Cara Ikut Flash Sale Tokopedia: Langkah Cepat Tingkatkan Penjualan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6429" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia: Langkah Cepat Tingkatkan Penjualan

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia – Tidak bisa dipungkiri bahwa dunia bisnis sudah semakin bertransformasi dari offline menjadi online. Jumlah penjual dan pembeli dalam bisnis online setiap hari semakin meningkat.

Bisnis online bukan hanya merambah pada golongan muda mudi saja, tetapi hampir ke semua kalangan, baik dari anak-anak SMP, SMA, Bapak-bapak, maupun ibu-ibu.

Trasnformasi itu terjadi bukan tanpa sebab.

Bisnis online menawarkan fasilitas-fasilitas yang dapat memudahkan dan membuat proses jual beli semakin efektif dan efisien.

Penjual tidak perlu lagi mengeluarkan modal yang besar untuk membuat lapak atau tempat jualan. Saat ini sudah ada marketplace yang bisa dijadikan sebagai tempat penjual menjajakan daganganya secara online.

Bisnis online juga sangat memungkinkan penjual menjalankan bisnis dengan sistem dropship. Yaitu sistem dimana penjual tidak perlu mengeluarkan uang untuk stok barang.

Pengen jualan online, tapi tidak punya produk ? dropship aja di joindropship.com.

Selain kemudahan yang ditawarkan kepada penjual, bisnis online juga memberikan kemudahan bagi para pembeli.

Dalam bisnis online, pembeli tidak perlu repot-repot pergi ke pasar untuk mencari dan membeli barang yang diinginkan. Mereka cukup mengunjungi marketplace yang di dalamnya terdapat semua jenis barang dari setiap toko milik para penjual.

Sangat menarik bukan? hanya dengan marketplace, penjual dan pembeli sudah bisa melakukan proses jual beli tanpa harus bertemu secara langsung.

Sebagai penjual, kita bisa menggunakan beberapa marketplace yang pastinya populer di masyarakat Indonesia. Marketplace yang populer di Indonesia seperti Shopee, Tokopedia, Bukalapak dan Lazada.

Semua marketplace di atas sangat cocok digunakan untuk membantu kita menjalankan bisnis online.

Khusus untuk anda yang berjualan di Tokopedia, tentunya mengenal yang namanya flash sale bukan? Apakah anda termasuk orang yang sudah pernah ikut program flash sale?

Ataukah mungkin anda pernah mendapatkan undangan untuk mengikuti program flash sale tapi bingung cara mendaftarnya?

Yuk pelajari cara ikut flash sale Tokopedia !!!

Apa Itu Flash Sale?

seller.tokopedia.com

Flash sale merupakan sebuah program terbaru dari tokopedia dimana penjual bisa memberikan promo atau potongan harga kepada pembelinya. Promo atau potongan harga tersebut bisa diberikan sesuai dengan jangka waktu yang ditentukan oleh Tokopedia.

Untuk saat ini, program tersebut ditampilkan sehari 3 kali, yakni pada jam 08.00 WIB, 12.00 WIB, dan jam 17.00 WIB.

Adapun beberapa keuntungan yang akan didapatkan oleh penjual ketika mengikuti program flash sale tersebut:

  • Ketika anda mengikuti flash sale, produk yang anda ikutkan akan muncul dihalaman depan tokpedia, sehingga sangat memungkinkan produk anda untuk dilihat banyak orang.
  • Dengan banyakya orang yang melihat produk anda, peluang terjual produk tersebut akan semakin besar.
  • Toko akan mendapatkan skor produk dan poin reputasi toko yang tinggi. Semakin banyak penjualan yang dilakukan oleh sebuah toko online, akan semakin tinggi juga poin reputasi toko anda. Tingginya poin reputasi toko akan lebih meyakinkan pelanggan untuk membeli produk dari toko anda.
  • Anda mungkin sudah pernah mempelajari cara promosi, nah inilah salah satu cara untuk mempromosikan produk unggulan anda secara efektif dan efisien.

Kriteria Produk Flash Sale Tokopedia

rinditech.com

Tidak sembarangan produk dapat anda daftarkan di program flash sale tokopedia. Ada beberapa kriteria yang perlu diperhatikan sebelum anda memutuskan untuk ikut program tersebut.

7 kriteria di bawah ini akan membuat produk anda lolos mengikuti program flash sale tokopedia.

1. Kriteria Harga

  • Harga awal produk harus lebih tinggi dari harga akhir produk setelah mendapatkan diskon, atau bisa dikatakan juga bahwa harga akhir tidak boleh melebihi harga awal produk sebelum mendapatkan potongan harga.
  • Potongan harga yang diberikan harus sesuai dengan kategori yang ada.
  • Tidak boleh merubah harga akhir yang sudah diajukan dengan memberikan harga yang lebih rendah.
  • harga awal produk tidak boleh dinaikan terlebih dahulu sebelum mendaftar flash sale.
  • Harga minimal produk setelah mendapatkan diskon adalah Rp. 100 dan maksimalnya adalah Rp. 50.000.000

Contoh:

Harga awal Rp. 75.000 – harga setelah ikut flash sale menjadi Rp. 41.250 (diskon 45%)

2. Kriteria Foto

  • Terbebas dari adanya tulisan yang menutupi foto produk, sepeti watermark atau sejenisnya.
  • Foto harus memiliki kualitas yang bagus, baik itu dari resolusi, ketajaman, tidak adanya blur, pencahayaan cukup, backgroand rapih serta posisi produk dalam foto terlihat pas atau sesuai.

3.  Kriteria Judul dan Deskripsi Produk

  • Pemberian judul harus disesuaikan dengan jenis produknya, jangan sampai judul dan produk tidak sesuai.
  • Menggunakan kata kunci yang sering digunakan untuk mencari produk terkait, dan jangan menyalahgunakan kata kunci pada judul yang anda gunakan.
  • Tidak menyebutkan jasa kirim atau kurir tertentu dalam deskripsi produk
  • Tidak mencantumkan nomor telefon dan nomor rekning dalam deskripsi produk
  • Isilah deskrisi produk secara jelas, informatif dan tidak mengada-ada tau sesuai dengan kondisi nyata dari produk yang anda tawarkan.
  • Untuk menentukan judul atau nama produk, gunakanlah rumus yang baik.
  1. Jenis Produk + Merek Produk + Keterangan Produk + dan Kalimat promosi.
  2. Merek Produk + Jenis produk + Keterangan produk + dan kalimat Promosi.

4. Ketentuan Stok Produk

Stok produk menjadi hal yang penting dalam mengikuti program flash sale Tokopedia. Jangan sampai produk yang anda ikutkan diprogram tersebut stoknya terbatas (kosong).

Bisa saja toko anda mendapatkan rating yang sangat jelek karena gagal memberikan pelayanan dan kepuasan kepada konsumen yang akan membeli produk anda.

Oleh karena itu, untuk mengantisipasi terjadinya hal buruk seperti itu, tokopedia telah memberikan ketentuan batas minimal stok barang yang bisa diikutkan dalam program flash sale, yakni sebanyak 5 unit.

Usahakan stok produk anda lebih dari 5 unit, untuk berjaga-jaga apabila produk tersebut laris manis terjual ketika mengikuti program flash sale.

5. Kriteria Jenis Produk

  • Amatilah kondisi pasar online saat ini, carilah produk-produk yang banyak dicari oleh konsumen saat ini, dan daftarkan segera produk tersebut ke program flash sale!.
  • Daftarkanlah produk terbaru dan produk unggulan dari toko anda.
  • Hari-hari khusus dan peringatan-peringatan khusus seperti natal, tahun baru, lebaran, dll menjadi momen yang pas untuk mendaftarkan produk yang sesuai dengan momen itu ke program flash sale.

6. Persyaratan Sistem

  • Mengharuskan toko yang mengikuti program tersebut merupakan toko yang masih aktif.
  • Jangan daftarkan SKU yang sudah tidak aktif, pastikanlah SKU yang didaftarkan masih dalam kondisi aktif.
  • Tidak mengaktifkan harga grosir
  • 1 periode flash sale terdiri dari 7 hari, dan selama 1 periode tersebut, anda dilarang mendaftarkan produk yang sama.
  • Pembelian produk maksimal sebanyak 1 unit.
  • Apabila produk anda memiliki banyak variasi (warna, ukuran, bentuk dll), anda bisa menyertakan link variasi. Ingat!! link variasi ya, bukan link produk utamanya.

7. Bukan Produk yang Dilarang di Tokopedia

Sebagai seorang penjual di Tokopedia sudah seharusnya anda mengetahui produk produk apa saja yang dilarang oleh tokopedia.

Pelajari : produk yang dilarang oleh tokopedia

Cara Ikut Flash Sale Tokopedia Melalui Seller Dashboard

seller.tokopedia.com

Program flash sale merupakan sebuah program yang bisa dikatakan selain memberikan keuntungan kepada penjual juga memberikan keuntungan kepada pembeli. Banyak sekali keuntungan yang didapatkan oleh penjual seperti yang telah saya sebutkan di atas.

Yuk segera daftarkan toko anda di program flash sale Tokpedia, selain mendapatkan keuntungan, hitung-hitung juga membantu meringankan pembeli untuk membeli produk anda.

Tetapi yang perlu diketahui disini adalah, tidak semua orang bisa mengikuti program flash sale. Program tersebut hanya bisa diikuti oleh toko yang mendapatkan undangan secara langsung dari Tokopedia.

Hal itu sangatlah beralasan karena terdapat ribuan toko di Tokopedia, dan tidak mungkin dari semua toko tersebut mendapatkan undangan untuk mengikuti flash sale dalam waktu yang sama.

Bukankah produk yang mengikuti flash sale akan tampil di halaman pertama tokopedia? yang mana itu akan membuat produk dilihat calon pembeli?

Bisa kita anda bayangkan, apabila semua toko diundang untuk mengkuti program tersebut, tidak akan cukup halaman pertama Tokopedia untuk menampilkan produk dari semua toko.

Untuk itu, Tokopedia hanya mengundang beberapa toko saja untuk mengikuti flash sale dalam waktu tertentu. Dan berdoa saja agar toko anda menjadi salah satu dari toko yang beruntung mendapatkan undangan tersebut.

Sebenarnya, apakah ada kriteria khusus dari sebuah toko yang bisa menjadi tolak ukur diundang atau tidaknya untuk mengikuti flash sale?

Saya rasa, tidak ada kriteria khusus, karena dari toko yang mengikuti flash sale, tidak semua dari mereka merupakan toko yang sudah besar, ada juga toko-toko yang bisa dikatakan masih tahap berkembang.

BACA JUGA !!!

Tips Upload Produk di Tokopedia

Bagaimana Jika Belum Medapatkan Undangan Flash Sale?

Melihat tidak adanya kriteria khusu dari sebuah toko yang bisa diundang menjadi salah satu pengikut program flash sale, jadi sah-sah saja apabila anda baru membuat toko tetapi sudah berharap untuk mendapatkan undangan flash sale.

Sebelum anda mendapatkan undangan flash sale, hal yang perlu anda lakukan adalah mempersiapkan segala sesuatu yang telah saya sebutkan di atas, yakni tentang kriteria produk yang bisa di daftarkan. Jadi ketika anda suatu saat mendapatkan undangan, anda sudah siap dengan segala syarat dan ketentuanya.

Apabila anda menerima undangan seperti di bawah ini, berarti anda berhak untuk mengikuti flash sale.

Kabar Gembira!!!

Anda terpilih untuk mengajukan sebuah produk

untuk masuk flash sale pada bulan ——-.

Periode pendaftaran akan dibuka selama——-.

Mau kan dapat kesempatan eksklusif ini? tunggu

apalagi, yuk segera daftar sekarang juga !!

Kuota terbatas!

-Tokopedia Seller

Dan bagi anda yang sudah menerima udangan tersebut tetapi belum tau cara memulainya, yuk pelajari cara ikut flash sale tokopedia yang akan dijelaskan di bawah ini.

1. Klik “Flash Sale”

seller.tokopedia.com

Ketika anda menerima undangan tersebut, langkah pertama yang harus anda lakukan adalah membukan seller dashboard toko anda. Kemudian klik icon nama toko anda yang erletak di pojok kanan atas. Kemudian teknlah menu flash sale untuk mulai membuka halaman flash sale.

2. Klik “Ikut”

seller.tokopedia.com

Cara ikut flash sale selanjutnya adalah dengan menekan tombol”ikut” yang ada di samping sebuah tema pilihan anda. Oh iya, disini anda akan langsung tertuju ke halaman flash sale setelah anda melakukan cara nomor satu.

Pada halaman flash sale, anda akan diberikan pilihan beberapa tema flash sale yang ingin anda ikuti. Pilihlah tema sesuai dengan keinginan anda. Kemudian tekan tombol Ikut.

3. Klik “Deskripsi dan Kriteria”

seller.tokopedia.com

Sebelum anda melangkah lebih jauh, sebelumnya pelajari terlebih dahulu informasi tentang tema flash sale yang sudah anda pilih pada tahap sebelumnya. Anda bisa mempelajarinya di menu “deskripsi dan kriteria”. Pelajari dengan seksama supaya anda mengetahui dan memahami semua informasi tentang flash sale yang akan anda ikuti.

4. Daftar Produk

seller.tokopedia.com

Klik “daftar produk” untuk membuka tampilan dari produk-produk anda. Pilihlah produk-produk yang ingin anda ikutkan pada program flash sale tokopedia. Cara mengajukan produknya gimana?

Pilihlah produk yang memiliki harga sesuai dengan kriteria flash sale yang anda pilih. Sesudah memilih produk yang sesuai, isilah harga diskon dan stok barang yang sesuai juga dengan kriteri yang telah ditetapkan oleh Tokopedia.

5. Daftar Campaign

seller.tokopedia.com

Setelah anda mengajukan beberapa produk untuk ikut serta dalam program flash sala tokopedia, langkah selanjutnya cara ikut flash sale tokopedia adalah dengan klik menu “daftar Campaign”.

menekan tombol ” daftar campaign” fungsinya adalah agar produk yang sudah anda ajukan terdaftar ke program flash sale tokopedia.

Setelah produk anda terdaftar di flash sale, anda bisa melihatnya di bagian “terdaftar”.

Untuk produk yang sudah berhasil didaftarkan, akan langsung masuk ke sistem Tokopedia. Produk anda akan di review sesuai dengan kriteri-kriteria yang telah ditentukan. Setelah itu, anda akan mendapatkan notifikasi yang didalamnya berisi pemberitahuan berhasil tidaknya produk anda terdaftar di flash sale Tokopedia.

Ingat, Cara ikut flash sale Tokopedia di atas masih merupakan tahapan pengajuan dan pendaftaran produk.  Produk anda belum bisa dipastikan bakal muncul di program flash sale Tokopedia. Masih ada kemungkinan produk anda ditolak oleh Tokopedia.

Oleh karena itu, sebelum anda memutuskan untuk menerima undangan dan mendaftar flash sale, pastikanlah bahwa produk anda benar-benar sudah memenuhi kriteri-kriteri yang ditentukan oleh pihak tokopedia.

Kan sayang, apabila anda sudah menerima kesempatan, yang tidak semua orang mendapatkanya, malah menjadi sia-sia gara-gara produk anda tidak siap untuk diajukan.

Diterima atau tidaknya produk anda untuk mengikuti program flash sale akan diberitahukan melalui notifikasi yang akan dikirimkan pihak tokopedia kepada anda. Notifikasi tersebut bisa dikirimkan baik melalui aplikasi tokopedia secara langsung, maupun melalui email yang sebelumnya anda masukan.

Setelah produk anda benar-benar berhasil untuk diikutkan daam program flash sale Tokopedia, langkah yang harus anda lakukan adalah dengan menyiapkan pakcing/pengiriman. Karena tidak menutup kemungkinan ketika produk anda selalu tampil di halaman pertama Tokopedia, akan membuat produk tersebut banjir orderan.

Anda harus siap sedia menerima dan melayani berbagai orderan yang masuk, baik itu orderan dari produk flash sale, maupun orderan dari produk yang lain.

Selain anda mendapatkan banyak keuntungan, disisi lain anda juga harus lebih banyak mengorbankan tenaga dan waktu untuk melayani orderan yang semakin meningkat.

Flash Sale Tidak Menjamin Meningkatkan Penjualan

kargo.tech

Meskipun secara logika dengan munculnya produk anda di halaman pertama dan didukung dengan harga yang relatif lebih murah, ternyata belum menjadi senjata yang ampuh untuk meningkatkan penjualan.

Kenapa begitu?

Iya, akhir-akhir ini perilaku konsumen mulai berubah. Perilaku yang tadinya lebih mengedepankan harga, sekarang sudah mulai mengedepankan kualitas dalam membeli barang, apalagi orang-orang dengan kondisi ekonomi menengah ke atas.

Meskipun disugukan dengan produk murah di halaman pertama, tidak sedikit pembeli juga yang mencari produk lain atau mencari toko yang benar-benar memiliki rating atau penilaian bagus.

Oleh karena itu, sangat penting bagi anda untuk meningkatkan kualitas entah itu dari segi produknya maupun dari segi pelayananya.

Agar nantinya toko anda memiliki rating atau penilaian yang bagus. Dengan demikian, pembeli akan semakin banyak yang berdatangan untuk membeli produk anda.

Demikian lah pembahasan pada kesempatan kali ini mengenai cara ikut flash sale Tokopedia. Mudah-mudahan pembahasan di atas dapat bermanfaat dan membantu anda untuk mengikuti program flash sale.

Sekian dan Terima kasih

BACA JUGA !!!

Cara membuat toko di Tokopedia

Cara Membuat Toko di Bukalapak

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *