Cara Membuat Brand Agar Mudah Dikenal<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-4235" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Cara Membuat Brand Agar Mudah Dikenal

Cara membuat Brand – Mengapa membuat brand itu sangat penting?

Seperti yang kita ketahui, brand merupakan identitas dari sebuah bisnis yang kita geluti. Brand juga dapat memudahkan masyarakat mengenal produk apa saja yang kita jual.

Dalam dunia pemasaran, nama brand meupakan salah satu aspek terpenting. Sebuah nama yang tepat dapat  mendukung proses branding. Selain itu, nama brand juga dapat menarik perhatian masyarakat dan memudahkan konsumen untuk mengingat produk kita.

Maka dari itu tidak heran jika setiap orang yang membangun sebuah usaha pastinya memiliki brand masing-masing yang menjadi identitasnya.

Apakah anda Masih ingat dengan kalimat ” apalah arti sebuah nama?” Jika anda masih ingat, sekarang lupakanlah kalimat tersebut. Sebagai seorang pengusaha, sebuah nama bisa saja menentukan keberhasilan atau kegagalan dari usahanya.

Membuat brand produk tidak semudah membuat nama untuk hewan kesayangan kita. Kita perlu memikirkanya matang-matang supaya nantinya brand tersebut dapat menentukan keberhasilan usaha kita dkemudian hari.

Terus bagaimana cara membuat brand agar mudah dikenal?

Sebelum menjawab itu, yuk kita pelajari terlebih dahulu apa itu brand? dan apa tujuan dari pembuatan brand itu sendiri?

Pengertian Brand

pahlevi.net

Apa itu brand?

mungkin sebagian orang berfikir brand adalah sebuah merek, brand adalah sebuah kata, simbol, nama atau istilah yang menjadi ciri khas sebuah produk.

Banyak yang menggunakan kata brand atau merek dalam keseharianya, baik itu orang biasa maupun pelaku usaha.

Seringnya kata brand atau merek muncul di masyarakat, tidak semerta-merta membuat mereka dapat memahami arti dari brand itu sendiri. Masyarakat lebih mendefinisikan brand hanya sekedar nama yang menjadi identitas sebuah perusahaan.

Tidak salah apabila mereka beranggapan seperti itu, karena kebanyakan sumber memang menyebutnya seperti itu.

Tetapi tahukah kalian bahwa sebenarnya pengertian brand lebih dari itu. Brand bukan hanya sekedar nama, desain, istilah maupun kata.

Anda pastinya juga tidak setuju apabila kata yang di rancang dengan susah payah, istilah yang dielu-elukan oleh banyak orang, serta simbol yang membuatnya sendiri membutuhkan waktu yang lama, hanya diartikan tidak lebih dari sekedar nama atau desain.

Mungkin anda akan lebih sependapat apabila brand diartikan menjadi apa yang konsumen rasakan dan fikirkan ketika pertama mendengar dan melihat sebuah produk.

Misalnya, “Google”, Apa yang anda fikirkan ketika mendengar kata Google?

Pertama yang difikirkan oleh kebanyakan orang pasti mesin pencarian online yang paling besar, yang dengan menggunakanya anda bisa mencari semua informasi yang anda butuhkan.

Nah, seperti itulah seharusnya makna dari sebuah brand.

Ilustrasi diatas harus menjadi inspirasi bagi anda dalam membuat sebuah brand.

Anda harus membangun sebuah brand, yang mana ketika orang mendengarnya akan langsung terngiang di kepala mereka sesuatu yang menjadi ciri khas produk anda.

Sebelum membahas cara membuat brand sebaiknya anda mengetahui terlebih dahulu tujuan dari pembuatan brand.

Tujuan Membangun Brand

tribunews.com

Produk dengan brand yang kuat akan menjadi daya tarik bagi konsumen.

AQUA contohnya, Aqua merupakan contoh brand produk air mineral kemasan yang sangat terkenal dan dapat bertahan lama.

Sudah sejak tahun 1973 Aqua meluncurkan produknya. Berarti sudah berjalan sekitar 46 tahun lebih AQUA masih tetap eksis sebagai produk air mineral kemasan.

Dari situ kita bisa menganalisis bahwa AQUA merupakan brand yang dapat:

  1. membesarkan produknya
  2. menjadi daya tarik konsumen
  3. dikenal masyarakat
  4. menjadi identitas produk

Setiap pengusaha pastinya memiliki tujuan dalam menciptakan sebuah brand atau merek dagang. Garis besar tujuan mereka bisa kita lihat di analisis yang telah kita lakukan terhadap Brand AQUA di paragraf sebelumnya.

Membesarkan Nama Produk

argiacyber.com

AQUA menjadi Brand terbesar air mineral kemasan. Sebelum adanya aqua, orang tidak mengenal air dalam kemasan. Bahkan tidak ada yang menyangka kalau jualan air dapat menghasilkan keuntungan.

Nah, anda bisa mengambil pembelajaran dari contoh tersebut. Bahwa dengan nama brand yang tepat kita dapat membuat produk menjadi terkenal dan diminati banyak orang.

Menjadi Daya Tarik Konsumen

smartindocemerlangjaya.com

Seperti yang saya sebutkan diatas. Brand yang kuat akan menjadi daya tarik bagi konsumen.

setiap usaha yang menjanjikan tentunya semakin banyak orang yang bersaing di dalamnya. Brand yang bagus harus bisa menjadi daya tarik bagi para konsumen.

Orang akan lebih memilih produk dari brand ternama dari pada produk dari brand yang ecek-ecek. Untuk itu anda perlu membuat brand dengan sebaik mungkin, supaya bisa menjadi salah satu brand ternama dikemudian hari.

Dikenal masyarakat

entrepreneurhub.id

Salah satu tujuan dari brand adalah agar produk dapat dikenal oleh masyarakat luas. Nah, agar produk anda cepat dikenal, brand yang anda buat juga harus mudah diterima oleh masyarakat.

Dari segi kata contohnya, brand harus menggunakan kata yang familiar atau mudah dimengerti oleh semua lapisan masyarakat. Jangan menggunakan kata yang terlalu berat, yang hanya bisa dimengerti oleh kalangan elit. Tapi gunakan kata yang dapat dimengerti oleh semua masyarakat dari anak kecil, dewasa, orang tua, pelajar dan mahasiswa.

Karena tentunya bukan hanya kalangan elit yang akan menjadi target pasar anda. Pastinya anda juga menargetkan orang-orang dengan ekonomi menengah sampai kebawah.

Menjadi Identitas Produk

zonacetakbandung.com

Brand yang bagus akan membuat orang langsung tau produk apa yang dijual hanya dengan melihat nama brandnya. Nah, itu yang anda butuhkan.

Cara Membangun Brand

idmetafora.com

Berikut beberapa cara yang dapat anda terapkan ketika membuat brand

Analisis Target Audiens dan Kompetitor

123rf.com

Langkah pertama yang harus anda lakukan ketika akan membuat brand adalah dengan menganalisis target audiens dan kompetitor.

Sebelum anda membuka usaha tentunya anda sudah memiliki target pasar yang akan menjadi sasaran dari produk yang anda promosikan. Apabila anda belum memiliki gambaran mengenai siapa yang akan menjadi target anda, anda bisa klik disini untuk mempelajari bagaimana cara menentukan target pasar.

Apabila anda bingung menentukan target pasar, anda bisa menganalisa kompetitor. Lakukanlah analisis kompetitor yang menjual produk serupa dengan anda.

Siapa saja orang yang menjadi target kompetitor anda, dan seperti apa brand yang mereka buat untuk menarik perhatian dari konsumenya.

Fokus Menentukan Karakteristik Brand Anda

senyumperawat.com

Fokus dalam satu hal akan menghasilkan sesuatu yang lebih maksimal. Begitu juga dengan membuat brand. Anda harus fokus kepada satu titik karakteristik yang akan anda tonjolkan dalam sebuah brand.

Pertanyaan berikut mungkin akan sering muncul di kepala anda ketika memikirkan sebuah nama brand.

  • Membuat brand dengan unsur nama?
  • membuat brand dengan unsur produk?
  • Membuat brand dengan unsur keduanya?
  • Atau membuat brand tanpa mengandung keduanya?

Anda harus menentukan pilihan dari beberapa pilihan diatas. Memang tidak gampang untuk menentukan sebuah pilihan dengan taruhan kegemilangan sebuah produk dimasa yang akan datang. Tapi anda harus tetap memilihnya agar nantinya dapat memudahkan anda dalam menentukan nama brand.

Tentukan Nama Brand yang Tepat

rostawebs.it

Menentukan nama brand merupkan salah satu hal yang krusial dalam memulai usaha. Pasalnya nama brand akan berpengaruh juga dalam pembuatan logo perusahaan, penentuan nama domain website, marketing, hingga pendaftaran merek dagang.

Brand bukan hanya sekedar nama. Brand memiliki arti dan makna dari sebuah usaha yang dijalankan. Brand digunakan sebagai alat pembeda dan identitas produk sehingga mudah dikenal oleh masyarakat.

Untuk itu penentuan nama brand yang tepat menjadi hal yang penting sebelum kita memulai sebuah usaha.

Buatlah nama brand yang sulit ditiru oleh orang lain.  Gunakanlah nama yang unik, yang belum pernah digunakan. Dan yang paling penting memiliki arti yang luas sehingga mudah diingat dan dikenal oleh masyarakat.

Tentukan Slogan dalam Brand Anda

romadecade.org

Slogan bisa diartikan sebagai faktor pendukung yang berisi sebuah visi misi dari brand anda. Misalnya yamaha dengan sloganya “semakin didepan”.

Buatlah slogan yang singkat tetapi bersifat deskriptif yang dapat mewakili nilai dari sebuah brand agar mudah dikenal oleh masyarakat.

Anda bisa menempatkan slogan sebagai headline di website bisnis, di media sosial bahkan bisa juga ditampilkan di kartu nama yang anda miliki.

Tentukan Keunggulan Brand Anda

blog.sribu.com

Setelah anda menentukan nama brand dan sloganya, cara membuat brand yang selanjutnya adalah dengan menentukan kelebihan dari brand anda.

Kelebihan brand bisa dilihat dari berbagai sudut pandang. Baik itu dari segi estetika dan nilai dari brand itu sendiri.

Agar brand anda terlihat lebih menarik harus didukung dengan desain visual yang keren. Anda bisa menentukan kombinasi warna yang dapat digunakan untuk membuat penampilan brand anda semakin istimewa.

Apabila anda bingung menentukan kombinasi warnanya, anda bisa mencari insprasi warna dengan menggunakan tool stylify.me.

Selain warna, penentuan jenis font juga penting. Anda bisa mencari inspirasi jenis font melalui font pair.

Sedangkan keunggulan brand dari segi nilai ditentukan oleh kualitas produkyang anda tawarkan dan pelayanan yang anda berikan kepada konsumen.

Apabila produk anda berkualitas, dan pelayanan anda juga memuaskan, akan membuat brand anda memiliki keunggulan dibanding brand lainya.

Desain Logo Brand Anda

indosmartdigital.com

Dalam sebuah tutorial cara membuat brand tidak bisa terlepas dari yang namanya desain logo.

Sebagus apapun kata yang anda gunakan, tanpa didukung dengan logo yang keren tidak akan membuat masyarakat tertarik.

orang akan mengenal brand anda melalui logo. Untuk itu anda perlu membuat logo yang menarik dan mudah diingat oleh masyarakat.

Anda bisa membuat logo sendiri atau memakai jasa pembuatan logo. Yang terpenting logo yang dihasilkan dapat mewakili arti dan makna dari usaha anda.

Baca Juga !!!

Cara Membuat Logo Gratis

Kembangkan Nama Brand Anda

89labdesing.com

Membangun sebuah brand tidak berhenti hanya sampai tahap penentuan nama dan pembuatan logo. Anda perlu mengembangkan brand agar semakin besar dan dikenal oleh masyarakat.

Membangun sebuah brand tidak lebih mudah dari membuat brand. Banyak hal yang perlu anda lakukan agar sebuah brand dapat menjadi besar.

Pengenalan

3ddigital.com

Brand yang sudah anda buat harus dikenalkan kepada masyarakat luas. Anda bisa mengenalkanya dengan cara promosi dengan mengunakan berbagai media online yang tersedia

Baca Juga !!!

Cara Promosi yang Efektif

Inovasi

koinworks.com

Seseorang yang ingin sukses dalam bisnis harus terus berinovasi. Dalam dunia bisnis kita akan selalu dihadapkan dengan keinginan-keinginan konsumen. Yang mana keinginan konsumen itu akan selalu berubah seiring dengan berjalanya waktu dan kemajuan teknologi.

Anda harus siap merespon secara cepat keinginan konsumen. Salah satu caranya adalah dengan melakukan inovasi. Inovasi perlu dilakukan untuk menyesuaikan produk kita dengan keinginan pasar. Ketika kita cepat berinovasi maka konsumen akan tetap menggunakan produk kita.

Menjaga Reputasi

koinworks.com

Selalu memberikan pelayanan yang maksimal dan memenuhi keinginan konsumen menjadi kunci untuk menjaga reputasi brand di masyarakat. Brand anda akan semakin berkembang sejalan dengan reputasi brand yang baik di masyarakat.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu

Baca Juga !!!

Cara Jualan di Facebook

Cara Jualan di Instagram

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *