Cara Membuat Halaman di Facebook dengan Mudah (Lengkap)<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-4824" >			<span class="no-rating-results-text"></span>		</span>

Cara Membuat Halaman di Facebook dengan Mudah (Lengkap)

Cara membuat halaman di Facebook – Facebook merupakan salah satu media sosial yang banyak digunakan para pelaku bisnis online untuk menjajakan daganganya. Mereka manfaatkan platform ini sebagai alat untuk promosi dan mencari pelanggan. Banyaknya pengguna facebook, membuat penjualan mereka semakin efektif dan menguntungkan.

Facebook menyediakan beberapa fitur yang dapat digunakan sebagai alat jual beli online. Anda bisa berjualan baik di postingan, di grup maupun di marketplace Facebook.

Selain itu masih ada satu lagi fitur yang dapat anda gunakan yaitu Halaman atau fanpage Facebook.

Halaman Facebook merupakan sebuah fasilitas yang disediakan untuk membantu pengorganisasian bisnis, jual beli online, organisasi, hiburan, fans sepak bola dll.

Bagi anda pelaku bisnis online, halaman Facebook dapat digunakan untuk kelancaran usaha yang anda jalankan. Dengan menggunakan halaman facebook bisnis anda akan terlihat lebih rapih dan profesional.

Lalu Bagaimana cara membuat halaman di Facebook dengan mudah?

Artikel ini akan menjelaskan panduan cara membuat halaman di Facebook secara lengkap dan tentunya tidak membutuhkan biaya.

Perbedaan Fungsi Fanpage dan Facebook

homefage.blogspot.com

Sebelum anda memulai berjualan online menggunakan fanpage, alangkah baiknya anda mengetahui terlebih dahulu perbedaan antara fungsi fanpage dan facebook.

Facebook Akun

techno.okezone.com

1. Digunakan untuk Personal

Facebook digunakan untuk personal, yaitu untuk menjalin pertemanan antara sesama pengguna Facebook. Anda bisa menjalin pertemanan dengan siapapun yang ada di Facebook selagi tidak melebihi batas pertemanan yang telah ditentukan oleh Facebook.

2. Bersifat Umum

Kebanyakan orang yang online di Facebook bukan untuk mencari produk atau barang dagangan. Mereka menggunakan Facebook lebih untuk media hiburan dan melihat status dari orang lain.

Jadi sangat tidak bijak apabila anda mengunakan Facebook untuk media berjualan.

3. Pertemanan terbatas

Facebook membatasi pertemanan anda sampai 5000 orang. Anda tidak dapat menambahkan teman ketika teman anda sudah mencapai 5000 orang.

Bagi anda yang menargetkan konsumen lebih dari 5000 orang sangat tidak cocok apabila berjualan di Facebook pribadi.

Fanpage

billionairecoach.co.id

1. Fitur untuk Bisnis

melihat keterbatasan Facebook diatas. Anda tidak perlu khawatir, karena facebook telah membuat terobosan dengan membuat sebuah inovasi yaitu fanpage. Dimana fanpage ini merupakan fitur khusus yang dapat anda gunakan untuk bisnis

2. Fans Unlimited

Apabila di Facebook anda hanya dibatasi dengan 5000 pertemanan. Dengan menggunakan fanpage, anda bisa memiliki fans atau pengikut tidak terhingga.

Sehingga sangat cocok dan menguntungkan apabila anda menggunakan fanpage sebagai media untuk bisnis.

3. Bersifat Khusus

Fanpage bersifat khusus. Ketika anda menjadikan fanpage sebagai media untuk bisnis online, maka fanpage tersebut hanya akan berisi tentang bisnis yang anda jalankan.

Tidak bercampur antara kepentingan bisnis dengan status pribadi.

Cara Membuat Halaman di Facebook

juraganmuda.com

Membuat halaman di Facebook merupakan langkah awal bagi anda selaku pelaku usaha online untuk mengembangkan bisnisnya. Dengan memiliki halaman di Facebook bisnis anda akan lebih mudah dikenal dan menjangkau masyarakat luas.

Lalu bagaimana cara membuat halaman di Facebook?

1. Login Facebook Anda, Buat Halaman

Langkah pertama adalah login ke akun Facebook yang anda miliki. Apabila anda belum memiliki akun Facebook, silahkan bisa membuatnya terlebih dahulu. Baca Juga : Cara membuat Facebook.

Klik di sini untuk login Facebook.

Setelah anda berhasil login ke beranda Facebook, kemudian langkah yang selanjutnya adalah klik “option” kemudian klik “buat halaman”

elitemarketer.id

2. Tentukan Jenis Halaman yang Anda Buat

Setelah itu, langkah berikutnya adalah memberi nama untuk jenis halaman yang anda buat. Sesuaikanlah nama halaman anda dengan bisnis yang akan anda jalankan.

Sehingga nantinya orang akan langsung mengetahui bisnis anda hanya dengan membaca nama halaman tersebut.

3. Pilih Kategori Halaman Anda

Cara membuat halaman yang selanjutnya adalah dengan menentukan kategori halaman. Pilih kategori yang relevan dengan bisnis anda.

Apabila tidak ada kategori yang relevan, cara yang paling mudah adalah menggunakan kategori yang hampir sama dengan apa yang anda inginkan.

Selain anda dituntut untuk memilih kategori halaman, Anda juga diharuskan untuk mengisi kolom sub kategori.

Subkategori disini adalah turunan dari kategori yang anda pilih. Misalnya kategori Olahraga, nanti sub kategorinya bisa tim olahraga amatir, tim olahraga profesional dll.

Isilah sesuai dengan kebutuhan anda

4. Unggah Foto Profil Halaman Anda

upload lah foto profil halaman Facebook agar terlihat lebih menarik dan enak dipandang. Apabila anda memiliki logo toko online, anda bisa menggunakan logo tersebut untuk foto profil.

Dengan begitu, orang akan lebih mudah mengenal usaha yang anda jalankan di media online.

Baca Juga !!!

Cara Membuat Logo Gratis

Anda juga bisa sekaligus menambahkan foto sampul dari halaman Facebook yang akan anda buat.

Untuk itu persiapkanlah beberpa foto yang akan anda gunakan untuk dijadikan foto profil dan foto sampul. Agar nantinya anda sudah siap untuk upload foto ketika ada perintah untuk mengunggah foto profil dan foto sampul.

5. Lengkapi Mengenai Halaman Anda

Untuk memudahkan sesorang mengenali halaman facebook yang telah dibuat. Anda perlu melengkapi beberapa informasi tentang bisnis anda.

Klik tombol “edit halaman”

Kemudian isilah kolom

  • Keterangan singkat    : Informasi bisnis anda secara singkat
  • Keterangan                :  Penjabaran Informasi bisnis secara lengkap agar konsumen faham tentang bisnis yang anda jalankan
  • Situs Web                  : Apabila anda memiliki website, anda bisa mencantumkanya di kolom ini.
  • Kota                          : Tempat dimana barang anda diproduksi/dijual
  • Nomor Telefon         : Sertakan nomor telefon untuk memudahkan konsumen dalam menghubungi anda

6. Jika Ingin Lebih Mudah Mengelola Halaman, Anda Bisa Menambahkan ke Favorit

 

Apabila anda ingin menemukan halaman anda dengan mudah. Anda bisa menambahkannya ke favorit.

Dengan menambahkanya ke favorit, halaman anda akan muncul dibagian pertama/atas.

caranya bagaimana?

Klik saja menu pengaturan umum

Kemudian pelih menu “tambahkan halaman ke favorit anda.

7. Jika Ingin Mempromosikan Halaman Anda, Top Up Saldo Anda

 

Apabila anda memiliki uang yang lebih, bisa anda gunakan untuk mempromosikan halaman yang telah anda buat. Fungsinya adalah, halaman anda akan muncul di beranda orang yang sudah anda targetkan dipengaturan sebelum anda mempromosikan halaman tersebut.

Biaya yang harus anda bayarkan juga sesuai dengan jumlah pemirsa yang anda kehendaki, dan lama durasi promosi anda muncul di beranda orang-orang tersebut.

Disini anda bisa mengatur sendiri mengenai kriteria orang yang akan anda targetkan dan durasi dari postingan anda.

Semakin banyak jumlah orang yang anda targetkan, maka semakin besar juga biaya yang harus anda keluarkan.

8. Halaman Selesai di Buat

Halaman anda sudah selesai dibuat.

Apabila anda tidak memiliki biaya yang lebih. Anda juga bisa melakukan promosi dengan cara manual.

Anda hanya perlu mencari pengikut terlebih dahulu dengan menggunakan fitur undang teman. Disini anda bisa mengundang semua teman yang ada di Facebook.

Selain mengundang teman, anda juga bisa membuat halaman anda memiliki banyak pengikut, dengan cara sering memposting sebuah kiriman.

Baik itu postingan berupa promosi produk maupun postingan konten-konten menarik yang akan membuat orang lain tertarik dengan halaman anda.

Manfaat Menggunakan Halaman Facebook untuk Berjualan

dewimariyani.wordpress.com

Seperti yang telah dijelaskan diatas bahwa halaman Facebook dan Facebook profil memiliki sedikit perbedaan. Banyak manfaat yang dapat anda ambil apabila menggunakan halaman Facebook untuk jualan online.

Bagi anda sebagai pelaku usaha akan sangat dibantu dengan adanya halaman facebook. Karena anda bisa fokus menjalankan sebuah bisnis di halaman tersebut tanpa campur dengan konten pribadi anda.

Berikut saya paparkan beberapa manfaat menggunakan halaman Facebook untuk berjualan.

1. Lebih Menguntungkan

kudo.co.id

Promosi menggunakan halaman Facebook lebih menguntungkan dibanding promosi menggunakan Facebook milik pribadi.

Dengan menggunakan halaman Facebook, anda lebih leluasa untuk menargetkan orang-orang yang akan menjadi konsumen anda.

Sehingga nantinya promosi yang anda lakukan akan lebih efektif karena langsung menjangkau target pasar anda

2. Membangun Brand

fastwork.id

Brand merupakan sebuah identitas dari sebuah usaha yang anda jalankan. Terkenal tidaknya produk anda dipasaran,salah satunya adaah tergantung bagaimana anda membangun brand tersebut.

Berjualan di halaman Facebook menjadi salah satu cara yang bisa anda gunakan untuk membangun sebuah brand.

Anda bisa menjadikan nama brand dari produk anda menjadi nama dari halaman Facebook tersebut. Dengan itu orang akan lebih mudah mengenali brand dan produk yang anda tawarkan.

Baca Juga !!!

Cara Membuat Brand

3. Menarik Jumlah Fans Lebih Banyak

riantoastono.com

Satu hal yang harus anda tau adalah cara kerja dari halaman facebook.

Halaman facebook didesain untuk dapat dengan mudah ditemukan oleh seseorang dengan adanya fitur undang teman.

Anda bisa memanfaatkan fitur undang teman untuk mengajak teman-teman anda menyukai dan mengikuti fanpage bisnis online anda. Semakin banyak orang yang menyukai dan mengikuti fanpage tersebut, maka semakain banyak juga peluang bisnis anda akan sukses.

Hampir sama dengan Instagram, postingan anda di fanpage akan muncul di beranda orang-orang yang telah mengikuti fanpage anda.

Untuk itu pengikut sangat penting dalam kasus ini, semakin banyak orang yang mengikuti halaman anda, maka semakin banyak juga orang yang akan menjadi target pasar anda.

4. Terlihat Lebih Profesional

rectmedia.com

Dengan menggunakan fanpage, bisnis anda akan terlihat lebih rapih dan profesional. Yang mana fanpage tersebut isinya hanya promosi produk dan konten-konten yang berhubungan dengan produk yang anda jual.

Inilah salah satu perbedaan dengan Facebook milik pribadi. Apabila anda berjualan di Facebook milik pribadi, barang anda dan status atau foto-foto anda akan bercampur menjadi satu.

Berbeda apabila anda menggunakan fanpage. Anda bisa memfokuskan halaman tersebut untuk memposting hal-hal yang berkaitan dengan bisnis anda tanpa harus tercampur dengan status pribadi anda.

5. Memudahkan dalam Promosi

folderbisnis.com

Promosi dikatakan efektif apabila menjangkau banyak orang yang menjadi target pasar. Dengan menggunakan fanpage anda bisa mengundang orang-orang yang hanya menjadi target pasar. Sehingga nantinya pengikut dari fanpage anda hanya berisi konsumen yang membutuhkan produk anda.

Dengan demikian akan memudahkan proses promosi anda. Anda hanya perlu melakukan satu kali promosi tetapi langsung menjangkau banyak orang yang menjadi target pasar. Sehingga pelung terbelinya produk anda akan semakin besar.

Baca Juga !!!!

Cara Promosi Yang Efektif

6. Mendukung Fitur Check-In

icon-park.com

Pengguna Facebook dapat memberikan tag atau tanda pada merek yang memiliki fanpage/halaman. Sehingga akan menjadikan bisnis anda berkembang di wilayah yang lebih luas.

Demikianlah pembahasan kita kali ini mengenai cara membuat halaman di Facebook secara gratis dan mudah. Semoga artikel ini dapat bermanfaaat bagi teman-teman.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!!

Baca Juga !!!

Cara Jualan di Instagram

Cara Jualan di Shopee

Cara Jualan di Tokopedia

Cara Jualan di Bukalapak

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *