√ Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil Untung Besar<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5135" >			<span class="no-rating-results-text"></span>		</span>

√ Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga Dengan Modal Kecil Untung Besar

Bisnis ibu rumah tangga bisa ditekuni untuk membantu perekonomian keluarga. Meski menjalankan bisnis, namun pekerjaan utama sebagai ibu rumah tangga tidak akan terganggu. Hal ini dikarenakan sudah banyak bisnis yang bisa digeluti tanpa harus meninggalkan rumah.

Walau terbilang sederhana dan mudah dilakukan, namun usaha ibu rumah tangga bisa memberikan keuntungan yang besar. Dengan memiliki penghasilan sendiri, anda para ibu rumah tangga tidak akan terlalu bergantung dengan kondisi finansial suami.

Peluang Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Untuk membantu suami dalam mencari nafkah keluarga, anda para ibu rumah tangga tak perlu ragu untuk menjalankan bisnis. Hanya saja, modal seringkali menjadi kendala untuk memulai menekuni bisnis sendiri. Namun anda tak perlu khawatir karena sudah banyak bisnis yang bisa dibuka tanpa harus keluar modal besar. Anda bisa kumpulkan modal dari sisa uang belanja sehingga tak akan merepotkan suami.

Selain membutuhkan modal yang tak besar, anda perlu memulai bisnis ibu rumah tangga karena menjaga kestabilan keuangan keluarga. Meski penghasilan kepala keluarga sudah bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, namun pendapatan anda nantinya dapat mengoptimalkan deposito yang sifatnya jangka panjang.

Mengingat ada dua pemasukan, anda juga bisa lebih mudah dalam memanajemen keuangan. Dengan menjalankan bisnis, anda bisa paham betul betapa sulitnya mencari uang. Anda pun tak akan boros dalam mengeluarkan uang. Hal ini tentu saja bisa menginspirasi sekaligus membimbing anak-anak anda di masa depan.

Bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga pun tak sesulit yang dibayangkan. Anda bisa memilih bisnis yang sesuai dengan bakat maupun minat anda. Dengan begitu, anda bisa menekuni bisnis yang sesuai dengan apa yang anda sukai.

Ide Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Ada banyak bisnis yang bisa dijalankan oleh ibu rumah tangga. Untuk mengetahui apa saja ide bisnis tersebut, anda simak saja ulasan di bawah ini.

  • Kerajinan Tangan

Salah satu bisnis ibu rumah tangga yang bisa anda pilih yaitu produksi kerajinan tangan. Ide bisnis yang satu ini juga bisa menunjukkan sekaligus meningkatkan daya kreativitas ibu rumah tangga. Apabila anda memiliki kemampuan dan kemauan di bidang kerajinan tangan, tak ada salahnya anda menjadikannya sebagai ladang bisnis.

  • Catering

Ibu rumah tangga identik dengan hobi memasak. Oleh karenanya, mengapa anda tak menjadikan hobi tersebut untuk menghasilkan uang. Anda bisa coba membuka usaha catering dengan menu yang bisa anda buat. Nantinya anda bisa tambah menu seiring berjalannya waktu.

Perlu untuk anda ketahui bahwa bisnis ini tak pernah sepi pelanggan. Apalagi jika lokasi rumah anda cukup strategis. Misalnya, dekat dengan gedung perkantoran, kampus, kost, pabrik dan lain sebagainya. Apabila anda mampu menjaga cita rasa masakan dan kualitas pelayanan, dijamin bisnis anda akan ramai pelanggan setiap harinya.

  • Laundry

Jika anda sudah memiliki mesin cuci di rumah, anda bisa memanfaatkannya untuk membuka jasa laundry. Bisnis ini terbilang mudah dijalankan karena peralatan yang digunakan cukup sederhana. Selain mesin cuci, anda hanya membutuhkan setrika listrik dan parfum laundry. Sementara untuk penjemurannya, anda tak harus menyiapkan mesin pengering. Anda bisa manfaatkan halaman belakang rumah untuk menjemur pakaian.

Cara Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Cara memulai bisnis terbilang mudah. Pertama, pastikan anda memilih usaha yang mudah anda pahami. Dalam hal ini, anda bisa pilih bisnis yang bidangnya sesuai dengan minat dan kesukaan anda. Dengan demikian, anda tak akan merasa terbebani selama menjalankan bisnis sekaligus memenuhi tanggung jawab dan tugas sebagai ibu rumah tangga.

Setelah anda menemukan ide bisnis yang sesuai dengan pribadi anda, pastikan segera menentukan targetnya. Dalam berbisnis, anda harus memiliki target. Adanya target bisa membantu anda dalam menentukan titik keseimbangan pencapaian yang bisa anda raih.

Dalam menjalankan bisnis ibu rumah tangga, pastikan juga anda memisahkan antara urusan pribadi dan urusan bisnis. Mulai dari alur keuangan, waktu, tenaga dan bahkan pemikiran anda. Jangan sampai tercampur karena bisa menghilangkan fokus anda sehingga urusan pribadi dan bisnis menjadi terbengkalai.

Agar bisnis anda berjalan lancar, anda juga perlu membangun jaringan. Sebagai langkah awal, anda bisa melakukan promosi pada kerabat, tetangga, maupun sahabat. Membangun jaringan tak hanya dapat dilakukan dengan marketing konvensional saja, akan tetapi juga pemasaran digital. Dalam online marketing, anda bisa manfaatkan weblog hingga sosial media melalui jaringan internet.

Setelah anda mendapatkan pelanggan, pastikan anda selalu meningkatkan kualitas produk, jasa, maupun pelayanan yang diberikan. Tak lupa juga untuk menawarkan harga yang kompetitif. Jangan terapkan harga terlalu murah hanya karena ingin menggaet minat pelanggan tanpa memperhitungkan keuntungannya. Selain itu, jangan tawarkan harga terlalu mahal hanya karena ingin mendapatkan keuntungan yang besar dalam waktu cepat.

Inspirasi Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Cara menjalankan bisnis ibu rumah tangga terbilang mudah. Untuk menambah referensi anda, berikut kami bagikan beberapa inspirasinya selengkapnya untuk anda.

  • Bisnis Tanaman Hias

Sebagian besar ibu rumah tangga pastinya menyukai tanaman hias dan bahkan rela mengoleksinya. Apabila anda juga demikian, tak ada salahnya jika anda coba membuka bisnis tanaman hias. Agar tanaman hias yang anda miliki tidak habis, alangkah baiknya jika anda juga membudidayakan tanaman yang ada.

Untuk menjaring banyak pelanggan, anda bisa tawarkan tanaman hias bunga, tanaman hias daun dan bahkan tanaman hias herbal. Lakukan pemasaran dengan baik agar hasil penjualan yang anda lakukan bisa efektif dan optimal.

  • Tempat Kost

Ibu rumah tangga juga bisa membuka tempat kost untuk mendapatkan penghasilan. Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk anda yang lokasi rumahnya dekat dengan pabrik, kampus, maupun gedung perkantoran. Anda bisa merombak rumah anda menjadi tempat kost sederhana.

Agar kost yang anda sediakan bisa ditempati secara nyaman, pastikan anda menambahkan fasilitas yang memadai. Selain itu, ada baiknya anda selalu memperhatikan kebersihannya. Sementara untuk tarif, berlakukan biaya sewa kost yang terjangkau.

  • Warung Kopi

Bisnis ini termasuk peluang usaha ibu rumah tangga sukses yang bisa anda pilih. Anda bisa jualan aneka kopi untuk menggaet perhatian pelanggan. Semakin mencuri perhatian apabila warung kopi anda juga dilengkapi dengan gorengan, nasi uduk, maupun menu makanan lainnya.

Agar penghasilan anda meningkat, anda bisa membuka warung kopi sejak pagi. Adanya warung kopi anda bisa menjadi alternatif orang-orang yang tak sempat sarapan. Maka dari itu, jika rumah anda berada di lokasi strategis, anda bisa jalankan bisnis ini.

Untuk menjalankan usaha warung kopi ini pun, anda hanya perlu menyiapkan kompor, gelas, sendok, piring dan lain sebagainya. Meski sederhana, namun bisnis ini bisa mendatangkan banyak keuntungan.

Contoh Bisnis Ibu Rumah Tangga

Bisnis Ibu Rumah Tangga

Peluang usaha ibu rumah tangga juga bisa dilakukan oleh anda yang memiliki anak masih kecil. Meski mengasuh balita atau bahkan bayi, anda tetap bisa berbisnis. Adapun inspirasinya ialah sebagai berikut.

  • Jualan Pulsa

Jualan pulsa termasuk salah satu peluang usaha untuk ibu rumah tangga yang punya anak kecil. Selain pulsa operator seluler, anda juga bisa jual pulsa listrik. Dijamin bisnis anda bisa mendatangkan keuntungan tanpa menurunkan pengawasan terhadap anak anda yang masih balita.

  • Bisnis Fotografi

Bisnis yang satu ini sangat cocok untuk anda yang hobi fotografi. Mengenai objeknya, anda bisa potret alam sekitar dan bahkan buah hati anda. Dengan begitu, anda tetap bisa berbisnis sambil bermain dengan anak kesayangan anda.

Nantinya foto yang anda ambil bisa dijual di perusahaan yang mencetak majalah maupun desainer web. Selain itu, anda juga bisa menjualnya di berbagai situs yang membutuhkan. Misalnya saja, istockphoto.com, 123rf.com dan alamy.com.

  • Jual Gas LPG dan Air Galon

Sembari mengasuh anak, anda bisa jualan gas LPG dan air galon. Perlu untuk anda ketahui, bisnis ini tak lekang oleh waktu karena anti kadaluwarsa. Selain itu, meski anda terpaksa harus meninggalkannya di rumah, anda tak perlu khawatir produk usaha anda tersebut tidak akan hilang.

Semakin menggiurkan untuk dijalankan karena bisnis ini memiliki banyak peminat. Seperti yang diketahui, gas LPG dan air galon menjadi kebutuhan masyarakat setiap harinya.

Apabila bisnis yang anda tekuni ini sudah berkembang, anda bisa mulai mempekerjakan karyawan. Nantinya anda juga bisa menghadirkan layanan antar jemput galon dan gas LPG. Dijamin bisnis anda bisa ramai dengan pelanggan setia.

Bisnis Online Ibu Rumah Tangga

Di era serba digital seperti sekarang ini, semua kebutuhan bisa terpenuhi hanya dengan online. Oleh karenanya, ada baiknya anda menggunakan jaringan internet untuk berbisnis. Berikut beberapa idenya.

  • Penulis Konten

Bagi anda yang suka menulis, anda bisa coba berbisnis sebagai penulis konten. Agar tak mengganggu rutinitas anda sebagai ibu rumah tangga, anda bisa memilih menjadi penulis lepas. Seperti yang diketahui, saat ini sudah banyak perusahaan dan blogger yang membutuhkan penulis konten. Semakin berkualitas konten yang anda buat, maka anda bisa pasang tarif yang lebih mahal.

Bisnis yang satu ini bisa dibilang bisnis ibu rumah tangga tanpa modal. Hal ini dikarenakan anda tak perlu mengeluarkan modal yang besar untuk menjalankannya. Jika anda sudah punya laptop / PC, anda hanya membutuhkan modal untuk membeli paket internet saja. Untuk menggunakannya pun, anda tak membutuhkan modem. Anda bisa manfaatkan smartphone untuk tethering.

  • Reseller dan Dropshipper

Bisnis online lainnya yang bisa anda pilih yaitu reseller. Bisnis yang satu ini mengharuskan anda untuk stok barang dari supplier yang anda pilih. Bagi anda yang tidak memiliki modal sama sekali, anda bisa pilih bisnis online sebagai dropshipper. Berbeda dengan reseller, dropshipper tak harus stok barang. Saat anda pembeli yang memesan produk, dropshipper hanya perlu memberitahukannya kepada supplier. Nantinya supplier akan mengirimkan produk atas nama bisnis anda.

  • Pembuat Vlog

Konten tak hanya berupa artikel saja, akan tetapi juga video atau yang dikenal dengan vlog. Dalam memulai bisnis ini, anda bisa berbagi video lucu, video pembelajaran, video perjalanan wisata dan masih banyak lainnya. Video ini bisa anda share di YouTube dan lakukan monetisasi.

  • Penerjemah

Jika anda menguasai bahasa asing, anda bisa berbisnis sebagai penerjemah online. Seperti yang diketahui, ada banyak perusahaan, event dan bahkan situs yang membutuhkan jasa penerjemah. Anda pun bisa coba terjun ke dalam bidang yang sesuai keterampilan anda tersebut.

Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga di Desa

Meski di desa, ibu rumah tangga juga bisa menjalankan bisnis yang mendatangkan keuntungan menggiurkan. Adapun rekomendasinya ialah sebagai berikut.

  • Les Privat

Bisnis ibu rumah tangga ini mengandalkan kemampuan anda dalam menguasai mata pelajaran. Sebagai tahap awal, anda bisa coba les anak SD. Bisnis ini bisa semakin menguntungkan apabila rumah anda berdekatan dengan sekolahan dan anak-anak kecil.

  • Toko Kelontong

Tinggal di desa bisa anda manfaatkan untuk membuka toko kelontong. Anda bisa jualan barang yang dibutuhkan oleh warga sekitar. Akan mendatangkan banyak keuntungan apabila anda menjual aneka barang yang cukup lengkap.

  • Jasa Pengetikan

Bisnis ini bisa anda tekuni saat tinggal di desa. Jika dibandingkan di kota, jasa pengetikan lebih dibutuhkan di desa. Anda pun bisa memanfaatkan laptop / PC anda untuk menjalankan bisnis ini. Akan semakin recommended untuk anda jalankan apabila rumah anda berdekatan dengan sekolah, kampus dan kantor.

Jangan ragu untuk mencoba bisnis ini karena ada banyak pelajar dan karyawan yang membutuhkan jasa pengetikan dalam mengerjakan tugas, skripsi dan lain sebagainya.

Soal biayanya, anda bisa pasang tarif per halaman atau jumlah katanya. Agar mampu bersaing dengan jasa pengetikan lainnya, pastikan anda menawarkan harga yang sesuai. Selain itu, anda harus memberikan pelayanan terbaik, misalnya anti typo.

Peluang Usaha Dengan Modal 1 juta Untuk Ibu Rumah Tangga

Dengan modal hanya 1 juta, sudah ada banyak bisnis yang bisa digeluti oleh ibu rumah tangga. Langsung saja, berikut beberapa inspirasinya.

  • Jasa Penitipan Anak

Anda bisa mengubah rumah anda menjadi tempat penitipan anak. Jasa yang satu ini banyak dipilih oleh para orangtua yang sibuk berkarir. Jika dibandingkan dengan mempekerjakan baby sitter, memilih jasa penitipan anak dinilai lebih hemat biaya.

Supaya para orangtua lebih senang menitipkan buah hatinya ke tempat anda, pastikan anda selalu menjaga kebersihan lingkungan. Selain itu, ada baiknya anda memberikan pengajaran seperti membaca, menulis, hingga menggambar pada anak yang dititipkan ke tempat anda.

  • Jualan Produk Kosmetik

Seperti yang diketahui, minat terhadap produk kosmetik selalu meningkat. Hal ini bisa anda manfaatkan dengan jualan produk kosmetik. Dengan modal 1 juta, anda bisa menjual produk yang lengkap dan berkualitas dari segala merk yang ada.

  • Jasa Menjahit

Bisnis ibu rumah tangga modal kecil untung besar yang bisa anda coba lainnya yaitu menjahit. Jasa menjahit tentu saja membutuhkan mesin penjahit. Selain itu, anda membutuhkan benang, mesin obras, jarum dan kain.

Dengan modal 1 juta, jasa menjahit yang anda tawarkan bisa mendapatkan keuntungan yang besar. Anda bisa menjahit pakaian yang sobek maupun membuat produk. Jika ingin mendapatkan keuntungan yang lebih besar, anda bisa coba membuat produk.

Nantinya produk yang anda buat bisa dijual ke supplier ataupun para pebisnis lainnya. Bahkan anda juga bisa buka layanan pemesanan busana maupun produk berbahan kain. Dengan membuka jasa menjahit, anda sama saja juga telah mengembangkan keterampilan.

Meski sudah berkeluarga, ibu rumah tangga tetap bisa mendapatkan penghasilan sendiri dengan membuka bisnis. Maka dari itu, tak ada salahnya jika anda memilih beberapa ide bisnis ibu rumah tangga di atas yang sesuai dengan minat dan bakat.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *