√ Ide Bisnis Anak Sekolah dengan Modal Kecil yang Menguntungkan<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-5184" >			<span class="no-rating-results-text"></span>		</span>

√ Ide Bisnis Anak Sekolah dengan Modal Kecil yang Menguntungkan

Peluang bisnis anak sekolah kian terbuka saat ini. Terlebih lagi, bidang teknologi kini semakin berkembang secara pesat sehingga mampu mendukung kegiatan bisnis yang dilakukan pelajar. Tak hanya dalam bidang teknologi saja, masih ada banyak peluang usaha yang bisa ditekuni anak sekolah.

Meski masih berstatus sebagai pelajar, namun bukan berarti hanya berpangku tangan mengharap uang jajan dari orangtua. Dengan mempunyai bisnis sendiri, maka pelajar bisa menambah uang jajan dan bahkan membantu biaya sekolah. Secara otomatis, pelajar yang mulai berbisnis telah berupaya untuk meringankan beban kedua orangtua dalam menyekolahkannya.

Peluang Bisnis Anak Sekolah

Bisnis Anak Sekolah

Bisnis saat masih berstatus sebagai pelajar bukanlah menjadi hambatan. Hal ini dikarenakan sudah ada banyak peluang bisnis yang bisa ditekuni tanpa mengganggu kegiatan belajar mengajar. Pandai-pandailah dalam memilih bisnis yang sesuai dengan minat dan bakat anda. Selain itu, pastikan juga anda memilih bisnis yang tak terlalu menguras waktu dan tenaga anda.

Mengenai modal, tak semua bisnis anak sekolah membutuhkan modal yang besar. Tanpa perlu meminta pada orangtua, pelajar sebenarnya bisa memilih bisnis yang bisa dimulai tanpa modal ataupun modalnya kecil. Untuk menyiapkan modal, pelajar bisa menabung dengan menyisihkan uang jajan.

Pebisnis yang sukses tak harus di usia dewasa. Kini sudah banyak pengusaha yang sukses berkat merintis bisnis sejak usia muda. Perlu diketahui, usia muda memiliki fisik yang sedang sehat-sehatnya. Dengan demikian, usia muda adalah usia produktif yang sangat tepat jika dihabiskan untuk berbisnis.

Tak berhenti di situ saja, bisnis anak sekolah juga dinilai lebih kreatif dan visioner sehingga lebih mudah bersaing di dunia bisnis. Seperti yang diketahui, anak sekolah cenderung lebih berani dalam menghadapi tantangan. Semakin menarik untuk menekuni bisnis karena pelajar umumnya memiliki jaringan pertemanan yang luas.

Para pelajar yang saat ini masih duduk di bangku sekolah, seperti SMP, SMA atau bahkan SD, tak ada salahnya untuk terjun ke dunia bisnis. Dengan berbisnis di usia muda, pelajar bisa lebih mudah dalam meraih kesuksesan di masa depannya.

Cara Bisnis Anak Sekolah

Bisnis Anak Sekolah
Source : https://saatsantai.com

Selain sebagai pelajar, anda juga bisa merintis usaha untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Adapun langkah awal yang perlu anda tempuh untuk menjalankan usaha yaitu berdiskusi dengan orangtua, teman, guru dan target pelanggan anda. Dengarkan semua saran dan solusi yang disampaikan untuk anda.

Agar proses dan hasil yang didapat dari kegiatan bisnis menguntungkan, ada baiknya anda memilih mentor yang tepat. Mentor yang baik pastinya mau berbagi wawasan atau pengetahuan, pelajaran, pengalaman dan bahkan keterampilan yang dimilikinya. Pastikan juga anda meminta bantuan kepada mentor yang jujur dan amanah.

Mengingat anda masih pemula dalam terjun ke bidang bisnis, alangkah baiknya jika anda keluar dari zona nyaman dengan bergabung ke komunitas bisnis anak sekolah yang sesuai minat dan keterampilan anda. Ada banyak hal menguntungkan yang bisa bermanfaat bagi bisnis yang anda jalankan. Dengan cara ini, anda juga bisa berlatih untuk beradaptasi dengan dunia luar.

Mengingat anda masih berstatus sebagai anak sekolah, anda jangan sampai menghabiskan waktu dan tenaga hanya fokus pada bisnis semata. Pastikan anda juga memperhatikan kegiatan belajar mengajar di kelas dan tak melalaikan kewajiban sebagai pelajar. Perlu diketahui bahwa ada banyak hal penting dalam pembelajaran di sekolah yang bermanfaat untuk bisnis anak sekolah.

Mata pelajaran matematika misalnya. Matematika bisa membantu anda dalam berhitung secara lebih cermat. Selain itu, ada juga mata pelajaran Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) yang bisa membantu anda saat ingin menjalankan bisnis dengan bantuan teknologi. Maka dari itu, pastikan anda seimbang dalam belajar dan berbisnis.

Ide Bisnis Anak Sekolah

Bisnis Anak Sekolah

Ada banyak peluang usaha sampingan yang bisa ditekuni pelajar dalam mendapatkan penghasilan sendiri. Berikut beberapa inspirasinya.

  • Online Shop

Salah satu bisnis anak sekolah yang bisa dilakukan yaitu membuka online shop. Bisnis yang satu ini terbilang mudah dilakukan karena semuanya bisa dikerjakan hanya dengan bantuan internet. Nantinya produk yang anda jual bisa ditawarkan di sosial media, weblog, maupun situs marketplace. Apabila anda suka menjelajah dunia internet, maka bisnis ini sangat recommended untuk anda.

  • Rental Kamera

Jika anda memiliki kamera dengan kualitas bagus, anda bisa sewakan agar balik modal dan mendapatkan penghasilan. Supaya kamera yang anda miliki semakin ramai penyewa, pastikan anda selalu menjaga kualitas dan kebersihannya dengan memberikan perawatan rutin.

Dalam menyewakannya pun, alangkah baiknya jika anda memiliki aturan kesepakatan yang disetujui oleh semua pihak yang bersangkutan. Hal ini sebagai bentuk antisipasi apabila terjadi sesuatu hal yang tak diinginkan nantinya. Perihal harganya, sebaiknya anda menawarkan biaya sewa kamera yang terjangkau berdasarkan lama waktu sewanya.

  • Jasa Ketik

Jika anda memiliki laptop / PC, anda bisa memanfaatkannya untuk mendapatkan penghasilan dengan membuka jasa ketik. Peluang usaha kecil menengah untuk pelajar ini bisa anda pilih jika anda juga memiliki keahlian dalam mengetik cepat. Pelanggan bisnis ini tak hanya dari kalangan pelajar saja, akan tetapi juga pegawai kantoran dan lain sebagainya.

  • Jasa Event Organizer

Jasa event organizer sangat cocok untuk anda yang memiliki kemampuan dalam mengelola sebuah acara. Misalnya saja, acara seminar, ulang tahun dan lain sebagainya. Dalam menjalankan bisnis ini, anda bisa membentuk sebuah tim yang anggotanya anda rekrut sendiri dengan melihat kemampuan dan minatnya.

  • Budidaya Jangkrik

Apabila lingkungan sekitar rumah anda banyak orang yang memelihara burung, ada baiknya anda coba berbisnis jangkrik. Seperti yang diketahui, jangkrik menjadi salah satu pakan burung yang banyak dicari. Selain banyak peminatnya, jangan ragu untuk mencoba bisnis ini karena prosesnya juga mudah dan modalnya tidak terlalu besar.

Bisnis Anak Sekolah SMA

Bisnis Anak Sekolah
Source : https://www.investasiuntung.com

Duduk di bangku Sekolah Menengah Atas (SMA) tak berarti tidak bisa berpenghasilan sendiri. Sebenarnya peluang usaha untuk pelajar SMA terbuka lebar. Adapun beberapa peluang usaha tersebut yaitu:

  • Les Privat

Les privat termasuk salah satu bisnis untuk anak SMA yang menghasilkan. Dalam hal ini, anda bisa membimbing pelajar SMP dan SD dengan mata pelajaran yang anda kuasai. Bisnis yang anda jalankan ini akan lebih mudah dipercaya dan mendatangkan siswa apabila anda memiliki nilai yang memuaskan di sekolah. Oleh karenanya, bagi anda yang kerap mendapatkan ranking, tak perlu ragu untuk buka les privat.

  • Penulis

Bisnis anak sekolah yang bisa anda pilih lainnya yaitu penulis. Jika anda hobi menulis, tak ada salahnya anda melakukannya untuk mendulang uang. Perlu diketahui bahwa saat ini semakin banyak perusahaan dan situs yang membutuhkan penulis untuk mengisi kontennya.

  • Voucher Isi Ulang

Bisnis yang satu ini terbilang mudah dilakukan. Bisnis ini tak membutuhkan banyak waktu dan tenaga sehingga tak akan mengganggu aktivitas anda sebagai pelajar. Semakin direkomendasikan untuk dijalankan pelajar SMA karena sebagian besar pelajar sudah difasilitasi handphone oleh orangtuanya.

  • Jualan Nasi

Bukan rahasia lagi jika pelajar menghabiskan waktunya di sekolah. Untuk mengatasi rasa lapar, pelajar pastinya langsung datang ke kantin saat jam istirahat. Jika anda berjiwa wirausaha yang tinggi, anda pastinya berpikir untuk jualan nasi.

Bisnis makanan yang cocok untuk anak SMA yang satu ini bisa membantu pelajar lain dalam mendapatkan jajanan tanpa harus ke kantin. Anda bisa jualan nasi dari satu kelas ke kelas lainnya. Jika makanan yang anda bawa enak dan ekonomis, pastinya teman anda akan langsung mengantri mendatangi nasi anda.

Lain halnya jika anda tak mau repot, anda bisa menitipkan nasi yang anda bawa ke kantin. Hanya saja, anda harus memberi imbalan sebagai bentuk tanda terimakasih dalam bekerja sama. Mengenai pilihan menunya, anda bisa jualan nasi kuning, nasi kucing, nasi goreng dan lain sebagainya.

Contoh Bisnis Anak Sekolah

Bisnis Anak Sekolah
Source : https://www.profbisnis.com

Ada banyak bisnis yang bisa dijalankan secara mudah dan fleksibel sehingga cocok untuk pelajar. Langsung saja, anda simak beberapa inspirasi di bawah ini.

  • Desain Grafis

Salah satu peluang bisnis untuk pelajar yaitu desain grafis. Bagi anda yang suka dan memiliki keterampilan dalam bidang grafis, anda bisa memulai bisnis ini. Dengan menekuni desain grafis, anda bisa membuat logo, kartu nama, desain kaos, undangan, poster, brosur, banner, casing hp dan masih banyak lainnya.

  • Reseller atau Dropshipper

Ide bisnis anak sekolah yang bisa anda tekuni lainnya yaitu menjadi reseller. Sesuai dengan namanya, anda nantinya akan menjual kembali produk orang lain dengan harga sesuai kesepakatan bersama. Bisa dibilang, reseller menjadi kepanjangan tangan dari supplier utama. Dalam menjadi reseller, anda nantinya harus memiliki stok barang. Dengan demikian, anda bisa tahu stok barang secara real time dan langsung mengirimkannya apabila ada pesanan.

Lain halnya jika anda tidak mau ribet dan tak memiliki modal sama sekali, maka anda bisa memilih bisnis sebagai dropshipper. Bisnis online yang satu ini tak mengharuskan anda untuk stok barang. Jika anda pesanan, anda hanya perlu kontak supplier utama dan akan langsung mengirimkannya atas nama bisnis anda. Namun kekurangannya, anda tak bisa tahu stok barang secara real time. Akan terasa sangat mengecewakan jikalau nantinya produk yang dipesan pelanggan anda sudah habis.

  • Sewa Alat Musik

Tak sedikit pelajar memiliki alat musik yang lengkap. Jika anda juga demikian, anda bisa memanfaatkannya untuk disewakan. Agar alat musik yang anda miliki tetap terjaga kualitas dan penampilannya, ada baiknya anda memberlakukan aturan yang menguntungkan kedua pihaknya. Misalnya, kerusakan menjadi tanggung jawab anda dan penyewa.

Selain itu, layani sewa alat musik per item saja. Bisa gitar, drum atau keyboard saja. Hal ini dilakukan untuk menghindari hal-hal yang tak diinginkan terjadi nantinya. Soal harga, berikan harga sewa alat musik yang terjangkau agar bisnis anda semakin dilirik pelanggan.

Bisnis Pelajar yang Menguntungkan

Bisnis Anak Sekolah
Source : https://koinworks.com

Meski mudah dilakukan, namun tak sedikit bisnis yang bisa mendatangkan keuntungan yang besar bagi pelajar. Adapun beberapa bisnis tersebut ialah sebagai berikut.

  • Blogger

Blogger termasuk salah satu peluang bisnis anak sekolah yang menjanjikan. Penghasilan nantinya didapat dari iklan, review produk, maupun menjual produk sendiri. Saat anda menekuni bidang ini, pastikan anda membuat konten artikel yang berkualitas. Jangan hanya copas (copy paste) artikel miliki orang lain karena bisa menurunkan ranking blog anda.

  • Jasa Endorse

Khusus bagi anda yang memiliki followers banyak di akun sosial media, ada baiknya anda membuka jasa endorse. Nantinya anda hanya diminta untuk upload foto ataupun video dengan menampilkan produk dari endorser anda. Anda diharuskan untuk memberikan review positif agar followers anda ikut menggunakannya.

Untuk imbalannya, para endorser seringkali memberikan imbalan dengan melihat jumlah followers anda. Oleh karenanya, akan semakin menguntungkan apabila followers yang anda miliki banyak. Selain imbalan dalam bentuk uang, anda juga bisa digaji dengan produk yang ditawarkan. Imbalannya sesuai dengan kesepakatan bersama.

  • Budidaya Tanaman Hidroponik

Bisnis anak sekolah yang bisa anda pilih lainnya yaitu budidaya tanaman hidroponik. Perlu diketahui bahwa ada banyak jenis tanaman yang bisa tumbuh secara baik dengan teknik hidroponik, baik itu sayur-sayuran maupun buah-buahan. Sebut saja kangkung, cabai, tomat, semangka dan masih banyak lainnya.

Untuk menerapkan teknik hidroponik, anda tak perlu menyiapkan lahan yang luas. Semakin menguntungkan karena minat terhadap tanaman hidroponik juga tinggi. Hal ini dikarenakan tanaman hidroponik terbukti lebih menyehatkan. Mengingat tanaman ini dibudidayakan tanpa pestisida atau anti bahan kimia dan terhindar dari serangan hama.

  • Jasa Rias

Keahlian anda dalam merias bisa dikembangkan dengan membuka jasa rias. Mulai dari riasan untuk wisuda, kondangan, ataupun pengantin. Agar bisnis anda semakin dipercaya dan hasilnya memuaskan, anda harus rajin ikut kegiatan seminar mengenai rias. Selain itu, anda juga bisa mencermati video tutorial yang banyak tersebar di internet.

Dalam memasarkan jasa rias, anda bisa aktif upload video di akun sosial media atau bahkan YouTube. Bagikan seputar tutorial merias, pemilihan make up, hingga setiap hasil riasan yang anda selesaikan. Jangan malu juga untuk meminta saran dan kritik agar eksistensi bisnis jasa rias yang anda jalankan bisa semakin baik.

Usaha Aksesoris Anak Sekolah

Anak sekolah juga bisa berjualan aksesoris. Meski sederhana, namun keuntungan yang diberikan cukup menggiurkan. Hal ini dikarenakan pelajar pastinya tak bisa lepas dari aksesoris. Mengenai apa saja aksesoris yang bisa dijual, anda simak saja ulasan berikut.

  • Aksesoris Hp

Seperti yang telah sedikit disinggung di atas, sebagian besar pelajar sudah memiliki hp. Maka dari itu, anda bisa jualan aksesoris hp. Mulai dari casing, gantungan, hingga anti gores. Supaya aksesoris hp yang anda tawarkan kian banyak peminatnya, ada baiknya anda menjual aksesoris hp yang unik dan lucu.

  • Bros

Bros termasuk aksesoris yang banyak diminati, terutama bagi wanita yang mengenakan hijab. Aksesoris ini akan memudahkan dalam menggunakan hijab sekaligus mempercantik penampilan. Anda pun bisa menjual beraneka model dan ukuran bros untuk memperluas jaringan bisnis. Modalnya juga terbilang kecil sehingga anda tak perlu ragu untuk mencoba bisnis anak sekolah ini.

  • Gantungan Kunci

Aksesoris lain yang juga bisa anda tawarkan yaitu gantungan kunci. Selain unik dan lucu, pastikan anda menjual gantungan kunci yang mengikuti perkembangan tren. Hal ini bisa membuat bisnis yang anda jalankan lebih mudah mendapatkan pelanggan setia. Soal harga, ada baiknya anda menjual aksesoris gantungan kunci dengan harga yang kompetitif.

Ada banyak ide bisnis anak sekolah yang bisa ditekuni untuk mendapatkan penghasilan sendiri. Selain membantu orangtua dalam membiayai sekolah, memulai bisnis sendiri sejak usia muda juga dapat memudahkan langkah dalam mencapai keberhasilan di masa mendatang.

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *