Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Fb Ads<span class="rating-result after_title mr-filter rating-result-6753" > <span class="no-rating-results-text"></span> </span>

Mengenal Lebih Jauh Apa Itu Fb Ads

Apa itu Fb Ads – Dunia pengiklanan sudah semakin bertransformasi ke arah modernisasi. Modernisasi sudah bukan lagi menjadi hal yang tabu dikalangan generasi milenial. Julukan generasi milenial sendiri terbentuk tidak terlepas dari pengaruh modernisasi dalam hal teknologi.

Jika anda berucap “generasi milenial” sudah hal pasti oang-orang yang mendengar pernyataan itu akan secara spontan mengatakan “anak-anak yang hidup dimasa moderniasasi dan kemajuan teknologi”.

Teknologi sendiri dalam hal ini sangat berpengaruh terhadap cara pandang dan pola pikir masyarakat. Mayarakat yang sebelumnya sangat menikmati adanya proses yang panjang untuk mendapatkan hasil maksimal. Saat ini sudah mulai berubah menjadi masyarakat yang menginginkan cara instan namun hasil yang didapatkan lebih maksimal.

Contoh saja dalam dunia bisnis. Bisnis merupakan sebuah usaha untuk menjual produk baik itu hasil karya sendiri maupun hasil karya orang lain. Saya dan anda tentunya sudah saling memahami bahwasanya untuk dapat menjalankan sebuah bisnis, yakni menjual produk kepada orang lain dibutuhkan kegiatan promosi atau pengiklanan.

Pengiklanan di sini bertujuan untuk memperkenalkan, mendeskripsikan, dan menginformasikan sebuah produk  kepada calon konsumen.

Sebelum adanya modernisasi, kegiatan pengiklanan sangat identik dilakukan dengan cara manual. Seperti halnya dari mulut ke mulut, menggunakan selebaran, brosur, baliho, poster, menggunakan media cetak, atau paling banter ya menggunakan televisi dan radio.

Dalam era moderniasasi seperti sekarang ini, cara-cara pengiklanan seperti yang telah saya sebutkan di atas sudah mulai ditinggalkan oleh para pelaku bisnis.

Modernisasi yang sedikit banyak mampu mengubah pola pikir masyarakat tersebut menjadikan masyarakat berfikir lebih ekstrem.

Masyarakat sudah mulai berani mencoba cara pengiklanan dengan memanfaatkan internet sebagai produk dari modernisasi.

Apalagi bagi anda yang bergerak dalam dunia bisnis online, sudah pasti akan memilih metode pengiklanan secara online dengan menggunakan berbagai media yang ada.

Salah satu media jualan online yang mampu dimanfatkan sebagai alat pengiklanan adalah Facebook, yakni dengan adanya Fb Ads.

Apa itu Fb Ads?

Yuk pelajari bersama !!!

Apa Itu Fb Ads?

masabiweb.com

Apakah anda sudah mengenal Facebook? Syarat pertama untuk mengetahui apa itu Fb Ads adalah terlebih dahulu anda harus mengetahui tentang Facebook.

Saya yakin, sebagai generasi milenial tentunya sudah sedikit banyak mengetahui dan bahkan sudah menggunakan Facebook dalam kehidupan sehari-hari.

Sekilas tentang Facebook. Aplikasi yang didirikan pertama kali oleh Mark Zuckerberg merupakan sebuah media sosial dengan pengguna sebanyak lebih dari 2,38 Miliar. Angka tersebut mampu mengantarkan Facebook menjadi media online dengan pengguna terbesar di dunia setelah Youtube.

Facebook difungsikan sebagai media untuk saling berbagi cerita, berbagi kabar berita, informasi dan untuk saling berkomunikasi sesama pengguna Facebook.

Itulah pengertian awal Facebook sebelum maraknya bisnis online. Sedangkan untuk saat ini, dimana pengguna bisnis online sudah semakin menjalar dimana-mana, ada tambahan untuk istilah Facebook itu sendiri, yakni sebagai media jualan online.

Mendapatkan tambahan istilah baru sebagai media jualan online tentunya bukan tanpa alasan. Facebook sendiri menciptakan beberapa fitur terbaru khusus untuk media jual beli online dan pengiklanan, yang salah satunya saya dan anda kenal dengan istilah Fb Ads atau Facebook Ads.

Dari situ anda tentunya sudah sedikit mengetahui tentang apa itu Fb Ads.

Fb ads adalah sebuah fitur terbaru dari Facebook yang secara khusus difungsikan sebagai tools marketing atau fitur pengiklanan fanpage.

Fanpage sendiri merupakan sebuah halaman Facebook yang khusus digunakan sebagai tempat untuk mempromosikan sebuah produk, pusat layanan jasa, perkumpulan dan lain sebagainya.

Dalam sebuah Fanpage, pengguna Facebook bisa saling berinteraksi dengan cara mengunggah postingan, mengikuti halaman, memberikan like, komentar, sampai dengan membagikan postingan yang ada di halaman tersebut.

Jadi diartikan secara umum, Fb Ads adalah tools marketing yang sengaja dibuat untuk memudahkan pelaku usaha dalam mengiklankan bisnisnya di Facebook dengan jangkauan pemirsa tanpa batas.

Mengenal Lebih Jauh Fb Ads

digital.ortizaku.com

Menjangkau pemirsa secara tidak terbatas, ya itulah kelebihan beriklan menggunakan Fb Ads.

Jika anda membuat postingan promosi baik di Facebook sendiri maupun di Instagram dan media sosial lainya, postingan tersebut hanya akan dilihat oleh orang-orang yang menjadi teman anda saja. Sedangkan diluar itu, sedikit sekali kemungkinan mereka untuk dapat melihat postingan anda.

Facebook sendiri membatasi pertemanan maksimal sampai 5000 orang. Apakah dengan 5000 orang bisnis anda akan menghasilkan laba yang maksimal? apalagi dari 5000 orang itu tidak menjamin semuanya masuk dalam target pasar anda. Apabila dikira-kira mungkin hanya sekitar 3000 orang saja yang masuk dalam target pasar.

Apakah dari 3000 orang tersebut semuanya minat dan mau membeli produk yang anda tawarkan?

Tanpa saya jawab pastinya anda sudah tau jawabanya. Akan sangat tidak mungkin dengan hanya kurang dari 3000 orang anda akan mencapai penjualan maksimal dan akan sangat tidak masuk akal juga bisnis anda akan menjadi besar dengan calon konsumen yang jumlahnya sangat sedikit.

Oleh karena itu, anda perlu mencoba menggunakan fitur pengiklanan Fb Ads untuk menambah jumlah target pasar anda. Beriklan dengan menggunakan Fb Ads tidak ada batasan jumlah pemirsa. Anda bisa menjangkau 10.000 bahkan ratusan ribu orang dalam sekali pengiklanan.

Selain dapat menjangkau pemirsa secara tidak terbatas, beriklan di Fb Ads juga dipermudah dalam keefektifan dan keefisiensian dari iklan tersebut. Fb Ads memberikan kesempatan kepada anda untuk dapat mengatur calon pemirsanya secara leluasa.

Anda bisa menentukan sendiri orang-orang yang dikehendaki untuk menerima promosi dari iklan anda. Seperti mengelompoka orang berdasarkan jenis kelamin, usia, hobi, wilayah geografis, status kawin tidaknya, dan lain sebagainya.

Hal itu akan dapat membuat iklan yang anda buat semakin tertarget dan terukur dalammenjangkau target pasar dari produk anda.

Kemudahan dan pelayanan tersebut dapat anda dapatkan tetapi tidak secara gratis. Anda dibebankan biaya pengiklanan ketika menggunakan Fb Ads. Biaya iklan tersebut dihitung berdasarkan jumlah jangkauan target pengiklanan.

Semakin banyak pemirsa yang anda targetkan, akan semakin besar biaya yang dibutuhkan. Tetapi tidaklah masalah, karena hasil yang akan anda dapatkan juga sebanding bahkan lebih besar dari biaya yang dibebankan.

Sudah ada gambaran kan tentang apa itu Fb Ads?

Tahapan dalam Beriklan di Fb Ads

goukm.id

Setelah anda mengetahui apa itu Fb Ads, sekarang saatnya untuk mempelajari tahapan-tahapan dalam melakukan pengiklanan di Fb Ads itu sendiri.

Beriklan di fb Ads bisa dikatakan gampang-gampang susah. gampang di sini karena anda tidak perlu bantuan orang lain untuk pasang iklan, tidak membutuhkan waktu yang lama juga untuk setting iklan, serta tidak harus menggunakan laptop, bisa beriklan lewat android masing-masing.

Susah di sini dilihat dari cara menentukan kategori target yang akan dijangkau. Berbeda dengan melakukan iklan secara gratis, yang mana tidak perlu merasa khawatir kalau-kalau iklan anda tidak optimal. Iklan dengan Fb Ads berbayar, mau tidak mau anda harus beriklan secara benar, baik dari penentuan target pasar, pengelompokan target pasar, dan penentuan biaya pengiklanan.

Ketiga hal itu harus anda perhatikan apabila anda tidak mau uang yang dikeluarkan untuk biaya iklan tersebut terbuang sia-sia. Milikilah prinsip, sedikit pengeluaran tetapi mendapatkan hasil yang diinginkan.

Prinsip tersebut tentunya hanya akan diperoleh apabila anda benar-bnar serius dan jeli dalam setting iklan menggunakan Fb Ads.

Sebelum melakukan iklan di Fb Ads, ada beberapa tahapan yang perlu anda ketahui dalam proses pemasangan iklan menggunakan Fb Ads.

BACA JUGA !!!

Cara Membuat Fanpage Facebook

1. Memilih Model Iklan

mysurel.com

Tidak cukup hanya tau apa itu Fb Ads saja, untuk dapat sukses iklan menggunakan Fb Ads anda juga perlu mempelajari lebih detail tentang Fitur iklan ini. Salah satunya adalah tentang model-model pengiklanan yang ada di Fb Ads.

Ada setidaknya 3 model iklan yang disediakan oleh Fb Ads, yakni Get More Page Likes, Promote Page Posts, dan Advanced Options.

Get More Page Likes

Model iklan ini memungkinkan anda untuk mengatur sendiri iklan sesuai dengan keinginan anda, mulai dari pembuatan judul, pemberian teks, serta penambahan gambar. Dari ketiga settingan itu semuanya dapat anda atur dan tentukan sendiri sesuai dengan selera.

Promote Page Posts

Berkaca dari pengertian “promote” dapat menghasilkan sebuah arti mempromosikan. Mempromosikan dalam hal ini memiliki pengertian mengenalkan atau mengiklankan salah satu postingan terbaru pada fanpage anda.

Jadi, selain pemirsa akan mengetahui produk anda, mereka juga akan mengenal fanpage jualan anda di Facebook. Model iklan ini bisa diibaratkan seperti ” satu kali dayung, 2 sampai 3 pulai terlampaui”.

Advanced Options

Model iklan ini sedikit berbeda dengan kedua model iklan di atas. Jika Get More Page Likes lebih identik dengan pengaturan iklan, Promote Page Posts lebih berfungsi untuk mempromosikan postingan yang sudah ada di Fanpage, untuk model yang ini memungkinkan anda untuk mencoba hal baru.

Dengan model ini, anda bisa menentukan iklan mana yang akan anda promosikan beserta dengan harga yang akan dibebankan untuk mempromosikan iklan tersebut.

Bagaimana? sudah mendapatkan pengetahuan yang lebih kan? sekarang tidak hanya tau tentang apa itu Fb Ads, tetapi sudah mulai mengetahui moel-model pengiklanan di Fb Ads.

Yuk lanjutkan pembelajaran pada kesempatan kali ini. Masuk ke tahapan pasang iklan di Fb Ads yang kedua….

2. Target Iklan

grosirlaris.com

Seperti yang telah aya sebutkan di atas bahwa beriklan menggunakan Fb Ads memungkinkan anda menentukan sendiri target iklan yang diinginkan.

Fb Ads memfasilitasi anda untuk mengelompokan target iklan dengan beberapa kategori berdasarkan hobi, umur, wilayah geografis, tingkat pendidikan dan beberapa kategori lainya.

Pengelompokan target iklan berdasarkan beberapa kategori tersebut bertujuan untuk meningkatkan kinerja dari iklan itu sendiri. Dengan adanya pengelompokan tersebut, iklan anda akan lebih tepat sasaran dan menargetkan orang-orang yang benar-benar sedang membutuhkan produk anda.

Sehingga nantinya, pengeluaran untuk biaya pengeluaran iklan dapat menghasilkan feed back yang semestinya, yaitu ketika iklan anda mampu meningkatkan tingkat penjualan.

3. Biaya dan Jadwal Iklan

masterseo.id

Setelah melalui tahap pemilihan model iklan dan penentuan target pasar, tahap yang terakhir adalah penentuan biaya dan penjadwalan waktu tayang iklan.

Seperti yang telah saya jelaskan di atas bahwasanya beriklan menggunakan Fb Ads tidaklah gratis, melainkan membutuhkan biaya untuk mengaktifkan iklan tersebut.

Besarnya biaya atau harga yang dibebankan kepada pengiklan ditentukan dari banyaknya target pemirsa. Selain itu, ada 2 jenis penentuan biaya pengiklanan, yaitu penentuan besarnya biaya iklan model CPC ( Cost Per Click) dan model CPM (Cost Per Mile).

CPC (Cost Per Click)

Metode perhitungan biaya iklan yang satu ini ditentukan berdasarkan jumlah klik yang diterima oleh produk teriklan.

Jadi misalnya anda memasang iklan untuk produk Jam Kayu premium, nah anda akan dikenai biaya apabila ada pengguna Facebook yang klik iklan tersebut. Setiap klik, setiap itu juga akan terjadi pengurangan terhadap saldo yang telah anda beli.

Pengenaan tarif untuk model iklan ini juga dibedakan antara iklan menuju fanpage dan iklan menuju website. Pemasangan iklan untuk target pasar Indonesia dibandrol dengan biaya antara Rp. 650 rupiah sampai Rp. 1.500 rupiah per kliknya.

CPM (Cost Per Mile)

Jika click tadi berarti biaya per klik, sedangkan Mile berarti biaya per penayangan iklan.

Perhitungan dengan model CPM tidak terpengaruh masalah jumlah klik, artinya mau iklan itu di klik atau tidak oleh pengguna Facebook saldo anda akan tetap berkurang.

Biaya pengurangan tersebut dtentukan berdasarkan jumlah target pasar yang akan menjadi pemirsa dari iklan tersebut. Semakin banyak dan luas target pasar yang anda inginkan, maka akan semakin besar juga biaya iklan yang akan dikenakan kepada anda.

Berhubung iklan menggunakan Fb Ads bukan termasuk jenis iklan yang gratis, tentunya ada beban dan tantangan tersendiri dalam penentuan biaya pengiklanan.

Sebagai pengiklan, anda diharuskan memiliki daya pengamatan dan analisa yang tinggi terhadap pasar. Analisis tersebut akan sangat berpengaruh dalam kinerja pengiklanan anda.

Semain baik daya analisis dan pengamatan anda terhadap sebuah pangsa pasar, akan semakin baik juga kinerja dalam beriklan. Hal itu akan menimbulkan dampak positif dalam proses penjualan, dimana kondisi perusahaan akan semakin baik dengan bertambahnya tingkat penjualan.

Kepopuleran Fb Ads di Masyarakat

internetmarketing.co.id

Pada era milenial saat ini bisa dikatakan beriklan menggunakan Fb Ads merupakan salah satu bentuk iklan yang paling potensial meningkatkan daya jual sebuah produk.

Iklan Fb Ads bukan hanya digunakan oleh perusahaan besar saja, usaha kecil menengah, aalagi yang bergerak dalam bisnis online sudah banyak yang mulai menggunakan Fb Ads.

Hasilnya bagaimana?

Berdasarkan pengalaman dari saya sendiri dan beberapa teman lainya, beriklan menggunakan Fb Ads lebih efektif mendatangkan pembeli dari pada melakukan postingan biasa di marketplace maupun Facebook itu sendiri.

Fb Ads sangat menguntungkan digunakan untuk beriklan, apalagi oleh pelaku bisnis online pemula, yang mana sangat membutuhkan proses pengenalan produk dan bisnis yang dijalankan.

Jangkauan pasar yang luas dan tertarget, membuat Fb Ads mampu mengenalkan produk anda secara sekejap kepada ribuan bahkan ratusan ribu pengguna Facebook.

Hal yang sangat langka dan jarang dapat dilakukan oleh tools marketing lainya.

Bagaimana, apakah sudah gamblang mengenai apa itu Fb Ads dan seluk beluknya?

Atikel ini hanya berisi gambaran dasar dari tools marketing Fb Ads. Dukung dan ikuti terus website ini untuk mendapatkan tips-tips dan cara beriklan di Fb Ads yang akan dijelaskan pada pembahasan berikutnya.

Yang terpenting dari pembahasan ini adalah ketika ana sudah tau apa tu Fb Ads dan seberapa untungnya anda ketika beriklan dengan Fb Ads ini.

Dari saya sekian, mudah-mudahan pengetahuan yang singkat ini dapat bermanfaat bagi teman-teman semua. teruslah belajar, karena dengan belajar dan membaca, anda dapat mengetahui isi dunia.

BACA JUGA !!!

Cara Jualan Online di Facebook

Cara Jualan di Fanpage Facebook

Cara Membuat Akun Facebook

Cara Upload Foto di Facebook

Yuk Nilai

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *