3 Langkah Jitu Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Jualan Online<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5513" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

3 Langkah Jitu Cara Membuat Instagram Bisnis untuk Jualan Online

Cara Membuat Instagram Bisnis – Dunia bisnis saat ini sedang mengalami transformasi besar-besaran dari tradisional menjadi bisnis berbasis teknologi atau sering dikatakan sebagai bisnis online.

Bisnis online merupakan sebuah proses jual beli dimana didalamnya memanfaatkan teknologi untuk memudahkan proses promosi dan transaksinya.

Penggunaan teknologi sangat memudahkan proses jual beli baik dari segi penjual maupun pembeli.

Dengan teknologi, penjual dapat menjajakan daganganya tanpa harus memiliki toko di dunia nyata. Mereka hanya perlu membuat toko dan berjualan di media online.

Dengan demikian, pembeli juga tidak perlu repot-repot datang kepasar untuk mencari barang yang dibutuhkan. Mereka cukup mencarinya secara online baik di media sosial maupun di marketplace.

Jenis bisnis online yang sedang booming saat ini adalah bisnis dropship.

BACA JUGA !!!

Penjelasan Lengkap tentang Bisnis Dropship

Daftar Sebagai Dropshiper

Bagi anda seorang dropshiper atau pelaku bisnis online, tentunya membutuhkan sebuah media untuk berjualan dan mempromosikan produknya.

Salah satu media yang dapat anda gunakan adalah Instagram.

Instagram merupakan salah satu media sosial yang memiliki pengguna cukup besar di Indonesia, tercatat sudah lebih dari 56 juta orang di Indonesia menggunakan Instagram.

Banyaknya pengguna instagram tentunya memberikan peluang besar bagi anda untuk dapat sukses berjualan menggunakan media tersebut.

Besarnya peluang tidak serta merta membuat anda dengan mudah sukses berjualan di Instagram. Instagram bukanlah sebuah toko online seperti shopee dan lainya. Aplikasi ini merupakan media untuk berkomunikasi dan saling berbagi foto atau vidio.

Oleh karena itu, apabila anda ingin aman dan sukses berjualan di Instagram, anda perlu membuat sebuah akun Instagram bisnis.

Lalu bagaimana cara membuat Instagram bisnis?

Fitur Utama Instagram Bisnis

Sebelum masuk pada pembahasan mengenai cara membuat Instagram bisnis, terlebih dahulu mari mempelajari fitur-fitur yang ada di instagram bisnis.

Fitur-fitur ini ditawarkan untuk membantu dan memberikan kemudahan kepada anda dalam menjalan sebuah bisnis online menggunakan Instagram.

Oleh karena itu, sangatlah penting untuk mengetahui kegunaan setiap fitur supaya dapat memaksimalkan Instagram bisnis untuk jualan online.

Instagram bisnis menawarkan setidaknya 4 fitur yang akan sangat membantu anda dalam mengelola bisnis online menggunakan Instagram.

1. Content Insight

Content Insight dapat membantu anda mengetahui postingan yang memiliki prospek lebih baik. Fitur ini bekerja untuk menunjukan aktifitas pada postingan dan story anda. Disini anda dapat melihat urutan dari postingan anda berdasarkan tayangan, jangkauan, keterlibatan, suka, komentar, dan kunjungan profil.

Melihat dari Informasi tersebut, anda dapat mengambil kesimpulan tentang postingan mana yang paling baik. Dari situ anda dapat mempeajari hal-hal apa saja yang membuat postingan tersebut menempati urutan pertama.

Setelah mendapatkan hasil analisis, anda dapat menerapkanya pada postingan-postingan berikutnya supaya memperoleh statisik jangkauan dan keterlibatan lebih baik.

2. Activity Insights

Activity Insights bekerja untuk menampilkan statistik interaksi dalam pofil anda selama kurun waktu satu minggu.

Interaksi yang dapat kita lihat berupa jumlah kunjungan profil, jumlah klik pada tautan yang anda cantumkan, jumlah klik pada tombol panggilan, email serta maps.

Bagian discovery juga akan menunjukan kepada anda mengenai jangkauan postingan, jumlah tayangan dan jumlah berapa kali postingan anda dilihat.

3. Audience Insights

Target pasar sangat penting dalam kasus promosi. Promosi anda akan efektif apabila menjangkau orang-orang yang anda targetkan.

Audience Insights dapat membantu anda memperoleh informasi mengenai demografis para pengikut anda di Instagram.

Bukan hanya itu, Instagram bisnis juga akan memudahkan anda mengetahui distribusi usia dan jenis kelaminĀ  pengikut anda menggunakan fitur ini. Anda juga bisa mengetahui lokasi pengguna yang terlibat dengan halaman anda.

Dalam Audience Insights ada bagian yang berfungsi untuk menunjukan waktu rata-rata dan hari apa saja pengikut anda berada di Instagram dalam kurun waktu satu minggu.

Informasi-informasi tersebut sangat berguna untuk menentukan waktu dan situasi yang pas dalam melakukan postingan supaya mendapatkan jumlah kunjungan terbaik.

4. Call To Action (CAT)

crazyengg.com

Fitur ini berfungsi untuk merespon dengan cepat orang-orang yang berkunjung ke profil anda. Setiap orang yang melakukan kunjungan profil tentunya memiliki ketertarikan tentang bisnis yang anda jalankan.

Ketertarikan ini muncul ketika mereka melihat postingan anda di beranda Instagramnya.

Dari situ bisa kita tarik kesimpulan bahwa timing postingan dan cara promosi sangat berperan penting dalam konteks menarik konsumen untuk mengunjungi profil anda.

BACA JUGA !!!
Cara Promosi yang Efektif Mendatangkan Banyak Pembeli

Disini terlihat sekali adanya keterkaitan antaran fitur satu dengan fitur lainya. Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk mengetahui kegunaan dari fitur-fitur yang ada, sebelum anda belajar cara membuat Instagram bisnis.

Kunjungan profil merupakan peluang besar bagi anda untuk memperoleh pelanggan baru. Dengan fitur CAT anda dapat menampilkan menu panggilan, call, dan email yang bisa langsung mereka klik untuk segera menghubungi anda.

Cara Membuat Instagram Bisnis

ternyata bukan hanya marketplace yang dapat memberikan layanan jual beli online. Media sosial yang anda gunakan sehari-hari juga dapat anda manfaatkan untuk kepentingan jualan online. Salah satunya yaitu Instagram.

Untuk dapat aman dan efektif jualan online menggunakan Instagram, anda perlu mmembuat Instagram khusus untuk bisnis.

Berikut kita paparkan beberapa cara membuat akun Instagram bisnis yang dapat anda praktikan sendiri dengan mudah.

1. Masuk Pada Aplikasi Instagram

stackoverflow.com

Membuat akun Instagram bisnis sangatlah mudah. Bagi anda yang sebelumnya sudah memiliki akun Instagram, anda hanya perlu mengkorvesikanya ke akun bisnis.

Namun apabila belum memiliki akun Instaagram, anda perlu membuatnya terlebih dahulu sebelum nantinya dikonversikan ke akun bisnis.

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Akun Instagram

Langkah pertama yang perlu dilakukan adalah masuk ke Instagram menggunakan akun yang ingin anda jadikan sebagai akun bisnis.

2. Ubah Menjadi Akun Bisnis

Setelah anda berada di Instagram, langkah selanjutnya adalah masuk pada profil anda.

Klik ikon roda gigi yang ada di pojok kanan atas kemudian klik pengaturan

 

Tekan menu akun

 

Klik ” Beralih ke Akun Profesional”

 

Pilih kategori bisnis yang anda jalankan

 

Tinjau Info Kontak

Pastikan alamat email, nomor telefon dan alamat bisnis anda sudah benar !

 

Hubungkan ke Halaman Facebook

Apabila anda sudah memiliki halaman bisnis yang ada di Facebook, anda langsung bisa menghubungkanya. Tetapi apabila anda belum mempunyai halaman Facebook, anda bisa menekan tulisan “jangan hubungkan ke Facebook sekarang”.

Menghubungkan ke halaman Facebook fungsinya adalah untuk mengirimkan postingan secara otomatis ke halaman anda ketika anda mengirimkan postingan di Instagram.

3. Akun Anda Telah Berhasil Diubah Menjadi Akun Bisnis

Perbedaan antara akun biasa dengan akun bisnis terletak pada bagian Profil. Pada akun bisnis terdapat tambahan menu yaitu ” Insight”. Menu ini didalamnya berii fitur-fitur bisnis yang telah kita bahas bersama pada bagian atas artikel ini.

Demikianlah pembahasan kali ini mengenai cara membuat Instagram bisnis, semoga bisa bermanfaat.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!

BACA JUGA !!!

Cara Jualan Online di Instagram

Cara Jualan Online di Facebook

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *