuk bisnis online.

Shopee ,merupakan salah satu marketplace di Indonesia yang memiliki perkembangan sangat cepat. Shopee juga menjadi marketplace yang paling populer di Indonesia.

Berdasarkan survey dari snapcart yang melibatkan 6.123 responden. Hasilnya, 37% responden paling sering menggunakan shopee untuk belanja online, di ikuti oleh tokopedia 25% dan Lazada 20%.

Dengan melihat hasil survey diatas, sangat bijak apabila anda memilih menggunakan Shopee sebagai media untuk berjualan online.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Toko di Shopee Lewat HP

Untuk dapat membuka sebuah toko di shopee hal yang harus dilakukan adalah

1. Instal Aplikasi Shopee Secara Gratis di Play Store Hp Android Anda

Apabila ingin berjualan di Shopee menggunakan android, Anda harus download terlebih dahulu aplikasi Shopee yang disediakan oleh Play Store. Anda bisa Download di sini.

2. Daftar Akun Shopee

Apabila Halaman shopee sudah muncul lakukanlah

a. Klik Menu “saya”

Apabila anda sebelumnya sudah memiliki akun shopee, maka tekan ‘log in”, apabila belum memiliki akun, anda bisa tekan “daftar”.

b. klik menu daftar

Disini saya tidak memiliki akun Shopee, maka saya memilih menu daftar.  Setelah menekan menu daftar, nanti akan muncul tampilan sepeti dibawah ini.

Jika anda sudah memiliki akun Facebook, line atau Email. Anda bisa memilih daftar dengan salah satu akun tersebut.

Apabila belum memiliki salah satu akun tersebut, anda bisa memasukan no Hp untuk mendaftar.

kemudian klik lanjut.

Gambar diatas untuk menjelaskan poin 3,4 dan 5 ya kak

3. Atur Profil anda

Setelah anda terdaftar. Langkah selanjutnya adalah mengatur profil ( nama,username, profil toko, jenis kelamin, tanggal lahir, telefon, Email). Caranya adalah dengan memilih icon gambar orang yang ada dihalaman tersebut. Kemudian akan muncul halaman baru untuk mengatur profil anda.

4. Buka pengaturan

Icon pengaturan berada di kanan atas halaman. Klik tombol pengaturan tersebut dan mulailah untuk mengatur profil, Alamat (bisa diisi alamat toko, alamat pribadi dan alamat pengembalian) dan kartu rekening bank (anda harus memiliki rekening bank).

5. klik menu toko saya

Setelah Semua informasi mengenai akun dan profil anda sudah terisi. Sekarang anda sudah bisa melakukan penjualan produk.

pada halaman utama akun anda, secara otomatis kita disetting ke menu beli. Untuk dapat melakukan penjualan, anda perlu klik menu “toko saya” yang berada dikiri atas.

6. Klik tambahkan produk

Setelah kamu berada pada menu beli, kamu bisa klik “tambahkan produk”. Disitu nanti akan muncul 3 pilihan untuk menambahkan foto produk anda (kamera, galeri dan instagram). Anda hanya bisa mengapload maksimal 9 foto dari 3 pilihan diatas.

7. Masukan Kelengkapan produk

Gambar ini untuk menerangkan no 7 dan 8

Setelah anda selesai menambahkan foto produk yang akan anda jual. Lagkah selanjutnya adalah mengisi kelengkapan informasi produk. Mulai dari

  • Nama Barang           : berisi nama produk yang akan anda jual. Diusahakan nama dibuat semenarik mungkin
  • Deskripsi produk      : Isikan minimal 20 huruf deskripsi tentang produk anda supaya konsumen mengetahui dengan jelas produk yang anda jual. Dan Jangan lupa untuk menambahkan hastag supaya produk anda mudah ditemukan di mesin pencarian.
  • Kategori                   : Pilihlah kategori yang sesuai dengan produk yang anda jual. Apabila produk anda aksesoris, pilihlah kategori aksesoris. Dan lainya.
  • Merek                      : Masukan merek produk yang anda jual. Apabila produk anda tidak bermerek, isikan saja ” Tidak Ada Merek”
  • Harga                      : Harga disini adalah harga untuk satuan produk
  • Stok                         : Jumlah ketersediaan barang
  • Variasi                     : Variasi berupa warna dan ukuran dari produk anda
  • Berat                        : Anda harus mengetahui berat produk, untuk diisikan dikolom yang telah disediakan.   (satuan Gram)
  • Kondisi                    : kondisi barang yang kamu jual. Jika barang baru pilihlah “baru”. Jika barang bekas pilihlah “pernah dipakai”
  • Grosir                      : Jika anda menghendaki adanya grosir anda perlu mengatur harga grosir.
  • Ukuran Paket          : panjang, lebar, tinggi (opsional)
  • Ongkos kirim          : Pilih jasa pengiriman (JNE, JNT, POS)
  • Pre Order                : Apabila kamu membutuhkan waktu lebih untuk proses pengiriman

8. klik tanda “centang” di pojok kanan atas.

Setelah anda melewati semua langkah diatas. Produk anda sudah terdaftar di Shopee (berhasil diposting). Anda tinggal menunggu pesanan dari konsumen. Untuk pemesananya sendiri nanti akan ada informasi yang diberikan oleh shopee, baik melalui email ataupun WA.

Setelah semua cara diatas sudah dipraktekan. Produk anda sudah berhasil di apload ke Shopee. Dan bisa dicari dengan mesin pencarian shopee.

Tutorial Lengkap Cara Membuat Toko di Shopee Lewat Laptop

Untuk dapat membuka toko dan berjualan di shopee kita harus mengikuti langkah dibawah ini.

1. Daftar Akun Shopee

Sebelum mendaftar, anda harus membuka terlebih dulu situs resmi Shopee di Browser dekstop. Anda bisa membukanya dengan klik disini

Buka akun baru anda dengan klik tombol daftar di pojok kanan atas. Kemudian isilah formulir data diri anda dengan sebenar-benarnya.

2. Buka dan Atur Toko Anda

Setalah anda berhasil Login. Kemudian klik tombol “gambar orang” di pojok kanan atas untuk membuka dan mengatur toko anda.

 

a.  Atur Profil

Masukan Email, Nomor telepon, Nama Toko, jenis kelamin dan tanggal lahir. Setelah semuanya terisi klik tombol “simpan”

b. Atur Rekening Bank

Untuk berjualan di Shopee, anda diwajibkan memiliki kartu rekening bank.

c. Atur Alamat Toko Anda dan Jasa Pengiriman yang Anda Gunakan

Setelah selesai mengatur rekening bank. Kemudian yang terakhir adalah mengatur alamat. Caranya adalah dengan klik tombol “tambah alamat baru”. Kemudian isi formulir alamat dan tekan “Simpan”.

Kemudian pilih tombol “jasa kirimku” untuk mengatur jasa pengiriman yang akan anda gunakan.

3. Mulai Berjualan

Setelah semua proses diatas telah anda lalui. Sekarang toko anda siap digunakan untuk berjualan. Klik menu “JUAL” di pojok kiri atas untuk mulai menjual produk anda.

Kemudian Pilihlah menu “Produk saya”,

dan selanjutnya Klik menu “Tambahkan Produk”.

 

4. Masukan Informasi Tentang Produk Anda

Langkah ini sama seperti ketika kita menggunakan android. Anda diharuskan mengisi informasi yang lebih rinci tentang produk yang anda jual.

Unggahlah foto produk yang akan anda jual. Dengan menggunakan Shopee, anda bisa mengunggah hingga 9 foto. Kemudian masukan rincian untuk pengiriman.

5. Toko Anda Siap Berjualan

Klik simpan dan tampilkan ketika semuanya telah terisi. Sekarang Produk anda sudah bisa dicari dan dilihat oleh semua orang yang menggunakan Shopee.

Artikel ini dibuat dengan tujuan untuk membantu anda yang akan memulai berjualan di Shopee. Semoga artikel ini dapat memudahkan anda dalam proses berjualan online di Shopee sesuai dengan tujuan yang diusung oleh penulis. Selamat mencoba, Semangat dan sukses selalu!!!!

BACA JUGA!!!

Cara Jualan di Facebook

Cara Jualan di Instagram

Cara Jualan di Whatsapp

Tips Jualan Online

Tanya Jawab Seputar Jualan Online

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *