6 Cara Jualan di Fanpage Facebook :100% Tingkatkan Penjualan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6530"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> 5/5</span> <span class="count"> (3) </span> </span>

6 Cara Jualan di Fanpage Facebook :100% Tingkatkan Penjualan

Cara jualan di fanpage Facebook– Siapa sih yang tidak tahu dengan media sosial yang satu ini? generasi millenial yang sarat akan teknologi pastinya tidak asing lagi dengan aplikasi Facebook.

Bahkan bisa anda ibaratkan dari 100 orang generasi millenial, 95 orangnya sudah menggunakan media sosial khususnya Facebook. Dari ilustrasi tersebut bisa anda bayangkan, betapa populernya aplikasi Facebook pada saat ini.

Pengguna Facebook selalu bertambah dari tahun ke tahun. Berdasarkan reset yang dilakukan oleh perusahaan media We Are Social yang bekerja sama dengan Hootsuite, menyebutkan bahwa 150 juta orang di Indonesia menggunakan Facebook.

Dengan angka tersebut, menjadikan Facebook sebagai media sosial yang memiliki pengguna terbesar di Indonesia.  Bukan hanya itu, hasil reset itu juga membuat Indonesia menjadi negara dengan pengguna Facebook terbesar no 4 di Dunia.

Fakta itu didukung dengan kemudahan dalam mengakses Aplikasi Facebook, baik dari segi pembuatan akun maupun penggunaanya.

Sebagai salah satu media sosial paling populer di Indonesia, Facebook menjadi aplikasi yang sangat prospek jika digunakan sebagai media jual beli online. Sampai saat ini, tidak sedikit orang yang mencoba keberuntungan dengan menjajakan dagangnya di aplikasi yang sebenarnya bukan difungsikan untuk bisnis online.

Semakin kesini semakin banyak orang yang tertular untuk ikut mengadu nasib dengan melakukan proses jual beli online di Facebook.

Kondisi tersebut membuat petinggi Facebook melakukan inovasi besar-besaran untuk dapat merespon tingkah laku pengguna yang mulai berubah. Dari yang tadinya Facebook hanya dijadikan tempat untuk berbagi status, sekarang sudah marak digunakan sebagai tempat jual beli online.

Inovasi yang dilakukan adalah dengan menambahkan fitur-fitur yang khusus digunakan untuk jual beli online, seperti marketplace Facebook dan Fanpage.

Fanpage Facebook

youtube.com

Fanpage Facebook merupakan sebuah fasilitas yang disediakan untuk membantu pengorganisasian bisnis dan jual beli online agar lebih rapih dan profesional. Adapun beberapa fungsi dari fanpage Facebook itu sendiri seperti di bawah ini.

1. Fitur untuk Bisnis

Maraknya bisnis online yang merambah media sosial membuat facebook yang merupakan salah satu dari media sosial yang ada membuat sebuah terobosan baru. Dimana terobosan tersebut menghasilkan sebuah fitur baru yang dinamakan dengan fanpage atau halaman Facebook.

Fanpage diciptakan khusus untuk memudahkan pengorganisasian baik itu bisnis online, organisasi atau perkumpulan-perkumpulan lainya.

2. Fans Unlimited

Apabila di Facebook anda hanya dibatasi dengan 5000 pertemanan. Dengan menggunakan fanpage, anda bisa memiliki fans atau pengikut tidak terhingga.

Sehingga sangat cocok dan menguntungkan apabila anda menggunakan fanpage sebagai media untuk bisnis karena memungkinkan untuk menjangkau target pasar secara tidak terbatas.

3. Bersifat Khusus

Fanpage bersifat khusus. Ketika anda menjadikan fanpage sebagai media untuk bisnis online, maka fanpage tersebut hanya akan berisi tentang bisnis yang anda jalankan.

Sehingga tidak akan tercampur antara kepentingan anda pribadi dengan postingan yang berupa promosi jualan. Anda bisa membuat kiriman pribadi di Facebook, dan anda juga secara bersaman bisa membuat postingan promosi di Fanepage Facebook.

Cara Jualan di Fanpage Facebook

mitologimedia.com

Jualan online di Fanpag Facebook berbeda dengan jualan online di marketplace-marketplace yang anda ketahui seperti Shopee, Bukalapak, Tokopedia dan lainya. Fanpage Facebook bisa dikatakan hampir sama  seperti Instagram yang harus memiliki pengikut.

Yuk simak selengkapnya mengenai cara jualan di fanpage Facebook berikut ini.

1. Buatlah Halaman Fanpage Facebook

thenextmarketers.com

Cara jualan di fanpage Facebook yang pertama tidak lain dan tidak bukan adalah dengan membuat halaman facebook terlebih dahulu. Sudah tau kan cara membuat halaman Facebook?

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Halaman Facebook

Membuat halaman Facebook bukanlah hal yang membutuhkan waktu lama, hanya sekitar 10 menit halaman Facebook anda sudah bisa untuk digunakan.

Jangan lupa juga untuk melengkapi informasi mengenai halaman tersebut, seperti nama halaman, kategori bisnis, alamat, situs web, nomor telefon yang bisa dihubungi dll.

2. Tentukan Isi Fanpage

Meskipun mungkin anda membuat halaman Facebook tujuan utamanya adalah untuk berjualan, tapi jangan lupakan bahwa isi konten dari sebuah halaman juga penting untuk optimasi halaman.

Orang akan cenderung merasa jenuh apabila setiap saat dijejali dengan postingan promosi. Alangkah baiknya apabila anda juga menyisipkan postingan yang berupa konten.

Konten di sini juga harus anda perhatikan, jangan hanya sekedar membuat konten tanpa adanya tujuan yang jelas. Sesuaikan konten anda dengan kategori bisnis yang anda jalankan.

Misalkan tentang bisnis online, anda bisa mensisipi konten seperti cara jualan online, cara mengatasi penipuan dalam jual beli online, cara menjalankan bisnis online yang baik dan pembahasan-pembahasan lain yang berkaitan dengan bisnis anda.

Apabila konten tersebut dlengkapi dengan foto atau vidio, usahakan foto atau vidio itu memiliki kualitas yang bagus.

3. Promosikan Fanpage Facebook

blog.xendit.co

Seperti yang telah saya sebutkan di atas, bahwa Fanpage Facebook sistem kerjanya hampir mirip seperti Instagram. Postingan-postingan anda akan muncul di beranda orang-orang yang mengikuti halaman anda. Tentunya, semakin banyak pengikut semakin luas juga jangkauan postingan anda.

Dalam hal memromosikan Fanpage, ada 2 cara yang bisa anda lakukan. Cara yang pertama adalah dengan menggunakan promosi berbayar, dan cara kedua dengan menggunakan fitur undang teman.

Tetapi saya lebih menyarankan untuk menggunakan fitur undang teman saja. Anda bisa mengundang semua teman untuk menyukai fanpage baru anda.

4. Rutin dalam Mengunggah Kiriman

Memulai tidak lebih sulit dibandingkan dengan kekonsistenan. Terkadang diawal-awal kita rajin melakukan promosi dan membagikan konten-konten yang bermanfaat. Tetapi lama kelamaan penyakit malas akan mempengaruhi anda untuk berbuat inkonsisten.

Tantangan anda adalah bagaimana caranya untuk menjaga supaya anda tidak malas dan tetap rutin melakukan postingan di fanpage.

Jangan sampai ketika fanpage anda sudah ramai dikunjungi oleh calon pembeli, malah anda berhenti melakukan postingan-postingan. Itu akan membuat calon pembeli meninggalkan fanpage anda.

Jangan sampai calon pembeli meninggalkan fanpage anda karena ketidak aktifan dan ketidak profesionalan anda dalam mengelola fanpage tersebut.

5. Berikan Kesempatan Orang Lain untuk Ikut Jualan

kompasiana.com

Fanpage Facebook memiliki 2 sifat, yakni sifat publik dan tertutup. Untuk sifat publik berarti semua orang bisa ikut berpartisipasi melakukan postingan di halaman anda. Untuk sifat tertutup, berarti hanya anda dan orang-orang yang anda kehendaki saja yang bisa mengirimkan postingan ke halaman tersebut.

Berilah kesempatan kepada orang lain yang ingin ikut mengirimkan postinganya di halaman anda. Dengan demikian, halaman anda akan semakin ramai dan variatif dalam setiap postinganya.

6. Aktif Berinteraksi

liputan6.com

Interaksi tidak hanya bisa anda lakukan di dunia nyata, di dunia maya pun anda masih bisa berinteraksi dengan pengguna lain dengan cara memberikan like dan komen dalam setiap status.

Interaksi itupun berlaku ketika anda berjualan di fanpage. Anda harus rajin-rajin membalas komen dan memberikan like kepada kiriman orang lain yang diposting di halaman Facebook anda.

Aktif berinteraksi akan memberikan kesan kepada calon pembeli bahwa fanpage anda terlihat aktif dan cepat respon terhadap setiap pertanyaan calon pembeli yang dilontarkan melalui komentar.

Itulah tadi beberapa cara jualan di fanpage Facebook supaya banjir orderan. Seiring anda berjualan, anda akan menemukan dengan sendirinya cara-cara lain yang mungkin lebih efektif untuk meningkatkan penjualan.

Karena pengetahuan yang didapatkan dari pengalaman pribadi akan lebih berhasil anda terapkan dari pada pengetahuan yang anda peroleh dari literatur.

Oleh karena itu, segeralah mempraktekan cara jualan di fanpage Facebook yang telah anda pelajari beberapa menit yang lalu.

Selamat mencoba, semangat dan sukses selalu!!!

Baca Juga !!!

Cara Membuat Akun Facebook

Cara Menghasilkan Uang dari Facebook

Cara Upload Foto di Facebook

Cara Jualan Online di Facebook

Yuk Nilai

3 Comments

  1. Tambahan sedikit.
    Lakukan secara konsisten dan juga percaya bahwa barang yang kita promosikan ini bernilai jual di masyarakat

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *