Tutorial Cara Jualan di Lazada : Sangat Mudah untuk Pemula<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6464" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Tutorial Cara Jualan di Lazada : Sangat Mudah untuk Pemula

Cara jualan di Lazada – Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis sudah semakin bertransformasi dari offline menjadi online. Jumlah penjual dan pembeli dalam bisnis online setiap hari semakin meningkat.

Bisnis online bukan hanya merambah pada golongan muda mudi saja, tetapi hampir ke semua kalangan, baik dari anak-anak SMP, SMA, Bapak-bapak, maupun ibu-ibu.

Trasnformasi itu terjadi bukan tanpa sebab.

Bisnis online menawarkan fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan dan membuat proses jual beli semakin efektif dan efisien.

Penjual tidak perlu lagi mengeluarkan modal yang besar untuk membuat lapak atau tempat jualan. Saat ini sudah ada marketplace yang bisa dijadikan sebagai tempat penjual menjajakan daganganya secara online.

Bisnis online juga sangat memungkinkan penjual menjalankan bisnis dengan sistem dropship. Yaitu sistem dimana penjual tidak perlu mengeluarkan uang untuk stok barang.

Pengen jualan online, tapi tidak punya produk ? dropship aja di joindropship.com.

Selain kemudahan yang ditawarkan kepada penjual, bisnis online juga memberikan kemudahan bagi para pembeli.

Dalam bisnis online, pembeli tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk mencari dan membeli barang yang diinginkan. Mereka cukup mengunjungi marketplace yang di dalamnya terdapat semua jenis barang dari setiap toko milik para penjual.

Sangat menarik bukan? hanya dengan marketplace, penjual dan pembeli sudah bisa melakukan proses jual beli tanpa harus bertemu secara langsung.

Sebagai penjual, kita bisa menggunakan beberapa marketplace yang pastinya populer di masyarakat Indonesia. Marketplace yang populer di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada.

Semua marketplace di atas sangat cocok digunakan untuk membantu kita menjalankan bisnis online.

Apabila pada artikel sebelumnya saya membahas mengenai cara jualan online di Shopee, cara jualan online di Bukalapak, cara jualan online di Tokopedia, untuk artikel kali ini  saya akan membahas tentang cara jualan di Lazada.

Sebagai seorang pebisnis online tentunya anda sudah tidak asing lagi dengan marketplace yang satu ini. Secara umum, Lazada hampir mirip dengan marketplace lainya.

Yuk kita bahas lebih jauh mengenai Lazada.

Lazada

kabarjabar.id

Lazada merupakan perusahaan e-commerce yang didirikan pada tahun 2012 oleh Rocket internet dan Pierre Poignant. Marketplace ini didirikan pertama kali di negara Singapura.

Sekitar tahun 2014, Lazada diakuisisi oleh perusahaan e-commerce terbesar di dunia, yakni perusahaan Alibaba Group.

Lazada beroperasi tidak hanya di satu negara tetapi dibanyak negara khususnya di wilayah Asia Tenggara. Negara-negara yang masuk dalam ruang lingkup pasar Lazada adalah negara Indonesia, Malaysia, Filipina, Singapura, Thailand, dan Vietnam.

Sebagai masyarakat Indonesia, mungkin anda lebih mengenal marketplace seperti Shopee, bukalapak dan tokopedia. Saya tidak akan menyalahkan tentang hal itu karena memang ketiga marketplace itu yang lebih menguasai pasar di Indonesia.

Tetapi yang perlu anda ketahui bahwa, sebenarnya masih banyak marketplace lainya yang malah jangkauan pasarnya lebih besar, bahkan sampai ke negara-negara tetangga.

Marketplace itu tidak lain adalah Lazada.

Iya, Lazada bisa membantu anda mendapatkan penghasilan yang lebih tinggi dan pasar yang tentunya akan lebih luas.

Banyak opini yang menyebutkan bahwa, menjadi bagian dari Lazada penuh dengan nuansa suka dan duka yang menyelimuti. Suka duka tersebut mencerminkan adanya sebuah kelebihan dan kekurangan yang ada dalam tubuh Lazada itu sendiri.

Melihat hal tersebut, sebelum saya membahas mengenai cara jualan di Lazada alangkah baiknya saya membahas terlebih dahulu mengenai kelebihan dan kekurangan Lazada baik dari segi penjual maupun pembeli.

Kelebihan Lazada

Sebagai salah satu marketplace yang jangkauan pasarnya sudah mencapai tingkat regional (beberapa negara), tentunya Lazada memiliki kelebihan-kelebihan yang nihil dimiliki marketplace lainya.

Kelebihan itu bisa dilihat dari segi penjual maupun dari segi pembeli.

Kelebihan dari Segi Penjual

  1. Adanya situs/aplikasi khusus untuk penjual, yakni Lazada seller center. Dengan situs khusus penjual tersebut, anda bisa dengan mudah memanajemen bisnis online anda
  2. Perhitungan ongkir secara otomatis. Sistem akan menghitung ongkir secara otomatis dari setiap transaksi. Anda tidak perlu repot-repot untuk menghitung ongkir secara manual, tinggal mencantumkan alamat toko saja.
  3. Feedback positif setiap transaksi. Sistem akan secara otomatis memberikan penilaian yang positif kepada toko anda, apabila pembeli kelupaan untuk memberikan nilai ketika selesai melakukan transaksi.
  4. Bisa mengatur status pembelian, dari mulai menerima pesanan, pengemasan sampai pengiriman
  5. Memudahkan dalam proses pengembalian barang/return dengan adanya fitur alamat khusus untuk pengembalian barang.
  6. Kemudahan dalam membuat akun penjual
  7. Kemudahan dalam menambah produk
  8. Managemen stok yang baik. Ketika produk kita sudah dipesan, tinggal menunggu pembayaran, maka stok akan berkurang sesuai dengan jumlah pesanan tersebut. Apabila pesanan dibatalkan, maka secara otomatis jumlah stok akan kembali seperti semula

Kelebihan dari Segi Pembeli

  1. Tersedia beranekaragam produk. Ketika berkunjung kesebuah lapak, dimana disitu terdapat banyak varian produk yang ditawarkan, tentunya orang akan menafsirkan bahwa toko tersebut besar dan ramai. Begitu juga dengan Lazada, keberagaman produk yang ada di marketplace ini menjadi daya tarik tersendiri untuk para pembeli.
  2. Banyak diskon menarik. Diskon merupakan salah satu strategi pemasaran yang paling ampuh untuk menarik konsumen. Lazada sering kali menerapkan strategi tersebut, seperti memberikan diskon 10%, bahkan bisa mencapai angka 30% untuk diskonya sendiri.
  3. Website stabil. Lazada jarang mengalami maintenance dan anti terhadap lag.
  4. Barang dikirim maksimal 2 hari diuku dari waktu pembayaran.
  5. Sering ada promo-promo yang menarik.
  6. Ada program bebas ongkos kirim
  7. Selain barang dikirim menggunakan jasa pengiriman, bisa juga dengan cara COD (Cash On Delivery)
  8. Pengiriman barang juga terbilang cepat

Kekurangan Lazada

Semua hal yang memiliki kelebihan tentunya juga memiliki kekurangan, walaupun mungkin itu sedikit sekali. Meskipun didukung dengan banyaknya kelebihan yang ditampilkan, tetap saja yang namanya ciptaan manusia pastinya memiliki kekurangan.

Seperti halnya dengan Lazada, aplikasi tersebut juga memiliki beberapa kekurangan, baik itu dari segi penjual maupun pembeli.

Kekurangan dari Segi Penjual

  1. Aktifasi pendaftaran akun. Aktifasi pendaftaran sebagai seorang penjual di Lazada terbilang sedikit lebih sulit dibandingkan marketplace lainya.
  2. Managemen tidak transparan.
  3. Retur barang tanpa adanya konfirmasi. Ketika ada pembeli yang komplain terhadap suatu produk, dan berusaha untuk mengebaikan ke penjual, pihak lazada langsung menerima komplain tersubut dan mengembalikan produk tersebut ke penjual tanpa konfirmasi terlebih dahulu dengan penjual.

Kekurangan dari Segi Pembeli

  1. Konfirmasi Pembayaran Cukup Lama. Bisnis online rawan akan adanya penipuan, oleh karena itu pembeli sangat mengharapkan respon yang cepat dari para penjual. Ketika penjual merespon agak lama, pikiran dari pembeli sudah kemana-mana. Oleh karena itu, apabila anda berjualan di Lazada janganlah mengikuti oknum yang slow respon terhadap pembeli.
  2. Fasilitas COD belum efektif. Fasilitas ini hanya bisa digunakan di beberapa kota saja. Tidak semua kota bisa menerapkan fasilitas COD. Mungkin kedepanya bisa lebih diperluas lagi.

Cara Jualan di Lazada

rijal09.com

Apakah anda seorang pelaku bisnis pemula? Jika iya, apakah anda juga memiliki kesulitan untuk memulai bisnisnya? apabila jawabanya “iya”, itu sangatlah wajar.

Kenapa? karna kebanyakan orang yang baru mencoba suatu bisnis, apalagi bisnis online, tentunya akan dihadapkan dengan kesulitan dalam memulai.

Baik itu kesulitan dalam mencari suplier, target pasar, mencari pelanggan, maupun menentukan media online untuk berjualan.

Jika anda berkeinginan untuk jualan online di Lazada, dan kebetulan mengalami kesulitan dalam cara jualan di Lazada, anda sangat tepat mengunjungi artikel ini.

Kenapa?

Iya diartikel ini akan membuat gamblang pikiran anda dengan ditampilkanya beberapa cara jualan di lazada yang akan sangat mudah anda pahami.

Membuat Akun

Cara jualan di Lazada yang pertama adalah dengan membuat akun terlebih dahulu.

Setiap marketplace mewajibkan penjual membuat akun terlebih dahulu, sebagai tanda pengenal atau alat untuk loging ke dalam aplikasi tersebut, begitu juga dengan lazada.

Anda diwajibkan memiliki akun untuk login ke lazada sebagai penjual. Bagaimana cara membuat akun di Lazada?

1. Kunjungi Lazada Seller Center

Langkah pertama yang harus anda lakukan adalah dengan mengunjungi situs resmi dari lazada khusus untuk penjual. Situs tersebut bernama Lazada Seller Center.

Klik di sini untuk mengunjungi situs tersebut.

Anda akan melihat tampilan seperti dibawah ini ketika membuka link situs tersebut.

Disitu, anda diwajibkan mengisi alamat email dan kata kunci. Jika anda sudah memiliki alamat email dan kata kunci yang telah didaftarkan ke Lazada, anda tinggal mengisi kedua kolom tersebut.

Apabila anda belum mempunyai alamat email dan kata kunci yang digunkan untuk mengisi kedua kolom tersebut, anda bisa klik “menjadi penjual” yang tulisanya berada di bawah kolom.

Klik “menjadi penjual” merupakan langkah awal untuk membuat akun Lazada.

2. Klik “Daftar Sebagai Penjual Lazada”

Setelah anda melalui tahapan di atas, anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini.

Pada tampilan tersebut anda dihadapkan dengan 3 pilihan. Pilihan yang pertama adalah, daftar sebagai penjual LazMall, kedua daftar sebagai penjual Lazada, dan yang ketiga adlah daftar sebagai penjual Laz Global.

Berhubung anda disini ingin jualan di Lazada, maka yang perlu anda pilih dari ketiga pilihan tersebut adalah “daftar sebagai penjual Lazada”

3. Klik “Daftar “

Ketika sudah muncul tampilan seperti di bawah ini,

Tahap pertama yang harus anda lakukan adalah pilih “perorangan” disamping menu jenis akun. Jika anda berdomisili di Indonesia, maka pilihlah Indonesia sebagai negara yang mengisi kolom lokasi toko.

Masukan nomor telefon anda, usahakan nomor yang anda masukan adalah nomor yang masih aktif dan terpasang di hp anda. Nomor tersebut berfungsi untuk menerima beberapa kode verifikasi yang akan anda butuhkan kedepanya.

Langkah selanjutnya centang kotak yang ada disamping tulisan “saya telah membaca, memahami dan menyetujui perjanjian marketplace lazada & perjanjian jasa logistik”.

Apabila anda belum mengetahui apa isi perjanjian tersebut, anda bisa mempelajarinya terlebih dahulu dengan menekan link yang ada di tulisan tersebut.

Pastikan anda memahami perjanjian itu sebelum anda memutuskan untuk memberikan tanda centang pada kotakan yang sudah disediakan.

Langkah terakhir pada tahap ini adalah dengan menekan menu “daftar” yang ada di bagian bawah.

4. Login

Masuklah menggunakan alamat email ataupun nomor telefon yang sudah anda gunakan untuk membuat akun.

5. Isi Informasi Toko

Sebelum anda menguggah produk yang akan dijual, hal pertama yang harus anda lakukan setelah login adalah melengkapi informasi diri anda dan toko anda.

Klik nama anda di bagian pojok kanan atas kemudian klik menu profil. Anda akan menemukan tampilan seperti di bawah ini.

Informasi Umum

Pada Informasi umum, terdapat beberapa sub yang harus anda lengkapi. Sub-sub informasi tersebut berupa informasi bisnis, informasi penjual, akun bank, dan alamat. Untuk alamat disini dibagi menjadi 2 bagian, yakni alamat gudang dan alamat pengembalian. Istilah alamat gudang dengan alamat toko anda, sebagai tempat asal pengiriman produk.

  • Informasi Penjual : berisi data diri anda sebagai penjual. Isilah kolom-kolom yang disediakan dengan sebenar-benarnya, supaya tidak menimbulkan indikasi kejahatan online.
  • Informasii Bisnis : Berisikan informasi mengenai bisnis yang anda jalankan.
  • Akun Bank : Masukanlah rekening bank yang akan anda gunakan untuk melakukan transaksi melalui Lazada. Disini anda diwajibkan memiliki rekening bank, karena rekening bank menjadi satu-satunya alat pembayaran aplikasi tersebut kepada anda.
Logo Penjual

Seperti halnya di marketpalace lainya, anda juga dipersilahkan untuk meampilkan logo dari toko anda.

Jika anda belum memiliki sebuah logo, anda bisa dengan membuatnya terlebih dahulu menggunakan aplikasi Canva di android atau corel draw di PC.

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Logo menggunakan Canva

Pengiriman

Lazada hanya menyediakan 2 alternatif jasa pengiriman yang utama, yaitu JNE dan JNT. Namun, apabila anda menghendaki untuk menambah alternatif jasa pengiriman, anda juga bisa menambahkan jasa pengiriman yang ingin anda pilih.

Anda juga bisa mengatur informasi atau hal lain yang dapat memudahkan bisnis anda, caranya gimana?

Klik nama toko yang ada di pojok kanan atas, semua jenis pengaturan ada disitu.

Menambahkan Produk di Lazada

Setelah semua informasi dan pengaturan dinilai cukup, langkah selanjutnya untuk cara jualan di Lazada adalah dengan menambahkan poduk.

Inti dari jualan itu sendiri adalah menampilkan atau menjajakan produk yang anda miliki kepada konsumen atau pembeli. Jika menjaakan produk secara offline anda hanya perlu pergi kepasar atau membuat ruko untuk jualan, di bisnis online sedikit berbeda.

Anda sama-sama memperlihatkan produk kepada konsumen, tapi disini yang diperlihatkan bukanlah roduk dalam tampilan yang sebenarnya, melainkan hanya sebuah foto dari produk yang ditawarkan.

Berhubung pembeli nantinya hanya akan melihat foto produknya bukan produknya, maka anda perlu memberikan informasi dan deskripsi produk yang sebenar-benarnya dan membuat calon pembeli yakin untuk membeli produk anda.

Jangan sampai apa yang anda deskripsikan tidak sesuai dengan apa yang ada di produk tersebut.

Lalu cara upload produknya bagaimana?

1. Klik Produk

Menu produk berada dipojok kiri atas, langkah pertama untuk mengunggah produk adalah dengan menakan menu produk dan selanjutnya pilihlah menu tambahkan produk.

2. Isi Informasi Produk

Isilah informasi produk dari mulai nama, kategori, merek, deskripsi pendek, deskripsi panjang.

Tambahkan satu saja foto produk di deskripsi panjang, serta isilah informasi lainya yang meliputi kondisi produk, varian, berat, warna, dll.

Pastikan semua informasi produk terisi dengan sebenar-benarnya sebelum nantinya anda menekan tombol simpan sebagai tanda produk anda sudah berhasil di upload ke Lazada.

Setelah produk anda berhasil masuk ke lazada, anda tinggal menunggu pesanan masuk ke akun lazada anda. Supaya lebih mudah dalam memantau notifikasi dari Lazada, anda bisa mengunduh aplikasi seller center lazada yang ada di play store android anda.

Klik di sini untuk dowload aplikasi tersebut.

Sangat mudah bukan cara jualan di Lazada? Tunggu apalagi, yuk segera praktekan !!!

BACA JUGA !!!

Cara Daftar Ongkir Gratis Shopee

Tips Upload Produk di Tokopedia

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *