Cara Membuat Diskon di Tokopedia Melalui Desktop

Cara membuat diskon di Tokopedia seperti apa sih? apakah kita harus mendaftar terlebih dahulu? atau bagaimana?

Iya, untuk dapat memberikan diskon kepada pelanggan di Tokopedia, kita harus mendaftar terlebih dahulu melalui seller center Tokopedia.

Apakah setiap penjual di Tokopedia wajib untuk memberikan diskon kepada para calon pembelinya?

Perlu diketahui bahwasanya tindakan memberikan diskon bukanlah hal yang wajib bagi setiap pelapak. Akan tetapi mengingat persaingan yang sangat ketat dan kebutuhan pelanggan akan adanya diskon begitu besar menjadikan pemberian diskon sifatnya agak wajib.

Jika kita melontarkan satu pertanyaan yang berbunyi ” Anda lebih suka belanja yang tidak ada diskon atau yang ada diskonnya?” kepada 10 orang, bisakah anda menebak jawabnya dari 10 orang tersebut?

Pastinya dengan mudah anda akan menebak 10 dari 10 orang itu semuanya akan lebih suka belanja jika diberikan diskon.

Walaupun mungkin tetap saja ada sedikit orang yang lebih senang jika belanja tanpa diskon, sebut saja orang kaya, anggota DPR, konglomerat yang notabenya akan merasa malu jika belanja dengan memanfaatkan diskon. Akan tetapi presentase dari orang yang suka belanja dengan adanya diskon dengan tanpa diskon bisa dikatakan 10:1.

Terlebih ketika kita jualan online di marketplace seperti Tokopedia dan kawan-kawanya, dimana hasil dari penelitian menyebutkan bahwa konsumen yang belanja di marketplace adalah dia yang menginginkan harga murah dengan barang berkualitas.

Dengan demikian, persaingan pasar akan berpihak kepada penjual yang menawarkan diskon potongan harga dan sejenisnya.

Bagaimana, sangat penting bukan untuk memberikan diskon kepada para calon pembeli?

Yuk kita sama-sama mencanangkan untuk memberikan diskon harga kepada mereka.

lalu, bagaimana cara membuat diskon di Bukalapak untuk dapat menarik minat pelanggan?

Yuk simak penjelasan berikut ini:

BACA JUGA !!!

Cara Meningkatkan Penjualan di Tokopedia

Diskon di Tokopedia

Tokopedia bisa dikatakan sebagai marketplace dengan segudang promo yang ada. Dari mulai promo gratis ongkir, potongan harga atau diskon, sampai dengan promo casback.

Bisa dikatakan bahwa Tokopedia sangat mengetahui kebiasaan masyarakat Indonesia yang kecanduan akan diskon atau potongan harga. Sehingga tidak heran jika akhir-akhir ini Tokopedia disebut sebagai marketplace paling populer di Indonesia.

Promo-promo yang diberikan oleh Tokopedia tentunya tidak dengan sendirinya dapat kita gunakan selaku penjual. Kita diharuskan untuk mendaftar atau barusaha untuk mendapatkanya.

Oleh karena itu di artikel ini kita diajak untuk mempelajari bagaimana cara membuat diskon di Tokopedia untuk memberikan potongan harga kepada pelanggan.

Sebelum mempelajari cara membuat diskon di Tokopedia, perlu kita ketahui juga tentang keuntungan-keuntungan yang akan kita dapatkan ketika kita memberikan diskon tersebut.

Apa saja keuntungan yang akan kita dapat?

  1. Toko dan produk kita akan lebih mudah dilihat oleh pembeli.
  2. Klik di produk kita juga akan semakin banyak
  3. Dapat meningkatkan penjualan
  4. Serta mendapatkan lebih banyak exposure

Bagaimana, sangat menarik bukan manfaat yang akan kita dapatkan ketika kita memberikan diskon kepada pelanggan?

Cara Membuat Diskon di Tokopedia

Seperti halnya dengan Shopee, Bukalapak dan marketplace lainya yang memberikan diskon, Tokopedia juga tidak mau ketinggalan. Tokopedia telah menyediakan beberapa fitur yang bisa dimanfaatkan oleh penjual untuk menarik minat dari pembelinya.

Fitur diskon yang ada di Tokopedia lebih identik dengan voucher. Dengan adanya voucher tersebut, penjual bisa dengan mudah mengatur jumlah diskon sesuai dengan keinginan.

Terbilang ada 2 jenis voucher yang ada di Tokopedia, yakni gratis ongkir dan cashback

BACA JUGA !!!

Ketentuan Gratis Ongkir Tokopedia

1. Voucher Gratis Ongkir

Proses pengiriman barang dari penjual kepada pembeli dengan menggunakan jasa pengiriman tentunya memerlukan biaya tambahan berupa ongkos kirim. Biaya ongkos kirim antar masing-masing jasa pengiriman tentunya memiliki perbedaan.

Besarnya ongkos kirim ditentukan dari jarak yang ditempuh, berat barang yang dikirimkan serta lamanya waktu pengiriman.

Semakin jauh dan berat barang yang dikirim serta semakin sedikit waktu yang diperlukan, maka akan semakin mahal juga ongkos kirimnya. Tidak jarang apabila harga barang dan ongkos kirimnya malah lebih mahal ongkos kirimnya.

Hal tersebut dapat menghambat proses jual beli dan mengurangi minat konsumen untuk membeli produk yang kita tawarkan.

Bisa kita bayangkan apabila kebanyakan pembeli alamatnya jauh dari toko kita. Yang mana mereka harus menanggung biaya ongkos kirim yang besar untuk membuat barang yang dibeli diantar sampai kerumahnya.

Tentunya mereka akan keberatan, dan hal yang paling tidak kita inginkan adalah ketika akhirnya mereka memilih membatalkan pesananya dan beralih ke toko lain yang lokasinya lebih dekat.

Kehilangan satu calon pembeli mungkin tidak terlalu bermasalah, tetapi apabila ada banyak calon pembeli yang tidak jadi membeli produk kita karena kendala ongkos kirim bagaimana?

Alhasil kita malah tidak jadi mendapatkan untung yang besar.

Menanggapi permasalahan di atas, Tokopedia memberikan solusi dengan program gratis ongkir ke seluruh wilayah Indonesia. Sekarang anda tidak perlu khawatir lagi gagal closing gara-gara terkendala ongkos kirim.

Adapun biaya promo tersebut ditanggung oleh penjual.

2. Voucher Cashback

Voucher ini bisa dikatakan sebagai voucher yang dpat digunakan untuk pengembalian sejumlah uang kepada pembeli. Jadi ketika ada pembeli yang menggunakan voucher ini, dia akan menerima pengembalian dana sejumlah diskon dari voucher tersebut.

Adapun besaran dari biaya pengembalian nanti tergantung dari bagaimana kita menentukannya. Lalu bagaimana cara membuat diskon di Tokopedia dengan voucher cashback?

  1. Langkah pertama adalah dengan masuk ke akun toko di Tokopedia melalui desktop/laptop (fitur ini baru tersedia untuk diakses melalui desktop.
  2. Klik menu ” TopAds”
  3. Pilihlah menu “Tambahkan Promosi”
  4. Setelah itu, kita akan secara otomatis diarahkan ke halaman khusus TopAds. Untuk membuat diskon, kita hanya perlu menekan menu ” Voucher Toko”.
  5. Pilih jenis voucher yang akan kita gunakan dan kemudian lengkapi informasi terkait voucher tersebut. Informsi yang perlu kita lengkapi yakni berupa:
    • Nama Voucher
    • Nominal gratis ongkir maupun cashback
    • Kode voucher
    • Minimal pembelian untuk memberlakukan voucher tersebut
    • kuota voucher yang akan dibagikan
    • Estimasi biaya yang akan dikeluarkan toko untuk memberikan diskon tersebut
    • Periode promo (tanggal mulai-tanggal berakhir)
    • Target dari voucher yang akan di buat (untuk pelanggan khusus atau semua pelanggan)
    • Berikan tanda centang pada kotak yang disampingnya bertuliskan ” persetujuan persyaratan”.
    • Langkah terakhir adalah “klik Buat Voucher”

Bagaimana, sangat mudah bukan cara membuat diskon di Tokopedia? Kita bisa membuat voucher yang mana saja, baik gratis ongkir maupun cashback. Tipe diskon tersebut bisa kita pilih sesuai dengan keinginan dan kemampuan dari toko kita.

Perlu saya utarakan di sini bahwasanya pemberian diskon tersebut nantinya akan ditomboki oleh toko kita sendiri. Oleh karena itu, berikan diskon yang sekitranya dengan diskon tersebut toko kita masih tetap untung.

Demikian pembahasan mengenai cara membuat diskon di Tokopedia. Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu !!!

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Diskon di Shopee

Cara Membuat Diskon di Bukalapak

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *