√ Peluang Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal Besar Omset Menggiurkan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5212" >			<span class="no-rating-results-text"></span>		</span>

√ Peluang Bisnis Mahasiswa Tanpa Modal Besar Omset Menggiurkan

Bisnis mahasiswa bisa ditekuni untuk mengisi waktu luang mengingat jam kuliah yang cenderung fleksibel. Meski hanya sekedar mengisi kekosongan waktu, namun berbisnis juga bisa memberikan keuntungan. Semakin menguntungkan apabila dijalankan secara baik. Keuntungan dari bisnis ini pun bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan pribadi setiap harinya hingga membantu orangtua dalam membiayai kuliah.

Perlu diketahui, saat ini sudah banyak peluang bisnis untuk mahasiswa yang bisa ditekuni tanpa mengganggu kegiatan kuliahnya. Anggap saja, memulai bisnis sejak kuliah bisa melatih diri untuk belajar mandiri. Tak perlu mengambil peluang bisnis yang rumit, anda bisa pilih ide bisnis sederhana yang kiranya sesuai dengan minat dan keterampilan yang anda miliki.

Ide Bisnis Mahasiswa

Bisnis Mahasiswa

Bagi anda para mahasiswa yang ingin mendapatkan penghasilan sendiri karena tak mau merepotkan orangtua, ada baiknya anda simak beberapa inspirasi bisnis untuk mahasiswa di bawah ini.

  • Jasa Perawatan Hewan Peliharaan

Salah satu ide bisnis yang bisa ditekuni mahasiswa yaitu jasa perawatan hewan peliharaan. Peluang bisnis yang satu ini sangat cocok untuk anda yang memang suka dengan binatang peliharaan. Anda bisa jadikan kesukaan anda tersebut untuk mendapatkan uang.

Dalam memulai ide bisnis mahasiswa ini, anda perlu menyiapkan area yang luas. Selain itu, anda bisa bekerja sama dengan teman ataupun kerabat anda yang juga suka dengan binatang peliharaan. Jika pelayanan dan harga yang anda berikan sesuai, maka bisnis anda bisa lebih mudah kedatangan pelanggan.

  • YouTuber

Selain jasa perawatan hewan peliharaan, anda juga bisa menjadi YouTuber. Caranya, anda buat dan upload konten video yang menarik. Semakin banyak subscribers dan jumlah viewers akun YouTube anda, maka anda semakin berkesempatan untuk mendapatkan penghasilan yang menggiurkan. Adapun konten video yang bisa anda bagikan diantaranya yaitu video travelling, daily life, tutorial kecantikan, tips-tips dan masih banyak lainnya.

  • Make Up Artist (MUA)

Jika anda menguasai tata rias, anda bisa coba membuka jasa make up artist. Bisnis terbilang menjanjikan karena sekali rias saja, anda bisa mengantongi setidaknya 50 ribu. Anda bisa pasang tarif yang lebih tinggi jika anda semakin ahli dalam merias.

Untuk memulai bisnis mahasiswa ini, anda perlu menyiapkan alat rias dan tempatnya. Mengenai referensinya, saat ini sudah banyak tutorial rias yang tersebar di internet, misalnya YouTube. Anda bisa mengaksesnya agar kemampuan anda dalam merias lebih baik lagi.

Peluang Bisnis Mahasiswa

Bisnis Mahasiswa
Source : www.maxmanroe.com

Mahasiswa memiliki peluang bisnis yang terbuka lebar. Selain untuk belajar mandiri, berbisnis juga memungkinkan mahasiswa untuk bisa menerapkan ilmu yang didapatkannya. Anda para mahasiswa bisa lebih memahami kesinambungan antara teori yang diajarkan dan prakteknya.

Mengenai pangsa pasarnya, anda para mahasiswa disarankan untuk memulai bisnis dikarenakan memiliki jaringan pertemanan yang luas. Pangsa pasarnya pun akan semakin bertambah seiring berjalannya waktu. Dengan demikian, semakin cepat anda menjalankan bisnis, maka anda bisa semakin mudah dalam mendapatkan pangsa pasar sendiri nantinya.

Jangan ragu untuk memulai bisnis selama berkuliah. Apalagi hanya karena terkendala soal biaya. Hal ini dikarenakan mahasiswa cenderung lebih mudah dalam mendapatkan modal usaha. Anda bisa dapatkan modal dari pendanaan program pemerintah khusus untuk mahasiswa, pihak kampus dan bahkan sahabat sendiri. Tak hanya itu, kini ada banyak bisnis mahasiswa yang bisa dijalankan tanpa modal besar.

Anda juga masih mempunyai banyak kesempatan untuk mencoba berbagai peluang bisnis jikalau mengalami kegagalan nantinya. Jangan pernah takut gagal karena hal tersebut justru akan memberikan kemudahan bagi anda dalam menemukan solusi apabila menghadapi suatu permasalahan lagi. Anda tak akan mengambil jalan yang salah seperti sebelumnya.

Contoh Bisnis Mahasiswa Modal Kecil

Bisnis Mahasiswa
Source : www.wirabisnis.com

Ada banyak bisnis modal kecil yang bisa dijalankan oleh mahasiswa. Adapun beberapa inspirasinya yaitu:

  • Blogger

Tak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa pastinya menguasai teknologi. Oleh karenanya, tak ada salahnya jika anda memulai bisnis dengan mengelola blog. Menjadi blogger tak serumit yang anda bayangkan. Nantinya penghasilan anda bisa didapatkan dari iklan, jual produk sendiri, ataupun review produk orang lain.

Dalam mengelola blog, anda harus mengisinya dengan konten artikel yang berkualitas. Agar hasilnya lebih memuaskan, pastikan mempelajari SEO dan membuat konten dengan teknik tersebut. SEO bisa membuat artikel yang anda tulis menduduki ranking yang baik di search engine.

  • Les Privat

Peluang bisnis mahasiswa tanpa modal lainnya yaitu les privat. Bisnis yang satu ini mengandalkan kemampuan anda dalam menguasai mata pelajaran tertentu. Maka dari itu, bagi anda yang memiliki nilai bagus di kampus, anda bisa coba membuka les privat.

Selain mengajarkan les privat mata pelajaran tertentu, anda juga bisa buka les untuk bidang yang anda kuasai. Misalnya saja, les musik, les tari, les melukis dan masih banyak lainnya. Manfaatkan keterampilan kemampuan yang anda miliki untuk mendulang penghasilan yang menggiurkan.

Bisnis Untuk Mahasiswa Pemula

Bisnis Mahasiswa

Bagi anda yang masih awam dengan bidang bisnis, anda tak perlu ragu untuk menjalankannya. Hal ini dikarenakan ada banyak ide usaha untuk mahasiswa yang bisa dijalankan secara mudah. Berikut beberapa ide tersebut.

  • Jualan Pulsa

Bukan rahasia lagi jika jualan pulsa sangat mudah dilakukan. Anda hanya bermodalkan smartphone untuk menjual pulsa online. Selain itu, anda nantinya hanya perlu keluar biaya minimal 50 ribu untuk deposit saldo. Karena minat terhadap pulsa tak pernah surut, dijamin pulsa anda akan langsung keras. Anda pun bisa lebih cepat balik modal dan mendapatkan keuntungan.

Ide bisnis mahasiswa ini bisa mendatangkan lebih banyak keuntungan apabila anda menjual produk yang lengkap. Selain menawarkan pulsa all operator, ada baiknya jika anda juga jualan pulsa listrik, paket data internet dan bahkan voucher. Peluang usaha ini termasuk bisnis anak sekolah terpopuler sehingga mahasiswa tak perlu ragu mencobanya.

  • Kerajinan Tangan

Bisnis kerajinan tangan termasuk salah satu contoh bisnis kreatif mahasiswa yang bisa anda lakukan. Adapun kerajinan tangan yang bisa diproduksi diantaranya yaitu hiasan dinding, tirai, gantungan kunci, sampul buku, vas cantik, bros jilbab dan masih banyak lainnya. Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang suka berinovasi dan menyalurkan ide-ide kreatif.

  • Pemandu Wisata

Bisnis mahasiswa yang bisa anda pertimbangkan lainnya yaitu pemandu wisata. Peluang bisnis ini semakin terbuka lebar untuk anda yang memang hobi travelling. Anda pastinya akan lebih mudah dalam menjelaskan detail wisata selama memandu wisatawan.

  • Jasa Fotografi

Bisnis mahasiswa lainnya yang juga bisa anda lakukan yaitu jasa fotografi. Bisnis ini sangat sesuai untuk anda yang hobi fotografi. Hasil jepretan foto anda nantinya bisa dijual di berbagai situs yang membutuhkan. Misalnya saja, Shutterstock, Depositphoto, Fotolia dan 123rf.

Selain menjual hasil jepretan foto, anda juga bisa menawarkan jasa fotografer. Mulai dari jasa fotografer untuk pernikahan, wisuda, liburan dan lain sebagainya. Jika anda tak memiliki waktu luang, anda bisa sewakan kamera yang anda miliki.

Daripada hanya dibiarkan menganggur di rumah, kamera anda bisa disewakan untuk balik modal dan meraup keuntungan. Namun anda harus berhati-hati dalam menyewakan. Pastikan anda menerapkan aturan yang disepakati bersama sebelum benar-benar menyewakan kamera anda.

Usaha Untuk Mahasiswa Kost

Mahasiswa yang kost juga dapat memulai bisnis untuk mendapatkan penghasilan yang nantinya bisa meringankan beban orangtua dalam membayarkan sewa kost sekaligus biaya sekolah. Bisnis ini pun bisa dijalankan di area kost-kostan anda sehingga tak perlu menyewa tempat usaha. Langsung saja, berikut beberapa ide bisnisnya.

  • Jualan Makanan Ringan

Jualan makanan kecil adalah salah satu peluang bisnis rumahan untuk mahasiswa yang bisa dijajakan sekitar area kost. Bisnis ini bisa mendatangkan keuntungan yang menjanjikan karena penyewa kost lainnya pastinya membutuhkan makanan ringan. Jika dibandingkan harus pergi keluar untuk membeli makanan, pastikan penyewa kost lain lebih memilih membeli makanan ringan yang anda jual.

  • Influencer

Jika anda aktif bermain sosial media, khususnya Instagram, tak ada salahnya anda mencoba menjadi influencer. Semakin disarankan apabila anda memiliki jumlah followers yang banyak. Nantinya anda hanya perlu mengiklankan produk ataupun jasa yang ditawarkan oleh pihak yang mau bekerjasama dengan anda.

Dalam menjalankan bisnis mahasiswa ini, anda akan mendapatkan penghasilan sesuai dengan kesepakatan bersama. Bahkan tak sedikit perusahaan yang membayar dengan memberikan produk ataupun layanan gratis sesuai permintaan influencernya.

Bisnis Online Untuk Mahasiswa

Bisnis Mahasiswa
Source : https://netsolmind.com

Bisnis online bisa ditekuni mahasiswa secara mudah dan tanpa modal besar. Hanya dengan mengandalkan koneksi internet, bisnis online terbilang efektif dan praktis. Bisnis ini bisa dijalankan dimana dan kapan saja yang anda inginkan. Untuk mengetahui apa saja rekomendasi bisnis online tersebut, anda simak saja ulasan berikut.

  • Online Shop

Salah satu peluang usaha online yang bisa anda geluti yaitu online shop. Anda bisa jualan produk sendiri dengan memanfaatkan weblog, sosial media, maupun situs marketplace. Apabila anda tak memiliki produk, anda bisa memulai bisnis sebagai reseller ataupun dropshipper.

Agar bisnis online shop yang anda jalankan memberikan hasil yang memuaskan, pastikan anda lebih cermat dalam memilih supplier. Anda bisa pilih supplier yang terbaik, terpercaya dan menawarkan harga sesuai. Bahkan penting bagi anda untuk mengecek reputasinya dulu sebelum memilih supplier tersebut.

  • Penerjemah

Sebagai mahasiswa, anda pastinya menguasai bahasa asing secara baik. Tak harus banyak bahasa asing, anda bisa mendalami beberapa atau bahkan satu bahasa asing saja, namun lakukan secara optimal. Kemampuan anda dalam menguasai bahasa asing bisa dimanfaatkan untuk mendapatkan uang dengan membuka jasa penerjemah.

Bisnis mahasiswa ini bisa memberikan keuntungan yang menjanjikan karena tak sedikit perusahaan, event dan bahkan situs yang membutuhkan jasa penerjemah. Semakin menguntungkan untuk dilakukan karena anda tak harus bertatap muka secara langsung. Anda hanya perlu online dengan memanfaatkan jaringan internet.

Bisnis Untuk Mahasiswa Pertanian

Di bawah ini adalah beberapa ide bisnis mahasiswa dengan jurusan pertanian yang mungkin saja cocok untuk anda.

  • Jualan Pupuk dan Vitamin Tanaman

Salah satu peluang usaha yang cocok untuk mahasiswa jurusan pertanian yaitu jualan pupuk dan vitamin tanaman. Sebagai mahasiswa jurusan pertanian, anda pastinya lebih mudah dalam mengenali pupuk dan vitamin yang berkualitas untuk tanaman pertanian.

Bisnis ini juga bisa mendatangkan pelanggan secara mudah mengingat status anda sebagai mahasiswa pertanian. Walau demikian, anda harus mengimbanginya dengan memberikan pelayanan terbaik dan menawarkan harga yang sesuai.

  • Konsultan Pertanian

Selain jualan pupuk dan vitamin tanaman, anda juga bisa mencoba menjadi konsultan pertanian. Akan sangat pas untuk anda apabila selama ini anda menguasai berbagai solusi dalam mengatasi permasalahan kesehatan dan perawatan tanaman pertanian.

Dengan terjun sebagai konsultan pertanian, anda tak hanya bisa mendapatkan keuntungan saja, melainkan juga membantu petani setempat untuk bisa memperbaiki sistem pertaniannya. Dalam memulai bisnis ini, anda bisa mengajak rekan yang menurut anda mumpuni dan mau diajak kerjasama.

Bisnis Untuk Mahasiswa Kedokteran

Bagi anda yang mengambil jurusan kedokteran, anda juga bisa memulai bisnis sendiri. Nyatanya ada beberapa ide bisnis mahasiswa kedokteran yang bisa anda jadikan pilihan. Berikut beberapa pilihannya.

  • Jasa Pembuatan Jurnal

Bisnis ini sangat cocok untuk anda yang suka dan mampu dalam membuat jurnal, seperti laporan praktikum, penerjemahan bahasa asing dan masih banyak lainnya. Dengan membuka jasa ini, anda juga bisa membantu mahasiswa lain yang membutuhkan jasa penulisan jurnal.

Tak bisa dipungkiri bahwa tidak semua mahasiswa bisa membuat jurnal yang baik. Oleh karenanya, kesulitan yang dihadapinya bisa teratasi secara mudah. Berkat bisnis anda, mahasiswa lainnya juga bisa memahami bagaimana contoh penulisan jurnal yang baik dan benar.

  • Supplier Produk Uji Lab

Tak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa kedokteran sering melakukan uji laboratorium. Untuk memudahkan kegiatan tersebut, anda bisa berbisnis sebagai supplier yang menyediakan produk untuk uji laboratorium. Misalnya saja, anda menyediakan stok hewan yang akan diuji coba dalam praktikum ataupun produk lainnya.

Dengan adanya jasa yang anda tawarkan, maka anda sama saja telah membantu kelancaran uji lab yang hendak dilakukan. Namun pastikan anda tak memberikan tarif yang mahal agar tak membebani kantong mahasiswa.

Bisnis Untuk Mahasiswa Ekonomi

Mahasiswa yang jurusan ekonomi juga memiliki peluang bisnis yang besar. Untuk mengetahuinya, anda bisa simak ulasan di bawah ini.

  • Jasa Akuntan Publik

Salah satu bisnis mahasiswa jurusan ekonomi yaitu jasa akuntan publik. Sebagai seorang akuntan publik, anda nantinya akan dihadapkan dengan tugas yang meliputi general audit services, layanan investigasi, representation dan assistance service.

Untuk menjadi jasa akuntan publik yang baik dan terpercaya, anda perlu mengikuti tes Ujian Sertifikasi Akuntan (USA). Dengan anda lolos tes ini, anda sudah bisa jadi akuntan publik. Jika anda memiliki kemampuan dalam bidang ini, tak ada salahnya apabila anda terjun sebagai akuntan publik.

  • Jasa Analisis Keuangan

Selain jasa akuntan publik, anda juga bisa berbisnis sebagai jasa analisis keuangan. Saat anda berbisnis sebagai jasa analisis keuangan, anda nantinya akan diminta untuk mengecek kondisi keuangan suatu perusahaan. Perusahaan yang membutuhkan jasa anda akan mengirimkan datanya. Dari data yang diberikan, anda perlu mencermati apakah kondisi finansial perusahaan tersebut sehat atau tidak.

Bisnis mahasiswa jurusan ekonomi ini sangat dibutuhkan untuk mengembangkan eksistensi perusahaan di masa mendatang. Apabila kondisi keuangannya tak sehat, maka perusahaan bisa langsung memperbaikinya. Dengan demikian, dampak yang ditimbulkan tak akan semakin parah lagi.

Ada banyak peluang bisnis mahasiswa yang bisa anda pilih sesuai bakat dan minat. Dengan berbisnis, anda bisa mendapatkan penghasilan sendiri. Anda bisa menggunakannya untuk membayar biaya kuliah, sewa kost, maupun memenuhi kebutuhan pribadi sehari-harinya. Dengan memulai bisnis, anda bisa belajar mandiri.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *