Mudah: 3 Cara Jualan di Grup Facebook<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-7320" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Mudah: 3 Cara Jualan di Grup Facebook

Jualan online dengan menggunakan grup Facebook merupakan salah satu cara jualan online di Facebook yang populer dan tentunya menguntungkan. Seperti yang telah diketahui bersama, bahwasanya jualan online di Facebook memiliki banyak opsi dan tempat. Anda dapat jualan di Beranda Facebook, di halaman Facebook, Marketplace Facebook, serta yang populer adalah jualan online di Grup Facebook.

Cara Jualan di grup Facebook terbilang mudah dan cocok untuk para pemula. Selain prosesnya yang mudah, jualan di grup Facebook juga tidak memerlukan biaya apapun. Anda hanya diharuskan untuk memiliki kuota internet ketika akan upload foto ke grup, selebihnya gratis dan tidak ada biaya tambahan apapun.

Pernahkah sebelumnya anda mengenal yang namanya grup Facebook? jangan sampai anda ingin belajar cara jualan di grup Facebook tetapi anda sendiri belum tau apa itu grup Facebook.

Facebook merupakan salah satu aplikasi yang di dalamnya menyediakan fitur grup, selain media sosial Whatsapp. Jika di Whatsapp grup difungsikan sebagai wadah untuk mengumpulkan beberapa orang menjadi satu kesatuan, sehingga ketika satu orang membagikan informasi semua orang yang ada di grup akan tau. Begitu juga cara kerja grup di Facebook.

Grup di Facebook merupakan sebuah fitur yang mewadahi beberapa atau banyak akun Facebook tergabung menjadi satu tempat yang dinamakan grup. Ketika ada satu orang yang membagikan kriman, memberikan like dan komentar, maka semua akun Facebook yang tergabung akan mendapatkan notifikasi atau pemberitahuan.

Jadi intinya, semua informasi yang ada di grup tersebut dapat di ketahui oleh semua orang yang tergabung dalam grup. Dengan demikian, keefektifan dan keefisiensian dalam memberikan informasi mudah direalisasikan, karena memang dalam satu kali posting, semua anggota grup akan tau.

Melihat dari sistem kerja tersebut, maka tidak jarang apabila pelaku bisnis online menjadikan grup Facebook sebagai media untuk berjualan. Selain mudah dan gratis, jangkauan pemirsanya juga besar (sesuai jumlah anggota grup).

Ada beberapa jenis grup yang bisa anda gunakan

Jenis Grup Facebook

dailysosial.id

Secara garis besar, dilihat dari sifat grupnya, ada 2 jenis grup yang ada di Facebook:

1. Grup Terbuka (Public Grup)

Grup dikatakan besar ketika grup tersebut memiliki banyak anggota dan aktif dalam berinteraksi setiap harinya. Model grup terbuka sangat cocok dimiliki untuk mempermudah dan mempercepat pertambahan anggota grup.

Disebut sebagai grup terbuka artinya adalah ketika ada seseorang pemilik akun Facebook ingin bergabung dengan grup tersebut, ia bisa langsung gabung tanpa harus meminta persetujuan dari admin grup tersebut. Hanya tinggal menekan tulisan gabung, maka ia akan secara otomatis tergabung dengan grup.

Settingan grup juga bisa anda rubah sendiri antara komunikasi searah atau 2 arah. Apabila jenis komunikasi yang anda kehendaki hanya searah, maka hanya anda dan admin yang anda berikan kuasa yang hanya bisa membagikan postingan. Atau dengan kata lain, anggota grup tersebut tidak bisa ikut posting, hanya bisa memberikan komentar dan like.

Namun apabila jenis komunikasinya  arah, maka anggota grup selain bisa memberikan komentar dan like, mereka juga bisa mengirimkan postingan.

2. Grup Tertutup

Grup tertutup sifatnya lebih privasi dan hanya orang-orang yang anda kehendaki saja yang bisa masuk dalam grup tersebut. Maksud dari orang-orang yang anda kehendaki adalah orang-orang yang sengaja anda undang untuk menjadi anggota grup atau bisa juga orang yang meminta untuk bergabung dengan grup tersebut dan menerima persetujuan dari anda.

Perlu diketahui bahwaanya, ketika sifat grup anda tertutup, maka tidak semua orang bisa dengan mudah otomatis tergabung dengan grup tersebut. Meskipun mereka sudah menekan menu bergabung, tetap saja tidak akan secara otomatis langsung bergabung. Mereka bisa bergabung ketika anda sebagai admin menyetujui permintaan mereka untuk bergabung dengan grup.

Sekarang sudah tau kan jenis grp di Facebook. Lalu bagaimana sih cara jualan di grup Facebook supaya tingkat penjualan bertambah dari sebelumnya. Yuk simak beberapa tips berikut ini.

Cara Jualan di Grup Facebook

trikbisnisonline.com

Seperti tips jualan pada umumnya di media jualan online lainya, cara jualan di grup Facebook juga tidak banyak berbeda, masih sama-sama mudah untuk dipraktekan. Sebelumnya saya ingin memberikan informasi bahwasanya ada 2 opsi untuk jualan online di grup facebook. Opsi yang pertama adalah membuat grup sendiri kemudian jualan di situ. Opsi yang kedua yaitu bergabung dengan grup yang sudah ada, seperti grup jual beli online dan lain-lain dan kemudian lakukan penjualan di situ.

Berikut saya paparkan tentang cara jualan di grup Facebook yang mana grup tersebut anda buat sendiri:

Buat Grup di Facebook

webaik.com

Cara jualan di grup Facebook yang pertama adalah dengan membuat grup terlebih dahulu. Meskipun anda bisa berjualan di grup yang sudah ada, yakni dengan cara bergabung dengan grup tersebut, akan tetapi akan lebih efektif jika anda membuat grup jualan sendiri.

Dengan membuat grup jualan di Facebook, anda bisa dengan leluasa memanajemen dan mengatur grup tersebut, dari segi tampilan, postingan, status grup (bisa terbuka atau tertutup), dll.

Klik di sini untuk mengetahui bagaimana cara membuat grup di facebook

Setelah grup anda buat, langkah selanjutnya yakni mencari dan mengundang teman-teman anda dan oang lain untuk mengikuti grup yang sudah anda buat. Undanglah orang sebanyak mungkin, semakin banyak orang yang tergabung dengan grup anda, maka akan semakin banyak juga orang yang melihat postingan anda di grup.

Memberikan Edukasi

oketekno.com

Cara jualan di grup Facebook memang terbilang mudah, akan tetapi anda perlu mengetahui tips dan trik supaya penjualan tesebut juga pada akhirnya dapat mencapai titik maksimal. Berjualan tanpa adanya strategi akhirnya hanya akan buang-buang waktu dan tidak mendapatkan respon baik dari calon konsumen.

Jika anda membuat grup Facebook dari awal pembuatan sampai akhir hanya diberi postingan tentang promosi dan jualan, tidak butuh waktu lama anggota grup anda akan habis. Anda akan dianggap spam dan buang-buang waktu. Oleh karena itu, sebelum anda memposting promosi, postinglah dulu konten-konten yang bermanfaat bagi anggota grup anda.

Seperti contoh, panduan cara jualan online, tips jualan online, cara mengetahui toko online yang jujur dll. Selain konten, anda juga bisa membagikan vidio-vidio inspirasi dan motivasi.

BACA JUGA !!!

Cara Promosi untuk Tingkatkan Penjualan

Mulai Jualan

panduanim.com

Setelah anda berbagi ilmu dan pengetahuan sekian lama kepada anggota grup, didukung dengan semakin banyaknya juga anggota grup yang tergabung, barulah anda mulai jualan. Jualan dengan cara memposting promosi produk yang berupa foto dan deskripsi beserta kalimat promosi.

Melakukan postingan promosi juga tetap harus memperhatikan kaidah yang dibenarkan. Jangan sampai dalam setiap hari anda melakukan postingan melebihi 5 postingan. Normalnya dalam sehari ya lakukanlah 3 kali postingan promosi dan 2 kali postingan yang berupa edukasi atau konten.

Jangan sampai dalam satu hari itu postingan anda hanya berupa promosi saja, sisipilah postingan yang mengandung edukasi seperti yang telah saya contohkan di atas.

Demikian cara jualan di grup Facebook yang bisa saya berikan. Semoga dapat bermanfaat

Selamat mencoba !!!!

BACA JUGA !!!!

Cara Jualan Online di Facebook

Cara Membuat Akun Facebook

Cara Upload Foto di Facebook

Cara Jualan di Fanpage Facebook

 

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *