Cara Membuat Logo Secara Gratis Menggunakan Canva<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-3765" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating">	<span class="mr-star-rating">			    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    	    <i class="fa fa-star mr-star-full"></i>	    </span><span class="star-result">	<span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span>			<span class="count">				(<span itemprop="ratingCount">4</span>)			</span>			<span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Cara Membuat Logo Secara Gratis Menggunakan Canva" /></span></span>

Cara Membuat Logo Secara Gratis Menggunakan Canva

Cara membuat logo – Seorang pelaku usaha tentunya membutuhkan sebuah logo untuk dijadikan sebagai identitas dari usahanya. Khususnya seorang dropshiper.

Bagi dropshiper dan pelaku usaha logo merupakan sesuatu yang wajib dimiliki. Kenapa? Karena sebuah logo dapat menjadi pembeda dari dropshiper lainya.

Apalagi anda yang baru saja daftar dropship, pastinya logo akan sangat berguna untuk mengenalkan usaha anda kepada calon konsumen. Biasanya pelaku bisnis pemula akan menghadapi  pesaing yang sudah memiliki nama besar. Tantangan tersebut tentunya tidak mudah untuk dilewati.

Untuk dapat menarik perhatian calon konsumen dibalik bayang-bayang nama besar pesaing, tentunya dibutuhkan  strategi marketing yang bagus.

Salah satu strategi marketing adalah dengan memiliki logo perusahaan. Dengan adanya logo, Konsumen akan mudah mengetahui dan mengingat produk anda.

Untuk itu membuat sebuah logo merupakan suatu keharusan bagi anda selaku pengusaha.

Bingung cara membuat logo? Ingin punya logo tetapi tidak mau mengeluarkan uang? Apakah anda ingin membuat logo sendiri?

Jangan khawatir tentang hal itu, karena dengan mengunjungi web ini anda akan mendapatkan semua jawaban dari permasalahan yang berkaitan dengan logo. Artikel ini akan membahas tentang Cara Membuat Logo Secara Gratis Menggunakan Canva. Yang pastinya akan sangat mudah untuk dipraktekan.

Apa Itu Logo

Logo merupakan sebuah lambang yang terdiri dari huruf, gambar atau animasi lainya yang menggambarkan sebuah makna dari suatu oranisasi, perusahaan atau hal lain yang memerlukan singkatan.

Logo itu sendiri mempunyai fungsi sebagai identitas atau tanda pengenal yang membedakan milik kita dengan milik orang lain.

Dalam sebuah logo dapat mengandung berbagai elemen, seperti gambar, tulisan, ilustrasi, logogram, sketsa maupun gabungan dari semuanya.

Logo yang Bagus

Membuat logo sepertinya bukan hal yang sulit bagi sebagian orang. Banyak orang diluar sana yang bisa dengan mudah membuat sebuah logo. Tetapi membuat logo yang bagus menjadi sesuatu yang hanya dapat dilakukan oleh sedikit orang.

Saya memiliki beberapa referensi mengenai sifat logo yang bagus. Semoga dapat membuat anda terinspirasi.

1. Mudah Diingat

Ketika anda membuat logo, buatlah desain yang sederhana dan tidak terlalu ramai. Desain logo yang sederhana akan membantu orang untuk dapat mengingatnya dengan mudah.

2. Unik

Buatlah logo yang unik untuk dapat menarik perhatian orang. Ketika orang tertarik dengan logo anda maka akan tertarik juga dengan produknya.

3. Memiliki Makna

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa logo menjadi identitas dari kepemilikan anda. Alangkah baiknya apabila logo yang anda buat dapat menggambarkan perusahaan atau produk anda. Sehingga ketika orang melihatnya, mereka sudah punya pandangan tentang usaha apa yang anda jalankan.

4. Pelajari Logo Lainya untuk Inspirasi

Untuk dapat buat logo sendiri, anda perlu melihat dan menganalisis logo-logo yang sudah terbukti baik. Baik disini dalam artian adalah dapat bertahan lama, unik, berkesan dan dapat membesarkan usahanya.

Contoh Logo yang Bagus

Inspirasi bisa kita dapatkan dari mana saja. Semoga gambar dibawah ini dapat memberikan inspirasi kepada anda untuk dapat menghasilkan logo yang terbaik.

1. Logo Adidas

b. Warner Bros

c. Starbucks

Buat Logo Sendiri

Setelah anda mempelajari tentang logo yang bagus. Sekarang anda dapat membuat sendiri logo olshop tanpa harus meminta bantuan orang lain.

Dengan membuat sendiri, hasilnya akan lebih spesial dan dapat mengandung penjelasan tentang perusahaan anda secara detail.

Perlu diketahui bahwa untuk membuat sebuah logo harus menggunakan media desain. Anda dapat membuatnya menggunakan aplikasi seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Corel Draw, PicsArt dan Canva.

Bagi anda yang masih awam dengan dunia desain, tidak perlu khawatir. Karena arikel ini akan memberikan solusi untuk masalah anda.

Apabila anda ingin membuat logo, Saya merekomendasikan untuk menggunakan Canva. Kenapa harus Canva?, ya sebenarnya tidak harus menggunakan canva untuk membuat logo. Karena anda juga dapat menggunkan aplikasi lainya, baik yang saya sebutkan diatas maupun yang anda ketahui sendiri.

Tetapi menurut saya, canva sangat cocok digunakan oleh para pemula. Karena pengoperasianya sangat gampang dan juga gratis. Selain dapat digunakan di Laptop, canva juga dapat anda gunakan di HP.

Apa Itu Canva?

Canva merupakan salah satu program desain online yang menyediakan berbagai tools editing. Tools editing tersebut dapat anda gunakan untuk membuat berbagai desain.

Selain dapat digunakan untuk membuat logo, canva juga dapat anda gunakan untuk membuat berbagai kategori desain, seperti undangan, kolase foto, kartu nama, selebaran, label, resume, poster, sampul facebook, pengumuman, cerita instagram, sertifikat, penanda buku, grafis pinterest dan lainya.

1. Jutaan Gambar

Canva menyediakan jutaan stok Template, foto, gambar, vektor dan ilustrasi. Anda juga bisa menambahkan foto sendiri dari folder.

2. Filter Foto

Anda dapat mengedit foto menggunakan filter siap pakai, atau bisa juga menggunakan alat pengeditan foto. Selalu ada pilihan buat anda.

3. Elemen

Pilihlah salah satu dari ribuan jenis elemen yang disediakan oleh canva untuk mempercantik logo anda.

4. Ratusan Font

Canva menyediakan beragam font keren yang dapat anda akses dan gunakan dalam setiap desain. Semua font yang  disediakan oleh Canva selalu siap untuk digunakan.

Seperti janji saya diatas, bahwa saya akan memberikan solusi kepada anda mengenai cara membuat logo yang mudah, simple dan gratis. Dalam artikel ini akan dijelaskan cara membuat logo menggunakan aplikasi Canva.

Cara Membuat Logo di HP

1. Instal Aplikasi Canva

Nah, jika anda ingin membuat logo dengan mudah dan cepat di Android. Anda dapat menggunakan Canva.  Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah menginstal aplikasi Canva di play store. Anda dapat Klik disini untuk menginstal Canva.

2. Login

Setelah aplikasi Canva berhasil anda instal. Langkah selanjutnya adalah Login ke aplikasi tersebut. Untuk login, anda dapat menggunakan akun facebook ataupun email.

Apabila anda login menggunakan akun Facebook, anda akan diarahkan untuk mengisi alamat email dan sandi Facebook. Dan apabila anda login menggunakan email, anda akan diarahkan untuk memasukan alamat email dan sandinya. Kemudia klik ” Buat akun”

3. Pilih Template

Ketika anda sudah berhasil Login, anda akan menemui berbagai macam tampilan template dari berbagai kategori yang telah saya sebutkan diatas. Anda hanya perlu mencari kategori Logo, Kemudian pilihlah salah satu template yang ada di kategori tersebut.

Apabila template yang ada tidak sesuai dengan keinginan anda. Anda bisa membuat desain sendiri dengan klik menu ‘Desain”

4. Edit Template

Apabila anda sudah menentukan templet yang akan digunakan. Langkah selanjutnya adalah mulai mengedit bagian-bagian yang ingin diedit. Seperti teks, ukuran teks, warna, gambar dan lain-lain sesuai keinginan anda.

5. Save Logo

Setelah logo anda sudah jadi, Langkah yang terakhir adalah menyimpan desain tersebut. Caranya adalah dengan klik gambar “unduh” yang terletak di kanan atas. Setelah anda klik tanda tersebut, maka secara otomatis desain anda akan tersimpan di galeri dalam folder bernama Canva.

 

Cara Membuat Logo Di Komputer

1. Buka Situs Canva

Perbedaan yang mendasar ketika kita menggunakan canva di Hp dan di Laptop adalah cara mendapatkan aplikasinya. Ketika di Hp kita diharuskan untuk menginstal terlebih dahulu aplikasi Canva di play store.

Kalau di laptop kita tidak perlu menginstal aplikasi tersebut. Kita hanya perlu mengaksesnya di situs web Canva. Anda bisa membukanya di sini.

2. Login

Seperti halnya di Hp. Anda perlu login terlebih dahulu ke Canva dengan menggunakan akun facebook ataupun email yang anda miliki.

3. Buat Desain

Setelah anda behasil login, anda akan melihat tampilan awal seperti gambar dibawah ini.

Untuk memulai membuat logo, anda hanya perlu klik tombol “Buat Desain” yang letaknya dikiri atas, atau dibawah nama akun anda.

4. Pilih Kategori

Karena disini anda akan membuat logo, maka pilihlah kategori logo. Apabila anda ingin membuat selain logo, anda bisa memilih kategori sesuai dengan apa yang akan anda buat. Ada banyak kategori yang disediakan oleh Canva seperti yang telah saya sebutkan di atas.

5. Edit Logo

Ada beberapa tools yang dapat anda gunakan untuk membuat logo di Canva

a. Template

Ada ratusan lebih template yang disediakan oleh canva. Semua template itu dapat anda gunakan setiap saat. Pilihlah salah satu tamplate yang sesuai dengan keinginan anda.

Untuk dapat menggunakan template, anda hanya perlu double klik template yang anda pilih. Kemudian tarik ke blank dokumen yang disediakan disampingnya, lalu lepaskan.

Apabila anda ingin mengedit teks yang sudah ada di template tersebut. Anda hanya perlu klik tulisan yang akan anda edit. Anda bisa mengganti bentuk tulisanya, warnanya ataupun isi tulisanya.

b. Foto

Apabila anda membutuhkan sebuah foto tambahan. Anda juga dapat mengambilnya di tools foto. Disitu disediakan berbagai macam foto. Anda bisa memilih salah satu foto yang sesuai dengan keinginan.

Untuk menggunakan foto tersebut. Anda hanya perlu melakukan hal yang sama seperti ketika anda ingin menggunakan template.

c. Elemen

Sama dengan foto, anda juga dapat menggunakan elemen apabila anda membutuhkanya.

d. Teks

Teks disini fungsinya adalah untuk menambahkan kolom yang dapat kamu isi dengan tulisan. Teks ini bisa anda gunakan ketika anda kekurangan kolom tulisan yang ada di template.

c. Latar

Anda dapat menggunakan latar untuk membuat backroand logo. Cara menggunakanya sama seperti menggunakan template dan foto.

d. Unggahan

Unggahan ini fungsinya hampir sama dengan tools foto. Perbedaanya adalah, kalau foto digunakan untuk menambahkan gambar yang telah disediakan oleh canva. Sedangkan Unggahan, digunakan untuk menambahkan gambar yang pernah anda unggah di media sosial.

e. Lainya

Tools lainya berfungsi untuk menambahkan sesuatu yang belum ada di tools-tools sebelumnya. Seperti menambahkan emoji, sematan, foto di facebook, foto di Instagram, Maps, Youtube dan lainya.

BACA JUGA!!!!

Cara Berjualan di Facebook

Cara Berjualan di Instagram

Cara Berjualan di Shopee

Cara Promosi yang Efektif

Cara Berjualan di Tokopedi

6. Save Desain

Setelah anda selesai membuat logo. Langkah terakhir adalah menyimpan logo yang telah anda buat. Caranya adalah dengan Klik tombol “unduh” yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu kita dapat memilih format penyimpananya. Canva menyediakan beberapa format yang dapat kita gunakan, seperti PNG, JPG, Standar PDF, Vidio dan animasi. Pilihlah sesuai dengan kebutuhan.

Nah, demikianlah penjelasan singkat mengenai cara membuat logo menggunakan canva. Mudah-mudahan artikel yang saya buat dapat membantu anda.

Sekali lagi, membuat logo tidak harus menggunakan Canva. Apabila anda merasa kesulitan menggunakan Canva. Anda juga bisa menggunakan aplikasi desain lainya.

Selamat mencoba, tetap semangat dan sukses selalu!!!

 

 

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *