Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula / Trik Jualan / Cara Promosi

Mungkin bagi anda yang ingin tahu cara berjualan di Shopee sangat tepat sekali bisa belajar bareng dengan saya. Apalagi yang ingin sukses laris manis jualan di di Shopee. Nanti kita sama-sama akan belajar tentang cara jualan di shopee, cara buka toko di shopee, cara menambahkan produk di shopee, cara pembayaran di shopee lewat indomaret atau transfer bank, cara promosi atau iklan di shopee dan lain-lain. Jika ada yang kurang jelas bisa komentar dibawah artikel ini ya. Jika temen-temen ingin ingin usaha olshop tapi belum bisa menentukan nama olshop dan jenis produk bisa baca artikel kumpulan tips trik nama olshop yang bagus, unik, dan berkah ini.

Tentunya zaman sekarang sudah eranya belanja keperluan pribadi lewat online shop ya, mulai dari fashion, makanan, Untuk kamu yang ingin punya penghasilan sendiri, tidak ada salahnya untuk mencoba marketplace yang satu ini.

Shoope adalah salah satu marketplace yang sedang berkembang pesat di Indonesia. Seperti yang kita tahu, sebelumnya sudah muncul marketplace raksasa seperti Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Bli Bli, Kaskus, Elevenia dan lain-lain.

Shopee hadir dengan warna baru dan karakteristik yang yang unik. Dengan dominan warna orange nya, Shopee hadir untuk merebut orang-orang untuk berjualan dan berbelanja di Shopee.

Apalagi sekarang, sedang heboh-hebohnya Shopee menawarkan subsidi ongkir sampai dengan Rp. 40.000,- untuk yang berbelanja disana. Mantap jua kan? Lumayan lah Rp 40.000, buat belanja atau keperluan yang lain. Tapi ada batas minimal belanja ya, yaitu Rp 70.000. Promo subsidi ongkir ini akan diperpanjang sampai dengan September 2017.

Sebelum kita mulai belajar cara jualan di Shopee, saya mau nanya. Apakah Anda sudah punya produk yang dijual? Yakin produk tersebut akan laris? Apakah banyak peminatnya? Jika masih ragu, Anda bisa ikut sukses menjadi reseller dropship custom case. Anda bisa daftar jadi reseller online shop tanpa modal ini. Mumpung promo he

daftar jadi reseller online shop gratis

Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara berjualan di Shopee dan sekaligus tips sukses berjualan disana.

Sebelum penjelasan cara jualan di Shopee, simak baik-baik video berikut ini ya :

Tonton dan baca sampai habis supaya tidak gagal paham he

Cara Buka Toko di Shopee

Ya pasti ya kalau mau jualan harus punya toko dulu he. Masa ga punya toko mau buka lapak, ya ga bisa lah. Disini saya akan menjelaskan cara buka toko di Shopee yang mudah dan semua orang bisa mempraktekkannya langsung ya. Jangan lupa langsung praktek dan mulai berjualan di Shopee ya. 🙂

Langsung saja perhatikan step by step cara berjualan di Shopee dimulai dengan cara buka toko di Shopee berikut ini :

Cara Membuat Akun di Shopee

Pertama yang harus teman-teman buka adalah browser toko online Shopee. Bisa klik disini

Setelah membuka browser Shopee segera lakukan Sign Up atau daftar untuk membuat akun di Shopee.

cara berjualan online di Shopee
klik Daftar untuk membuat akun

Setelah itu akan muncul tampilan seperti dibawah ini. Lengkapi data teman-teman dengan benar dan valid ya. Mulai dari No Hp, Username yang mudah di Ingat dan password yang mudah diingat juga. Kemudia klik daftar.

cara berjualan di shopee

Baik teman-teman, setelah sudah mendaftar dan pastikan No Handphone yang temen-temen daftarkan harus valid ya, satu nomer handphone hanya untuk 1 akun saja. Karena memang Shopee sangat ketat akan hal ini. Jadi sewaktu-waktu verifikasi Nomer Handphone bisa saja diminta kapan-kapan.

Jadi jangan sampai hilang ya. Kalau hilang atau tidak aktif lagi segera hubungi customer service Shopee ya 🙂

Baik setelah teman-teman mendaftar, dibagian kanan atas klik username kita dan langsung aja klik Penjualanku ya. Untuk pengaturan toko, menambah produk, dan lain-lain. Nanti akan saya terangkan semuanya, InsyaaAllah.

cara berjualan di shopee

 

Cara Menambahkan Produk di Shopee

Okey teman-teman, masih semngat ya? Masih lah he. Sekarang kita sudah mempunyai akun Jualan di Shopee nih, terus apa udah bisa mulai jualan? Ets, nanti dulu ya, ada beberapa pengaturan yang harus kita lengkapi dulu temen-temen. Mulai dari menambahkan produk, cara memberikan judul produk, cara membuat deskripsi produk yang menarik, cara membuat kategori produk, dan lain-lain.

Disebelah kanan atas, temen-temen bisa lihat titik-titik kotak yang ada digambar. Silahkan klik masing icon tersebut untuk berkenalan dengan fitur-fitur Shopee. Mulai dari Produkku, Kategori Tokoku, Penjualanku, Promosiku, Penghasilanku, Shopee Pay, dan Pengaturan Toko.

Kali ini saya akan menjelaskan tentang cara menambahkan produk di Shopee. Langsung saja klik icon Produkku ya.

cara berjualan di shopee

Baik temen-temen, disini kalian akan dapatkan tombol tambah produk, klik dan isi keterangan yang kosong ya. Mulai dari 5 photp terbaik, Judul yang menarik, Deskripsi yang Jelas, dan Harga yang kompetitif tentunya.

cara berjualan di shopee

Cara Promosi Ketika Berjualan di Shopee

Baik ketika temen-temen sudah menambahkan semua produk ke lapak Shopee, selanjutnya yaitu memprosikan produk jualan kita, lalu bagaimana cara promosi yang efektif nih? Baik sedikit Berbagi pengalaman saja ya

  1. Gunakan fitur “naikkan produk” yang tertera dibawah gambar produk. Maksimal menaikkan produk adalah 5 item selama 4 jam. Berarti selama 4 jam produk kita bisa dipromosikan gratis melalui shopee.
  2. Gunakan “Iklan”. Iklan disini adalah berbayar, jadi kita input kata kunci untuk produk yang akan diiklankan. Misalnya, saya punya produk “Custom Softcase dan Hardcase untuk semua tipe Hp. Berarti kata kuncinya bisa softcase samsung, softcase vivo, hardcase xiaomi, dll. Usahakan lebih rinci lebih baik agar budget iklan kita tidak cepat habis.
  3. Promosikan lewat Grup Whatsapp, BBM, atau Facebook. Dengan ini banyak kerabat atau teman kita jadi tau akan poduk yang kita jual.
  4. Gunakan Instagram sebagai media galery produk. Karena dengan photo yang menarik orang akan penasaran dengan produk yang kita jual.
  5. Gunakan iklan FB-Ads sesekali di akhir pekan untuk menjangkau orang lebih luas. Karena dengan FB-Ads sendiri kita bisa memfilter siapa target market kita. Sehingga iklan pun jauh lebih efektif
  6. Istiqomah dalam promosi dan meningkatkan kualitas pelayanan dan produk.

Trik Cara Berjualan di Shopee

Mengenai cara berjualan di Shopee ini sangat penting ya. Trik dan tips ini bisa dilakukan di Tokopedia, Bukalapak, Lazada, Bli bli, Elevenia, dan lain-lain. Jangan sampai kita salah dalam berjualan di Shopee, akibatnya banyak peluang yang kita buang begitu saja. Harus dengan perhitungan dan riset yang kuat sebelum kita menentukan produk apa yang diminati pasar, cara memberi judul produk, cara riset iklan, dan cara memberikan deskripsi produk yang baik.

Bagi temen-temen yang belum punya produk yang ingin dijual bisa menjadi dropshipper atau reseller custom case yang unik. Karena hampir semua orang punya Handphone dan masih jarang yang jual custom case. Sekalinya ada mahal banget antara 90.000 – 150.000, kami hanya jual mulai Rp 45.000, pendaftaran ada di link kontak di atas ya. kamu bisa markup harganya. Baca juga Cara membuat case hp sendiri.

Foto Produk Yang Menarik, wajib tuh !

cara berjualan di Shopee

Pertama dilihat orang adalah visual, betul tidak? bahasa gaulnya cinta pada pandangan pertama he. Namanya pandangan berarti kan lewat indera mata, bukan? Jika tidak menarik bagaimana mungkin akan timbul cinta disana. Begitu juga dengan jualan sahabat, orang akan melihat produk kita. Dengan foto yang menarik akan menambah keyakinan calon pembeli untuk membeli.

Coba bayangkan, jika foto yang kita tampilkan apa adanya. Apalagi pencahayaan yang gelap, foto blur, atau background yang berantakan. Tentunya yang melihat juga akan illfeel kan? Sebetulnya tidak perlu dengan camera DSLR yang mahal itu ya. Cukup dengan camera Handphone kita juga bisa membuat foto produk kita menarik.

Pertama, buat background photo putih bersih sehingga orang akan fokus melihat produk yang kita jual. Mata juga tidak cepat lelah karena melihat photo yang berantakan apalagi dengan background yang relatif numpuk.

Kedua, cari tempat yang cukup penerangannya untuk mengambil foto produk kita. Usahakan mengambil photonya di tempat terbuka dan siang hari ya, atur pencahayaannya dan letakan pada posisi yang jelas.

Ketiga, ambil photo dengan detail depan, belakang, samping, dan atas. Fungsinya apa? Namanya dunia online kan customer tidak bisa melihat barangnya langsung kan? Jadi kita harus menampilkan sisi demi sisi produk barang sehingga dapat meyakinkan customer untuk membeli.

Terakhir cara berjualan di Shopee, tampilkan variasi warna atau model yang berbeda. Warna dan model kesukaan orang adalah relatif ya, jadi mungkin kita suka biru, belum tentu orang lain suka. Ada yang suka merah, pink, hitam, putih, dan sebagainya.

Sebisa mungkin kita menampilkan warna dan model yang berbeda dalam produk kita. Shopee juga mendukung kita bisa upload maksimal 9 foto dalam 1 produk. Menarik bukan? So, langsung action ya. Untuk contohnya bisa dilihat di akun Shopee saya disini

Deskripsi Produk Yang Jelas

cara berjualan di Shopee

 

Deskripsi adalah penjelasan produk yang akan kita jual. Siapkan deskripsi yang jelas mengenai bahan baku, ukuran, warna, kelebihan, kekurangan, dan lain-lain.

Deskripsi yang jelas akan mampu meyakinkan calon pembeli untuk membeli di toko kita. Sebaliknya, deskripsi yang tidak jelas, terlalu singkat, dan cenderung berantakan akan membuat membuat orang berpikir bahwa penjual ini ga niat jualan. Akibatnya ga jadi beli deh, sayang banget kan.

Intinya cari deskripsi yang sejelas-jelasnya. Buat Copywriting yang dahsyat agar pembeli dapat take action. Tapi ingat, jangan berlebihan apalagi berbohong dengan produk yang kita jual ya. Misalnya kita jual jam, kita jelaskan bahwa jam tangan tersebut original, padahal KW alias palsu.

So, buat deskripsi produknya dengan menarik ya, cantumkan selengkap-lengkapnya. Jangan lupa pengaturan baris, spasi, dan baris dengan rapi supaya mudah dibaca. Bisa cantumkan nomer kontak yang bisa dihubungi jika calon customer mau diskusi atau bertanya.

Penawaran Harga Terbaik

cara berjualan di shopee

Harga memang sangat sensitif sekali. Ketika kita salah memasang harga pada produk kita, akibatnya fatal. Jangankan untuk membeli, melirik saja sudah tidak mau, sedih kan?

Terus gimana caranya menentukan harga terbaik? Baik, sebelum memutuskan harga pada produk kita, coba lirik dulu harga pada kompetitor kita di Shopee. Berapa mereka menjual barangnya, deskripsi apa yang mereka tampilkan, dan penawaran apa yang mereka promokan.

Sudah lihat harga toko sebelah? kalau sudah baru perhitungkan harga, namanya kompetitor banyak jadi margin keuntungan jangan terlalu besar ya, sekitar 10-20% saja sudah cukup. Misal kita mau menjual custom case, toko sebelah rata-rata menjual diatas Rp 75.000, ya udah kita produksi sendiri. Jika tidak punya modal membeli mesin cetaknya, ya sudah dengan sistem dropshiper.

Untuk menjadi seorang dropshiper kita harus cari produsen yang termurah dan berpengalaman. Bisa cari lewat Instagram, facebook, Website, atau dengan mencari didekat kediaman kita. Misal saya punya produk custom case, custom fashion, dan merchandise lainnya. Maka saya harus cari percetakan yang memprodukti barang tersebut.

Cara mencari supplier atau produsen gampang-gampang susah ya, lebih baik yang dekat dengan kediaman kita sehingga bisa berkreasi dengan foto produk dan lain-lain. Amanahpun bisa terjaga dan komunikasi yang berkala.

Intinya cari supplier yang menawarkan harga termurah dan terjamin kualitasnya. Jadi setelah ada order masuk, kita infokan kepada supplier untuk mengirimkan barang tersebut kepada customer dengan nama pengirim olshop kita. Jadi kita tidak usah repot-repot untuk packing dan memproduksi barang tersebut. Mudah kan?

Pengalaman Berjualan di Shopee

Setelah sudah dijelaskan tentang cara berjualan di Shopee, saya sedikit akan cerita pengalaman. Untuk pengalaman sendiri, hal yang sangat harus-harus diperhatikan adalah tentang kecepatan kita dalam merespon buyer guys. Jika kita slow respon atau lama membalas chat atau diskusi mereka, maka ya buyer bakalan kabur nyari produk lain.

Usahakan akun Shopee install di Hp temen-temen. Jadi ketika ada pesanan masuk atau pesan masuk terdapat notifikasi muncul. Ketika pesanan sudah ada, maksimalkan produk yang dikirim mulai dari kualitas produk yang baik dan packing yang rapi juga. jadi mudah ya cara berjualan di Shopee itu. Selamat jualan temen-temen 🙂

Mudah-mudahan bermanfaat ya temen-temen, demikian cara berjualan di Shopee untuk pemula, ada pertanyaan silahkan tulis dikomentar ya ..

25 pemikiran pada “Cara Berjualan di Shopee Untuk Pemula / Trik Jualan / Cara Promosi

  1. kak mau nanya
    udah masukin barang di isi semua
    eh bagian ongkir gagal trus kak itu gimana?
    sama cara dapetin gratis ongkir kak itu gmna?

  2. Assalamualaikum kk. Kenapa saya tidak bisa jualan di Shopee kak karna alasan ny tidak ada alamat toko. Gimana masukan alamat toko ny kak. Tolong bantuan ny kak.

  3. Kk mau nanya.
    Saya suda jualan d shopee berjalan 3 bulan(kurang lebih) nah alhamdulillah nya ada 1 produk yg selalu laku. Tapi sy merasa yg laku hanya produk itu” sj. Padahal sy rajin menaikkan produk kk. Mohon bantuan nya kk apa yg harus sy lakukan biar pembeli juga membeli produk yg lain d toko sy.
    Terimakasih

  4. Sy udah iklanin produk,
    tp belom ada yg beli aja
    Cara cepat dpt follow dan pembeli gimana kak?
    terus cara masukin pembayaran lewat indomart gmna kak??
    Mohon d bantu kak, masih tahap belajar..

  5. kak moh0n bantuannya untuk mengamankan akun shopee perlu paswords tapi ketika saya masukin password email ko ketengannya salahya padahan password sedangkan email itu say pakai buat daftara shopee?
    mohon bantuannya makasih ka

  6. Kak saya sudah iklan berbayar yg 20 rb. Tapi ko masih sepi saja. Bahkan saya pake akun laen brang yg saya promosikan gk ada. Yg salah apanya ya kak, semua sudah ko. Mohon bimbingannya

  7. Kak mau tanya..
    Saya sudah membuat akun shopee kurang lebih 6bln an tapi saya punya akun shopee hanya untuk belanja
    Saya mau jualan d shopee tapi bingung mau dropship tapi apa kah bisa ikut suplayer yg tidak berjualan di shopee
    Misalkan saya ambil produk dari suplyr (lain shopee) otomatis keterangan kertas kiriman shopee sama olshop biasa kan berbeda..
    Mohon penjelasannya bagaimana agar kertas pengirimannya sesuai dengan kertas yang biasa shopee kirim..
    Terimakasih

  8. Mbak, kalau misalnya jualan di shopee dan jadi dropshipper, saya ambil barang dari orang dan saya sudah tf, tapi di penjualan saya minta atur pengiriman itu gimana ya mbak?

Tinggalkan komentar