Biografi Hanan Attaki Lc – Ceramah Pemuda Hijrah<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-1009" itemscope itemtype="http://schema.org/AggregateRating"> <span class="mr-star-rating"> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> <i class="fa fa-star mr-star-full"></i> </span><span class="star-result"> <span itemprop="ratingValue">5</span>/<span itemprop="bestRating">5</span></span> <span class="count"> (<span itemprop="ratingCount">5</span>) </span> <span itemprop="itemReviewed" itemscope itemtype="http://schema.org/Thing"><meta itemprop="name" content="Biografi Hanan Attaki Lc - Ceramah Pemuda Hijrah" /></span></span>

Biografi Hanan Attaki Lc – Ceramah Pemuda Hijrah

Assalamualaikum wr wb – Alhamdulillah kita masih diberikan kesehatan dan keselamatan sehingga saat ini bisa menjalankan aktifitas seperti biasanya. In Syaa Allah kali ini saya akan membahas tentang biografi Hanan Attaki. Lebih lengkapnya yaitu Ustadz Teuku Hanan Attaki, Lc.

Mungkin jika dilihat sepintas, pria satu ini bukanlah seorang Ustadz ya he, ya karena umumnya Ustadz atau Kyai itu dari segi tampilan atau busana ya ga lepas dari peci, sorban, baju koko, sarung, tasbih dan lain-lain. Tapi Ustadz satu ini memilih untuk menggunakan pakaian sebagaimana anak muda zaman sekarang. Ya karena memang target dakwah beliau adalah kalangan muda-mudi alias ABG alias yang bener-bener ingin hijrah dan baru mendalami Islam.

Mungkin teman-teman bisa melihat sosok beliau yang sederhana, gaya penyampain yang lugas, lucu, enak dipahami, dan suaranya itu lho ciri khas banget. Sekilas mendayu-dayu ya he tapi sangat ciri khas banget, jadi ketika mendengar suara beliau lansung bisa menebak pasti itu suara Ustadz Hanan Attaki.

biografi hanan attaki

Biografi Hanan Attaki Secara Singkat

  • Lahir di Aceh tanggal 31 Desember 1981
  • Pendidikan Universitas Al Azhar Mesir, Program Studi Tafsir Al-Quran
  • Akun medsos pribadi :  Instagram @hanan_attaki
  • Akun medsos Pemuda Hijrah
  • Instagram Pemuda Hijarah
  • Fanpage Pemuda Hijrah
  • Twitter Pemuda Hijrah

Baca juga : Biografi Ustadz Adi Hidayat – Ulama Muda Indonesia

Latar Belakang

Ustadz Teuku Hanan Attaki, Lc atau lebih dikenal dengan Ustadz Hanan ini berasal dari Aceh sahabat. Ya bisa dilihat dari namanya aja yaitu “Teuku”. Tapi sekarang nyasar di Bandung he, bukan nyasar si tapi lebih pada pusat dakwahnya fokus di Bandung. Tapi karena sekarang dunia digital yang begitu canggih, ceramah-ceramah beliau direkam dan disebarkan lewat Media Sosial dan Website. Alhasil semua warna Indonesia khususnya bisa mendengar langsung walaupun tidak bertemu. Baik itu di indonesia ataupun mereka yang sedang diluar negeri sana.

Tak hanya Indonesia, warna Brunei, Malaysia, dan Singapura juga banyak yang nge-fans sama beliau. Disamping muda, sekarang usia sekitar 36 tahun ya, beliau juga sangat cerdas dalam memberikan tausiyah-tausiyah segar yang menggetarkan hati anak muda sekarang.

Contohnya saja organisasi Pemuda Hijrah yang dibentuk beliau, benar-benar ingin menjadikan pemuda Indonesia khususnya, hijrah dari hal yang kurang baik menjadi baik. Yang sudah baik terus istiqomah dalam kebaikannya. Dan terus mencari teman yang saling mengingatkan dalam hal kebaikan sesuai syariat Islam.

biografi hanan attaki

Kajian rutin beliau sekarang di Masjid Trans Studio Bandung dengan tema-tema kekinian yang baru pastinya. Ya yang hadir 90% kaum remaja yang jomblo-jomblo he, yang ingin terus terjaga sampai setengah dien-nya lengkap alias menikah. Kajian yang ringan tapi berbobot ini sangat mudah ditrima oleh para remaja. Dengan sedikit pengalaman hidup dan literasi gaya bahasa yang enak menjadikan Ustadz satu ini selalu dinanti-nantikan kajian-kajian berikutnya.

Untuk masalah biografi Hanan Attaki sendiri, beliau adalah anak ke 5 dari 7 bersaudara. Sejak Sekolah Dasar (SD) beliau memang sudah didekatkan dengan Alqur’an. Alhasil beliau memenangkan Musabaqh Tilawatil Quran (MTQ) dengan hadiah sepeda yang digunakan untuk sekolah dan juga pernah dapet Televisi he. Keren ya, pantesan lantunan suara merdu beliau banyak kita dapati di channel Youtube.

biografi hanan Attaki

Terakhir beliau pernah menjadi Qori’ terbaik versi Fajar TV, Kairo 2005, dan diminta untuk mengisi Tilawah Al-Quran “Min Ajmalis Soth” didua Channel yaitu Fajar Tv dan Iqro Tv.

Baca juga : Biografi Ustadz Abdul Somad, Lc MA | Ulama Hadist Indonesia

Beasiswa Kuliyah

Tak disangka ya, beliau adalah Lulusan Universitas Al-Azhar Mesir, Kairo yang semua kenal Universitas tersebut sangat favorit dikalangan umat Muslim seluruh dunia. Tidak banyak yang bisa masuk kuliyah disana, disamping seleksi yang ketat, butuh biaya yang besar untuk bisa belajar disana.

biografi hanan attaki

Tidak begitu dengan Ustadz Hanan, beliau memilih untuk mengambil jalur beasiswa. Dikeluarga beliau, Ustadz Hanan Attaki adalah satu-satunya yang melanjutkan kuliyah dan kuliyah pun diluar negeri pula, mantap :). Ya tidak mudah ya teman-teman untuk mendapatkan beasiswa itu, yang dalam negeri aja mpot-mpotan apalagi yang luar negeri. Enaknya udah dapet beasiswa gratis kuliyah, dapat uang saku pula guys. Wah boleh tuh, terus melanjutkan pendidikan ya guys selagi ada waktu, kesehatan, dan kesempatan.

Saat menempuh kuliyah di Al-Azhar, beliau mengambil Program Studi Tafsir Al-Quran Fakultas Ushuluddin. Di Indonesia juga banyak ya Prodi Tafsir Hadist itu tapi bedalah kualitasnya he.

Akhirnya tahun 2004, beliau lulus dan mendapat gelar Licence (Lc). Selama di Kairo, beliau juga aktif sebagai penulis di buletin “Salsabila” yang diterbitkan oleh Himpunan Mahasiswa Prodi Alquran dan Ilmu Islam Al-Azhar. Kelompok ini dibimbing langsung oleh beberapa tokoh organisasi Ikhwanul Muslimin

Di Mesir sendiri sewaktu kuliyah, beliau dibilang sangat mandiri. Usaha yang pernah dijalani  beliau adalah jualan bakso, catering, hingga sempat jadi “joki” Hajar Aswad pada musim haji. Ya modal nekad aja kata beliau, untuk bisa terus mencukupi kebutuhannya dan memberi buku-buku yang lengkap. Alhasil buku pertama beliau terbit berjudul Tadabbur Quran.

biografi hanan attaki

Oh iya, beliau menikah di Mesir, ketika masih akhir kuliyah belum lulus, wah istri beliau juga lulusan Al-Azhar juga. Wah mantep yaa, dua-duanya lulusan Al-Azhar. Kisah lucu jelang dan pasca pernikahan beliau juga pernah disampaikan di tausiyahnya.

Kegiatan Aktif Ustadz Hanan Attaki, Lc

Sejak kembali dari negeri Seribu Menara, Ustadz Hanan Attaki bersama Istri dan putri pertamanya (Aisyah) tinggal di Bandung. Karena kebetulan Istri beliau orang sunda. Di kota inilah dakwah beliau dimulai. Sekarang beliau aktif sebagai Direktur Rumah Quran Salman ITB, pengajar Jendela Hati (JH), dan STQ Habiburahman.

biografi hanan attaki

Dikota Bandung, Ustadz Hanan Attaki berdakwah dengan bekerja sama dengan Pemuda Hijrah. Pemuda Hijrah didirikan pada bulan Maret 2005, yang diprakarsai oleh 5 pemuda. Logonya sendiri yang bertulisankan Shift, artinya yaitu tombol Shift yang artinya berubah atau berpindah. Pastinya berubah menjadi lebih baik dan lebih baik lagi ya.

biografi hanan attaki

Demikian biografi Hanan Attaki yang bisa saya sampaikan, lebih jelasnya bisa tanya langsung sama beliau he. Pantengin terus ceramah-ceramah beliau ya, kalo ga bisa dateng langsung ke Bandung ya minimal nonton lewat Youtube juga bisa. Ga usah sayang-sayang paketan lah demi ilmu he. InsyaaAllah menjadi amal baik kita dan selalu dipertemukan dengan orang-rang baik dan sahabat yang selalu mengingatkan kita dalam kebaikan amin ya rabbal alamiin

 

Yuk Nilai

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *