Cara Membuat Konsumen Loyal dan Puas

Tujuan anda menjalankan bisnis apa sih sebenarnya? Apakah cuma ingin mengisi waktu luang? Ataukah cuma ingin mencari keuntungan semata?

Jika niat anda masih sebatas itu, saya sarankan mulai dari sekarang untuk merubah mindset atau pola pikir tersebut. Pola pikir seperti itulah yang menyebabkan pelaku usaha gagal untuk meraih kesuksesan dalam berwirausaha.

Apakah anda juga ingin bernasib sama dengan orang-orang gagal seperti yang telah saya sebutkan di atas?

Tentunya tidak kan?

Oleh karena itu, mulailah menjadi pelaku usaha yang memiliki jiwa wirausaha. Minimal ya memiliki niat sebagaimana niat dari orang-orang yang telah sukses dalam dunia bisnis.

Menjalankan bisnis bukan hanya terfokus pada mencari keuntungan semata. Memang, saya tidak memungkiri bahwasanya tujuan utama dari sebuah bisnis adalah untuk mencari keuntungan. Tetapi, apakah dengan tujuan tersebut membuat anda melupakan hal-hal yang sebenarnya lebih penting dalam dunia bisnis.

Jika anda hanya terfokus pada keuntungan semata, yang ditakutkan adalah apabila anda melalaikan kewajiban sebagi seorang penjual, yakni untuk memberikan pelayanan dan kepuasan kepada konsumen.

Fokus untuk mencari keuntungan saya rasa juga tidak selalu menimbulkan hal buruk, bahkan bisa juga dijadikan sebagai power untuk memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen.

Tinggal bagaimana anda menyikapi dan memanajemen keinginan tersebut supaya tidak menjadi kerugian tetapi malah bisa menjadi keuntungan.

Menyambung apa yang telah saya sebutkan di atas, bahwa dalam menjalankan bisnis, anda juga perlu memperhatikan kepuasan konsumen. Ketika konsumen merasa puas, dengan sendirinya mereka akan kembali untuk belanja di tempat anda dan bahkan bisa menjadi pelanggan setia anda.

Pertanyaanya, apakah kepuasan konsumen akan timbul dengan sendirinya? Tanpa adanya perlakuan baik yang anda berikan kepadanya?

Tentunya tidak kan?, kepuasan konsumen akan timbul ketika mereka merasa diberikan hak-haknya oleh toko anda. Ketika konsumen puas, loyalitas juga akan muncul beriringan dengan kepuasan tersebut.

Lantas, bagaimana cara membuat konsumen loyal dan puas berbelanja di toko anda?

Cara Membuat Konsumen Loyal dan Puas

Belajar tentang bisnis, tentunya bukan hanya mempelajari tentang bagaimana cara promosi, cara menyusun rencana keuangan, cara melakukan target pasar dan lainya yang sifatnya untuk mendatangkan pembeli.

Selain mempelajari berbagai cara mendatangkan pembeli, belajar tentang bisnis juga mencangkup tentang bagaimana cara mempertahan konsumen. Dimana istilah mempertahankan konsumen juga masih dijabarkan lagi ke berbagai pengertian lainya.  Yang mana penjabaran dari mempertahankan konsumen masih satu persepsi, yakni membuat konsumen tetap loyal dan setia untuk tidak berpaling ke toko yang lain.

Berikut beberapa cara membuat konsumen loyal dan puas, yang merupakan salah satu cara mempertahankan konsumen supaya tidak berpaling ke toko pesaing.

Berikan Layanan Terbaik

Cara memberikan pelayanan terbaik kepada konsumen tentunya menjadi sebuah ilmu yang wajib dimiliki oleh seluruh pelaku usaha. Pelayanan menjadi dasar pijakan untuk meningkatkan tingkat kepuasan dan loyalitas konsumen.

Memberikan pelayanan kepada konsumen bisa diartikan sebagai upaya yang dilakukan perusahaan untuk menjawab dan memenuhi ekspetasi konsumen sesuai dengan apa yang telah diberikan konsumen kepada perusahaan. Konsumen telah memberikan kepercayaan kepada perusahaan berupa tindakan membeli produk yang ditawarkan perusahaan.

Oleh karena itu, merespon dan menjawab apa yang telah diberikan konsumen kepada perusahaan menjadi sebuah kewajiban, yakni dengan memberikan pelayanan terbaik. Bermula dari perlakukan dan pelayanan tersebut, yang mampu membuat konsumen merasa puas dan juga loyal.

Semua pelaku usaha sudah seharusnya mengetahui bahwasanya salah satu cara membuat konsumen loyal dan puas adalah dengan memberikan pelayanan terbaik. Setelah mengetahui hal itu, selanjutnya pelaku usaha akan berusaha semaksimal mungkin untuk mewujudkannya.

Ketika perusahaan mampu memberikan pelayanan terbaik kepada setiap konsumenya, tingkat kepuasan dan loyalitas karyawan bukan lagi menjadi hal yang sulit untuk diwujudkan.

Maka dari itu, mulailah dari sekarang untuk memperbaiki kualitas layanan perusahaan terhadap konsumen.

Layanan bisa dikatakan baik ketika karyawan menjalankan kewajiban dengan semestinya dalam memberikan layanan. Konsumen akan merasa hak-hak dan ekspetasinya telah terpenuhi dengan menerima layanan dari karyawan anda

Berikan Diskon Pembelian

Selain memberikan layanan terbaik kepada konsumen, pemberian diskon juga bisa menjadi salah satu alternatif cara membuat konsumen loyal dan puas.

Bagi segelintir orang, diskon mungkin dianggap sebagai tindakan yang memalukan. Misalnya para anggota dewan, petinggi negara, orang kaya, konglomerat dll, mereka menganggap diskon menjadi tindakan yang tidak seharusnya dinikmati. Tingkat pendapatan yang tinggi menjadi latar belakang perubahan gaya hidup dan pandangan sosial dari orang-orang tersebut.

Namun, bagi kebanyakan orang diskon justru menjadi suatu hal langka yang harus diperebutkan. Contoh saja kasus cuci gudang yang terjadi dalam kurun waktu satu tahun sekali. Banyak sekali orang yang langsung mendatangi toko-toko yang mengadakan program cuci gudang, meskipun sebelumnya tidak pernah datang ke situ.

Melihat fenomena tersebut, bisa disimpulkan bahwasanya diskon masih menjadi cara terbaik untuk mendatangkan dan mempertahankan konsumen.

Memberikan diskon dengan tujuan mendatangkan konsumen tentu sedikit banyak sudah anda kuasai. Namun, apakah anda juga sudah menguasai cara memberikan diskon untuk mempertahankan konsumen?

Berikut beberapa jenis diskon yang bisa anda gunakan untuk mempertahankan dan menciptakan kepuasan dihati konsumen.

Voucher Belanja

Cara kerja dari jenis diskon ini adalah begini, jadi misalnya ada seseorang yang baru pertama melakukan pembelian di toko anda. Anda sebagai pemilik perusahaan yang menginginkan supaya dia kembali belanja di toko anda, yakni dengan memberikan voucher pembelian.

Voucher itu bisa dimanfaatkan oleh pembeli tersebut untuk mengklaim potongan harga yang memang sudah tertera di voucher tersebut. Akan tetapi, masa berlaku dari voucher tersebut bermula ketika pembeli melakukan pembelian yang kedua kali.

Dengan adanya voucher diskon itu, pembeli akan merasa perlu belanja kembali di toko anda untuk mendapatkan potongan harga atau diskon yang sudah tertera di voucher.

Anda bisa bebas menentukan besaran diskon yang akan anda berikan dengan lantaran voucher belanja itu.

Kartu Anggota

Cara kerja dari kartu anggota ini hampir mirip dengan voucher belanja, yakni pemberian diskon untuk pembelian selanjutnya.

Perbedaanya hanya terletak pada batasan masa berlakunya, voucher belanja hanya berlaku pada pembelian kedua. Sedangkan kartu anggota ini berlaku untuk selamanya. Jadi ketika konsumen yang sudah memiliki kartu anggota, dia akan menerima potongan harga sesuai apa yang telah ditawarkan diawal.

Akan tetapi, anda juga perlu memberikan beban biaya kepada konsumen yang berminat untuk mendapatkan kartu anggota tersebut. Dengan adanya kartu anggota tersebut, kesempatan untuk memperoleh konsumen yang loyal semakin besar.

Kode Unik

Prinsip kerjanya sama persis dengan kartu anggota, hanya saja berbeda bentuknya. Kode unik bisa diibaratkan seperti sandi atau password untuk mendapatkan diskon dari toko anda.

Biasanya perusahaan yang menggunakan jenis diskon ini adalah perusahaan yang bergerak dalam bisnis online.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *