Inspirasi Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5241" >			<span class="no-rating-results-text"></span>		</span>

Inspirasi Bisnis Rumahan yang Menguntungkan dengan Modal Kecil

Bisnis rumahan bisa menjadi solusi terbaik bagi anda yang ingin mendapatkan penghasilan. Meski rumahan, namun keuntungan yang didapat terbukti menjanjikan. Bisnis ini pun tak hanya bisa dilakukan di kota saja, akan tetapi juga di desa.

Untuk memulainya, anda tentu saja perlu menyiapkan modal. Namun anda tak perlu khawatir karena usaha rumahan bisa dijalankan dengan modal kecil. Saat ini sudah ada banyak peluang usaha rumahan dengan modal terbatas yang bisa anda jadikan pertimbangan.

Apabila anda menekuni usaha rumahan dengan baik, maka keuntungan yang akan anda dapatkan nantinya bisa memuaskan. Dalam tahap awal, anda bisa menjalankan bisnis sendiri. Namun lama-kelamaan, anda bisa mempekerjakan karyawan seiring perkembangan eksistensi bisnis anda.

Bisnis Rumahan Online

Di era serba canggih seperti sekarang ini, teknologi sudah banyak berperan dalam kehidupan sehari-hari. Segala jenis kebutuhan bisa dipenuhi hanya dengan menggunakan internet. Anda pun bisa memanfaatkannya dengan menjalankan bisnis online. Untuk inspirasinya, anda simak saja ulasan berikut.

  • Jasa Pembuatan Website

Bisnis rumahan yang satu ini bisa dijalankan darimana dan kapan saja mengingat hanya perlu online. Anda bisa membuat website yang memang dibutuhkan oleh banyak perusahaan. Langkah pertama yang perlu anda lakukan hanyalah memasarkan jasa anda secara online, bisa melalui sosial media maupun weblog.

Sebagai usaha rumahan yang potensial, bisnis anda pastinya lebih mudah mengundang pelanggan. Dalam membuat website, pastikan anda melakukannya dengan sepenuh hati dan profesional. Soal harga, anda bisa tawarkan harga yang kompetitif.

  • Jasa Desain Grafis

Jika anda memiliki kemampuan dalam desain grafis, anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan uang. Bisnis yang bisa dijalankan di rumah ini semakin diminati seiring perkembangan teknologi. Adapun jenis desain grafis yang bisa anda tawarkan diantaranya yaitu desain gambar t-shirt, desain animasi 3D, banner iklan, desain blog, desain logo, kartu nama dan masih banyak lainnya.

  • Drophipper

Dalam menjalakan bisnis online, anda tak hanya bisa jualan produk sendiri, akan tetapi juga menjual produk dari pihak lain. Untuk menjalankan bisnis ini, anda bisa menjadi reseller atau dropshipper. Namun jika anda tak memiliki modal, anda sangat disarankan untuk menjadi dropshipper. Berbeda dengan reseller, dropshipper tak perlu stok barang.

Saat ada pesanan nantinya, anda tinggal hubungi penyedia produk yang anda pilih. Supplier tersebut akan mengirimkan produk ke pelanggan anda atas nama bisnis anda. Anda bisa mengambil keuntungan dari selisih harga yang ditawarkan. Namun pastikan anda berkomunikasi dulu dengan supplier yang anda pilih mengenai keuntungan yang bisa anda ambil nantinya.

Ide Bisnis Rumahan

Masih ada banyak usaha rumahan yang bisa anda pilih. Hal yang pasti, usaha rumahan tersebut tak menguras banyak waktu dan tenaga anda. Berikut beberapa idenya.

  • Jualan Pulsa dan Paket Internet

Salah satu bisnis rumahan yang bisa anda tekuni yaitu jualan pulsa dan paket internet. Seperti yang diketahui, pulsa dan paket internet selalu dibutuhkan oleh pengguna gadget. Dengan demikian, bisnis anda dijamin tak akan sepi pelanggan.

Perlu diketahui juga bahwa produk ini tidak akan kadaluwarsa. Anda pun tak perlu khawatir apabila pulsa dan paket internet tak bisa terjual secara cepat. Untuk memulai bisnis ini, anda hanya perlu siapkan modal minimal 50 ribu untuk deposit.

  • Jualan Camilan

Anda bisa menjalankan usaha di rumah dengan jualan camilan. Misalnya saja kue, gorengan, atau bahkan membuka warung makan. Ide bisnis yang satu ini sangat cocok untuk anda yang memang hobi dan pandai dalam memasak. Jika cita rasa masakan yang anda buat selalu terjaga kelezatan dan kekhasannya, camilan yang anda jual pastinya laris manis.

  • Bakery

Apabila anda memiliki passion di bidang bakery, anda bisa coba buka usaha tersebut. Perlu diketahui bahwa minat terhadap roti, kue, hingga biskuit kian meningkat. Bisnis bakery anda bisa bertahan selama bertahun-tahun jika anda mampu menjaga cita rasa produk dan mengikuti selera pasar. Dalam tahap awal, anda bisa bekerja sendiri. Setelah bisnis anda berkembang, anda bisa mulai mempekerjakan karyawan.

Peluang Bisnis Rumahan

Usaha rumahan memiliki peluang yang terbuka lebar. Hal ini dikarenakan usaha rumahan tidak membutuhkan modal yang besar. Apalagi anda nantinya bisa memanfaatkan teras ataupun ruangan lain di rumah anda untuk dijadikan sebagai tempat usaha. Anda tak perlu keluar biaya untuk sewa tempat lain. Semakin menguntungkan apabila rumah anda berada di lokasi yang strategis.

Selain modal kecil, bisnis rumahan juga terbilang fleksibel. Anda bisa bebas mengatur waktu untuk bisnis dan keluarga. Anda pun tetap bisa menjaga keharmonisan keluarga tanpa kehilangan sumber pendapatan sendiri. Hal yang paling penting, pastikan anda disiplin dalam segala hal.

Dengan menjalankan usaha rumahan, anda juga bisa mengendalikan laju bisnis secara mudah. Hal ini dikarenakan anda sendiri yang terjun langsung ke bidang bisnis. Mulai dari persiapan, proses produksi, kualitas produk, finishing dan bahkan penjualannya. Anda tentunya juga bisa tahu bagaimana perkembangan bisnis anda.

Selain mudah dan fleksibel, usaha rumahan juga bisa mendatangkan omzet yang menjanjikan. Anda juga bisa merasakan kepuasan batin tersendiri. Anda bisa jadi pemimpin pada bisnis yang anda tekuni sendiri. Keuntungannya bisa anda atur sendiri dengan pertimbangan yang matang.

Inspirasi Bisnis Rumahan

Usaha rumahan memang bisa menghasilkan keuntungan yang besar meski modalnya terbatas. Maka dari itu, tak ada salahnya jika anda menjalankannya. Mengenai inspirasinya, anda bisa simak ulasan berikut.

  • Buka Warnet

Buka warnet termasuk salah satu bisnis rumahan yang menjanjikan. Anda bisa rombak rumah anda menjadi warnet (warung internet). Sebagai pemula, anda bisa menyiapkan satu atau dua perangkat komputer dulu. Jika bisnis anda sudah semakin berkembang, anda bisa tambahkan perangkatnya.

Perlu diketahui, bisnis ini bisa mendatangkan banyak pelanggan secara cepat. Hal ini dikarenakan masyarakat modern pastinya tak bisa lepas dari peran internet. Tak hanya di area perkotaan saja, akan tetapi juga desa. Oleh karenanya, jangan ragu untuk mencoba bisnis ini.

  • Jasa Sewa Kostum

Jika anda suka mengoleksi kostum unik, pakaian adat, ataupun busana menarik lainnya, anda bisa jadikan hal tersebut sebagai ladang uang. Tak bisa dipungkiri bahwa perayaan Hari Kartini, karnaval, fashion show dan lain sebagainya pasti membutuhkan busana yang tak biasa. Jasa sewa kostum pun langsung dibanjiri pelanggan. Dengan anda membuka bisnis ini, maka anda bisa dapatkan keuntungan yang menjanjikan.

  • Jasa Service Elektronik

Peluang usaha rumahan modal kecil untung besar yang bisa anda tekuni lainnya yaitu jasa service elektronik. Untuk memulai usaha ini, anda hanya membutuhkan beberapa peralatan service saja. Selebihnya, usaha ini mengandalkan kemampuan anda. Adapun peralatan elektronik yang bisa anda perbaiki diantaranya yaitu televisi, speaker, DVD, radio dan masih banyak lainnya.

Bisnis Rumahan di Desa

Tak hanya bisnis di kota saja yang bisa mendatangkan keuntungan, melainkan juga di desa. Apalagi di desa sudah ada banyak usaha rumahan yang bisa anda pilih. Berikut beberapa peluang bisnis tersebut.

  • Jasa Potong Rambut

Bisnis rumahan bisa dibilang tak lekang oleh waktu. Hal ini dikarenakan jasa potong rambut pastinya selalu diminati masyarakat. Baik itu orang yang menjaga penampilan atau tidak, pastinya membutuhkan jasa potong rambut. Oleh karena itu, bisnis anda bisa mendapatkan penghasilan yang menggiurkan.

Dalam membuka jasa potong rambut, anda bisa layani potong rambut pria dan wanita agar lebih mudah berkembang. Untuk menjalankannya pun, anda hanya perlu menyiapkan ruangan khusus di rumah sebagai salon sederhana.

  • Jualan Sayuran Siap Masak

Bisnis jualan sayur tak hanya eksis di kota saja, akan tetapi juga di desa. Anda pun bisa jualan sayuran yang siap masak di desa. Disebut sebagai sayur siap masak karena bentuknya yang sudah berupa potongan dan dicuci bersih. Seperti yang diketahui, tak sedikit ibu rumah tangga yang ingin praktis dengan membeli sayuran siap masak. Akan semakin diminati pelanggan apabila anda juga melengkapi bisnis anda dengan produk lainnya. Misalnya, menyediakan kerupuk, bumbu masakan, cemilan dan lain sebagainya.

  • Air Minum Isi Ulang

Air minum pastinya dibutuhkan sehingga anda bisa jadikan hal tersebut sebagai peluang bisnis. Bisnis anda akan semakin ramai pelanggan saat musim kemarau. Agar bisnis anda kian diminati, pastikan anda memberikan pelayanan terbaik dengan senantiasa bersikap ramah dan sopan. Soal harga, berikan harga yang terjangkau.

Usaha Bisnis Rumahan

Usaha rumahan bisa dijalankan secara mudah tanpa harus menyita banyak waktu dan tenaga. Adapun pilihannya ialah sebagai berikut.

  • Jasa Pengetikan

Jika rumah anda berdekatan dengan kampus, sekolah, ataupun kantor, anda sangat disarankan untuk membuka jasa pengetikan. Modal yang perlu anda keluarkan juga tak besar, terlebih jika anda sudah memiliki perangkat laptop / PC sendiri.

Dalam menjalankan bisnis rumahan yang satu ini, pastikan anda bisa mengetik secara cepat dan tepat tanpa typo. Dengan demikian, pelanggan anda akan kembali datang ke bisnis anda. Perihal biayanya, anda bisa tawarkan harga yang bersaing berdasarkan jumlah halamannya.

  • Agen PPOB

Agen PPOB (Payment Point Online Banking) atau pembayaran resmi bisa anda jalankan untuk mendapatkan penghasilan tanpa harus keluar rumah. Dalam hal ini, anda bisa membantu pembayaran listrik, tagihan PDAM, tagihan telepon dan internet, TV berlangganan, pembelian tiket kereta api dan masih banyak lainnya.

  • Souvenir Pernikahan

Bisnis yang satu ini pastinya tak pernah sepi pelanggan. Seperti yang diketahui, setiap bulannya pasti ada pasangan yang melangsungkan pernikahan. Souvenir pernikahan yang anda buat pun akan terus produksi untuk memenuhi kebutuhan para pengantin. Adapun souvenir pernikahan yang bisa anda produksi diantaranya yaitu alat potong kuku, bros, sisir, gantungan kunci dan lain sebagainya.

Cara Bisnis Rumahan

Cara menjalankan usaha rumahan terbilang mudah. Bahkan usaha rumahan menjadi pilihan bisnis ibu rumah tangga yang banyak diminati. Selain ibu rumah tangga, usaha rumahan juga bisa ditekuni oleh karyawan, pelajar dan lain-lain. Untuk memulai usaha rumahan, ada baiknya anda meminta dukungan dari keluarga. Dengan demikian, anda bisa merasa lebih mudah dalam menjalankan bisnis nantinya.

Cara melakukan bisnis rumahan selanjutnya ialah dengan belajar administrasi dan pengelolaan keuangan. Meski hanya usaha rumahan, namun anda harus memiliki kemampuan tersebut. Dengan adanya administrasi dan pengelolaan keuangan yang tertib, anda bisa menjalankan bisnis secara lancar. Bisnis yang anda geluti pun bisa berpotensi untuk berkembang semakin maju.

Setelah itu, anda perlu menghitung modal yang dibutuhkan. Untuk meminimalisir pengeluaran modal, ada baiknya anda tidak membeli barang yang dirasa belum diperlukan. Anda bisa manfaatkan barang yang sudah ada. Namun sebelum menyiapkan modal, anda harus tahu bidang bisnis yang sesuai dengan passion anda. Dengan begitu, anda bisa jalankan bisnis secara menyenangkan.

Agar bisnis yang anda tekuni lebih menarik perhatian calon pelanggan, anda harus menyematkan hal unik dan khas. Keunikan tersebut bisa anda perlihatkan dalam brand, produk, maupun pelayanannya. Dengan kesan unik dan khas, calon pelanggan pastinya bisa lebih mudah dalam mengingat bisnis anda. Bahkan hal tersebut bisa membuat pelanggan kembali datang ke bisnis anda.

Dalam berbisnis, anda juga harus memberikan pelayanan terbaik seiring kualitas produk yang ditawarkan. Jangan lupa juga untuk melakukan promosi dalam mengenalkan bisnis anda ke khalayak umum. Saat melakukan promosi pun, anda bisa online dengan memanfaatkan jaringan internet maupun offline dengan pemasaran konvensional.

Bisnis Rumahan Modal Kecil

Tanpa harus menyiapkan modal yang besar, anda sudah bisa menjalankan usaha rumahan secara lancar dan menguntungkan. Langsung saja anda simak ide berikut.

  • Jasa Cuci Motor

Salah satu bisnis rumahan yang bisa anda jalankan dengan modal kecil yaitu jasa cuci motor. Ide bisnis ini sangat sesuai untuk anda yang memiliki halaman depan rumah yang luas sehingga tak perlu sewa tempat usaha. Mengenai modalnya, anda bisa siapkan untuk membayar listrik dan air saja.

Dikarenakan baru awal buka, ada baiknya anda memberikan promo menarik untuk mengundang pelanggan. Misalnya saja, diskon 20% selama 3 hari, gratis sekali cuci setiap 10 kali cuci dan masih banyak lainnya. Pastikan manfaatkan momen tersebut dengan memberikan pelayanan yang memuaskan agar pelanggan kembali datang.

  • Clothing Line

Bagi anda yang berjiwa muda, anda bisa coba bisnis clothing line. Anda bisa ciptakan desain kaos, hoodie, jaket dan lain sebagainya yang sesuai dengan trend di kalangan anak muda. Untuk mendapatkan inspirasinya, anda bisa jelajah internet ataupun ikut bergabung di suatu komunitas yang sering berbagi pengalaman. Selain itu, sebenarnya inspirasinya bisa datang dari mana saja, termasuk kesukaan anda. Jika anda suka dengan sepak bola, anda bisa buat desain kaos dengan tema club sepak bola.

  • Content Writer

Peluang usaha yang satu ini bisa dibilang bisnis rumahan tanpa modal apabila anda sudah memiliki perangkat laptop / PC. Untuk memulai bisnis ini, anda hanya perlu menyiapkan paket data agar bisa terhubung dengan jaringan internet.

Perlu diketahui bahwa bisnis ini kian diminati perusahaan dan situs. Anda bisa jual artikel yang anda buat dengan harga yang bersahabat. Bahkan tak sedikit perusahaan yang mau membayar artikel dengan harga yang tinggi sesuai kualitas yang dibawanya.

Contoh Bisnis Rumahan

Hanya di rumah saja, anda sudah bisa mendapatkan penghasilan. Untuk idenya, anda bisa simak ulasan di bawah ini.

  • Pertamini

Salah satu bisnis rumahan yang bisa anda tekuni yaitu pertamini. Bisnis ini bisa membuat anda lebih cepat balik modal dan meraih omzet besar apabila lokasi rumah anda strategis. Misalnya, di tengah pusat kota, dekat fasilitas umum dan masih banyak lainnya. Perlu dipahami, jika dibandingkan dengan BBM botolan, pengguna kendaraan memang lebih suka beli bahan bakar di pertamini apabila jauh dari POM.

  • Laundry Kiloan

Jika di rumah anda ada mesin cuci, anda bisa memanfaatkannya untuk membuka laundry kiloan. Akan terasa sangat recommended apabila rumah anda berdekatan dengan kampus, kost-kostan, gedung perkantoran dan lain sebagainya. Agar pelanggan anda tak kabur ke laundry lainnya, anda bisa beri harga yang kompetitif.

Usaha Rumahan yang Lagi Trend

Bagi anda yang merasa bingung dalam memilih peluang usaha rumahan, ada baiknya anda memilih bisnis yang lagi trend. Berikut idenya.

  • Jualan Mainan Edukasi

Salah satu bisnis rumahan yang tengah menjadi trend saat ini yaitu jualan mainan edukasi. Mainan edukasi sangat diminat oleh para orangtua dan guru yang peduli dengan anak-anak. Sesuai dengan namanya, mainan edukasi digunakan untuk bermain sekaligus mendidik anak-anak. Adapun mainan edukasi tersebut diantaranya yaitu buku menggambar, permainan motorik anak, puzzle dan masih banyak lainnya.

Selain di sekolah, belajar juga bisa dilakukan di rumah. Dengan menggunakan mainan edukasi, para orangtua bisa lebih fokus ke kecerdasan anaknya. Dalam menawarkannya, anda bisa manfaatkan sosial media, blog, situs marketplace, aplikasi chat, maupun offline.

  • Kopi Susu Kekinian

Jenis minuman yang satu ini juga termasuk peluang usaha yang lagi trend. Berbagai kalangan sangat menggemari minuman ini. Anda pun bisa meraup banyak keuntungan dari bisnis ini. Untuk menjalankan usaha rumahan ini, anda tak harus menyiapkan food truck ataupun kedai besar. Anda bisa membuatnya di dapur dan tawarkan secara online.

Nantinya anda juga bisa menjalin kerjasama dengan layanan pengiriman online yang sudah banyak bermunculan untuk mengantarkan pesanan ke pelanggan anda. Semakin menarik untuk dijalankan karena minuman ini bisa dibuat secara mudah. Anda hanya perlu siapkan alat espresso, biji kopi dan bahan pendukung lainnya.

Ide Usaha Rumahan Kreatif

Ada banyak usaha rumahan kreatif yang bisa dipilih oleh anda yang suka berinovasi. Lebih jelasnya, anda simak saja beberapa ide berikut ini.

  • Jualan Produk Rotan

Rotan bisa anda manfaatkan untuk membuat peralatan rumah tangga. Misalnya, kursi dan meja. Selain itu, rotan juga bisa dibuat menjadi berbagai kerajinan tangan yang unik dan lucu. Agar calon pelanggan anda merasa lebih tertarik dengan produk yang anda buat, anda bisa menampilkan karakter kartun ataupun motif yang keren. Mengenai harganya, anda bisa menawarkan produk berdasarkan tingkat kesulitan dalam membuatnya.

  • Produk Daur Ulang

Selain jualan produk dengan bahan rotan, anda juga bisa membuat produk daur ulang. Sampah atau barang yang tak terpakai di rumah bisa disulap menjadi produk yang memiliki nilai jual. Misalnya saja, membuat payung, tas, sandal, aksesoris, hiasan dinding dan lain sebagainya. Dengan anda memanfaatkan sampah yang berserakan, anda sama saja telah menjaga lingkungan dari pencemaran.

  • Jualan Barang Antik

Ide usaha rumahan lainnya yang bisa anda pilih yaitu jualan barang antik. Bagi kolektor barang antik, produk yang anda jual sangatlah berharga dan bahkan dianggap sebagai harta karun. Maka dari itu, anda jangan buru-buru membuang barang antik yang ada di rumah anda. Anda bisa menjadikannya sebagai ladang penghasilan.

Bisnis rumahan sangat cocok untuk anda yang ingin mendapatkan penghasilan yang menjanjikan tanpa harus keluar rumah. Semakin menarik untuk dijalankan karena modal yang dibutuhkan tak terlalu besar.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *